8 Bentuk Aquarium Hias yang Populer Dijual Sekarang ini

Bentuk Aqurium Hias infoikan.com Jika kita menyempatkan diri setiap sabtu sehabis kerja atau minggu sewaktu berlibur dengan keluarga untuk mengunjungi tempat-tempat penjualan ikan hias, maka akan tampak di hadapan kita berbagai bentuk dan ukuran akuarium. 

Bentuk, ukuran, dan bahan pembuat bingkai dapat saja seragam. Demikian pula daya tarik akuarium yang di sodorkan kepada kita untuk di pilih.

Tidak jarang kita justru bingung karena tidak memiliki alasan kuat untuk memilihnya. 

Karena tidak memiliki pengetahuan cukup sehingga tidak tahu keunggulan maupun kelemahan akuarium yang akan dipilihnya. 

Ragam pesona akuarium ini sengaja diulas dengan maksudmerinci seluruh ragam akuarium dengan segala kelebihan dan kekurangannya, yang tentu saa bakal bermanfaat bagi kita. 

Seandainya berminat merangkainya sendiri, kita tidak akan menyesal jika salah merangkai, sebab konsepnya sudah di buat dari awal. 

Tentu saja akan lebih banyak manfaatnya bagi kita bila mengetahui secara detail ragam pesona akuarium ini. 

Agar lebih jelas berikut kumpulan gambar bentuk aquarium hias yang memberi pesona akuarium diuraikan secara rinci di bawah ini sebagai berikut. 


Bentuk Aquarium Hias

Bentuk Aquarium Hias


Baca juga:
UKuran Arwana di Aquarium? Lihat Detailnya disini

Menurut sejarahnya bentuk awal dari akuarium adalah lonjong. Kemudian dengan adanya rekayasa dan rasa tidak puas dari manusia, maka munculah akuarium persegi, yaitu rangkai dari beberapa kaca yang mampu memuat berbagai jenis ikan dalam jumlah banyak. 

Bentuk persegi pun hingga saat ini ada puluhan jenis yang merupakan modifikasi dan kreasi dari pembuatnya. 

Adapun bentuk-bentuk akuarium yang ada di pasarabn adalah sebagai berikut: 


Bentuk ikan Ikan Hias Air Tawar Air Laut

Bentuk Aquarium Hias



Ikan dalam perut ikan. Itulah kesan selintas bila melihat ikan menari-nari lincah dalam sebuah akuarium berbentuk ikan. Akuarium ini berwarna merah dan bisa ditemukan di tempat penjualan ikan hias. 

Dengan bentuknya yang mungil akuarium ini hanya cocok sebagai penghias meja atau meja bufet. 

Ikan -ikan yang membutuhkan tempat lebar seperti koki tidak cocok, karena ikan ini membutuhkan air dengan kandungan oksigen yang banyak. 

Sebaiknya di gunakan ikan-ikan labirinth yang tahan hidup di ruang sempit sehingga tidak perlu menambahkan slang aerator yang justru akan merusak pemandangan. 

Penempatan taman air yang di jepit di antara batu-batuan berwarna akan menambah semarak akuarium mini ini. 


Bentuk Aquarium Hias BULAT

Bentuk Aquarium Hias


Selain bentuk ikan, ada juga akuarium yang berbentuk bulat mirip bola dunia. 

Meskipun bulat akuarium ini bisa stabil di meja karena pada bagian dasarnya di beri dudukan yang menyatu dengan akuariumnya. 

Akuarium ini pun bentuknya kecil dan tidak dapat menampung ikan dalam jumlah banyak. Kehadirannya bisa di atas meja sebagai vas bunga. 

Untuk itu perlu dipilihkan ikan hias segar yang lincah, berwarna cerah, dan tahan terhadap kekurangan oksigen. 

Akuarium ini bermulut bulat di bagian atasnya. Menangani akuarium keluaran pabrik ini sebaiknya kita harus berhati-hati karena mudak retak. 


Bentuk Aquarium Hias SILINDER  

Bentuk Aquarium Hias


Bentuk akuarium yang lain adalah silinder. Sebagaimana bentuk bulat, bentuk silinder ini harus hati-hati menanganinya. 

Akuarium silinder bentuk nya mirip tong air mini yang keseluruhan sisinya berdinding kaca tembus pandang. 

Dilihat dari kapasitasnya, akuarium ini sedikit lebih banyak dibandingkan dengan kedua bentuk di atas. 

Keuntungan akuarium silinder dan juga bulat adalah kita bebas menentukan bagian mana yang bisa di letakkan di depan atau di belakang atau juga bagian tengah sebagai porosnya. 

