Desain Kolam Ikan Koi Minimalis Sederhana Depan Rumah Lahan Sempit

Desain Kolam Ikan Koi infoikan.com Sudah tahu cara membuat kolam ikan minimalis di lahan sempit? Atau ingin tahu contoh gambar kolam ikan hias depan rumah?

Sebuah keharusan untuk ikan koi dapat kita sediakan kolam dengan desain seunik dan secantik mungkin walaupun terletak pada lahan sederhana.

Sebab ikan koi akan memperlihatkan kecantikan dan keindahannya ketika mata memandang berasal dari atas punggungnya.

Itulah gamaran ikan koi yang menjadi salah satu jenis ikan hias hingga sekarang banyak dicari yang dijadikan sebagai penghias taman agar menjadi asri.

Dari sinilah seorang pemelihara mulai berfikir diri bagaimana cara membuat kolam untuk ikan koi agar hasilnya dapat dinikmati sepanjang hari dan tidak mudah mati.

Bagi sobat pemula, berikut ini ada beberapa gambar desain kolam ikan koi model terbaru baik untuk rumah minimalis maupun biasa dengan biaya murah namun memuaskan untuk dicoba.


Desain Kolam Ikan Koi


Desain Kolam Ikan Koi



Selalu terbayang akan adanya kolam ikan kecil di teras rumah yang berhias aneka ikan hias dengan lengkap hiasan penyejuk mata serta air mengalir yang bersih.

Untuk itu, mari kita sama-sama membuat sebuah konsep bagaimana membuat kolam ikan minimlis hemat biaya dengan lahan persediaan yang sempit.

Baca ini juga ya..
Makanan Ikan Koi Selain Pelet Agar Cepat Besar
Jenis-Jenis Ikan Koi dan Gambarnya
Gambar Ikan Koi Terlengkap dan Terbaik Sekarang Ini

Peralatan Membuat Kolam Ikan Koi

Untuk alatnya tak jauh beda dengan yang biasa digunakan seorang tukang pembuat kolam maupun tukang bangunan yaitu sperti, sekop, cangkul, waterpass, meteran, dan cethok.

Beberapa bahan untuk membuat kolam diantaranya seperti, pasir, semen, batu bata, batu, cat dinding, dan kapur serta hiasan kolam.

Semua bahan dan perlengkapan tersebut haruslah dipenuhi, untuk proses keberlanjutan mengenai pembuatan itu terserah sobat, jikalo bisa lebih bagus dibuat sendiri. Namun, jika tak ada waktu bisa menyewa tenaga tukang andalannya.

Jenis tanah sendiri akan berpengaruh terhadap peralatannya, baik itu tanah pasir, berbatu, atau tanah liat, yang pastinya menggunakan alat untuk menggali secara khusus.


Desain Kolam Ikan Koi


Ukuran Kolam yang Akan Dibuat

Berapakah ukuran kolam ikan koi di depan rumah yang ideal?? Lokasi yang ada menjadi jawabannya, jika lebar bisa dibuat besar. jika kecil, dapat dibuat minimalis sederhana.

Yang perlu diperhatikan disini adalah adanya persediaan air yang mengalir. Jika tidak, maka sobat dapat membuat aliran atau air buatan sendiri sesuai bentuk dan ukuran kolam nanti.

Beberapa contoh gambar desain kolam ikan koi model terbaru masa kini

Mungkin sebagian dari sobat akan berfikir kalau keindahan ikan koi berasal dari punggungnya, jado secara otomatis kolam yang dibuat sederhana dan tidak terlalu dalam.

Benar adanya jika berfikir demikian, namun efek sampingnya akan menurunkan kualitas serta perkembangan ikan koi tersebut.

Lebih baik buatlah kolam yang agak dalam dengan sirkulasi air yang selalu mengalir. 


Desain Kolam Ikan Koi


Filter Kolam Ikan Koi


Filter inilah yang menjadi salah satu penentu apakah kolam terlihat sempurna kecantikan serta keindahannya atau tidak.

Filter kolam ikan koi haruslah ada, karena disamping mempercantik halaman sobat, juga sebagai penunjang kesehatan dan kehidupan ikan koi secara terus-menerus.

Kolam Ikan Koi Minimalis

Jika dilihat keadaan tanahnya tak sesuai desain, maka bisa dibuat agak miring bagian dalam yang berfungsi memudahkan kita dalam membersihkan kolam mengganti airnya.

Kelebihan kolam miring ini jika tersisa makanan pastinya langsung menempati kemiringan tadi, sehingga kotoran tersebut akan ikut aliran air keluar.

Sebisa mungkin untuk memoles dasar kolam hingga sehalus layaknya kaca, hal ini untuk menghindari jika ikan koi berada di dasar kolam dan tak terjadi gesekan yang membuat kulitnya mengelupas.

