Klasifikasi dan Habitat Ikan Tongkol Bisa Dijadikan Makalah bentuk pdf

Habitat Ikan Tongkol infoikan.com Tongkol atau komo sering ditangkap bersama dengan ikan tuna dan cakalang. Ada dua jenis tongkol, yaitu euthynnus affinis da auxis thazard. 

Daerah Penyebaran Ikan Togkol

Tongkol banyak terdapat di samudra pasifik dan samudra hindia sepanjang khatulistiwa pada suhu air 16-31 derajat c, hidup dekat pantai pada salinitas 34 ppt. 

Ikan ini hidup bergerombol dan memangsa berbagai ikan kecil dan cumi - cumi. Ukuran panjangnya dapat mencapai 100 cm, namun ukuran umum yang tertangkap antara 50 – 60 cm. Berikut bentuk ikan tongkol.

Habitat Ikan Tongkol

Habitat Ikan Tongkol

Klasifikasi Ikan Tongkol

Klasifikasi ilmiah
Kingdom : Animalia
Filum      : Chordata
Kelas      : Actinopterygii
Ordo      : Perciformes
Famili     : Scombridae
Genus    : Euthynnus
Spesies  : E. affinis
Nama binomial

Euthynnus affinis wikipedia

Anatomi Ikan Tongkol


Spesies euthynnus affinis mempunyai tubuh berbentuk torpedo,  bentuk kepala tajam dan matanya besar. 

Terdapat garis hitam yang melengkung pada bagian punggung mulai dari batas bawah bagian tengah sirip punggung pertama. 

Sirip punggung pertamatinggi pada bagian bagian depan dan pendek pada bagian belakang. 

Sirip punggung kedua dan sirip dubur kecil, sirip dada agak pendek. Antara sirip dada dan sirip perut biasanya di temukan enam atau lebih bintik-bintik hitam. Bintik – bintik ini tidak ditemukan pada spesies auxis thazard. 

Selain itu, perbedaan antara euthynnus affinis dan auxiz thazard di antaranya mata yang relatif besar pada euthynnus affinis, jarak antara sirip punggung pertama dengan sirip punggung kedua lebih dekat pada euthynnus affinis, serta tidak pada perut dan sirip dubur yang tidak terlihat dengan jelas pada auxis thazard. 

Garis – garis tanda di punggung muncul di belakang sirip punggung pada euthynnus affinis, sedangkan pada auxis thazard tanda – tanda ini muncul didepan sirip punggung pertama. 

Kedua tongkol ini mempunyai warna hijau tua dan hijau muda pada bagian atas badannya, mulai dari batas linea lateralis sampai punggung. 


Pada bagian bawah terdapat warna keperak-perakan sering sampai lima tempat di antara sirip dada dan sirip perut. 

Mungin itu dulusobat sedikit ringkasan habitat ikan tongkol yang belum banyak diketahui. Semoga bermanfaat untuk dijadikan referensi makalah bentuk pdf.
loading...

0 komentar