Ini Dia Ternak Ikan Koi yang Sudah Teruji dan Berhasil

- 2:53:00 AM
Ternak Ikan Koi infoikan.com Sudah tahu tips budidaya ikan koi di kolam beton? Atau ingin tahu cara budidaya ikan koi di aquarium?

Siapa sih yang tak kenal koi, salah satu jenis ikan hias yang menjadi primadona setiap orang, selain mudah tumbuh besar kecantikan warnanya menjadi sorotan setiap orang yakni cantik dan indah jika dipandang.

Karena permintaan dan harga jual ikan koi yang tinggi, kini para pemula pun ikut membuka usaha budidaya ikan hias terutama koi.

Nama latin atau ilmiah ikan koi masih sama dengan ikan mas yaitu Cyprinus Caprio, yang diyakini tumbuh besar dari hasil kawin silang antara jenis ikan mas.

Hingga sekarang asal-usul ikan koi masih belum diyakini kebenarannya 100% oleh pembudidaya. Mudahnya cara budidaya membuat keyakinan kalau koi asli berasal dari Indonesia dan bukan dari Jepang.

Di bawah ini ada beberapa tips cara ternak ikan koi yang mudah dikerjakan untuk pemula berdasarkan pengalaman yang diambil dari jepang serta cara merawatnya.


Ternak Ikan Koi


Ternak Ikan Koi


Berawal dari mudahnya pembesaran ikan koi, sampai sekarang di daearh Jawa Timur khususnya Blitar masih menjadi tempat pertumbuhan jenis koi yang pesat.

Malah telah disortir jenis koi lokal mengalami peningkatan akan kualitas dan juga kuantitas serta semakin tinggi juga permintaan pangsa pasar.

Dari segi harga, koi lokal terus bersaing dengan koi import. Hal ini dikarenakan kabar yang beredar memberikan hasil terbaik buat pembudidaya Indonesia.

Nah, bagi sobat pemula maupun lama jika menginginkan bagaimana tips ternak ikan koi yang berhasil dan mudah dikerjakan, berikut tip budidaya ikan koi menurut para ahli yang sudah infoikan rangkum:

Baca juga yuk,..

Jenis-Jenis Ikan Koi dan Gambarnya
Jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik Serta Harganya
Jenis Ikan Koi Blitar yang Laris di Pasaran dengan Harga Murah

Memilih Indukan yang Bagus dan Berkualitas

Langkah awal bagi untuk sobat yang ingin budidaya ikan koi dari sabang sampai merauke pasti menyarankan untuk membeli induk koi berkualitas bagus.

Karena keturunan bagus berasal dari indukan berkualitas bagus juga, ini merupakan teknik budidaya yang secara umum diketahui setiap individu.

Tips Mendapatkan Indukan Koi Berkualitas

Dari sinilah sobat dapat mencari indukan koi yang baik dari penangkarnya langsung maupun penghobi ikan koi. Bolehlah pinjam dulu pada mereka.

Walaupun tidak banyak, jika sobat berusaha mencari tahu pasti mendapatkannya, baik dari koi kontes maupun koi khusus buat indukan.

Alangkah baiknya untuk mendatangi dan bertanya langsung pada penghobi ikan koi di daerah sobat tinggal, merekalah yang biasanya menyimpan berbagai indukan yang bagus.

Ajaklah untuk tukar pengalaman dengan cara meminjam dulu indukan koi yang dia punya, kemudian sebagai gantinya sobat bisa ngasih anakan hasil perkawinan tersebut.

Usahakan lihat dulu secara genetis sifat indukannya. Akan tetapi yang umum diketahu ciri indukan koi yang bagus dicirikan sebagai berikut:


  • Umur ikan koi siap kawin minimal 2 tahun
  • Dari keturunan yang jelas, semisal dari koi kohaku harus dari kohaku
  • Tubuhnya terlihat ideal yakni seperti terpedo jika dilihat dari atas
  • Usahakan ketika berenang terlihat seimbang dan tenang
  • Memiliki warna yang kontras dan cemerlang
  • Keadaan sehat dan tidak cacat serta agresif aktif dan gesit
  • Kedua indukan diketahui telah matang gonad


Teknik Budidaya Ikan Koi

Pemeliharaan Indukan

Sediakan kolam khusus buat indukan yang telah dipilih, dengan kolam sedalam minimal 150 cm dan juga padat. 

Untuk ukuran kolam 4 x 5 m, maksimal isi 20 ekor indukan koi betina dan 40 ekor dari jantan. Mengapa harus banyak jantan? Tak lain indukan betina lebih besar dari jantan.

