Tips Merawat Anakan Arwana Supaya Cepat Besar dengan Pakan Alami

- 4:53:00 PM
Merawat Anakan Arwana infoikan.com SUdah tahu cara merawat ikan arwana silver? Atau ingin tahu arwana silver cepat besar?

Fase anakan atau benih merupakan fase paling kritis, apalagi sebagai jenis ikan hias. Pasalnya, pada fase ini tingkat kematiannya cukup tinggi,  yakni mencapai 80%. 

Faktor penyebab yang cukup dominan adalah tidak tersedianya pakan alami yang sesuai dengan bukaan mulut benih arwana. 

Karena itu, dalam merawat benih arwana, faktor pakan menjadi prioritas untuk diperhatikan. Pada prinsipnya, anakan arwana di bagi menjadi 2 fase, yakni fase larva dan fase benih. 

Berikut akan kami susun langkah - langkah cara merawat anakan arwana dengan pakan alamicepat besar. Yuk, langsung lanjut baca berikut ini.

Merawat Anakan Arwana

Merawat Anakan Arwana
Baca juga:

Merawat Anakan Arwana Fase larva

Merawat Anakan Arwana

Fase larva berlangsung saat anak arwana berumur 1 – 35 hari setelah menetas. Panjang larva pada fase ini mencapai 5 – 8 cm. 

Pada fase ini, larva belum membutuhkan suplai pakan dari luar. Pasalnya, ditubuh larva terdapat kantung tempat menyimpan cadangan pakan. 

Kantung ini dikenal juga dengan sebutan kantung kuning telur. Karena itu, perawatan pada fase larva lebih di titik beratkan pada kualitas air. 

Semakin baik kualitas air risiko larva semakin dapat ditekan. Persentase  daya hidup larva sebesar 75 - 90%. 

Air yang digunakan untuk perawatan larva hendaknya bebas dari polutan, jernih, dan kaya akan kandungan oksigen terlarut. 

Suhu ideal 27 - 30 derajat c dan ph 6,5 - 7. Sedapat mungkin suhu dijaga agar tetap stabil pada kisaran suhu ideal. 

Fluktuasi suhu yang ekstrem dan secara tiba - tiba bisa menyebabkan larva stres, bahkan mati. 

Mengatur Suhu Akuarium Anakan Arwana

Merawat Anakan Arwana

Agar suhu air tetap stabil, akuarium sebaiknya di pasangi pemanas air. Dengan heater, suhu air yang turun di bawah kisaran suhu ideal di naikkan hingga mencapai kisaran suhu ideal. 

Biasanya, heater banyak digunakan oleh para hobiis yang berdomisili di daerah-daerah dingin, jika suhu air meningkat atau panas di atas kisaran suhu ideal, sebaiknya segera di masukkan serpihan – serpihan es ke dalam air akuarium hingga suhu normal kembali. 

Derajat keasaman atau ph air juga harus dikontrol menggunakan ph meter, kertas lakmus, atau bisa juga menggunakan udang kecil yang diletakkan didasar akuarium. 

Jika ph benar – benar rendah, udang akan segera mati akibat air yang terlalu asam. Untuk memenuhi kebutuhan oksigen terlarut dalam air, sebaiknya di gunakan aerator sebagai penyuplai oksigen. 

Perawatan Akuarium Anakan Arwana

Merawat Anakan Arwana

Cara mengganti air akuarium ikan arwana
Penggantian air secara berkala harus dilakukan untuk menjaga kualitas air agar tetap baik. Penggantian air dapat dilakukan 2 hari sekali. 

Saat melakukan penggantian air, harus dihindari suhu udara sedang dalam kondisi panas, seperti pada siang hari. 

Karena itu, penggantian air dapat dilakukan pada pagi hari pukul 07.00 - 11.00 dan sore hari pukul 15.00 - 17.00. 

Penggantian air pada saat suhu udara sedang panas dapat berisiko membuat benih stres akibat perubahan suhu yang ekstrem dan secara mendadak. 

Perawatan larva dilakukan hingga egg yolk yang menempel di tubuhnya habis terserap atau berumur 1 - 1,5 bulan. 

Merawat Anakan Arwana Fase benih

Merawat Anakan Arwana

Berapa lama anakan ikan arwana tumbuh besar?
Fase benih adalah fase saat anakan arwana berumur 36 hari hingga 5 bulan. Panjang benih pada fase ini telah mencapai 10 - 15 cm.  

Perawatannya, lebih kurang sama dengan perawatan larva. Demikian juga dengan syarat lingkungannya, seperti suhu, ph air, dan kebutuhan oksigen terlarut. 

Pada fase ini, benih sudah dapat berenang dan cadangan pakan di butuhnya telah habis. Karena itu, benih membutuhkan suplai pakan dari luar tubuh. 

Makanan Ikan Arwana Silver

Merawat Anakan Arwana

Pakan yang diberikan untuk benih arwana adalah pakan alami, seperti blood worm atau cacing darah. 

Jika sudah agak besar, pakan alami yang di berikan bisa berupa ikan kecil dan udang air tawar dalam keadaan segar atau hidup. 

