Bagian – Bagian Akuarium yang Penting dan Harus Dilengkapi

loading...
Bagian – Bagian Akuarium infoikan.com Sudah tahu nama perlengkapan aquarium? Atau ingin tahu cara membuat dekorasi aquarium air tawar sederhana lengkap dengan aerator?

1. Kerangka akuarium 

Bagian – Bagian Akuarium yang pertama yaitu Kerangka, kerangka akuarium dapat di buat dari macam-macam bahan. 

Masing-masing bahan mempunyai kelebihan dan kelemahannya. Namun bahan apa yang akan di pilih tentunya akan tergantung dari selera dan kemampuan masing-masing. 

Yang terpenting adalah bahwa persyaratan teknik akuarium harus benar-benar di perhatikan.

A. Bagian Kerangka akuarium dari besi 
Bagian – Bagian Akuarium



Kerangka akuarium yang terbuat dari besi, mungkin yang paling sederhana, mudah membuatnya dan ringan pembiayaannya. Walaupun bukan akuarium yang ideal/menarik rupanya, tetapi yang jelas benda lainnya. 

Kerangka dari besi dapat tahan lama sekali asalkan perawatan kita cukup baik. Besi mudah di makan karat, lebih-lebih akuarium itu dipergunakan untuk akuarium laut. 

Air laut mengandung unsur-unsur kimiawi seperti garam-garam, yang sangat tajam bereaksi  dengan besi. 

Untuk lebih manis di pandang maka besi itu dapat di cat dulu dengan warna yang kita sukai, metalik, putih, biru, hijau, abu-abu dan sebagainya yang di sesuaikan  dengan warna ruangan. 

Usahakan jagan terkena air laut, dan apabila terkena air laut maka, kerangka itu harus di lap/di cuci dengan air tawar, sehingga garam-garam yang melekat  dapat di singkirkan. 

Baca juga:
Model Akuarium Kecil untuk di Kamar yang Cantik Unik

Gambar Hiasan Akuarium Kecil yang Unik
Bagian – Bagian Akuarium


Kita dapat membangun kerangka itu sendiri dengan mengelas potongan-potongan besi siku sesuai dengan ukuran akuarium. 

Beberapa hal harus di ingat dalam mengelas akuarium yaitu. 
- Semua sambungan-sambungan harus rata, jangan sampai ada tonjolan. 
- Kerangka bagian bawah di buat penguat besi plat menyilang, jumlah dari plat ini tergantung dari besarnya akuarium. 
- Untuk bagian atas, bagi pembuatan akuarium darat, maka siku menghadap ke dalam. 
- Sedangkan bagi akuarium laut, besi siku menghadap keluar, sehingga merupakan bibir. Keuntungannya tidak ada bagian yang merupakan sudut sempit yang dapat menyulitkan di saat membersihkan. 

Baca:
Bentuk Akuarium Hias yang Populer Dijual

Ikan dalam akuarium yang Populer Dipelihara

Bagian – Bagian Akuarium dari Bahan Alumunium

Bagian – Bagian Akuarium

Bagian Akuarium kerangka dari bahan alumunium 

sekarang sudah ada batangan aluminium dengan bermacam-macam ukuran, maupun tebal serta panjangnya. 

Aluminium memang sangat ringan di bandingkan dengan besi, dan tidak mudah berkarat, sehingga untuk membuat akuarium laut tidak perlu kuatir akan karat yang timbul. 

Kesukarannya adalah untuk merakitnya, karena untuk mengelas aluminium tidak semua tukang las dapat mengerjakannya. Dan ongkosnya kerjanya tidak semua tukang las dapat mengerjakannya. 

Oleh karena itu pada waktu merangkai kerangka agar lebih hati-hati. Aluminium akan terlihat mengkilat, namun dalam jangka tertentu akan pudar dan tidak begitu menarik lagi. 

Oleh karena itu perlu aluminium tersebut di gosok atau di lapisi dengan cat duco, agar lebih kelihatan baik.  Bentuk dan cara merangkai kerangka sama halnya dengan kerangka besi. 

Baca:
Cara Merakit akuarium Air Tawar dan Laut Sesuai Ukuran

Desain dan Kontruksi Akuarium yang Umum Digunakan

Bagian – Bagian Akuarium kerangka besi dengan di beri lapisan 

Bagian – Bagian Akuarium

untuk memperindah maupun membuat agar besi lebih awet maka kerangka akuarium dapat di lapisi. Lapisan itu dapat berupa kuningan, timah, kayu, atau di krom. 

Lapisan itu ada yang harus dikerjakan sebelum kaca di pasang, ada yang setelah semua di pasang, baru pelapisan di kerjakan. 

Untuk lapisan yang di kerjakan sebelum kaca di pasang antara lain: lapisan kuningan, timah, dan krom. Yang terbaik tentunya lapisan dari timah, karena timah nampak indah juga tida mudah berkarat. 

Bagi ruangan yang serba kuning, tuntunyya akuarium berlapis kuningan akan mengasyikkan juga. Kuningan juga tahan karat. Tetapi harganya juga mahal. 

Pengerjaan lapisan kuningan dapat di lakukan sebelum kaca di pasang. Perawatan akuarium kuningan juga perlu mendapat perhatian khusus karena kuningan juga perlu di gosok setiap kali.

Yang termasuk murah tentunya lapisan krom. Namun lapisan krom ini mudah sekali terkelupas, dan krom gampang termakan karat, tetapi untuk mengkilatnya tidak ada tandingannya. 

Pelapisan kayu dapat di kerjakan setelah semua kaca terpasang. Lapisan kayu ini sekedar membalut besi. Akuarium yang di lapisi dengan kayu akan sesuai dengan ruangan yang serba kayu pengerjaannya relatif mudah. 

