Cara Membuat Aquarium sederhana Unik untuk Ikan Hias

Cara Membuat Aquarium infoikan.com sudah tahu video cara membuat aquarium? Atau ingin tahu download video cara membuat aquarium?

Perbandingan Besar dan Tebal Kaca Aquarium


Tidak semua tukang kaca tahu kekuatan kaca yang di jual. Yang di ketahui hanyalah harga kaca dan bagaimana memotongnya sesuai permintaan.

Sebaliknya tidak semua tukang akuarium rela memberi informasi ketebalan kaca yang ideal untuk akuarium.

Ataupun kita begitu percaya kepada pedagang yang memberi informasi, karena takut resiko yang bakal di hadapinya.

Dari persoalan di atas penting bagi kita untuk mengetahui antara ketebalan kaca dengan akuarium yang hendak di buat pilihan kita tidaklah salah.

Dengan berpatokan pada tabel yang bisa dipertanggungjawabkan, setidaknya kita punya pegangan dalam memperhitungkan kekuatan akuarium yang hendak kita buat.

Berikut langkah - langkah cara membuat aquarium unik berdinding besar dan tebal untuk ikan hias air tawar, air laut, yang unik dan keren lengkap dengan hiasan.

Cara Membuat Aquarium

Cara Membuat Aquarium


Cara Membuat Aquarium - BAHAN Membuat Aquarium

Selain kaca yang sudah di potong dan lem kaca, kita masih membutuhkan peralatan atau bahan lain agar pembuatan akuarium sukses.

Baca juga:
Gambar Hiasan Aquarium Kecil

Ikan dalam Aquarium yang Populer Dipelihara
Jenis Aquarium Ikan Arwana

Jenis Tanaman Aquarium yang Mudah Didapat


Cara Membuat Aquarium


1. Selotip (lakban)

Bahan ini biasanya berukuran lebar dan sering di gunakan untuk menjilid buku. 

Untuk akuarium selotip di gunakan untuk membantu egaknya kaca yang sudah di ber lem dan di rangkai, namun belum kuat benar karena lemnya masih basah.

2. Batang paralon

Paralon yang di gunakan berdiameter 1 inci dan panjangnya sedikit lebih panjang dari akuarium yang akan di buat dan di sediakan sebanyak dua atau empat batang.

Bisa juga digunakan kayu reng. Sediakan pula karet berwarna hitam dari bahan ban sepeda atau sejenisnya.

Batang paralon atau kayu reng dan karet hitam digunakan untuk memegang rangkaian kaca agar tidak bergerak sewaktu dilakukan pengeleman.

Jika tidak tersedian batang paralon, kayu reng, dan karet besi pegangan ember pun bisa di gunakan, kalau akuarium yang hendak di buat bisa di gunakan, kalau akuarium yang hendak di buat berukuran sedang.

Jika terlalu besar tidak di muat, sedangkan terlalu kecil tidak mengikat.

3. Bahan membuat Aquarium - Silet

Silet gunanya untuk membersihkan lem yang melekat tidak pada tempatnya yang bila di biarkan tidak enak di pandang, selain bisa membuat kaca tidak melekat erat.

4. Bahan membuat Aquarium - Geraji Besi

Gergaji besi diperlukan jika akan membuat bingkai dengan aluminium, besi, siku, ataupun bahan logam lainnya, karena sangat membantu dalam mewujudkan potongan –potongan sesuai dengan keinginan kita, baik untuk bentuk akuarium ataupun kaki akuarium.

5. Bahan membuat Aquarium - Bahan Bingkai

Oleh karena bahan bingkai itu terdiri dari berbagai jenis, maka kita harus mampu memikirkan bahan apa yang akan di gunakan sebelum niat untuk membuat akuarium dilaksanakan.

Hindarilah perubahan sikap dalam memilih bahan jika pembuatannya sementara dikerjakan, karena akan membuang uang saja.

6. Bahan membuat Aquarium - Meja datar atau Tripek

Cara Membuat Aquarium


Di gunakan untuk alas pembuatan atau merangkai akuarium. 

Dengan adanya alas yang bisa di andalkan, maka pecahnya kaca karena tidak ratanya dasar untuk membuat akuarium bisa di hindari pada umumnya orang terlalu mengandalkan lantai dasar rumahnya yang dianggapnya sudah rata.

Padahal lantai rumah, terlebih yang di buat pasangan tegel biasanya tidak rata terutama pada sambungannya.

Untuk menghindari kerugian yang tidak sedikit, sediakan meja yang datar atau paling tidak triplek atau multiplek untuk alasnya.

Cara Membuat Aquarium Air Tawar Unik Sederhana

Cara Membuat Aquarium

Cara Membuat Aquarium


Merakit akuarium bukanlah pekerjaan berat, namun tidak ringan. Artinya, pekerjaan ini menuntut keseriusan kita karena  besar risikonya jika salah.

Pekerjaan merakit akuarium bisa dilakukan siapa saja, asalkan tahu caranya serta cukup bahan dan peralatan yang di butuhkan.

Harus di perhatikan bahwa kaca yang dipotong tidak tepat ukurannya bisa membahayakan dan merusakkan seluruh rangkaian akuarium.

Jika kaca itu kita pesan dari toko kaca, kita harus sediakan dulu ukuran-ukurannya.

Sewaktu memotong kita lihat dan kita pantau terus sebab ada kalanya demi kepraktisannya, mereka tidak mau tahu betapa pentingnya ketepatan pemotongan kaca.

Ukuran yang tepat pun kadang belum memberi jaminan bahwa pemotongan benar.

Kita tahu dalam ilmu ukur, jajaran genjang atau belah ketupat sisi berhadapan sama, namun sudutnya tidak 90 derajat.

Cara Membuat Aquarium


Jika kita sudah mendapatkan kaca yang sesuai dengan ukuran yang di kehendaki dan permukaan potongannya sudah di tumpulkan dengan batu gurinda, langkah berikutnya adalah mencari tempat  yang aman untuk merangkainya.

Kaca diatur sedemikian rupa sehingga untuk bagian dasar berada ditengah-tengah, sedangkal yang bekal menempati sisi-sisinya berada di sampingnya.

Pengaturan ini dilakukan untuk mempermudah perakitan. Langkah berikutnya adalah mengolesi kaca bagian tengah dengan lem pada tepinya.

Ingat bahwa pengolesan lem sifatnya hanya sekedar untuk menempelkan kaca. Jadi, tidak perlu banyak-banyak. 

Kemudian di susul kaca-kaca yang bakal menempel di sisinya.

Berbeda dengan yang pertama, kaca ini diberi lem pada ketebalannya. Dan harus diperhatikan, setiap kaca tidak sama bagian yang harus di beri lem.

Yaitu yang bakal menempel pada dasar akuarium. Sedangkan sisi tingginya diberi lem pada sisi pinggirnya, bukan ketebalannya, karena akan di tempeli oleh sisi pendek.

Kedua sisi pendek di beri lem pada ketiga ketebalannya, sedangkan sebuah yang menghadap ke atas tidak di beri lem.

Lem-lem tadi di biarkan hingga agak kering agar bisa melekat agak kuat. Jika masih dalam keadaan basah, sesudah dirangkaikan, kaca-kaca biasanya akan bergerak-gerak.

Akan tetapi, jika mengganggu hingga terlalu kering akan susah menempelnya. Bisa di pastikan kegiatan kita bakal terganggu.

Setelah agak kering mulailah kita merangkaikan masing-masing kaca di atas dasar yang sudah di beri lem. Urutannya harus benar untuk mendapatkan hasil yang di harapkan.

Cara Membuat Aquarium


Pertama, pasanglah salah satu kaca yang panjang. Usahakan tepat di atas lem. Jika perhitungan kita tepat, maka kaca tersebut tidak akan bergeser, kita kita tepat memasangnya pada sisi panjang.

Kemudian sisi pendek yang kedua, tepat pada sisi dasar dan sisi panjang. Yang terakhir, sisi yang panjang di rangkaikan sehingga lengkaplah sudah rangkaian sisi-sisi akuarium.

Jika pada saat merangkaikan sisi-sisi akuarium kacanya bergeser, bisa saja di bantu dengan selotip.

Supaya tidak merepotkan selotip bisa dipotong-potong dulu dan di tempatkan pada kaca-kaca sebelum dirangkaikan.

Begitu kaca dirangkaikan, selotip itu bisa di tempelkan pada sisi kaca lainnya.

Cara Membuat Aquarium - Pengeleman

Cara Membuat Aquarium

Cara Membuat Aquarium

Cara Membuat Aquarium


Sebelum dilakukan pengeleman, kaca harus diikat dulu agar ketika sudut-sudutnya ditekan tidak terlepas.

Untuk mengikat rangkaian kaca ini digunakan batang paralon, batang kayu, ataupun pegangan ember.

Paralon atau kayu yang diikat dengan karet pada sisi panjang akuarium agar bisa menekan kaca-kaca itu.

Pada saat mengikat rangkaian kaca ini kita bisa melakukan koreksi jangan sampai ada kaca yang tidak berada tepat pada posisinya.

Koreksi ini memudahkan kita mendapatkan rangkaian yang lurus dan satu-satunya kesempatan bagi kita selagi lem kaca belum dioleskkan.

Setelah kita yakin bahwa kaca-kaca sudah berada tepat pada tempatnya, mulailah kita bisa mengoleskan lem dengan leluasa tanpa harus menggeser kaca dan tanpa khawatir rangkaian akan lepas.

Cara Membuat Aquarium


Pengeleman dilakukan dari bawah ke atas tepat pad pertemuan antara kaca dengan kaca. Sedangkan untuk dasarnya bisa dari kiri ke kanan.

Jika kita menggunakan lem kaca yang besar biasanya kita menggunakan alat bantu seperti pompa, sedangkan lem kaca dalam tube kecil bisa langsung di pencet di sepanjang pertemuan antara kaca.

Setelah semua bagian di olesi dengan lem, maka lem di ratakan dengan jari secara merata agar mengisi sela-sela kaca. 

Bila ada bagian yang belum rata tentunya harus di tambah lemnya, atau bisa dengan memindahkan lem dari bagian yang berlebihan, kemudian didiamkan selama kurang lebih 24 jam.

Setelah lem kering, akuarium bisa diisi air untuk melihat rapi tidaknya pekerjaan yang telah kita lakukan. 

Jika bocor tentu ini karena keteledoran  dalam mengoleskan dan meratakan lem di sudut pertemuan kaca. Atau ada bagian yag terlewatkan oleh kerja kita.   

Selain kebocoran yang mungkin terjadi, lem yang menempel tidak pada tempatnya harus di bersihkan.

Cara membersihkannya ialah dengan menggunakan silet atau pisau cutter. Silet di sejajarkan dengan kaca akuarium yang ditempeli lem dan di tarik memotong lem yang sudah mengering.

Sisa lem di kerok berulang-ulang, kemudian dilap dengan kain. Kain ini tidak boleh mengandung minyak tanah atau bensin.

Sering orang ingin menambahkan sesuatu agar akuariumnya lebih kuat. 

Pada bibir akuarium biasanya orang menambahkan sepotong kaca atau dua potong kaca pada sisi panjang untuk menambah kekuatan akuarium.

Ada juga pada sisi melintang untuk memberi  tahanan yang lebih besar dan kuat.

Cara Membuat Aquarium - Merangaki Kerangka

Cara Membuat Aquarium


Jika menghendaki akuarium yang berkerangka, sebelumnya harus dipastikan kerangka apa yang kita mau. 

Jika akan dipasang kerangka aluminium siku, pemasangannya bisa dilakukan setelah rangkaian-rangkaian kaca-kaca terpasang seluruhnya.

Jika rangkanya dari kayu ukiran, rangkaiannya dipasang terpisah antara akuarium dan kayu ukiran,  kemudian di gabung dengan cara memasukkan akuarium ke dalam kerangka yang sudah jadi.

Masing-masing kerangka membutuhkan penanganan dan waktu yang berbeda untuk di rangkaikan.

Untuk aluminium siku biasa pemasangan  dilakukan setelah kita memotong aluminium sesuai dengan ukuran keliling akuarium.

Jika tersedia batang aluminium yang masih panjang biasanya rangkaian dasar dan atas dijadikan satu.

Sedangkan pada bagian yang tegak dipotong sesuai dengan ketinggiannya.



Selesai sudah bagaimana cara membuat aquarium sederhana yang unik untuk ikan hias air tawar, air laut, dari bahan seadanya dapat dibuat besar maupun kecil. Bisa juga dicarikan dari botol bekas
loading...

0 komentar