Capit cangkang udang harus di hilangkan terlebih dahulu agar benih arwana tidak tertusuk dan terkena infeksi. 

Sebelum diberikan sebaiknya pakan di cuci terlebih dulu menggunakan dari bibit penyakit atau patogen. 

Tips Memberikan Makan Anakan  Arwana

Merawat Anakan Arwana

Pakan di berikan sedikit demi sedikit hingga anak arwana berhenti makan dengan sendirinya. Dengan cara ini, tidak akan ada pakan yang tersisa karena tidak termakan. 

Pakan diberikan dua kali sehari, yakni pada pagi hari pukul 08.00-09.00 dan sore hari pukul 16.00 – 17.00. 

Merawat Anakan Arwana – Jenis Pakan

Merawat Anakan Arwana

Pakan alami harus dilakukan lebih kecil daripada bukaan mulut benih pasalnya, pakan alami tidak akan termakan jika besarnya melebihi ukuran bukaan mulut benih. 

Pakan ini sudah dapat di berikan 1 minggu setelah cadangan pakan habis. 

Pakan alami bagi benih arwana memiliki arti panjang. Di tinjau dari manfaatnya, anakan ikan atau udang air tawar sarat akan kandungan gizi. Kandungan gizi ini antara lain protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. 

Protein diperlukan ikan untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang rusak. Lemak dan karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi. 

Sementara itu, vitamin dan mineral berfungsi membantu proses metabolisme, mengatur proses fisiologis, membentuk enzim, dan menunjang kesehatan benih arwana. 

Pemberian pakan yang berkualitas, teratur, dan kontinu  membuat  benih tumbuh pesat, sehat, dan tahan terhadap penyakit.  

Merawat Anakan Arwana dan MENINGKATKAN KUALITAS ARWANA

Merawat Anakan Arwana

Akuarium yang ideal untuk Anakan Arwana

Arwana tergolong jenis ikan hias berukuran besar. Karenanya, ikan ini membutuhkan ruang gerak yang sesuai dengan besar tubuhnya. 

Jika akuarium sebagai tempat hidupnya terlalu sempit, arwana tidak dapat bergerak leluasa. 

Gerakannya manjadi terbatas dan liukan tubuhnya tidak akan tampak indah. Celakanya, kondisi ini bisa mengakibatkan arwana stres. 

Mengenai ukuran ideal akuarium ada yang berpendapat, panjangnya minimum 3 kali tubuh arwana dan lebar 1,5 kali tubuh arwana. 

Misalnya, panjang tubuh arwana 20 cm, panjang akuarium minimum 60 cm dan lebar 30 cm. 

Perawatan Anakan arwana dalam Akuarium

Merawat Anakan Arwana

Sementara itu, pendapat lain menyebutkan, untuk arwana berukuran 12 – 20 cm, ukuran akuarium yang ideal adalah 80 x 40 cm. 

Artinya, arwana dapat dipelihara di akuarium ini hingga panjangnya 20 cm. Lebih dari itu, akuarium sudah harus di ganti dengan yang lebih besar lagi. 

Tinggi akuarium cukup disesuaikan dengan panjang dan lebarnya, sehingga tampak ideal dan proporsional. 

Misalnya, akuarium berukuran 60 x 25 cm, tingginya 25 cm dan ukuran 80 x 40 cm, tingginya 40 cm. Demikian seterusnya. Jadi, sebaliknya tinggi akuarium yang ideal sama dengan lebarnya. 

Akuarium tempat memelihara arwana sebaiknya di bagian atasnya di beri tutup untuk menghindari arwana melompat ke luar karena kaget. 

Kagetnya arwana bisa disebabkan kegaduhan, kaca akuarium ditepuk - tepuk, adanya benda asing yang masuk ke dalam akuarium, dan perubahan kondisi seperti dari gelap menjadi terang atau sebaliknya. 

Perlu diketahui, arwana merupakan tipe ikan yang mampu melompat cukup tinggi. 

Mengingat arwana termasuk ikan tipe agresif, terutama dalam mempertahankan daerah kekuasaannya, satu akuarium sebaiknya di isi satu ekor arwana. 

Dengan cara ini, risiko arwana berkelahi dapat dihindari. Meskipun demikian, hal ini tidak mutlak, tetapi tergantung dari perlakuan terhadap arwana sejak kecil. 

Arwana yang masih satu indukan dan terbiasadipelihara bersama dalam satu akuarium,justru memberi pengaruh positif. 

Rahasia Merawat Anakan Arwana Agar Cepat Besar

Pasalnya, ada pendapat yang menyatakan bahwa jika ingin arwana yang dipelihara cepat besar, sebaiknya tidak dipelihara secara soliter, tetapi secara berkelompok. 

Dengan berkelompok, nafsu makannya akan meningkat, karena pada dasarnya mereka cenderung senang berebut pakan. 


Dengan membaca tips cara merawat anakan arwana agar cepat besar ini, diharapkan untuk sobat bias mendapatkan hasil peliharaan yang maksimal dan laku jual mahal.
iklan disini akhir artikel...


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search