Budidaya Ikan Lencam atau Kerapu di Kolam Tambak Air Tawar

- 1:26:00 AM
Budidaya Ikan Lencam infoikan.com Sudah tahu cara budidaya ikan kerapu di kolam? Atau ingin tahu cara budidaya ikan kerapu di tambak berdasarkan habitatnya?

Yang di sebut ikan lencam mempunyai beberapa spesies. Beberapa spesies lencam yang mencapai ukuran besar, 40 cm antara lain lethrinus seale, l, erythracanthus, l. Erythropterus, l. Harak, l. Lencan, l.miniatus, l. Microdon, l. Xanthocheillus, dan l. Ornatus. 

Ikan lencam tergolong dalam famili lethrinidae. Bentuk badan ikan famili ini dari agak tinggi sampai tinggi. 

Sirip punggung kontinu dengan 10 jari – jari keras dan 9-10 jari – jari lunak.
Sirip dubur dengan 3 jari-jari keras dan 8 – 10  jari-jari lemah. Sirip dada dengan 13 – 14  jari – jari  lemah. 

Sirip perut terletak ke bagian dada dengan 1 jari-jari keras dan 5 jari-jari lemah. Sirip ekor dari berlekuk sampai cagak. Kepala besar dengan mulut yang kecil dan bibir tebal. 

Spesies l. Seale yang dikenal sebagai dusu, katamba, siwi, atau pacific yellow tail emperor mempunyai badan relatif tinggi dan pipih. 

Lengkung bagian kepala bagian atas cembung tepat di mata, dari moncong sampai mata agak cekung, dari mata sampai awal sirip punggung agak cembung. 

Sebelum melangkah jauh akan habitat aslinya, ketahui dulu cara budidaya ikan lencam atau kerapu di KJA dan juga kolam tambak air tawar.

Budidaya Ikan Lencam

Budidaya Ikan Lencam

Sebelum budidaya dilakukan, Anda dapat mengenali dulu klasifikasi dan ciri fisik ikan lencam atau kerapu ini secara detail.

Moncong agak pendek. Bibir kemerahan. Pipi relatif tinggi. Mata terletak dekat bagian atas kepala. 

Sirip ekor berlekuk. Kepala kecoklatan tua, badan bagian atas abu-abu kehijauan, bagian bawah lebih terang. 

Ujung sirip punggung, sirip dada, sirip dubur, dan sirip ekor kemerahan. Sirip perut putih. 

Ikan ini dapat mencapai ukuran 50 cm. Hidup diperairan dekat terumbu karang dan daerah dengan dasar perairan berpasir.

Baca juga:
Nama-Nama Ikan Laut Terlengkap Beserta Gambarnya
Nama Nama Ikan Laut yang Mudah untuk di Ingat

Pembenihan Ikan Lencam atau Kerapu

Pembenihan Ikan Lencam atau Kerapu

Benih ikan lencam untuk budidaya dapat diperoleh dari penangkapan di alam. Ikan yang tertangkap mulai dari ukuran 20 gr/ekor hingga ukuran besar. 

Untuk budidaya sebaiknya menggunakan benih dari ukuran 20 – 150 gr/ekor. Sampai saat ini belum ada pembenihan lencam secara terkontrol di hatchri. 

Budidaya Ikan Lencam di KJA dan Tambak

Budidaya Ikan Lencam di KJA dan Tambak

Untuk menghasilkan ikan lencam ukuran konsumsi 300 gr/ekor diperlukan pemeliharaan 5 – 9 bulan, tergantung dari ukuran awal benih yang ditebar. 

Jika benih yang ditebar mencapai ukuran 100 – 150 gr/ekor, setelah dipelihara 5 – 6 bulan telah mencapai ukuran 300 gr/ekor, sedangkan benih ukuran 40 gr/ekor, untuk mencapai ukuran 300 gr/ekor dipelihara selama 7 – 9 bulan. 

Benih ikan lencam yang di tangkap ukurannya tidak seragam. Karena itu, pemeliharaan dilakukan bertahap, untuk benih ukuran 20 – 60 gr/ekor dapat ditebar dengan kepadatan 60 – 70 ekor/m3, sedangkan benih yang mencapai ukuran 70 – 150 gr/ekor ditebar dengan kepadatan 50 – 60 ekor/m3. 

Makanan Ikan Lencam atau Kerapu

Pada tahap penggelondongan, ikan lencam di beri pakan berupa ikan rucah segar yang dipotong atau di cacah kecil – kecil sesuai dengan lebar bukaan mulut ikan. 

Frekuensi pemberian pakan yaitu 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari dengan dosis 6 - 8% dari total bobot badan ikan. 

Selain itu, ikan lencam juga dapat diberi tambahan vitamin seminggu sekali yang diberikan bersama pakan. 


Vitamin yang digunakan adalah amolvit dengan dosis 1 gr/kg pakan dan prrobiotik 1 – 2 cc/kg pakan.  

Selesai sudah sedikit berbagi akan cara budidaya ikan lencam dalam KJA dan juga tambak ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
iklan disini akhir artikel...


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search