Baca yuk,.
Akuarium Ikan Arwana dan Cara Merawatnya

Bagian – Bagian Akuarium dari KERANGKA TERASO

Bagian – Bagian Akuarium

Akuarium yang terbuat dari teraso sangat populer. Kecuali harganya tidak begitu mahal, kekuatannya dapat di andalkan. Teraso dapat di gosok sehingga mengkilat, warnanya pun dapat bermacam-macam tergantung pesanan kita. 

Teraso berkualitas baik, akan nampak seperti batu marmer. Akuarium ini serasi dengan ruangan yang serba berbatu alam/teraso. Namun, kualitasnya adalah bahwa akuarium teraso sangat berat, sehingga sukar untuk di pindahkan. 

Biasanya yang retak adalah di sudut-sudut, terutama di bagian bawah, mungkin pada waktu pengecoran tidak sempurna. Akuarium ini sangat indah apabila di masukkan dalam dinding, sedangkan akuariumnya sendiri berada di sebelah luar. 

Bagian – Bagian Akuarium serba kaca

Bagian – Bagian Akuarium

Akuarium tanpa kerangka mungkin merupakan akuarium yang paling praktis, dan murah, dan mudah untuk dirakit sendiri. Dapat di angkut kemana-kemana dalam keadaan belum di rakit, baru setibanya di tempat tujuan kemudia dengan cepat kita dapat merakitnya. 

Di antaranya perekat itu adalah sillicon rubber, dengan perekat ini kita dapat merakit akuarium serba gelas. 

Tube perekat ini harus di tutup rapat sebelum di pakai, jika tidak, perekat yang masih cair ini akan menjadi gumpalan yang keras, dan tidak dapat di pakai lagi untuk merekatkan. 

Bagian – Bagian Akuarium terbuat dari bahan plastik 

Bagian – Bagian Akuarium

mungkin, akuarium yang paling murah adalah akuarium yang terbuat dari bahan plastik. Plastik tembus cahaya dapat di peroleh di toko-toko, dan tebalnya dapat kita pilih sesuai dengan ukuran akuarium yang akan kita bangun. 

Namun, kesulitannya adalah bahwa plastik sangat gampang tergores, atau retak-retak. Dan daya tahannya pun tidak lama. Plastik lama-lama akan menjadi buramsehingga kita akan dapat melihat ke dalamnya. 

Untuk keperluan mendadak, mungkin akuarium ini sesuai sekali. Karema harganya tidak mahal dan tidak terpakai, dapat di pergunakan keperluan lain, umpanyanya tempat makanan dan ikan-ikan, atau tempat karantina dan sebagainya. 

Bagian – Bagian Akuarium - DINDING KOLAM 

Bagian – Bagian Akuarium

Bahan untuk dinding akuarium dapat di pergunakan kaca, fibre glass, steel glass, dan lain tembus cahayanya. Yang terbaik tentunya adalah kaca. Warna dari kaca pun sangat bermacam-macam. 

Dari hijau, kehitam-hitaman sampai warna yang betul-betul bening. Tentunya kita akan memilih kaca yang betul-betul dapat dengan jelas melihat ke dalam akuarium. 

Untuk kaca yang di pakai sebagai dasar akuarium, maka tebal di dalam di tambah dengan 1-2 mm. 

Bagian – Bagian Akuarium BAHAN PEREKAT/ DEMPUL AKUARIUM 

Bagian – Bagian Akuarium

Antara kaca dan kerangka akuarium tidak boleh ada benda keras, untuk menghindari pecahnya kaca dan bocornya akuarium. Karenanya harus ada bahan yang kenyal sebagai bantalan dari kaca tersebut. 

Bantalan atau dempul akuarium harus di buat sekenyal mungkin dapat menyebabkan kebocoran, dengan perkataan lain tidak boleh ada lubang sedikitpun. 

Jangan memakai semen keras untuk mendampul maupun menambal kebocoran. Dampul akuarium dapat kita buat sendiri, namun hasilnya kadang-kadang kurang memuaskan. 

Namun setelah ditumbuk dan di campur sedikit dengan minyaktanah akan menjadi lembek. Usahakan jangan sampai terlalu lembek. Dempul keras ini apabila campur baik, akan tetap menjadi kenyal. 

Kekenyalan ini diperlukan agar kaca dapat duduk dengan baik. Dempul kaca tidak merekat kuat pada kaca tersebut, sehingga dalam membongkar kaca kembali, maka dempul itu dengan mudahnyadapat di pisahkan dengan kaca. 

Perekat hanya di pergunakan bagi akuarium yang tidak mempergunakan kerangka, akuarium all glass atau yang terbuat dari plastik. Untuk merekatkan plastik dengan plastik dapat menggunakan lem plastik yang ada di pasar. 

Sedangkan untuk merekatkan  kaca dengan kaca dapat mempergunakan, silicon rubber. Bahan ini setelah kering seperti plastik yang juga kenyal, tetapi cukup kuat untuk merekatkan kaca dan mengoleskan perekat ini pada kaca dan akan tetap tahan lama. 

Tinggal mengoleskan perekat ini pada kaca yang akan di sambung. Kemudian di diamkan beberapa jam, setelah perekat menjadi kering, maka akuarium tersebut harus di cuci bersih untuk menghilanngkan sisa bahan kimiawi dari perekat sillicon tersebut. 

Nah, itulah beberapa Bagian – Bagian Akuarium yang umum digunakan dengan harga murah untuk dirakit sendiri sesuai keinginan dengan desain semenarik mungkin sistem moderen.

No comments: