10 Perlengkapan Aquarium dan Fungsinya untuk Ikan Hias

Perlengkapan Aquarium infoikan.com Sudah tahu apa saja perlengkapan aquarium? Atau ingin tahu perlengkapan aquarium ikan hias?

Sebagai media hidup ikan yang luasnya terbatas, akuarium memiliki kelemahan yang cukup berarti dan mampu membuat peminatnya berfikir sebelum membeli dan memiliki akuarium. 

Namun, kelemahan ini kini sudah bisa diatasi karena tersedia banyak peralatan untuk memperkecil  kelemahannya. 

Adapun kelemahan akuarium antara lain hanya beberapa ekor, akuarium cepat berlumut, air cepat kotor, ikan gampang mati, dan lainnya. 

Kini masalah yang bersifat teknis bukan merupakan hambatan lagi. Malahan yang semula selalu mengancam kehidupan ikan, kini dengan adanya peralatan, selain mengatasi hambatan, juga akan menambah keindahan dan keanggunan akuarium.  

Berikut beberapa perlengkapan aquarium ikan hias dan fungsinya lengkap dengan gambar untuk menghiasi dan juga sebagai pelindung ikan yang dipelihara.


Perlengkapan Aquarium

Perlengkapan Aquarium dan Fungsinya


Perlengkapan Aquarium - Aerator

Perlengkapan Aquarium dan Fungsinya


Baca juga:
Gambar Hiasan Aquarium Unik dan Cantik
Ikan dalam aquarium yang Populer Dipelihara
Model Aquarium kecil untuk di Kamar
Tanaman Aquarium yang Mudah di Dapat

Oleh karena jumlah air dalam akuarium terbatas, tidak seperti dikolam atau perairan umum, maka yang menjadi masalah utama bagi ikan adalah tersedianya oksigen dalam jumlah terbatas. 

Penambahan ruangan dalam akuarium berarti pula menambah dan sekaligus merubah bentuk akuarium itu secara keseluruhan. 

Padahal kita tahu masing-masing akuarium memiliki spesifikasi tersendiri dan tidak selalu akuarium yang besar sesuai dengan keinginan kita.

Yang mungkin karena tidak tersedia cukup ruangan di rumah kita. Yang kita inginkan sebenarnya adalah oksigen yang jumlahnya sebanding dengan besar atau luas akuarium yang tetap. 

Keinginan yang tampaknya mustahil ini dahulu memang tak terpecahkan. Akan tetapi, kini sudah bisa di atasi dengan sebuah langkah mudah. 


Perlengkapan Aquarium dan Fungsinya


Aerator atau vibrator atau pompa udara bisa mengatasi kekurangan oksigen dalam akuarium tanpa perlu menambah luas akuarium. 

Seandainya kita melihat sebuah akuarium yang ada gelembung-gelembung udara, yang sepintas mirip gerakan air dari sebuah mata air, sesungguhnya gelembung di hasilkan oleh aerator. 

Meskipun alat ini cukup akrab di kalangan penggemar dan pedagang akuarium dan salah satu fungsinya mengatasi kekurangan oksigen, masih banyak juga orang yang salah duga. 

Mereka umumnya menganggap aerator menghasilkan oksigen yang langsung meresap dalam air sehingga kita bisa memasukkan ikan lebih banyak. 

Sebenarnya yang di hasilkan oleh aerator adalah udara biasa. Yang sama sekali tidak sama dengan oksigen murni yang biasa di tambahkan pada kantong plastik sewaktu mengangkut ikan secara tertutup. 

Menilik namanya, aerator, sebenarnya kita sudah bisa menebak bahwa alat ini gunanya untuk aerasi  atau perputaran udara air. 

Nama lain aerator adalah vibrator yang artinya penggetar, yang tidak salah jika dilihat dari cara kerjanya. 

Aerator merupakan gerakan udara ke atas yang menimbulkan gerakan air dari bawah ke atas dan sebaliknya. 

Akibat dari gerakan air ini, tentunya ketika sampai di atas air, gelembung udara akan berdifusi dalam udara bebas. Pada terbawa air. 

Sebaliknya karbondioksida dalam air terlepas ke udara bebas. Akibat gerakan air ini, maka stratifikasi dalam air tidak lagi terjadi. 

