November 13, 2017

Tanaman Aquascape di Sekitar Kita Hidup Liar untuk Hiasan

Tanaman Aquascape di Sekitar Kita infoikan.com Sudah tau nama tanaman aquascape di sawah? Atau ingin tahu jenis aquascape tanaman darat?

Siapa sih yang kenal tanaman aquascape, salah satu tumbuhan yang hingga kini masih diburu para pemelihara ikan hias, baik di wadah aquarium maupun kolam.

Dengan adanya tambahan tanaman ini bisa dipastikan jenis ikan hias yang dpelihara tersebut akan kelihatan tampak cantik dan alami.

Akan tetapi, jenis tanaman ini mungkin hanya bisa didapatkan oleh sobat yang berdomisili di daerah pedesaan dengan mudah mencari di alam liar.

Berbeda dengan Anda yang berada di kota, pastinya sulit, walaupun mudah di dapat yang pasti tak akan serupa keindahannya.

Berikut ini beberapa nama tanaman aquascape di sekitar kita yang mudah tumbuh dan mudah didapat baik di sunga maupun di pekarangan atau halaman rumah.

Tanaman Aquascape di Sekitar Kita



Tanaman Aquascape di Sekitar Kita


Mencari Tanaman Aquascape di Alam Liar

Lalang

Tanaman Aquascape di Sekitar Kita


Rumput ilalang itulah sebutan populer oleh seluruh orang. Tanaman ini dapat tumbuh panjang, jika kita raba pada umumnya akan terasa kasar.

Hampir di setiap pelosok dari sabang sampai merauke terdapat tanaman ini, yaitu jenis rumput yang bagian ujung daunnya seperti ada durinya namun kecil.

Sekalipun anak kecil pasti sudah mengetahui rumput ini, yaitu dilihat dari kebiasaan mereka bemain di alam liar bebas.

Manfaat ilalang selain digunakan sebagai tambahan hiasan aquarium dan aquascape, bisa juga dibuat sebagai obat herbal penurun panas.

Tanaman Paku

Tanaman Aquascape di Sekitar Kita


Tumbuhan paku ini merupakan jenis tanaman aquascape di sekitar kita utamanya dapat tumbuh pada bebatuan kecil maupun besar.

Tanaman paku akan cepat lebat dan tumbuh besar jika bersamaan dengan seringnya turun hujan, yakni dengan tingkat kelembapan yang cukup tinggi.

Jika sobat mencari tanaman aquascape di sungai, tumbuhan paku inilah yang biasanya banyak ditemukan pada bebatuan yang besar juga.

Semakin lebat tumbuhan paku hidup di aquarium dan aquascape, maka bisa dipastikan dengan bentuk daunnya yang kecil serta warnanya yang hijau akan membentuk alam asli untuk ikannya.

Tumbuhan kecil dan berdaun munggil ini banyak ditemukan disekitar rumah kita pada saat musim hujan, biasanya tumbuh ditembok dan sekitar halaman rumah juga banyak terdapat disekitar kali yang berdingding batu atau semen.

Tumbuhan ini bisa tumbuh dengan baik disela sela batu bata, dingding pagar yang terbuat dari semen khusunya yang kasar.

Tidak banyak diketahui bagaimana tumbuhan ini bisa tumbuh ditempat seperti itu dan terlihat subur, kalau kita perhatikan yang membuatnya menarik adalah bentuk daunnya yang kecil dan bundar serta warnanya yang hijau bersih.

Batangnya yang kecil dan agak lembut transparan membuatnya juga terlihat unik dan cantik.

Kalau menjelang akhir musim hujan tumbuhan ini juga akan terlihat mengering, bunganya yang kecil terlihat kering dan layu, tumbuhan yang sudah tua bisa kita lihat dari warna batangnya yang agak putih dan kekuningan dan daunnya juga agak kekuningan.

Mungkin tumbuha ini luput dari perhatian kita tapi yang jelas lingkungan sekitar kita akan tampak lebih asri dengan dominasi warnanya yang hijau.

Lumut Daun

Tanaman Aquascape di Sekitar Kita


Nama Tanaman yang Hidup di dalam Air 
Musim hujan bagi kita adalah musim yang membawa kehidupan dibumi, saat musim inilah para petani turun kesawah atau kekebun untuk menanam beberapa jenis tanaman sayur, palawija dan berbagai jenis bunga.

Begitu pula beberapa jenis tumbuhan yang pada saat musim hujan tumbuh dengan suburnya seperti lumut hijau yang senantiasa tumbuh dan banyak terdapat disekitar rumah kita,


Tumbuhan ini bisa tumbuh dimana saja kususnya tembok yang basah, halaman rumah, patung atau dingding kolam.

Sebenarnya kalau kita perhatikan tumbuhan ini kalau tumbuh disekitar batu hiasan atau patung akan membuat objek tersebut terlihat semakin indah dan asri,

Begitu pula halaman rumah yang terdiri dari batu bata atau jenis paping akan terlihat menjadi lebih cantik dengan kehadiran lumut munggil ini cuman kadang halaman akan menjadi sedikit licin.

Mungkin kehadirannya tanpa kita sadari atau luput dari perhatian kita tapi simunggil ini telah membuat beberapa bagian dari rumah kita menjadi lebih cantik dan asri.

Baca juga yuk..
Jenis Tanaman Pemicu Warna Ikan Koi yang Mudah Didapat 
Jenis Tanaman Aquascape yang Mudah Perawatannya serta Cepat Tumbuh
Tips Mudah Cara Membuat Aquascape pada Aquarium yang Murah untuk Pemula

Tanaman Tungu - Tanaman Aquascape di Sekitar Kita

Tanaman Aquascape di Sekitar Kita


Tungu, yang masih merupakan tanaman aquascape di sekitar kita yang  biasa terdengar di masyarakat Bali sebagai serangga kecil dan berwarna merah biasanya menyerang dibagian pribadi dan menimbulkan gatal serta bengka.


Jenis rumput atau sering disebut padang diatas adalah dikenal dengan nama padang tungu atau rumput tungu ini juga merupakan tanaman aquarium tanpa co2.

Jenis rumput yang berbunga munggil ini sering kita lihat disekitar rumah kita kususnya ditembok dan celah batu bata dan kadang kala juga sering terlihat dilantai halaman rumah kita.

Biasanya diantara celah batu atau pojok tembok yang jelas tumbuhan ini banyak disekitar kita.

Bunganya yang kecil dan warnanya yang sedikit ungu membuatnya terlihat menarik dan cantik,jika musim hujan tiba maka warna daunnya akan terlihat hijau dan subur.

Sebenarnya tumbuhan ini tidak tergantung dari musim karena bisa kita dapatkan disekitar rumah kita, jalan atau bangunan bangunan disekitar kita hanya saja kalau musim panas daunnya akan terlihat kering begitu juga bunganya.


Berbicara tentang bunga dari rumput ini..karena bentuknya yang kecil dan munggil itulah namanya menjadi padang tungu atau rumput tungu.

Itu dulu sobat jenis tanaman aquascape di sekitar kita yang mudah tumbuh liar di sungai dan sawah atau darat pada musim tertentu. 

Sebenarnya masih banyak yang belum kita dapatkan untuk melengkapi kolam kita dengan berbagai jenis tumbuhan yang bagus lagi.
loading...
Disqus Comments