Alat dan Bahan Membuat Paludarium Sendiri Secara Gratis

- 3:36:00 PM
Alat dan Bahan Membuat Paludarium infoikan.com Sudah tahu contoh paludarium? Atau ingin tahu bagaimana cara merawat paludarium?

Untuk membuat paludarium yang menarik diperlukan peralatan dan berbagai macam bahan penunjang. 

Alat dan bahan penunjang tersebut mudah diperoleh  di toko – toko bahan bangunan. 

Alat dan Bahan Membuat Paludarium

Alat dan Bahan Membuat Paludarium

Jenis dan Nama Alat Membuat Paludarium

Baca juga:

Golok dan pisau

Golok berfungsi untuk membelah batu apung. Agar batu cepat terbelah, gunakan golok yang tajam dan kuat. 

Pisau berguna untuk membuat lekukan, stalaktit, atau stalakmit. Dalam hal ini, pisau yang digunakan adalah pisau berujung tajam dan runcing. 

Alat Membuat Paludarium  - Sarung tangan dan masker

Sarung tangan kulit dan masker merupakan perlengkapan kerja yang harus tersedia. Sarung tangan kulit berguna untuk melindungi tangan dari ketajaman pisau atau golok. 

Masker di maksudkan untuk melindungi mulut dan hidung dari polusi debu. Masker dapat dibuat dari kain. 

Alat Membuat Paludarium  - Tang 

Alat dan Bahan Membuat Paludarium

Alat ini banyak diperlukan. Proses pembuatan ornamen sering kali memerlukan bantuan tang. Ada beberapa jenis tang yang dapat digunakan pengunaannya di sesuaikan dengan kebutuhan. 

Alat Membuat Paludarium - Sendok semen kecil

Untuk membentuk tebing dan merekatkan batu apung gunakan sendok semen kecil. Sendok semen kecil ini juga sangat membantu untuk menjangkau bagian –bagian  yang sulit. 

Biasanya, perekatan dan pembentukan tebing dilakukan setahap demi setahap. Karenanya, semen yang di rekatkan pun sedikit demi sedikit. 

Sendok semen kecil sangat cocok untuk menunjang pekerjaan itu. 

Sendok semen besar

Alat dan Bahan Membuat Paludarium

Sendok semen besar digunakan untuk kegiatan yang memerlukan kekuatan atau ukuran besar, misalnya, pengadukan semen dan pasir.

Ember 

Ember digunakan untuk menampung adukan semen. Untuk keperluan tersebut biasa digunakan ember plastik antibocor yang tidak terlalu besar. 

Alat penyemprot cat

Alat dan Bahan Membuat Paludarium

Alat semprot cat adalah seperangkat alat untuk mengecet. Alat ini terdiri atas kompresor untuk memberi tekanan udara dan tabung cat. 

Gunakan tabung cat yang berbeda untuk cat berperalut minyak dan air. Setelah digunakan, jangan lupa untuk segera membersihkan tabungnya agar cat tidak mengering dan menyumbat ujung tabung. 

Pemotong kaca

Alat ini diperlukan saat memotong kaca sesuai dengan ukuran yang dikehendaki. 

Jika pemotongan diserahkan kepada toko kaca, alat ini tidak diperlukan. Namun, untuk kelengkapan alat, sebaiknya alat ini pun tersedia. 

Alat Membuat Paludarium  - Pompa air

Alat dan Bahan Membuat Paludarium

Cukup banyak merek pompa sirkulasi di pasaran. Karena itu, hati-hatilah dalam memilih pompa. Pilih pompa yang memiliki kekuatan prima. 

Ujilah kekuatan dan kemampuan sirkulasi pompa dengan menyalakannya secara terus-menerus selama 24 jam. 

Berdasarkan kekuatannya, ada pompa yang mampu menyirkulasi air 400 liter/jam, 600 1/jam, 800 1/jam, 1,600 1/jam, ada juga yang 3000 1/jam. 

Semakin besar dan tinggi air terjun, kekuatan pompa yang di butuhkan semakin besar. 

Sebagai patokan ukuran, untuk air terjun setinggi 70 cm, pompa yang digunakan harus berkekuatan 1,600 1/jam. 

Pompa sirkulasi ini baru berfungsi jika digunakan didalam air, atau minimal lubang salurannya masuk ke dalam air. Pompa seperti ini biasanya disebut sub merseable. 