Umumnya air yang statis akan menimbulkan lapisan-lapisan air, yang pada bagian atas akan lebih hangat atau panas di bandingkan bagian bawah. 

Lapisan ini tentunya sangat tidak baik bagi kehidupan ikan yang diam di dalamnya, karena semua gas-gas hasil pembusukan atau penguraian sisa makanan atau kotoran ikan juga turut hilang. 

Selain fungsi pokok tadi, aerator sering digunakan sebagai sarana artistik untuk menambah semaraknya suasana akuarium. 

Misalnya saja gelembung udara yang melewati sebuah cangkang tiram buatan akan membuka dan menutup bila sudah penuh udara, atau yang melewati sebuah kelenteng buatan akan menimbulkan suasana magis. 


Perlengkapan Aquarium - BATU AERASI (Batu Hias)

Perlengkapan Aquarium dan Fungsinya


Jika kesulitan oksigen bisa teratasi dengan hadirnya aerator. Perlu di pikirkan agar gelembung-gelembung udara yang ditimbulkannya tidak merusakkan dekorasi akuarium. 

Gelembung udara dasar yang keluar satu persatu saja terlalu kuat gangguannya bagi tanaman yang terpasang  dipasir. 

Untuk mengurangi goncangan ini kehadiran batu aerasi atau batu apung sangat di butuhkan. 

Menjadi kecilnya goncangan air di harapkan tidak mengurangi banyaknya udara yang keluar. 

Artinya, secara kuantitas gelembung udara yang keluar bisa diperkecil, tetapi jumlahnya banyak. 

Kehadiran batu aerasi selain bisa memperlunak gelembung-gelembung air, juga bisa menambah semaraknya suasana. Bandingkan selang aerator yang tidak di beri batu aerasi dengan yang di beri batu aerasi. 

Slang yang di beri batu aerasi pada ujungnya akan menghasilkan gelembung-gelembung yang kecil dalam jumlah yang banyak, sedangkan slang yang tidak di beri batu aerasi keluarnya hanya satu per satu dan bentuknya besar-besar. 

Dahulu hanya ada batu aerasi yang kecil dan murah, tetapi kini telah banyak model batu serasi yang sangat menarik. 

Batu aerasi adalah sebuah batu buatan yang berpori kecil dipermukaannya dan jika terlewati udara, maka udara itu akan terpecah  dan terbagi rata. 

Model batu aerasi yang ada dipasaran setidaknya ada tiga macam, yaitu biasa, panjang, dan bulat. 

Batu aerasi biasa berbentuk tabung yang salah satu ujungnya terdapat pipa kecil untuk memasukkan slang plastik. 

Diperoleh dengan harga 250.00 sebuah. Warnanya ada yang biru, ada juga yang cokelat, batu ini mudah diperoleh ditempat penjualan ikan hias dan merupakan bentuk batu aerasi  yang paling populer. 

Batu aerasi bulat yang dikenal dengan merek dagangannya round airstone atau batu udara bulat berbentuk  lingkaran atau bulatan hanya bagian atasnya saja yang berongga. 

Batu aerasi ini juga dilengkapi dengan pipa plastik kecil untuk tempat slang plastik. Ada berbagai ukuran yang biasa nya dijumpai dipasaran, antara lain 3 inci, 4 inci, dan 5 inci dengan variasi harga antara 2500.00-3500.00 sebuah. 

Pemakaian batu aerasi hendaknya di sesuaikan dengan kebutuhan dan besarnya akuarium. Tak mungkin kita menempatkan batu aerasi yang besar pada akuarium yang kecil atau sebaliknya. 

Hal ini tentunya tak memadai. Penempatan batu aerasi oleh kebanyakan orang adalah ditempat yang tersembunyi, tanpa mengurangi keindahan gelembung udara yang di hasilkan. 

Untuk membelinya, banyak yang sudah membuka grosir perlengkapan aquarium dengan harga murah kok, baik offline maupun online.


Perlengkapan Aquarium - FILTER Aquarium

Perlengkapan Aquarium dan Fungsinya


Untuk menjaga kebersihanair dalam akuarium diperlukan perlengkapan aquarium filter yang bisa menyaring pengotor akuarium. 

Filter ini harus bisa bekerja otomatis menyedot air kotor dan mengeluarkan air yang bersih. 

