Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana Hemat Biaya

loading...
Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana infoikan.com Sudah tahu cara membuat hiasan aquarium dari styrofoam? Atau ingin tahu cara membuat batu karang akuarium?

Setelah semuanya selesai di siapkan, yaitu akuarium sudah ada, tempat akuarium sudah di tentukan sesuai dengan selera, pengaturan ruangan agar aman dari gangguan dan tidak mengganggu lalu lintas, maka langkah selanjutnya yaitu batu-batu karang, pasir, serta binatang – binatang tanaman yang akan kita masukkan. 

Sudah barang tentu suatu akuarium tanpa di beri latar belakang batu – batu tersebut sama halnya rumah tanpa di beri perabot. 

Oleh karena itu sbelum mulai dengan memajang akuarium itu, kita tentukan apa dahulu yang kita inginkan kita masukkan. 

Berikut beberapa dekorasi aquarium air tawar sederhana yang sering digunakan oleh penjual dan pemelihara ikan hias aquarium.

Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana

Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana


Karena interior tersebut akan mempengaruhi kehidupan sesuatu jenis ikan. Latar belakang dari akuarium tersebut dapat merupakan gunung, suatu suasana pasir dengan terowongan-terowongan, bergua – gua dan sebagainya. 

Untuk itu kita harus memilih batu – batuan yang sesuai. Beberapa hal harus diperhatikan dalam pemakaian batu – batu/karang-karang, ialah jangan memasukkan batu-batu yang baru saja di ambil dari laut, atau sudah terlalu lama tergeletak diluar, sebelum di adakan perawatan lebih dahulu, untuk menjaga jangan sampai terjadi pembusukan. 

Baca ini:
Desain Aquarium Air Tawar Model Terbaik

44 Jenis Ikan Hias Air Laut Hias Aquarium Cantik

Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana dari Bebatuan dan Binatang Laut

Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana

Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana

Sebaiknya memilih binatang-binatang, sponge maupun kerang-kerangan, kalau bisa pilihlah yang tidak banyak berlubang. 

Setelah terkumpul, selanjutnya di adakan perawatan, dengan jalan menyikat bersih lebih dahulu segala kotoran-kotoran maupun kerang-kerang yang melekatdi batu karang. 

Lubang-lubang di bersihkan dengan menyukil serta mengeluarkan semua isi lubang, jangan sampai ada yang tertinggal di dalamnya. 

Setelah batu karang tersebut betul, kemudian dapat di masukkan ke dalam bak karantina. 

Bak karantina dapat berupa  ember plastik atau bak dari semen, jangan mempergunakan termpat yang terbuat dari logam untuk menghindari adanya reaksi antara air laut dengan logam. 

Baca juga:
Jenis dan Harga Aquarium yang Populer Dijual

Model Aquarium Hias yang Populer Hingga Sekarang

Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana – Batu Karang untuk Aquarium

Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana

Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana

Di dalam bak karantina tersebut, batu karang di rendam dengan air laut dan di beri pompa udara sebanyak mungkin. Tiap hari batu karang di kontrol dan di periksa untuk memastikan apakah masih ada pembusukan atau tidak. 

Biasanya kalau ada pembusukan akan terlihat selaput lendir di permukaan batu atau berbau seperti telur busuk. Kalau ada yang demikian, harus segera di sikat bersih dan di masukkan kembali ke dalam bak karantina. 

Setelah kurang lebih seminggu lamanya dan tidak ada lagi terlihat adanya pembusukan barulah batu karang tersebut dapat di pakai untuk memajang akuarium. 

Baca:
Hiasan Aquarium Unik Keren Sekarang Ini

Gambar Aquarium Ikan Hias Air Tawar Model Terbaru

Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana – Cara Mengatur Dekorasi (Desain Interior Aquarium)

Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana

Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana

Kegunaan daripada batu karang, kecuali untuk pajangan, juga sebagai tempat bermain, bersembunyi dari ikan-ikan. 

Oleh karena itu cara mengaturnya harus di buat sedemikian sehingga memenuhi persyaratan dekorasi dan fungsi, dan merupakan perpaduan antara seni dan kehidupan. 

Dengan perkataan lain dalam mengatur batu karang, harus ada daya kreatif yaitu menciptakan suasana yang serasi sebagai habitat dari ikan-ikan. Oleh karena itu usahakanlah jangan sampai batu karang tersebut hanya sekedar di tumpuk begitu saja, tetapi di susun rapi dan sehingga sedap di pandang. 