Tidak hanya dasar kolam saja, bagian dinding harus dikasih keramik yang khusus untuk kolam, karena desain kolam ikan koi yang bagus biasanya menggunakan bahan serba elit.

Jika dirasa akan menghabiskan biaya, sobat dapat menggantinya dengan bahan yang tidak terpakai yang terlihat tidak kasar.


Desain Kolam Ikan Koi Minimalis Depan Rumah


Kolam Ikan Hias Depan Rumah

Desain kolam ikan koi jika berada di depan rumah akan lebih cocok jika sistem airnya memakai peralatan otomatis seperti hiasan air terjun yang dapat membersihkan dan menjernihkan secara kontinu.

Selain itu, di dasar kolam juga disediakan lubang untuk keluarnya air, keadaan mempermudah secara total air dapat keluar ketika diganti.

Pembuatan Kolam Ikan Minimalis di Lahan Sempit

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bersama dengan peralatan dan perlengkapan kolam, awal mula kita akan menggali tanah sedalam 50-70 cm.

Panjang dan lebar sobat bisa melihat pada galeri kolam koi di bawah ini sebagai gambaran seperti apa bentuk dan ukuran kolam berdasarkan tersedianya tanah atau lahan.

Langkah selanjutnya tingga membuat adonan yang terdiri dari campuran semen dan pasir serta air yang sudah diaduk sedemikian rupa.

Letakkan batu paling dasar sendiri, disusul batu bata yang tersusun rapi, kemudian poles dengan adonan yang sudah jadi.

Sesuai desai yang telah dibuat, sobat bisa mengaturnya serapi mungkin berdasarkan bentuk gambar yang telah dipilih.


Desain Kolam Ikan Koi

Desain Kolam Ikan Koi


Cara Membuat Kolam Agar tidak Bocor

Untuk menghindari terjadinya kebocoran kolam setelah jadi, alangkah baiknya untuk memperbanyak adonannya terutama bahan semennya.

Campur saja dengan pelapis kolam atau Damdex yang khusus dipakai buat menambal kolam bocor.

Keramik yang dipilih bisa merk mozaik dengan kualitas terbaik yang dipasang pada bagian dinding kolam. Jika airnya jernih pasti akan menambah kecantikan dan keindahan kolam.

Desain Kolam Ikan Koi - Bahan Tambahan Cat Kolam

Untuk cat ini sesuai selera Anda pribadi, jikalo sudah menggunakan keramik maka penyediaan catnya digagalkan saja. Begitu sebaliknya, jika hanya dinding semen, usahakan untuk memberikan warna putih untuk memperlihatkan warna ikan koi.

Sediakan juga perlengkapan kolam seperti pipa untuk membuat jalan masuk dan keluar air ketika mengisi dan menguras kolam.

Pemasangan Filter Kolam Ikan Koi

Sediakan saja pompa dengan sistem mekanik agar mudah dalam mengerjakan serta cepat selesai. Air yang akan difilter kita pakai saja pompo, kemudian menaruh airnya ke dalam bak yang ada filternya.

Banyak yang sudah menjual filter kolam ikan koi ini kok di toko perlengkapan, jikalo bisa membuat filter sendiri secara alami, umumnya terbuat dari bahan bekas, yaitu tong besar serta adah ikan konsumsi.

Jangan lupa lagi untuk memberikan penerangan berupa lampu yang dapat dinyalakan ketika malam hari, lampu ini bertujuan memperlihatkan keindahan warna ikan koi.


Desain Kolam Ikan Koi Minimalis Depan Rumah



Rincian Biaya Pembuatan Kolam Ikan Koi Minimalis Sederhana


Dari awal desain kolam ikan koi tentunya sobat sudah bisa membuat kesimpulan seindiri. 

Kolam ikan koi yang telah tergambar ini bentuknya kecil minimalis di lahan sempit, jadi kira-kira berapa biaya pembuatan kolam ikan tersebut? Sangat murah dan menghemat biaya.

Apalagi semua bahan perlengkapan dari kita sendiri, pastinya akan mengurangi isi katong kita. Jika dihitung mahal, dinding dan dasar kolam bisa dikasih terpal saja.

Bahkan, ada yang membuat kolam ikan koi yang terbuat hanya membutuhkan beberapa tumpukan batu bata saja, sedangkan dalamnya dikasih plastik atau terpal, serta dengan hiasan menemukan di sekitarnya.

Baca juga yuk,.

Contoh Gambar Kolam Ikan Minimalis (Kolam Ikan Koi, Kolam Ikan Hias, dan Taman Kolam Ikan)

Dengan demikian telah selesai ulasan desain kolam ikan koi minimalis sederhana di depan rumah yang siapa saja bisa membuatnya semaksimal mungkin dengan biaya murah.
loading...