Pengotoran air dalam akuarium bisa di sebabkan oleh tanaman yang mati, sisa makanan ikan, kotoran ikan, dan bahan-bahan lainnya. 

Pengotoran ikan terasa sekali bila kita memberi makanan buatan yang tersusun dari berbagai bahan berbentuk tepung sehinga dapat mengeruhkan air. 

Air yang keruh selain akan merusak pandangan dalam menikmati pemandangan ikan-ikan yang di pajang, juga sering mengakibatkan celakanya ikan karena racun yang di timbulkan berbagai jenis kotoran itu. 

Kekeruhan air dalanm akuarium pada dasarnya disebabkan oleh sifat dan sifat biologis. Yang bersifat fisik, misalnya pasir yang teraduk, kotoran-kotoran daun yang  mati, dan lain sebagainya. 

Sedangkan yang bersifat biologis disebabkan banyaknya kandungan bahan organik dalam akuarium. 

Tingginya bahan kandungan organik di sebabkan oleh kotoran ikan serta penguraian  sisa makanan yang bisa menyebabkan tumbuh dan berkembangnya lumut. 

Dengan filter yang di rancang dan dilengkapi dengan bahan khusus kita bisa mengatasi gangguan pengotoran itu. 

Meskipun fungsi alat ini untuk menanggulangi kekeruhan air akuarium. Tetapi juga filter berperan untuk memperbaiki kualitas air. 

Misalnya dengan adanya gerakan air, secara tidak langsung fungsi aerator sebagian terbantu oleh filter ini. 

Kehadiran bibit penyakit yang mengancam ikan pun bisa tertahan di dalam unit penyaring. 

Selain itu, oleh karena di dalam filter biasanya dilengkapi dengan fiber dan arang hidup tentunya akan memperbaiki keasaman air. 

Di dalam filter sendiri bisa di tambahkan bahan-bahan lain seperti aquavital, bila kita menghendaki air dengan ph rendah. 

Banyak filter yang bisa kita jumpai dipasaran dengan harga dan model yang beragam. Ada tiga tipe filter jika dilihat dari desain dan penempatannya di dalam akuarium, yaitu undergravel filter, floating filter, dan top filter. 


Perlengkapan Aquarium - Undergravel filter 

Perlengkapan Aquarium dan Fungsinya


Filter dasar ini sesuai dengan  namanya berada di dasar akuarium. Filter ini terdiri dari lempengan berlunbang yang dilengkapi dengan pipa memanjang yang bisa dilepas pasangkan. Untuk lewat air sehingga terjadi aliran. 

Gerakan air ini di mungkinkan oleh adanya dorongan udara yang di hasilkan oleh aerator. Filter ini biasanya di tutup dengan koraltek atau batuan warna warni agar tidak tampak dari luar. 

Oleh karena letaknya tertutup dan lempengannya berlubang, maka filter ini tidak cocok untuk akuarium pajangan yang menggunakan pasir halus sebagai media hidup tanaman. 

Alat - alat aquarium dan fungsinya ini paling cocok untuk akuarium koi, arwana, dan diskusi yang tidak membutuhkan banyak dekorasi, termasuk pasir sebagai sarana dekorasinya. 

Prinsip kerjanya cukup sederhana. Air di dalam akuarium yang kotor akan tersedot ke bawah. 

Sedotan ini di sebabkan oleh adanya dorongan udara pada pipa tegak yang berhubungan dengan kepingan berongga. 

Udara ini dihasilkan oleh slang plastik yang di hubungkan dengan sebuah aerator. 

Dengan demikian besarnya aliran udara atau kekuatan filter ini sangatlah bergantung pada besarnya udara yang bakal memompa air. 

Semakin besar aerator yang di gunakan, kerja filter akan semakin lancar. Sebaliknya jika aerator yang di gunakan tidak seberapa kuat, aliran air pun tidak akan pesat, yang artinya akan butuh waktu lama untuk membersihkan air di dalam akuarium. 

Filter dasar sering dipakai tanpa tambahan bahan penyaring dalam unit filternya. Timbulnya aliran air yang melewati dasar akuarium yang dianggap filterisasi oleh batu-batuan di atas filter sudah cukup. 

