November 7, 2017

Cara Memilih Ikan Koi Berkualitas Bagus dan Unggul

Cara Memilih Ikan Koi Berkualitas infoikan.com Sudah tahu cara memilih dan membedakan warna ikan koi harga termahal? Atau ingin tahu cara memilih ikan koi kecil?

Siapa sih yang tak mengenal ikan koi, yang hingga sekarang ini banyak dipelihara sebagai jenis ikan hias.

Apalagi bagi sobat yang kesehariannya bergelut dengan jenis akuarium, pastinya sudah tak asing lagi. Begitu juga dengan cara memilih ikan koi jantan dan betina, sangat cepat didapat.

Namun, belakangan ini yang terjadi malah sebaliknya yakni sulitnya mencari ikan yang berkualitas baik. Maklum, kebanyakan pemula yang baru saja menyukai nama ikan hias tertentu seperi koi ini.

Untuk itu bagi sobat yang sampai sekarang masih merana akan sulitnya mencari cara memilih ikan koi yang berkualitas bagus, berikut beberapa tips yang dapat Anda temukan saat membeli dengan harag mahal maupun murah.

Cara Memilih Ikan Koi Berkualitas


Cara Memilih Ikan Koi yang Berkualitas


Nah, jangan khawatir untuk memelihara semua jenis ikan koi. Karena sobat sudah ada beberapa tips merawat ikan koi, baik untuk hiasan aquarium maupun usaha budidaya ikan hias.

Di bawah ini Anda dapat membaca sendiri apa semua motif ikan koi yang bagus buat mainan anak di rumah dengan nuansa alam yang megangumkan.

Bentuk Badan Ikan Koi yang Bagus

1. Saat berenang, sobat dapat melihat sendiri bagamana gaya ikan koi ketika memamerkan tubuhnya. Yakni tegak lurus, simetri pada bagian sisi badannya.

Untuk bagian punggung lihat, apakah melengkung dengan wajar atau tidak. Karena jika terlihat dari sisi atas, koi berlkualitas seharusnya terlihat lurus.

Lihat juga pada sisi samping saat berenang, usahakan memilih koi yang memiliki garis wajar alias melengkung sesuai standar dan tidak terlalu.

Jangan dipilih jenis ikan koi yang terlalu melengkung dengan tajam ketika berenang. entah kita lihat dari bawah, samping, depan, maupun dari atas.

2. Tumbuhnya Sirip yang Cantik dan Sempurna

Ikan koi akan terlihat cantik dan mempesona jika mempunyai sirip yang lengkap juga besarnya sejajar dengan badannya.

Terutama pada bagian sirip dada usahakan hindari kecacatan maupun terlihat membawa bibit penyakit dengan tanda stress.

Tanda atau ciri-ciri ikan koi yang tidak dapat tumbuh besar (selalu kecil) kurangnya nafsu makan.

Yang sudah tidak umum ditemukan yaitu banyak ditemukannya keadaan sirip bagian ekor dan punggung mengalami kecacatan. Dengan jelas, jangan sampai jenis ikan koi seperti ini menjadi pilihan utama saat membeli.

Tips Memilih Anakan Ikan Koi Berkualitas


3. Bentuk Kepala Terlihat Sempurna

Ciri-ciri ikan koi asli salah satunya dapat sobat ketahui dengan melihat bentuk bagian kepalanya. 

Beberapa diantanya sobat bisa membedakan antara koi yang terlihat hidungnya besar dan kecil, ada juga yang menonjol serta mancung.

Untuk itu, tips memilih ikan koi yang berkualitas bagus yakni bentuk hidung atau kepala ikan koi terlihat sewajarnya saja alias tidak terlihat nonjol, juga tak terlalu kedalam.

Pada umumnya koi yang kurang berkualitas bagus kepala koi membesar dan lebar. Salah satu penyebabnya terserang penyakit akar insang (Gill Root), dengan itu pastilah akan kalah penilaian saat dikonteskan.

Selain kepala, tentunya akan merambat juga pada mulut, mata, dan juga rahang.

4. Keserasian antar Pasangan

Untuk ini bagaimana cara memilih ikan koi unggulan yang dapat kita bawa sepsang untuk ternak dan perkawinan.

Selain warna yang membawa hoki, kedua jenis harus mempunyai ukuran yang seimbang yaitu meliputi panjang, lebar, dan tinggi, yang merupakan salah satu kunci kalau ikan koi tersebut bagus dan berkualitas.

Dengan hitungan menurut perbandingan antara panjang dan tinggi bagian badan harus sama. 

Diantara angka rasio yang sudah memadai untuk kita pilih seperti berkisar 1 - 2, 6 sampai 1 - 3, 0.

Baca juga yuk,.
Makanan Ikan Koi Kecil untuk Pertumbuhan
Jenis Ikan Koi Blitar yang Laris di Pasaran dengan Harga Murah 
Gambar Lukisan Ikan Koi yang Cantik dan Indah

Sekira itu saja cara memilih ikan koi berkualitas bagus berdasarkan kriteria untuk dikonteskan dalam perlombaan. Bagi Anda pemula tentunya sangat menginginkan hal ini untuk menciptakan kualitas dan kuantitas.
Disqus Comments