Sehingga tanaman yang berdaun panjang bisa menjadi pilihan yang menarik. Oleh karena itu bentuknya yang tinggi, maka pengisian ikan yang memiliki gerakan vertikal menjadi satu-satunya pilihan. 

Jika dipilih ikan yang gerakannya ke depan, maka akan terasa sesak bagi ikan itu. 

Dengan memilih ikan yang tepat untuk akuarium yang berpastisipasi tersendiri, sesungguhnya sudah mendewasakan kita dalam merawat akuarium. 


Bentuk Aquarium Hias BENTUK RUMAH-RUMAHAN

Bentuk Aquarium Hias


Saat ini banyak di jumpai akuarium bermodel rumah-rumahan. Artinya akuarium yang dijual lengkap dengan atap buatannya. 

Akuarium ini berukuran kecil dan berbentuk unik sehingga ikan-ikan yang ada di dalamnya kelihatan seperti makhluk ini berbentuk kotak yang luas di bagian akuarium sebelumnya yang terbuat dari kaca, akuarium ini umumnya terbuat dari plastik bening. 

Akuarium ini pun dilengkapi dengan dudukan yang terbuat dari plastik hitam sehingga berkesan sebagai rumah berfondasi. 

Penggemar akuarium ataupun penjualnya umumnya menambah berbagai hiasan atau ornamen lain untuk memperindah dab menambah semarak akuarium ini. 


Bentuk Aquarium Hias - BENTUK STOPLES

Bentuk Aquarium Hias

Bentuk Aquarium Hias


Akuarium ini hampir sama dengan yang berbentuk bulat. Hanya bedanya bibir akuarium ini berhubungan dengan ruangan yang lebar, sedangkan yang bulat hanya berupa lubang saja. 

Letak persamaannya pada dudukannya yang datar. Bentuk stoples pun ukurannya kecil sehingga hanya sangat efektif bila dipilihkan ikan-ikan mungil sebagai penghuninya. 

Pemilihan ikan-ikan yang tahan terhadap kekurangan oksigen didalam air sangat di harapkan. 

Keuntungan akuarium ini adalah jika kita akan memindahkannya bisa dipegang dan lehernya dengan aman, tidak seperti bentuk bulat yang harus di pegang seluruhnya. 


Bentuk Aquarium Hias SEGI EMPAT 

Bentuk Aquarium Hias


Bentuk akuarium yang sudah lama dikenal masyarakat  dan paling banyak peminatnya adalah bentuk segi empat. 

Tidaklah heran bila kita menjumpai akuarium bentuk segi empat saat kita berjalan-jalan dipusat-pusat promosi ikan hias. 

Demikian juga bila kita berkunjung ke tempat kenalan kita yang kebetulan hobi ikan hias. 

Satu hal yang mungkin luput dari pengamatan  kita, sesungguhnya bentuk segi empat secara umum dapat di bedakan atas dua bagiab, yaitu segi empat lebar dan segi empat tinggi. 

Segi empat lebar adalah sisi lebarnya lebih besar daripada sisi tingginya. Misalnya akuarium berukuran panjang 90 cm, lebar 45, dan tinggi 40 cm. 

Sedangkan segi empat tinggi adalah sisi tingginya berukuran  panjang 100 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 50 cm. 

Akuarium segi empat lebar jelas memiliki luas permukaan yang lebig besar di bandingkan yang tinggi. 

Keuntungan dari yang lebar, jika kita ingin memanfaatkan sebagian ruangan untuk dekorasi akuarium masih tersedia banyak ruang untuk berseliwerannya ikan-ikan. 

Walaupun demikian akuarium yang tinggi lebih memudahkan kita jika ingin memajang ikan-ikan yang tinggi seperti manvis slayer untuk akuarium tawar serta piso-piso dan gebel untuk akuarium laut. 


Bentuk Aquarium Hias SEGI TIGA 

Bentuk Aquarium Hias


Sering kita jumpai akuarium berbentuk segi tiga  tinggi. Akuarium ini tuurut menyeramarakkan bisnis akuarium karena bentuknya yang unik dan tidak memakan tempat sehingga bisa menempati pojok-pojok ruangan yang sempit. 

Bentuk segi tiga ternyata tidak tampil tunggal di blan prakuariuman, namun banyak ragamnya. 

Bentuk yang paling sederhana adalah segi tiga yang ketiga sisinya sama, dengan ketinggian dua kali atau dua setengah kali sisi lebarnya. 

Bentuk segi tiga lain yang sederhana  adalah segi tiga yang dua sisinya sama, sedangkan sisi yang lainnya lebih besar. 

Dengan salah satu sudut yang besarnya 90 derajat, maka akuarium ini cocok ditempat kan di sudut ruangan. 