Sebaliknya banyak orang menambahkan fiber dan orang hidup untuk lebih menyempurnakan penyaringan air. 
Serat fiber dan arang hidup ini berperan untuk mengembalikan mutu air di dalam akuarium. 


Perlengkapan Aquarium - Floating filter

Perlengkapan Aquarium dan Fungsinya


Perlengkapan aquarium filter gantung yang umumnya berada di tengah akuarium sering di jumpai akuarium-akuarium sedang yang berisi aneka jenis ikan. 

Dengan bentuknya yang kompak dan adanya portabel filter sepintas sudah dipastikan suatu pelayan pembersihan air yang dapat di andalkan. 

Filter gantung biasanya sudah di desain khusus, yang memungkinkan motor penggeraknya menempati sebuah ruangan kedap air dan udara. 

Sehingga ketika di operasikan, aliran air dapat keluar masuk dengan lancar tanpa terjadi hubungan listrik pendek. 

Filter ini biasanya terjadi dari dua komponen utama. Komponen sebelah bawah adalah motor penggeraknya, sedangkan bagian atas adalah unit filter yang terdiri dari rongga-rongga dan bisa di buka-buka untuk keluar masuknya air dari dan ke dalam akuarium. 

Yang di maksudkan dengan bagian kedap air adalah bagian bawah, sedangkan bagian atas justru terdiri dari rongga-rongga yang bisa di isi fiber dan arang hidup untuk membersihkan air. 

Selain itu pada sebelah luar terdapat karet penempel sehingga lengkaplah  filter ini sebagai alat yang praktis untuk membersihkan air di dalam akuarium. 


Perlengkapan Aquarium dan Fungsinya


Pengoperasian filter ini sebenarnya sangatlah simpel. Setelah filter ditempelkan pada tempat yang di kehendaki, ujung kabel dimasukkan ke dalam stop kontak. 

Begitu ada aliran listrik akan segera berfungsi. Air akan masuk melalui bagian bawah di dekat motor filter dan keluar lewat bagian atas sehingga terjadi perputaran di dalam akuarium. 

Telah di singgung di atas bahwa filter gantung dilengkapi dengan rongga untuk menempatkan serat filter dan karbon aktif. 

Pada akuarium airtawar biasanya dipasang kedua bahan penyaring itu, sedangkan untuk akuarium air laut hanya karbon aktif, dimana serat filter tidak pernah dipasang karena bisa menyaring plankton-plankton di dalam air yang justru sangat di butuhkan binatang karang untuk melangsungkan kehidupannya. 

Oleh karena filter ini sering ditempatkan di sudut akuarium, maka banyak yang menyebutnya sebagai filter sudut. 

Meskipun praktis, tetapi jika motornya mati atau umurnya sudah tua dan tidak kedap air lagi, maka filter ini harus di ganti. 

Jika hanya aliran air yang tidak kuat lagi, masih mungkin di bersihkan sehingga air yang keluar bisa kembali normal. 

Atau mungkin kabel yang berada di luar sudah aus atau putus, bisa di ganti dan di sambungkan dengan kabel yang baru. 

Untuk menjaga kesehatan ikan dan menegmbalikan fungsi filter seperti semula, maka serat filter dan karbon aktif harus di ganti ecara periodik. 

Serat filter dimaksudkan untuk menyaring jasad yang tidak tersaring oleh karbon aktif. 

Sedangkan karbon aktif selain untuk menyaring material yang lebih besar,juga untuk membunuh kuman penyakit dalam air. 

Selain itu karbon aktif juga berfungsi menjaga agar air tetap alkalis. Karbon aktif  dan serat filter bisa di beli di toko alat-alat akuarium. 

Kemasannya, terutama karbon aktif, tidak boleh robek atau bolong, karena sifatnya yang higroskopis akan bakal menyerap air dari udara dan tidak efektif lagi bila dipakai. 


Perlengkapan Aquarium - TOP FILTER Aquarium

Perlengkapan Aquarium dan Fungsinya


Perlengkapan aquarium filter atas ini biasanya dipakai untuk akuarium berukuran besar. Sesuai dengan namanya, filter ini berada di atas akuarium yang biasa di sembunyikan didalam tutup akuarium. 

