November 18, 2017

Ikan Hias Lemon? Berikut Cara Budidaya dan Merawatnya

Ikan Hias Lemon infoikan.com Sudah tahu ikan lemon terbesar? Atau ingin tahu ukuran ikan lemon dewasa?

Siapa sih yang tak kenal ikan lemon, salah satu jenis ikan hias kecil namun menjadi primadona di kalangan anak kecil terutama jenjang pendidikan SD.

Ciri khas ikan lemon adalah warna kuning, walaupun sebenarnya ada juga jenis ikan lemon biru namun warna kuning akan lebih populer.

Khususnya di Indonesia yang hingga saat ini lemon masih termasuk jenis ikan hias yang memiliki harga jual murah serta banyak yang menyukainya.

Tidak hanya itu, bila dipelihara dalam aquarium maka bisa dipastikan akan memperlihatkan kecantikannya bersama tanaman aquascape tersebut.

Dari sinilah ikan hias lemon semakin dilirik oleh penjual ikan hias tradisional, baik dengan cara membuka toko maupun secara keliling dengan harga terjangkau dengan ukuran maksimal.

Ikan Hias Lemon


Ikan Hias Lemon


Ikan ini diketahui berasal dari Afrika, namun di Indonesia budidaya ikan lemon sudah menyebar luas sampai ke pelosok desa.

Harga ikan lemon sangatlah murah dibandingkan jenis ikan kontes lainnya, maka tak heran jika ikan ini dapat dieksport sampai ke Negara tetangga.

Ikan hias untuk aquascape dan aquarium salah satunya adalah berasal dari ikan lemon ini, apalagi jika dilengkapi dengan jenis tanaman hidup sebagai hiasan aquarium, maka bisa dipastikan akan memberikan cahaya dengan warna kuningnya.

Ikan Hias Lemon


Budidaya Ikan Hias Lemon

Semakin berkembangnya populasi ikan lemon dan juga kreatifitas manusia yang tak mau kalahnya membuat desain aquarium unik, kini menjadi peluang untuk Anda untuk ikut mengembangkan usaha budidaya ikan hias.

Dengan cara merawat ikan lemon secara teliti, bisa dipastikan akan memberikan kemudahan mengembangbiakkannya menjadi usaha yang besar bersama nama ikan hias lainnya.

Berikut beberapa langkah cara budidaya ikan lemon berdasakan pengalaman beserta contoh makanan ikan lemon yang disukainya baik alami maupun buatan.

1. Memilih Indukan yang Berkualitas Bagus

Indukan inilah yang akan menentukan dalam meraih keberhasilan saat sobat budidaya. Semua jenis ikan apapun jika indukan kurang bagus tidak sesuai kriteria, tentu akan mengalami kegagalan.

Benih yang berkualitas pada umumnya berasal dari indukan yang berkualitas baik juga. Untuk itu berikut ini beberapa ciri-ciri atau tanda indukan ikan lemon berkualitas bagus:


  • Umurnya 7 bulan lebih
  • Sehat
  • Warna cemerlang
  • Gesit dalam berenang
  • Bisa membedakan lemon jantan dan betina


Ciri-Ciri Ikan Lemon Jantan

  1. Warnanya lebih menonjol cerah
  2. Tubuhnya lebih besar dan panjang
  3. Pada bagian sirip atas dan bawah terdapat memiliki warna hitam
  4. Keadaan sirip perut lebih panjnag
  5. Bentuk kepalanya agak besar


Ciri-Ciri Ikan Lemon Betina

  1. Warnanya kurang cerah
  2. Bagian sirip atas dan bawahnya terlihat warna kuning
  3. Bentuk kepala identik lebih kecil
  4. Ukuran sirip bagian perut lebih pendek


2. Kolam Ikan Hias Lemon

Baik kolam maupun aquarium keduanya sangat cocok untuk sobat sediakan buat tempat ikan lemon.

Usahakan untuk memberikan tempat tersembunyi yang berbentuk seperti gua-gua dalam kolam tersebut dengan berfungsi sebagai proses saat pemijahan berlangsung.

Jika menggunakan wadah aquarium, ukuran aquarium yang ideal untuk proses pemijahan sekitar 100 cm dengan tinggi 40 cm saja yang kita ambil sekira nyaman buat ikan lemon melakukan pemijahan.

Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan juga keadaan suhu air, oksigen, dan juga Ph airnya, serta perlengkapan lain berupa aerator untuk membuat sirkulasi air.

Setelah semua sudah lengkap dan air aquarium atau kolam terlihat bersih, langkah selanjutnya tingga masukkan saja indukan ikan lemon yang sudah disiapkan.

Contoh Makanan Ikan Lemon

Untuk makanan ikan lemon tak akan jauh beda dengan ikan hias lainnya, yaitu sediakan saja seperti jentik nyamuk bisa juga tubifex.

3. Proses Pemijahan Ikan Hias Lemon

Pada umumnya jika keduanya sudah cocok dan saling kenal, pastinya akan langsung saling kejar mengejar antara jantan dan betina.

Jika sudah berhasil dibuahi, sobat bisa lihat di dasar aquarium dekat dengan guanya pasti akan menemukan telur-telur yang berserakan.

Sekitar 100 benih dapat dihasilkan ikan yang tergolong kecil ini, dengan penetasan yang berjangka waktu sekitar 4 harian.

Cara merawat ikan hias lemon jika sudah sampai tahap penetasan, sobat harus benar-benar memperhatikan kualitas serta kebersihan aquarium atau kolam tadi.

Berbeda dengan ikan cupang yang suka makan larva atau burayaknya sendiri. Ikan lemon tidak kanibal atau tidak galak, malah akan menjaga larva atau burayak sampai tumbuh dewasa.

Mungkin saja ada juga jenis ikan lemon galak yang suka berantem dengan ikan hias lain. Tapi, itu jarang terjadi pada lemon kuning. Tak tau untuk ikan lemon blue atau biru.

Jika dirasa sudah tumbuh dewasa, maka saatnya Anda bisa memindahkan antara induk dengan anakan ikan lemon tadi. Selanjutnya kita akan masuk tahapan pembesaran.


4. Proses Pembesaran Ikan Hias Lemon dan Merawatnya


Pada tahap pembesaran ikan hias lemon, yang harus sobat perhatikan adalah jenis makanan yang kasih atau disediakan.

Makanan ikan lemon fish yang masih dalam masa tahap pembesaran usahakan berikan yang terbaik yakni berkualitas, seperti kutu air, infusoria dan pakan kecil lainnya.

Untuk menghindari jumlah yang banyak dalam aquarium, lebih baik ambil beberapa ikan kemudian pindahkan saja di tempat yang kedua. Cara merawat ikan lemon ini diketahui agar perkembangannya cepat besar.

Terus berapa hari ukuran ikan lemon bisa dijual? Minimalnya dengan umur 1 bulan sobat sudah bisa memasarkan dan menjual ikan hias lemon ini.

Untuk maksimalnya sekitar 4 bulan, dan ini juga merupakan ikan lemon yang populer dijual di toko ikan hias. Karena dengan ukuran demikian akan memberikan warna yang lebih cantik dan indah dalam aquarium.

Itulah sekilas gambaran ikan hias lemon dan cara budidaya yang berhasil untuk usaha dan bisnis ikan hias yang sekarang ini lagi populer dengan berkembangnya pendiri toko di pinggir jalan maupun toko online ikan hias.
loading...
Disqus Comments