Akuarium segi tiga bisa mungkin terlalu sederhana bagi mereka yang berselera seni tinggi meskipun hanya sedikit. 

Untuk tidak tampil monoton, maka akuarium segi tiga ini di beri variasi dengan merangkaikan sepotog kaca di masing-masing sudut akuarium yang runcing, atau yang menghadap kedepan di buat tumpul, sepintas terlihat seperti berbentuk  segi lima. 

Namun, jika penambahan kaca terlalu lebar di kedua sudut bagian depannya, malahan akan merusak keindahan akuarium segi tiga ini. 

Untuk mengurangi kesan formal dan kaku pada akuarium segi tiga ini pemakaian kaca cembung pada salah sisinya merupakan pilihan yang menarik bagi penggemarnya. 

Dengan atau tanpa penambahan kaca kecil di ujung-ujungnya, penampilan akuarium segi tiga dengan salah satu sisinya cembung akan lebih menarik. 


Bentuk Aquarium Hias SEGI ENAM 

Bentuk Aquarium Hias


Tidak kalah menariknya dari berbagai model akuarium adalah bentuk segi enam. Akuarium segi enam biasanya di buat dengan sisinya hampir sama. 

Dengan bentuknya yang memanjang ke atas akuarium ini berkesan bagus dan sekaligus indah. Akuarium ini barangkali merupakan pilihat tepat bagi mereka yang merindukan akuarium lodong berukuran lebih besar. 

Jika bentuk lodong hanya tersedia dalam ukuran yang terbatas, maka akuarium segi enam bisa di buat sesuai dengan ukuran yang di kehendaki. 

Jika pada akuarium segi empat dan segi tiga sering terjadi manipulasi untuk memperindah bentuknya dengan memasang kaca cembung, maka akuarium segi enam jarang menggunakan kaca cembung di salah satu sisinya. 

Tanpa adanya kaca cembung pemilik bisa bebas menentukan sisi depan atau sisi belakangnya. 

Dengan bentuknya portabel memungkinkan ikan yang di pajang di dalamnya bisa di nikmati dari berbagai sudut dengan sama indahnya. 


Bentuk Aquarium Hias DIORAMA 

Bentuk Aquarium Hias


Bagi pemilik rumah berukuran besar, biasanya tidak puas jika hanya memiliki akuarium yang kendati pun berukuran besar, mereka akan memilih akuarium model diorama yang menempel di dinding daripada akuarium biasa. 

Pemilihan model diorama di lakukan oleh mereka yang merencanakan rumahnya dengan matang.  

Berbeda dengan akuarium biasa yang bisa dipindahkan jika tidak memenuhi selera, memindahkan akuarium itu dan membuat yang baru. Bisa di bayangkan betapa mahalnya jika hal itu dilakukan. 

Biasanya akuarium ini berada di rumah mereka yang tergolong kalangan atas, sedangkan mereka yang tergolong kalangan menengah ke bawah sebaiknya memilih akuarium biasa yang sewaktu-waktu dapat di ganti atau di tukar tambah dengan model yang lebih baik. 

Ambisi orang untuk mempunyai akuarium diorama, selain tuntutan akuarium yang berukuran besar, keinginan mmenghadirkan akuarium yang menyatu dengan rumahnya juga tidak terlepas dari tuntutan manusia sebagai makhluk yang selalu ingin primus inter pares atau ingin unggul di antara sesamanya. 

Ikan-ikan yang dipilih nya pun tidak boleh berkesan seadanya tapi ikan-ikan eksklusif seperti arwana, arapaima, waru dan lain sebagainya. 

Berbeda dengan akuarium-akuarium yang sudah di sebutkan di atas, akuarium ini hanya bagian depannya saja yang terbuat dari kaca yang umunya lebih tebal. 

Dengan demikian akuarium ini memiliki berbagai kelebihan, antara lain kacanya lebih kuat dan relatif lebih aman, karena hanya memiliki satu sisi berkaca. 

Namun cara merangkainya lebih rumit karena kaca itu bekal melekat pada bahan-bahan yang bukan kaca. 

Selain harus di buatkan lubang untuk tempat kaca menempel, maka untuk mencegah larinya air perlu di beri dempul. 

Dempul inilah yang memungkinkan kaca menahan air dengan sempurna. Pecahnya kaca lebih sering terjadi bila kaca melekat langsung dengan semen. 

Akuarium akan selamanya terancam bocor karena tidak meratanya daya lekat semen pada kaca. 

Selesai sudah beberapa desain bentuk aquarium hias air tawar untuk rumah minimalis sederhana yang memberikan pesona serta dapat dibuat sendiri di rumah.
loading...

0 komentar