Jenis filter atas ada bermacam-macam. Prinsip kerjanya hampir sama dengan undergravel filter. Hanya kalau filter dasar menyedot air ke bawah kemudian di dorong ke atas, maka filter atas sebaliknya. 

Filter ini terdiri dari batang plastik yang berada di dalam air dan unit filter yang terpisah dari air. Air akan tersedot ke atas lewat pipa  ini karena jasa sebuah motor yang menggerakkan pompa. 

Setelah melewati beberapa ruangan yang dua di antaranya berisi karbon aktif dan serat filter, air akan jatuh kembali dengan wajah baru. 

Filter atas mempunyai ruangan yang sistem penyaringan lebih sempurna di bandingkan kedua filter terdahulu yang ruangannya relatif lebih sempit. 

Satu hal yang tidak di sukai oleh filter ini adalah keberadaan serat filter yang terlalu banyak atau rapat sehingga bisa mengakibatkan plakton sebagai makanan hewa laut bisa merana hidupnya. 

Untuk akuarium arwana atau oskar yang suka menyodok atau merusak filter gantung dalam akuarium, maka kehadiran filter atas ini sangat cocok. 

Dengan demikian filter tetap bisa bekerja dengan baik. Di samping itu ikannya tidak terancam aliran listrik dan luka yang tidak dikehendaki. 

Jika menghendaki air yang asam, kita bisa menambahkan asam dalam salah satu rongga di dalam filter. 

Misalnya saja untuk arwana atau diskusi yang butuh air agak asam, kita tidak perlu menggantungkannya secara konversional seperti yang sering dilakukan para amatir. 

Supaya filter ini berfungsi dengan baik, kita harus membersihkannya dan mengganti serat filter atau karbon aktif setiap dua bulan sekali. 

Pipa yang selalu terendam di dalam air yang umumnya akan di timbulkan lumut, jangan sampai tidak di bersihkan. 

Selain ketiga model yang di terangkan di atas, masih ada lagi model filter yang biasanya jarang di gunakan, yaitu filter yang di gantung pada bibir luar akuarium. 

Filter ini lazim di gunakan oleh petani ikan hias dan jarang oleh penggemar ikan hias, karena tidak dilengkapi dengan motor penggerak sehingga dianggap tidak praktis. 


Perlengkapan Aquarium dan Fungsinya


Filter ini hanya di pasang sebagai tambahan, jika sudah ada undergravel. Terlebih lagi tempatnya yang di luar sangat mengganggu pemandangan. 

Model filter lainnya adlah filter yang di pasang sekaligus sebagai dekorasi di dalam akuarium. 

Filter ini berbentuk bulat, berlubang-lubang di bagian bawahnya, berbentuk kotakan di bagian atasnya, dan bisa di tempatkan di tengah akuarium atau tempat lain yang di kehendaki. 

Air akan masuk dari sebelah bawah langsung melewati serat filter dalam unit penyaring yang ada di dalamnya dan akan keluar sebagai air bersih. 

Oleh karena antara outletdan inlet jaraknya tak jauh, maka secara kuantitas jumlah air yang di bersihkannya tidak mencakup seluruh akuarium, tetapi hanya daerah dekat filter saja yang bisa di bebaskan dari kotoran. 


Perlengkapan Aquarium - TEMPAT MAKANAN Ikan

Perlengkapan Aquarium dan Fungsinya


Umumnya ikan di akuarium di beri makanan hidup agar airnya tidak cepat keruh, kelangsungan hidup ikan lebih terjemin, dan kelebihan makanan yang tidak perlu bisa di cegah. 

Tidak seperti makanan tambahan yang sifatnya bisa mengambang di permukaan air, makanan hidup akan berpindah tempat dan tidak selalu berkumpul. 

Keadaan ini yang sering menyebabkan makan tersisa cukup banyak, sementara ikan masih membutuhkan  makanan. 

Di lain pihak, karena makanannya tercerai berai, sisa makanan cukup banyak di dasar akuarium. 

Bagi ikan-ikan dasar, seperti botia, makanan yang berada di dasar mungkin merupakan karunia, tetapi bagi ikan-ikan permukaan  akan cukup menyulitkan. 

Untuk efisiensinya perlu di cari suatu wadah makanan yang sesuai dan tepat guna. Tempat makanan tersedia cukup banyak dipasaran. Bahkan ada beragam model untuk setiap jenis makanan. 

