November 23, 2017

Ikan dalam Akuarium yang Populer Dipelihara Harga Murah

Ikan dalam Aquarium infoikan.com Sudah tahu video macam macam ikan hias? Atau ingin tahu video ikan hias aquarium?

Dapat memelihara ikan hias adalah suatu kebanggaan tersendri yang mana tidak setiap orang dapat memiliki waktu untuk merawatnya.

Apalagi sekarang ini telah berkembang nama-nama ikan hias yang mempunyai corak warna cantik dan indah serta cocok berada di akuarium.

Selain itu merupakan sebuah peluang untuk kita coba membuka usaha dengan cara budidaya ikan hias yang dapat dijual kembali dengan harga tinggi.

Mungkin sebagian dari sobat akan bertanya, kira-kira ikan dalam akuarium itu apa saja sih. Pertanyaan seperti ini sudah tidak asing lagidilontarkan khususnya untuk pemula yang baru saja ingin memelihara dijadikan sebagi hiasan rumah.

Ikan dalam Akuarium


Ikan dalam Akuarium


1. Ikan Mas (Gold Fish)
Ikan dalam Akuarium Ikan Mas


Jenis-jenis ikan mas sendiri beraneka ragam, dan kesemuanya mempunyai ciri-ciri yang berbeda-beda. 

Salah satunya yang hingga saat ini masih menjadi primadona serta mempunyai penjualan tinggi adalah dari varietas ikan mas koki yang ditandai dengan bentuk kepala bergelembung serta ekornya yang berkembang.

Cara merawat ikan mas ini sangat mudah, karena ketika makan akan lebih suka menyisakan makanan, maka penggantian air akuarium dapat dilakukan seminggu sekali.

Suhu yang ideal untuk ikan mas ini sekitar antara 17 hingga 24 derajat C. Untuk itu, ruangan dingin lebih diidamkan oleh ikan mas ini sebagai ikan dalam akuarium.

Baca ini:

Jenis Ikan Mas Hisa dan Konsumsi beserta Gambarnya

2. Ikan dalam Akuarium - Jenis Tetra Bloodfin
Ikan dalam Akuarium Tetra Bloodfin


Ikan bloodfin dapat sobat ketahui dengan jelas memiliki bentuk dan ukuran tubuh kecil akan tetapi terdapat warna merah pada bagian ekor dan sirip belakang.

Berapa lama ikan di akuarium ini dapat hidup? Jangan tanyakan untuk ikan ini, karena diketahui umur ikan bloddfin dapat mencapai 10 tahu lebih dalam akuarium dengan syarat standar perawatan.

Suhu ideal jika sobat mempunyai ikan bloddfin sekitar antara 18 sampai 28 derajat C dan akan selalu menghiasi akuarium dengan sifat bergerak aktif dalam akuarium.

Salah satu jenis ikan hias yang hidup berkelompok adalah bloddfin ini. Selain itu, sobat dapat juga menaruh ikan lain yang seukuran dalam satu akuarium, karena ikan bloodfin bersifat pendamai.

Usahakan untuk menaruh bloodfin bersama kelompoknya, jika ternyata didapati dalam akuarium sendirian pastinya akan merasa malu.

3. White Cloud Mountain Minnow
Ikan White Cloud Mountain Minnow


Ikan dalam akuarium selanjutnya masih tergolong ikan hias yang tahan akan suhu agak dingin yaitu masih kelompok bloodfin.

Jika di tempatkan dalam akuarium, umumnya ikan ini lebih memenuhi permukaan air hingga tengah-tengah akuarium.

Masih sama seperti bloodfin, ikan hias white cloud merupakan jenis ikan hias hidup berkelompok juga. Kecantikan serta keindahannya akan tampak jika berenang bersama kerabatnya.

Jika sobat ingin membeli ikan ini, minimalnya ambil 6 ekor untuk di bawa pulang sebagai teman dalam satu akuarium.

Diketahui jika sobat merawat ikan ini sesuai standar, maka umurnya dapat melebihi 5 tahun. 

Sedangkanuntuk contoh ikan hias tropis seperti yang telah terdaftar di bawah ini:

4. Ikan dalam Akuarium - Danios Zebra
Ikan dalam Akuarium - Danios Zebra

Baca yuk..Cara Merawat Ikan Hias Zebra Danio

Nama lain ikan danios zebra adalah first fish yaitu jenis ikan hias air tawar yang kuat dan tahan lama di dalam akuarium.

Iklim tropis lebih mendekati jenis air yang agak lumayan hangat, untuk itu sebelum menaruhnya dalam akuarium alangkah baiknya membiarkan air seharian.

Kemudian dengan cara perlahan-lahan sobat dapat memasukkannya dalam wadah akuarium yang telah terisi air.

Ikan ini sangat cocok jika dipelihara bersama dengan temannya dalam satu wadah. Karena kebiasaan mereka ternyata hidup berkelompok, untuk itu hindari memelihara dalam jumlah yang sedikit.

Cara merawat ikan hias danio sangatlah mudah, pasalnya semua jenis makanan yang berasal dari serpihan (hancuran udang) atau yang lain pasti dimakan.

5. Black Molly
Black Molly


Ikan dalam akuarium yang satu ini sudah tidak asing lagi. Harga ikan black molly hingga sekarang masih dapat dijangkau oleh siapa saja khususnya pemula.

Ikan yang bisa disatukan dalam akuarium sebagai pilihan alternatif adalah black molly ini. Dengan sifatnya yang damai membuatnya akan tampak cantik bersama ikan hias lain.