Pompa ini akan mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Mula-mula listrik akan memutar baling-baling, putaran baling – baling ini terjadi karena adanya perputaran daya magnet  secara terus menerus. 

Putaran gaya magnet tersebut akhirnya akan menyebabkan air tersedot kedalam pompa. 
Alat dan Bahan Membuat Paludarium


Setelah menyediakan alat dan bahan membuat paludarium di atas, berikut bahan yang dapat sobat sediakan.

Bahan baku untuk pembuatan paludarium relatif sederhana dan dapat diperoleh di toko – toko bahan bangunan. 

Nama Bahan Membuat Paludarium

Alat dan Bahan Membuat Paludarium

Bahan – bahan yang digunakan sangat relatif. Artinya, secara relatif, bahan-bahan yang digunakan tergantung pada proses pembuatannya. 

Bahan Membuat Paludarium  - Batu apung 

Bahan utama pembuatan paludarium. Kualitas batu apung sangat menentukan keindahan produk. Semakin baik kualitas batu yang digunakan, semakin baik pula kualitas paludarium yang dihasilkan. 

Secara umum, batu apung ada dua jenis, yaitu batu apung putih dan merah. Batu apung putih berkualitas lebih abik dibandingkan dengan batu apung merah. 

Semen 

Alat dan Bahan Membuat Paludarium

Dalam proses pembuatan paludarium, semen berfungsi sebagai perekat batu apung, semen memiliki banyak jenis. Dalam hal ini, kita hanya memakai semen abu-abu berkualitas baik. 

Meskipun harga semen jenis ini lebih mahal, demi mempertahankan kualitas, jenis ini pantas dipilih. 

Dengan semen berkualitas, fondasi tebinga yang diperoleh akan kokoh, tidak gampang roboh, dan rekatan batu apung tidak gampang terlepas. 

Bahan Membuat Paludarium  - Cat dasar

Cat dasar merupakan cat yang digunakan untuk memberi warna dasar pada tebing. Fungsinya untuk menutupi bekas – bekas perekat batu apung dan fondasi. 

Cat yang digunakan adalah cat tembok yang berpelarut air. Pengecetan dilakukan merata ke seluruh  permukaan dan menjangkau seluruh rongga tebing. 

Untuk itu, penggunaan cat semprot lebih di anjurkan. Teknik pengecetan seperti ini dapat menutup setiap rongga sekecil apapun. 

Sebagai cat dasar biasanya digunakan cat warna hitam. Pemilihan warna hitam ini di maksudkan untuk memudahkan pewarnaan tebing selanjutnya.

Pilih dan gunakan cat tembok yang tahan air agar warna tidak mudah pudar.

Cat tebing

Alat dan Bahan Membuat Paludarium

Antara jenis cat dasar dengan cat tebing terdapat persamaan. Hanya saja, teknik pemakaiannya terdapat sedikit perbedaan antara pengecetan dasar dan pengecetan tebing. 

Pengecetan dasar dilakukan dengan cara di semprot. Sebaliknya, pengecetan tebing dilakukan dengan cara dioleskan menggunakan kuas. 

Bahan Membuat Paludarium  - Asbes

Penggunaan asbes bertujuan untuk menggabungkan titik-titik fondasi. Adanya asbes juga akan mempermudah penaikan tebing tahap demi tahap. 

Selain fungsi di atas, asbes juga digunakan untuk pegangan pipa paralon. 

Bahan Membuat Paludarium – Kaca dan lem kaca

Kaca yang digunakan untuk membuat paludarium adalah kaca bening, sehingga tampak transparan tujuannya agar bagian dalam akuarium dapat terlihat jelas. 
Ketebalan kaca dapat disesuaikan dengan besar dan lebar paludarium. 

Penekanan kaca menggunakan lem kaca, lem kaca biasanya disebut lem akuarium berbentuk lem silikon berwarna bening. 

Cara penempelan kaca adalah dengan menempelkan ujung-ujung kaca. Agar mudah, bisa di bantu dengan selotip. 

Setelah itu, barulah sambungkan kaca di beri lem kaca. Untuk meratakan lem dapat digunakan jari. Cara ini tidak berbahaya jika menggunakan sarung tangan.  

Itulah beberapa alat dan bahan Membuat palidarium yang bisa Anda sediakan sebelum pembuatan akuarium dimulai. Semoga dapat membantu dan selamat mengerjakan. 
iklan disini akhir artikel...


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search