Usahakanlah agar batu kurang tersebut merupakan terowongan atau gua-gua kecil, sehingga dengan dmikian ikan-ikan dapat tersmbunyi di sela-sela batu, seperti di alam laut sebenarnya. 

Dengan adanya sela-sela batu tersebut, juga memudahkan membersihkan dasar dari akuarium. 

Batu karang di atur sehingga di bagian belakang agak meninggi kemudian menurun dan di latar dengan akuarium nampak datar, sehingga terasa ada di mensi ke dalaman. 

Baca yuk,.
Model Aquarium Toples Unik Harga Murah

Gambar Ikan dalam Aquarium yang Cantik dan Indah

Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana – Jenis Batu Karang untuk Dasar Aquarium

Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana

Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana

Sebagai dasar dari akuarium, dapat di taburi dengan batu karang kecil-kecil atau pecahan karang. Pasir laut yang agak kasar juga bagus untuk dasar akuarium, asalkan sebelumnya pasir-pasir tersebut sudah di cuci bersih. 

Setelah pajang kita cukup baik dan artistik, barulah kemudian air laut di isikan perlahan-lahan, agar banguna batu karang yang sudah kita susun tidak berantakan. 

Dapat juga susunan batu tersebut di tutupi sementara dengan lembaran plastik, sehingga air yang di tuangkan dapat tertahan oleh lembaran plastik tersebut. Tentunya air yang di masukkan adalah air yang sudah di adakan perawatan sebelumnya. 

Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana – Pengisian Air Aquarium

Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana

Pengisian air akuarium dapat dilakukan dengan jalan memakai slang plastik dan air yang mengalir tidak akan membuat teraduknya pasir, mengisi air jangan sampai terlalu penuh, yaitu kurang dari 2 cm dari tepian atas akuarium. 

Mula-mula air di dalam akuarium akan kelihatan keruh, namun dengan bantuan aerator, dalam waktu 24 jam biasanya air itu akan menjadi bening, kecuali kalau ada kelainan yang terjadi di alam akuarium, yang kemungkinan besar di sebabkan adanya pembusukan. 

Jikalau semuanya sudah beres, periksa kebocoran-keboocoran akuarium, kalau ada, cukup tekan dempul akuarium sehingga kebocoran tersebut berhenti.

Perlu di periksa pula sambungan slang plastik dari pompa udara, untuk mengetahui apakah slang tersebut ada yang terjepit batu atau tidak. 

Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana dari Binatang Kecil dari Laut

Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana

Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana

Bila akuarium telah jernih, kini giliran memasukkan binatang laut seperti polype-polype, jamur-jamur, cacing laut dengan jalan menempelkan pada batu karang. Apabila mengaturnya cukup baik, maka interior kita sekarang sudah berwajah  cantik. 

Pada waktu itu pompa  jaringan sampai terputus alirannya. Karena saat ini adalah saat yang paling kritis di dalam pemajangan akuarium. Kita harus sedia, persediaan pompa listrik maupun pompa penuh, gunanya untuk mengalirkan udara ke dalam akuarium. 

Selang beberapa hari apabila air sudah stabil atau seimbang, ikan-ikan pun dapat dimasukkan. Setelah ikan-ikan dimasukkan, mereka juga menurut adanya oksigen segar, penerangan, kebersihan. 

Kegiatan rutin yang harus kita adalah memperhatikan lingkungan hidup mereka antara lain air yang baik, makanan yang cukup, dan membuat mereka senang, seperti di alam bebas. 

Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana dengan Mengatur Jenis Ikan Hias

Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana

Janganlah mengisi akuarium kita dengan ikan yang terlalu banyak, apalagi mencampur ikan-ikan yang lemah dengan ikan-ikan yang ganas, atau ikan pengganggu. 

Tidak semua jenis ikan laut hidup tahan lama di dalam akuarium, ada yang memang sukar hidup di karenakan tidak cocoknya makanan, ada yang memang tidak dapat menyesuaikan dirinya dengan lingkungan yang baru di mana segalanya serba terbatas, tidak senang dan serba mengagetkan. 

Itulah beberapa kiat cara Dekorasi Aquarium Air Tawar Sederhana murah dengan perlengkapan hiasan berupa batu karang dan jenis binatang laut. Semoga bermanfaat.

No comments: