Penyakit Ikan Koi Busuk Sirip dan Obatnya Paling Ampuh

- 4:46:00 AM
Penyakit Ikan Koi Busuk Sirip infoikan.com Sudah tahu jenis penyakit ikan koi dan obatnya? Atau ingin tahu nama obat ikan koi berjamur?

Salah satu kendala yang sering terjadi jika budidaya ikan hias salah satunya adalah timbulnya beberapa penyakit yang sulit untuk diobati.

Terutama pada ikan koi, jika dalam merawatnya kurang teliti dan antisipasi pasti penyakit akan mudah mendatangi.

Fenomena yang sudah umum terjadi berlalu begitu saja salah satunya adalah busuk sirip, yang merupakan penyakit ikan koi lebih berdominan menyerang ekor.

Berikut beberapa penjelasan dan obat penyakit ikan koi busuk sirip yang sudah menjamur ditelinga para peternak koi.

Penyakit Ikan Koi Busuk Sirip

Penyakit Ikan Koi Busuk Sirip


Beberapa jenis obat koi paling ampuh baik yang alami maupun instan di toko sudah kita uraikan sebelumnya. Selanjutnya bagaimana cara kita mengenal penyakit koi dan penanganannya.

Ciri-ciri Ikan Koi Terkena Penyakit

Berawal dari timbulnya garis berwarna putih kelabu yang ada di sepanjang sirip koi inilah yang disebut ikan terinfeksi.

Berikutnya akan terlihat di bagian ekor atau sirip yang serasa tercabik-cabik terutama membran halus pada siripnya.

Guratan merah pada ikan koi akan terlihat semakin memar, dilanjutkan pembuluh darah yang melebar, lalu akan bermunculan garis warna merah yang terang melintang di siripnya.

Bersamaan dengan penyakit busuk mulut biasanya akan timbul juga penyakit ikan koi busuk sirip.

Tak hanya itu, jika sudah memperparah keadaan akan timbul juga adanya serangan oleh jamur yang ditandai dengan munculnya penampakan putih layaknya kapas di lokasi kulit yang membusuk.

Yuk, baca juga:
Penyakit Ikan Lele ? Ini Dia Cara Mencegah dan Mengatasinya 
Penyakit Ikan mas Koki dan Cara Mengatasinya
GAMBAR Jenis-Jenis Ikan Terlengkap? Lihat Detailnya Disini 

Penyebab Penyakit Ikan Koi Busuk Sirip

Salah satu penyebab utama tak lain adalah berupa bakteri. Sedangakn yang lain akan ikut andil mengikutinya seperti: flexibacter, aeromonas, dan pseudomonas.

Diketahui kalau semua jenis bakteri yang mudah menyerang ikan hias terutama ikan koi tersebut adalah bersifat akuatik (masuk juga dalam aquarium).

Jika bakteri tadi sudah beranak menyebar menjadi jumlah yang besar, bisa dipastikan keadaan ikan akan lemah terutama daya tahan tubuhnya, rusaknya sirip ikan, serta jenis bakteri sistemik akan muncul juga.

Maka penyebab busuk sirip pada ikan akan semakin mengembang dengan melemahnya kondisi fisik tubuh si ikan hias dan juga lingkungan yang memburuk.

Berawal dari terbukanya luka ringan yang dilakukan oleh ikan saat berenang dan bertarung dengan sesamanya merupakan pemicu datangnya bakteri ini.

Utamanya yang sudah umum terjadi adalah menaruh jenis hiasan aquarium serta perlengkapan berupa bebatuan yang agak keras, sehingga timbul gesekan yang menimbulkan kulit dan sisik ikan lepas.

Penanganan Penyakit Koi Busuk Sirip


Mudah sekali kita mengenali ikan koi yang terkena busuk sirip, malah akan terlihat jauh hari sebelum berkembang parah.

Sebelum sirip ikan koi membusuk, alangkah baiknya untuk Anda kenali dulu gejalanya. Agar mudah menemukan obat yang ampuh.

Salah satu obat herbal alami untuk ikan dan sangat ampuh yang berasal dari garam bisa kita coba, yaitu dengan cara merendam ikan koi yang berpenyakit tadi.

Jenis garam yang baik dapat sobat temukan di toko ikan hias atau perlengkapan aquarium. Selain itu, bisa juga mencari phenoxyethanol yang merupakan obat untuk mengatasi infeksi pada ikan yang diserang jamur.

Jika dirasa semua jenis obat di atas kurang efektif, sobat bisa mencoba lagi dengan Gentian Violet.

Jika telah selesai mengobati ikan koi dengan beberapa obat ampuh tersebut, langkah selanjutnya Anda dapat membersihkan lingkungan ikan terutama dalam aquariumnya.

Budidaya Ikan Koi untuk Usaha dan Bisnis

Itulah beberapa kiat sukses dan paling ampuh mengobati penyakit ikan koi busuk sirip yang sudah terbukti dapat menyembuhkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
iklan disini akhir artikel...
 

Start typing and press Enter to search