Contoh ikan Livebeares salah satunya adalah ikan black molly yakni jenis ikan hias yang berkembang biak dengan cara bertelur dan langsung mengeluarkan sudah berbentuk anakan ikan.

Rahasia bagi sobat pemula jika ingin membeli black molly dengan harag murah yaitu langsung saja memilih keduanya jantan dan betina, jika cocok pasti akan beranak sendiri.

Kekurangan merawat black molly adalah ikan hias ini merupakan jenis ikan yang makan anaknya sendiri. Untuk itu sobat tetap waspada dalam merawatnya terutama masalah makanan jangan sampai telat.

Yuk, baca juga:
Cara Merawat ikan Black Molly dalam Akuarium

6. Ikan dalam Akuarium - black skirt tetra fish
Ikan dalam Akuarium - black skirt tetra fish


Ikan jenis tetra ini juga tak mau kalah dengan yang lainnya, yaitu sangat-sangat damai jika bersama dengan kelompoknya.

Ikan ini tergolong jenis ikan hias rakus, semua jenis makanan yang sobat berikan dipastikan walau sedikit pasti akan dimakan.

Layaknya ikan tetra, jika memeliharanya taruh dalam satu akuarium dengan jumlah banyak. Black Skirt tetra lebih berdominan berenang menempati pertengahan akuarium.

Agar membuatnya aman dari ikan lain, dalam akuarium beri tambahan perlengkapan berupa hiasan atau tanaman air yang mudah tumbuh sebagai tempat bersembunyi.

7. Ikan Hias Plati
Ikan dalam Akuarium Plati Fish


Ikan plati masih layak dan cocok jika kita taruh dalam akuarium bersama ikan hias lain.

Jika sobat seorang pemula, plati merupakan ikan alternatif terbaik untuk sobat pelihara bersama satu jenisnya. Selain itu, sangat aman jika ditaruh bersama ikan hias lain dalam satu akuarium juga.

Jika ingin mengembangbiakkan ikan plati, usahakan untuk memberikan wadah khusus sendiri berupa akuarium agak besar.

Mengapa demikian? Tak lain jika di dalam akuarium terdapt jantan dan betina pasti akan mudah beranak. Akan tetapi, sering terjadi anaknya malah dimakan ikan hias lain.

Makanan ikan plati mudah kita dapatkan, cacing sutera yang sudh beku juga akan dilahapnya.

Selain itu, salah satu jenis ikan pemakan alga adalah jenis plati ini. Jadi, sobat tidak perlu sesering mungkin membersihkan akuarium setiap saat.

8. Ikan dalam Akuarium - Swordtail
Ikan dalam Akuarium - Swordtail


Swordtail sendiri merupakan ikan hias yang masih dalam kategori dengan ikan plati. Ketangguhan ada pada si jantan dengan tanda memiliki ekor berbnetuk layaknya pedang panjang (Ikan Pedang).

Masih termasuk jenis ikan hias kuat dan memiliki umur panjang. Jadi, secara otomatis akan memudahkan sobat untuk memeliharanya bersama hiasan akuarium.

Warna-warni yang menyelimuti tubuhnya menjadikan pilihan utama untuk dipelihara dalam akuarium bersama ikan hias lain.

9. Kuhli Loach
Giant Kuhli Loach


Jika sobat menginginkan jenis ikan buat tambahan hiasan, belot hias akan menjadi jawabannya. Jika pada siang hari ikan belut hias lebih memilih mencari tempat persembunyian dan keluar malam hari.

Untuk itu, akan lebih indah dan asri layaknya alam aslinya yakni dalam akuarium dapat dilengkapi berbagai peralatan seperti bebatuan dan pasir.

Kelebihan memelihara belut hias diantaranya akan selalu makan makanan yang jatuh ke bawah tadinya sudah akan membusuk.

Walau demikian, sobat tetap harus menyediakan jenis pakan tenggelam khusus buat makana belut tersebut.


10. Ikan dalam Akuarium - Ikan Cupang (Betta Fish)

Ikan dalam Akuarium - Ikan Cupang (Betta Fish)


Ikan cupang! Ikan dalam akuarium yang terakhir. Siapa sih yang tak mengenalnya. Salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara dalam akuarium. 

Cupang merupakan salah satu ikan hias yang menjadi pilihan dipelihara yaitu akan memberikan warna-warni serta sedap dipandang mata.

Siamese Fighting Fish merupakan nama populer ikan cupang yakni terlihat memukau dan keren, apalagi saat diadu kecantikannya dengan jenis cupang lain, pasti akan menampakkan keganasannya.

Makanan utama ikan cupang sebenarnya berasal dari pakan hidup yakni kutu air, dan juga jentik nyamuk. Namun, sobt bisa menyediakan juga pakan pelet khusus ikan cupang.

Ikan cupang mempunyai sifat galak dan agresig terhadap ikan lain, jadi usahakan tidak mencampurnya dalam satu wadah akuarium walaupun itu jenisnya sendiri.

Berbagai video ikan hias air tawar untuk akuarium sudah banyak yang beredar dan itu juga bisa sobat download sekedar jika ingin mempelajarinya.

Baca juga yu..
Jenis ikan cupang his dan harganya

Itulah kiranya daftar ikan dalam akuarium yang saat ini bisa ditulis, tentunya masih banyak dari ikan hias yang cocok untuk akuarium lainnya dan dapat sobat coba sendiri dengan membeli wadah lagi.
Disqus Comments