Perlengkapan Kolam Ikan Koi untuk Pemeliharaan yang Sehat

Perlengkapan Kolam Ikan Koi infoikan.com Sudah tahu aksesoris kolam ikan koi? Atau ingin tahu yang jual peralatan kolam ikan di surabaya?

Mudahnya cara membuat kolam akan semakin membingungkan dengan berbagai perlengkapan yang serba lengkap yang tersedia di dijual di toko.

Khususnya untuk pemula yang lagi resah gundah memikirkan bagaimana membuat kolam koi dengan biaya murah namun terlihat mewah ketika terisi aneka hiasan yang lengkap.

Namun, yang pasti ada kelebihan tersendiri saat sobat berani mencoba membuat desain sendiri kolam ikan tersebut dengan sederhana di depan rumah.

Masalah perlengkapan kolam ikan koi Anda dapat melirik beberapa gambar yang tersedia berikut ini lengkap dengan ukuran kolam dan aquarium yang dibuat.

Perlengkapan Kolam Ikan Koi


Perlengkapan Kolam Ikan Koi


Filter Kolam Ikan dan Pompa Air

Baik dengan cara membeli maupun membuat sendiri filter untuk kolam yang berfungsi sebagai pembersih air harus ada di setiap kolam.

Selain menghemat tenaga yang harus selalu membersihkan isi kolam, filter ini juga yang akan membuat ikan sobat tahan lama dalam keadaan sehat.

Filter ini juga berkemampuan memberantas sisa kotoran dalam kolam dan aquarium entah yang terlihat maupun yang bersembunyi (Kimiawi).

Cara setting atau mengatur filter untuk kolam khususnya ikan koi idealnya tak kurang dari 10% dari volume air. Sedangkan ukuran terbaik dikisaran 30% saja.

Cara kerja filter ini sangat sederhana, yaitu menarik air kedalam selang dan diolah menggunakan perlengkapan pompa, kemudian dikeluarkan lagi dengan keadaan sudah bersih.

Perlengkapan Air Mancur

Perlengkapan kolam ikan koi berupa air mancur usahakan juga harus ada. Selain menambah keindahan serta kecantikan warna koi, dapat juga bekerja membersihkan kotoran seperti lumut dan air.

Jika keadaan kolam yang sobat buat agak berukuran besar, beli saja sebuah alat pembersih kolam yang sudah diperjual belikan di toko perlnegkapan ikan.

Menambahkan Tanaman

Untuk menjaga kelangsungan hidup si ikan koi, sedakan juga beberapa jenis tanaman hidup atau hiasan aquarium.

Namun, yang pasti sobat dapat menaruh tanaman hidup saja di samping filter tersebut, selain berfungsi mempercantik aquarium, tanaman ini juga merupakan pakan alternatif yang akan berubah menjadi algae.

Water Cleaner

Perlengkapn kolam ikan koi yang berikutnya berupa water cleaner. Alat ini mampu bekerja sebagi pembersih sisa algae yang tidak bermanfaat untuk ikan koi tadi.

Jad, semua jenis ganggang dan algae yang akan hidup di dalam kolam akan disapu habis oleh alat ini.

Yang perlu diperhatikan dan diwaspadai adalah saat menggunakan water cleaner ini, karena berdasarkan pengalaman yang sudah mencoba ternyata perlengkapan kolam ini mengandung zat yang beracun, maka sobat harus hati-hati agar ikan tidak teracuni.

Lampu UV

Sistem lampu ultraviolet yang dirancang untuk membunuh alga dan membuat mereka menggumpal, selanjutnya algae yang sudah mati dapat disaring dengan filter mekanis. 

Lampu UV secara efektif dapat menghilangkan air hijau di kolam koi dalam waktu singkat.

Baca juga yuk,..
Inilah Jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik Serta Harganya
Contoh Gambar Kolam Ikan Minimalis (Kolam Ikan Koi, Kolam Ikan Hias, dan Taman Kolam Ikan)
Contoh 49 Gambar Kolam Ikan Hias Minimalis Terbaik

Alat Perlengkapan Pembersih Kolam Ikan Koi


Jika ukuran kolam yang sobat buat berukuran 2,5 x 1 , 5m x 0,4m = 1,5m3 maka berikut beberapa perlengkapan kolam yang bisa disediakan.


1. Sediakan filter yang berukuran kurang lebih 0,5m3 (bisa dibuat menggunakan bahan tong sampah berwarna abu-abu yang agak besar). Kemudan di bawahnya dibolong untuk air keluar kira-kira dengan posisi 10 cm dari atas tong serta tepat di bawahnya lubangi juga untuk mencuci filternya.

Hal ini untuk mempermudah ar mengalir dari atas ke bawah serta memudahkan sobat membersihkan dakronnya.

- Filter Mekanik

Jenis filter ini dapat dibuat dengan bahan utama berupa dakron yang dipotong berukuran 10 x 10 cm hingga tinggi tong terpenuhi 10 cm juga.

- Filter Biologi

Jenis filter kolam ikan ini dkenal dengan sebutan bioball yang diletakkan di dasar tong tersebut dengan cara ditambahi penekanan supaya bioball tadi todak goyah kesana kemari.

Selanjutnya di bagian atas bioball tersebut sobat bisa kasih 1 bola aerator yang berfungsi memberikan bakteri oksigen di bioballnya.

2. Pompa Air untuk Kolam Ikan

Sediakan pompa kolam dengan kapasitas 2m 1/3 jam atau bisa juga 2.000 1/jam  atau 33 1/menit.

Pompa ini merupakan penghasil sumber air yang dapat sobat letakkan agak jauh dari filetr yang harus dikasih pipa supaya air dapat masuk ke tong tadi.

3. Aerator

Perlengkapan kolam ikan koi selanjutnya berupa aerator dengan jumlah 4 buah/cabang, 1 cabang dapat diteruh di dasar tong, sedangkan yang 3 cabang lagi dapat disebar di area kolam.

Tips tambahan agar kolam tetap bersih dan ikan koi keadaan sehat:
  1. Air jangan pernah diganti 100% ya.. 10-15% sudah cukup.
  2. Pemberian garam pakai garam ikan 0,3% dari volume sekitar 3 kg per ton.
  3. Pemberian pakan jangan terlalu banyak. Itungan pastinya saya lupa. Jangan takut mati gara-gara telat kasi makan, puasa total hingga 3 minggu pun koi sanggup.
  4. Kapasitas kolam diperhatikan, idealnya 1 ikan/ ton air. Kalau ikan besar 50 cm ke atas. Kalau ikan masih kecil ndak papa lebih, asal sanggup jaga kualitas air. 
  5. Kualitas ikan lebih penting dari kuantitas.
  6. Meskipun hanya penghias dan nggak akan ikut show (kontes), lebih baik pelihara sedikit dengan kualitas cukup, daripada banyak tapi ga karuan. Lebih repot ngurusnya ntar.

Nah, itulah beberapa jenis perlengkapan kolam ikan koi yang umum dibuat dan disediakan oleh beberapa pembudidaya ikan hias serta pemelihara semua jenis ikan air tawar.
loading...