Yang perlu diperhatikan lagi yaitu sobat harus menaruh antara indukan jantan dan betina pada tempat yang berbeda, dengan begitu dilain waktu tidak mengulangi pemberokan lagi.

Pada umumnya cara pemeliharaan kolam pembesaran nantinya tak jauh beda dengan pemeliharaan indukan di kolam.

Makanan Indukan Ikan Koi yang Bagus

Untuk makanan indukan, sobat bisa menyediakan jenis pelet dengan ukuran 8 mm, yang sudah disediakan khusus untuk koi umur 2 tahun biasanya lebih besar yakni 60 mm.

Sekitar tiga sampai 5 % merupakan jumlah pakan yang dikasih sehari-sehari yang diambil dari bobot koi tersebut dengan frekuensi pemberian 2-4 kali perhari.

Pemijahan/Perkawinan Ikan Koi

Memilih Tempat

Jika tersedia lokasi atau lahan, boleh juga dibuat dari kolam beton. Secara teknis akan lebih tanah lama serta mudah dalam perawatan ketimbang milih tempat pemijahan di aquarium.

Ukuran yang ideal bisa dibuat kolam 3 kali 6 m sedalam 60 cm saja dengan ketinggian sekitar 40 cm untuk air.

Contoh kolam ikan koi yang paling bagus umumnya dikasih tempat masuk dan keluar air yang mana pada ujungnya lengkapi dengan saringan dengan tujuan mengantisipasi hama.

Ternak Ikan Koi - Perawatan Kolam

Setelah kolam selesai dibuat, jangan dulu air dimasukkan, alangkah baiknya untuk dilakukan dulu penjemuran minimal 2 hari. 

Begitu juga dengan air yang akan digunakan, sebelum masuk kolam endapkan dulu selama 24 jam atau sehari semalam. Hal ini untuk membuang sifat asli air yang umum terdapat racun berupa kandungan bahan kimia.

Selanjutnya cara ternak ikan koi masukkan juga sebuah kakaban yang berfungsi mempermudah telur koi mengumpul. Tak lupa juga aerator kolam koi harus ada.


Cara Mengawinkan Ikan Koi


Setelah semua tertata rapi dan siap, baru kemudian idukan koi betina bisa sobat masukkan. Masukkan pada sore hari, karena pada malam hari biasanya pemijahan akan berlangsung.

Mengapa harus induk betina dulu? Hal ini untuk jaga-jaga menghindari koi timbul stress.

Nah, baru kemudian menyusul indukan jantan ikut sertakan juga dengan jangka waktu sekitar 2 sampai 3 jaman dengan jumlah 3 - 5 ekor.

Dengan jumlah tersebut mengantisipasi jika terjadi kegagalan dari proses pemijahan serta mudahnya telur-telur dapat terbuahi semua.

Dari sekian banyaknya pembudidaya, menyarankan untuk memberikan indukan jantan lebih banyak dari betina. Dengan tujuan meminimalisir terjadinya kegagalan pemijahan.

Sekitar jam 11 malam sampai dini hari pemijahan ikan koi berlangsung. Yaitu ditandai dengan saling kejar mengejar, berikutnya indukan jantan akan mengeluarkan telur pada kakaban tadi.

Selanjutnya gantian indukan jantan berusaha mengeluarkan spermanya untuk membuahi telur pada kakaban.

Jika telah berhasil dibuahi, usahakan indukan jantan dan betina bisa langsung dipindahkan dari kolam. Jika tidak, jangan tanya kalau telur-telur akan hilang yakni dimakan indukannya sendiri.

Untuk telurnya biarkan saja di kolam sampai masa penetasan tiba.

Ternak Ikan Koi - Penetasan Larva


Ternak Ikan Koi Penyortiran


Usaha budidaya ikan koi akan berhasil, jika keadaan kakaban terlihat terrendam oleh air. Pada awal memasukkan kakaban, bisa dikasih banderol atau pemberat agar tenggelam.

Dalam waktu 48 jam atau 2 hari setelah telur terbuahi secara otomatis telur akan menetas, yaitu dengan suhu ideal sekitar 27 - 30 derajat C. 

Jangan sampai airnya berubah dingian maupun kepanasan. Jika dingin akan memakan waktu lama, sedangakan kalau panas, pembusukan pada telur akan terjadi.

Angkat kakaban tersebut jika terlihat larva sudah menetas semua. Jangan khawatir akan makanan larva atau burayak koi tersebut, karena masih kuat bertahan 3 - 5 hari dengan sisa kuning telur yang ada di kantongnya.

Makanan Burayak/Anakan Ikan Koi baru Menetas

Makanan ikan koi umur 5 hari bisa dikasih kuning telur buatan sendiri dari hasil rebusan dengan cara melumatkannya dulu dan kasih air.

Tips memberikan pakan burayak jangan sampai berlebihan, karena cara merawat burayak ikan koi tidak semudah merawat ikan koi dewasa.

Jika terlalu banyak dalam pemberian pakan, air kolam akan cepat keruh. Jika sudah terlanjur, usahakan untuk cepat-cepat dibersihkan.

Jika tidak mau ada angka kematian burayak dalam kolam, alangkah baiknya untuk tidak memberikan pakan berupa kuning telur. 

Pakan alternatifya sediakan saja jenis pakan hidup yakni kutu air (daphnia dan moina) yang diambil dari hasil saringan sangat lembut dengan ukuran pakan 1 cm.

Makanan anakan ikan koi jika sudah berumur 5 hari lebih, baru kutu air yang dewasa bisa diberikan. Selain itu, pakan hidup lainnya bisa dari udang atau artemia. 

Makanan anakan ikan koi ukuran 1,5 cm, bisa kasih cacing sutera. Perawatan burayak atau anakan ikan koi ini berlangsung hingga umurnya 3 mingguan.

Setelah selesai, baru pindahkan di kolam pembesaran atau kolam pendederan.

Kolam Pendederan


Budidaya Ikan Koi


Tips ternak ikan koi selanjutnya adalah menaruh ikan pada kolam pendederan atau pembesaran sampai umur 3 bulan.

Berapa ukuran kolam ikan koi yang ideal? Cukup sediakan kolam berbentuk persegi dengan ukuran 3 x 4 m yang berkedalaman 40 cm saja, karena sudah dapat menampung sekitar 300 ekor anakan koi.

Makanan ikan koi selanjutnya sudah dapat disediakan berupa pakan pelet, yaitu yang berukuran 250 mikron, dan ini juga sudah banyak tersedia di toko.

Ukuran pemberian pakan untuk perawatan ikan koi biasanya 1000 ekor ikan koi cukup hanya disediakan 1 ons pelet saja dengan frekuensi 2 hari sekali.

Makanan ikan koi untuk warna pada umumnya berupa udang artemia atau cacing sitera. Ini merupakan pakan terbaik mempercepat pertumbuhan koi sekaligus untuk menumbuhkan warna pada koi.

Ternak Ikan Koi - Perawatan Pemberian Pakan

Makanan ikan koi umur 3 bulan sudah bisa sobat sediakan berupa jenis pakan pelet yang kasar dengan harga murah, ini merupakan standar perawatan.

Cara pemberian pakan cukup mudah, setelah diberi pakan biarkan dulu sebentar, kemudian kasih lagi, jika masih mau makan berarti belum kenyang, begitu juga jika tidak mau makan berarti sudah kenyang.

Idealnya sehari 2-3 kali ikan koi dikasih makan.

Ternak Ikan Koi - Penyortiran

Setelah ternak ikan koi sudah melalui tahap perawatan, selanjutnya info ikan memberikan tips yakni ikan ki harus disortir.

Dengan begitu, sobat akan menghitung berapa persen keuntungan yang akan diraih nantinya. Karena guna penyorttiran ini sobat harus menentukan tingkat harga yang ada di pasar. Tentunya dengan melihat kualitas serta kuantitas ikan.

Awal penyortiran umumnya ketika koi masih berumur 1 bulan, akan tetapi lebih mudahnya umur koi 3 bulan saja. Karena lebih mudah dalam membedakan ukuran dan warna ikan tersebut.

Ciri-Ciri Ikan Koi Bagus dan Harga Mahal

Perbedaan yang mencolok biasanya terlihat pada ukuran besar kecilnya si ikan koi. Berikutnya terlihat dari warnanya yang cantik dan mencolok indah.

Jika dilihat dari tubuhnya, proporsional merupakan bentuk koi yang bagus dan banyak dicari. Gambarannya seperti membulat namun tidak terlalu panjang, mempunyai gerakan yang tenang tapi terlihat berwibawa.

Untuk warna koi yang bagus akan terlihat lebih cerah dengan garis pembatas yang jelas, warnanya kontras, dan tidak ditemukan gradasi pada pembatas warna tersebut.

Itulah beberapa tahapan tips ternak ikan koi yang umum dikerjakan dan sudah berhasil menghasilkan keuntungan, baik dengan aquarium maupun kolam beton. Semoga bermanfaat.
iklan disini akhir artikel...
 

Start typing and press Enter to search