Pemilihan jenisnya tentu saja sangat bergantung pada jenis makanan yang akan di berikan. 

Misalnya akan di berikan cacing sutra tentu akan janggal jika tempatnya hanya cocok untk jentik nyamuk. 


Perlengkapan Aquarium dan Fungsinya


Secara umum tempat makanan di bagi dua : yang terpasang di akuarium dan yang terpisahh dengan akuarium. 

Tempat makanan yang langsung berada di akuarium memungkinkan ikan mengkonsumsi langsung makanan tanpa khawatir makanan akan berceceran. 

Sedangkan tempat makanan yang terpisah dengan akuarium biasanya untuk menyimpan yang terpisah dengan akuarium biasanya untuk menyimpan stok makanan agar tidak lari dan tetap hidup samnpai waktunya di berikan kepada ikan. 

Artinya, tempat makanan ini merupakan gudang makanan yang sewaktu-waktu bisa di ambil untuk di berikan pada ikan di akuarium. 

Tempat makanan yang menempel di akuarium sering di sebut tempat makanan otomatis, di lihat dari cara kerjanya ataupun keberadaannya yang bisa di comot ikan setiap saat. 


Perlengkapan Aquarium - CORONG PENYIMPANAN CACING 

Perlengkapan Aquarium dan Fungsinya


Corong ini terbuat dari plastik yang berlubang-lubang kecil teratur. Lubang ini terdapat pada dinding corong, sedangkan pada sebelah bawah tidak berlubang. 

Pada bibirnya terdapat kepingan plastik untuk menempelkan alat ini ke dinding akuarium. 

Dengan demikian alat ini bebas di pasang dimanan saja sesuka hati kita, asalkan pada dindingnya. 

Cacing yang sudah di bersihkan diletakkan di sebelah dalam dan akan menjulur keluar sehingga bisa dimakan oleh ikan. 

Corong cacing sutra ini ada yang pendek dan ada yang panjang sesuai besar akuarium dan jumlah ikannya. Tergantung selera kita untuk memilihnya, mana yang terbaik. 


Perlengkapan Aquarium - KOTAK PENAHAN JENTIK NYAMUK 

Perlengkapan Aquarium dan Fungsinya


Kotak ini terbuat dari plastik tanpa tutup di sebelah bawahnya. Alat ini dilengkapi juga dengan alat penempel pada dinding akuarium. 

Berbeda denngan pertama dimana tempatnya paten tidak bisa berubah, maka untuk kotakan ini bisa digerakkan menurut ketinggian air karena hanya pegangannyasaja menempel di dinding akuarium, sedangkan tempat makanannya tidak. 

Namun, ada juga yang paten seperti corong cacing sutra. Yang tempatnya harus tepat berada di permukaan air. 

Fungsi alat ini tidak lain hanyalah sebagai penahan jentik-jentik nyamuk agar tidak tercerai-berai. 

Dengan lubang yang menganga di sebelah bawahnya, ikan-ikan akan mudah mengkonsumsinya. Sedangkan jentik-jentik nyamuk yang nekat berenang ke bawah akan di santap ikan-ikan yang ada di bawahnya. 

Alat ini bisa mengontrol banyaknya jentik nyamuk yang tersisa agar tidak berubah menjadi nyamuk muda yang malahan akan mengganggu manusia. 


Perlengkapan Aquarium - WADAH KUTU AIR 

Perlengkapan Aquarium dan Fungsinya


Wadah kutu air bentuknya hampir sama dengan wadah atau corong untuk cacing sutra. Atau kalau tidak tersedia di pasaran, anda bisa menggunakan corong penyimpan cacing sutra. 

Bisa juga alat ini di buat sendiri dari kain trililin, dengan kotakan terbuat dari kawat baja. Sisakan ujungnya agar bisa di masukkan ke dalam slang plastik di dinding ataupun corong kutu air. 

Kutu air yang ada di dalamnya akan lolos dan di santap ikan. Namun, tidak jarang kutu air di berikan langsung pada ikan yang ada di dalam akuarium melalui serokan. 


Itulah beberapa jenis perlengkapan aquarium lengkap dengan tanaman hias serta filternya yang berfungsi menjadikan air tetap jernih dan ikan tetap sehat.
loading...

0 komentar