Kolam yang Baik untuk Ikan Koi Secara Sederhana Bentuk Minimalis

Kolam yang Baik untuk Ikan Koi infoikan.com Sudah tahu cara membuat kolam ikan koi agar tidak bocor? Atau ingin tahu cara desain kolam koi yang baik dan bagus?

Kolam merupakan salah satu sarana penunjang kelangsungan hidup bagi ikan. Selain harus lengkap juga menyehatkan serta nyaman untuk dihuni.

Terutama kolam koi yang sampai saat ini masih menjadi salah satu jenis ikan hias primadona masyarakat luas. 

Keindahannya akan tampak jika dipelihara di dalam kolam dengan desain minimalis yang disertai aneka macam jenis tumbuhan sebagai hiasan.

Dari sinilah kita mulai memikirkan bagaimana cara membuat kolam yang baik untuk ikan koi agar hidup sehat berkembangbiak dengan baik dan berukuran jumbo.

Kolam yang Baik untuk Ikan Koi

 

Kolam yang Baik untuk Ikan Koi


Kedalaman Kolam Ikan Koi

Sebenarnya sudah mencukupi kedalaman kolam koi yaitu antara 30 - 50 cm di depan rumah, namun jenis koi yang dipelihara berupa anakan atau berukuran sedang.

Selayak mata memandang pun akan kelihatan jika koi berenang memperlihatkan kecantikan warnanya. Akan tetapi, jika mulai terlihat tumbuh dewasa usahakan untuk memindahkannya.

Mengapa demikian? Nah, permasalahan seperti inilah yang harus sobat perhatikan juga.

Tak dapat dipungkiri kalau tujuan Anda memelihara dan merawat ikan koi hanyalah untuk menghias taman atau ruangan. Namun, perhatikan juga akan kelangsungan hidupnya.

Apakah ikan dalam aquarium dapat tumbuh besar? 100% jawaban orang berakal pastinya setuju iya. Yakni dari hasil pemberian makan akan menjadikan ikan koi semakin besar.

Disinilah sebuah kolam yang mulanya agak dangkal, kita rubah menjadi semakin dalam. Jangan takut kalau ikan koi tak kelihatan, karena dengan bantuan filter atau aerator koi akan bermunculan dengan sendirinya.

Kolam Ikan Koi Sederhana

Kesederhanaan kolam koi haruslah dibuat standar perawatan, yaitu dengan kedalaman menyesuaikan ukuran koi yang dipelihara.

Jika terlalu dangkal, efek sampingnya akan menjadikan tubuh koi berubah membengkok apalagi terdapat beberapa hiasan sebagai teman, malah akan semakin sempit dan kurangnya akan ruangan buat bergerak.

Untuk itu, buatlah kedalaman minimalnya 1 m untuk ukuran koi jumbo atau dewasa, agar tidak menyiksa dan membuat koi mati akibat cepatnya penumpukan kotoran yang berubah menjadi bakteri.

Kolam Ikan Koi Minimalis

Kolam yang baik untuk ikan koi dalam bentuk minimalis, sobat dapat membuat sederhana saja selain menghemat pembuatan kolam juga akan meringankan perawatan.

Biasanya yang sudah berjalan hanya menggunakan beberapa tumpukan batu bata saja yang dipoles dengan adonan pasir dan semen.

Selanjutnya tinggal menyediakan perlengkapan kolam seperti filter dan juga aerator serta beberapa tanaman air untuk mempercantik halaman.

Cara Membuat Filter Kolam Ikan Koi

Pembuatan filter kolam ikan koi ini bertujuan membersihkan semua kotoran yang dibuat oleh si ikan, baik dari kotorannya maupun sisa makanan yang mengendap.

Jika filter ini tidak disertakan dalam kolam, jenis amonia akan menjadi penunggu ikan yang berakibat merusak kesehatan koi. Maka filter ini harus ada untuk setiap kolam koi.

Skema Filter Kolam Koi

Mudah sekali untuk membuat skema filter ini. Jika tidak mau ribet, sobat dapat membelinya di toko penjual perlengkapan ikan hias.

Sumber Oksigen

Kolam yang baik untuk ikan koi haruslah terdapat sumber oksigen yang alami dan menyehatkan.

Oksigen inilah salah satu yang menjadikan ikan koi dapat hidup lebih lama. Suplai oksigen yang bersih selayaknya harus diperhatikan secara maksimal dalam kolam koi.

Pada umumnya melalui 2 jalan, yaitu pembuatan air terjun dan juga aerator sebagai pembentuk air mengalir yang menghasilkan oksigen.

Dengan cukupnya ketersediaan oksigen inilah maka bisa dipastikan keadaan ikan koi akan baik dan sehat tanahn lama umur panjang.

Yuk, baca juga:
Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Terindah
Gambar Koi Blitar dari Juara Kontes 
Makanan Ikan Koi Kecil untuk Pertumbuhan

Beberapa tips sebelum membuat kolam yang baik untuk ikan koi:


1. Menentukan Lokasi Kolam
Agar sobat dapat menikmati pemandangan yang menyejukkan, pilihlah lokasi yang dekat dengan rumah, baik depan rumah maupun belakang rumah.

Jangan sampai memilih di bawah pohon jika tak mau kolam banyak daun yang menjadi sumber kutu air datang.

2. Karena keindahan ikan koi terletak di bagian warna yang ada di punggungnya, ideal untuk kolam bisa dibuat dengan cara menggali tanah saja.

Memang sangat sederhana jika dipelihara di dalam aquarium, namun kurang memberikan keindahan dan kecantikan.

3. Bentuk Kolam

Kolam yang baik untuk ikan koi dapat dibuat berdasarkan selera sobat semua, akan tetapi usahakan untuk memberikan perlengkapan buat jalan air supaya terus mengalir.

Jika kolam tidak ditemui air yang mengalir, bisa dipastikan akan membuat ikan cepat mati. Karena akan mempercepat ganggang dan bakteri tumbuh di dalam kolam.

4. Sudut Dan dasar Kolam

Kolam yang baik untuk ikan koi upayakan bagian pertemuan antara sisi kolam dibuat melengkung dan hindarkan sudut 90 derajat, yang bertujuan agar kolam tidak mati.


Pada bagian dasar Kolam jangan sampai dibuat rata, buatlah bagian paling tengah (Botom Drain) lebih dalam dan bagian tepi ke arah tengah miring 20 sampai 40 derajat. 

Desain kolam dasar dengan bentuk miring akan mempermudah dalam membersihkan sisa-sisa kotoran yang sudah terkumpul.

5. Jangan menaruh material dan benda tajam pada Kolam Koi, misalnya batuan sebagai hiasan, semen yang tidak halus pengaciannya. 

Gerakan Koi terkadang sangt atraktif material ini bisa melukai dan membahayakan koi.

6. Pipa Pralon Untuk menambahkan Air. Air terjun, sistem filter, penguapan air akan mengurangi jumlah air dalam kolam, persiapkan pipa pralon untuk menambahkan air dengan mudah dari sumur atau PAM.

7. Overflow, Siapkan lubang pembuangan untuk mengantisipasi jika air meluap, misalnya karena hujan.

8. Bottom Drain, lubang pembuangan pada bagian dasar kolam untuk membersihkan kolam. 

Itulah beberapa tips dan cara membuat kolam yang baik untuk ikan koi yang didesain dengan model gambar terbaru agar kesehatan selalu didapat dan ikan berumur panjang. 
loading...