November 19, 2017

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Sehat dan Cepat Besar

Cara Merawat Ikan Cupang infoikan.com Sudah tahu cara merawat ikan cupan petarung? Atau ingin tahu cara merawat ikan cupan agar cepat besar?

Siapa sih yang tak kenal cupang khususnya pecinta ikan hias, ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara serta mudah dibudidayakan.

Hingga kini peminat ikan cupang semakin bertambah saja, selain dapat bertahan hidup lama tanpa aerator, juga dapat hidup tanpa adanya sirkulasi udara.

Sangat cocok untuk pemula untuk memelihara ikan ini, kok bisa? Karena ikan cupang dapat sobat tempatkan dalam plastik kecil yang minim akan oksigen.

Kemudahan cara merawat ikan cupang sampai saat ini masih menjadi sorotan pembudidaya untuk selalu dapat mengembangkan lagi berbagai jenis ikan cupang terutama cupang aduan dan cupang kontes.

Cara Merawat Ikan Cupang


Cara Merawat Ikan Cupang


Sebelum merawat cupang dewasa, alangkah baiknya untuk sobat cari tahu cara merawat anak ikan cupang dulu ya.

Selanjutnya sobat berjalan memulai membuka usaha baru bermain dengan ikan hias air tawar (fishwater). Ketahui dulu untuk menyiapkan tempatnya, berikut beberapa ukuran dan jenis aquarium dengan desain model terbaru.

1. Menyediakan Aquarium

Semakin bermunculan nama ikan cupang, beraneka ragam aquarium buat ikan cupang juga bermodel-model dengan desain yang cantik dan indah.

Bentuknya dapat menarik lingkungan, mulai dari yang bulat kecil, kotak persegi, hingga yang terbesar, pokoknya Anda tinggal milih sendiri lah.

Ukuran aquarium ikan cupang sebenarnya tidak terikat dengan bentuk, namun yang paling ideal dan pantas buat cupang kisaran 15 x 15 x 20 cm.

Salah satu jenis ikan yang memiliki sifat agresif adalah ikan cupang, maka untuk aquariumnya tidak memerlukan yang berukuran besar malah akan kelebihan lokasi.

Selanjutnya sobat dapat membernya tambahan berupa bebatuan dan juga jenis tanaman hias, agar terlihat natural dan alami serta asri jika dipandang.

2. Menyediakan Air

Air yang cocok untuk merawat ikan hias tak lain adalah dapat diambilkan dari air sumur, selain sangat cocok dengan suhunya juga terlihat jernih.

Berikutnya bisa disediakan air PAM dengan syarat harus dibiarkan dahulu selama sehari semalam dengan tujuan menghilangkan racun.

Selanjutnya penggantian air pada umumnya 3 hari setelah masa perawatan. Selain menjaga kesehatan ikan, juga untuk mempercepat pertumbuhannya.

Cara mengganti air ikan cupang usahakan dengan serok atau saringan kecil khusus ikan kecil, jangan sampai bawa tangan karena akan menjadikan rusaknya sirip cupang tersebut.

Tips Membersihkan Aquarium Ikan Cupang

Macam-macam nama ikan cupang sendiri terbagi lagi semakin banyak, namun yang paling penting adalah bagaimana cara merawat ikan cupan serit.

Tak jauh beda dengan lain, cukup bagian dinding dilap menghilangkan lendirnya saja. Kemudian bilas dengan air bersih saja, jangan sampai mengikutkan sabun karena akan membahayakan cupang yakni keracunan.

Jika dirasa sudah bersih, isi air setengahnya atau 1/3 aquarium, kemudian biarkan beberapa menit akan sudunya dapat stabil seperti semula.

Nah, selanjutnya dapat sobat memasukkan ikan cupangnya dalam aquarium.

3. Perawatan Ikan Cupang

Selanjutnya cara merawat ikan cupang yang biasa dilakukan oleh pembudidaya, yakni sesekali menaruh ikan cupang di bawah terik matahari atau menjemurnya.

Hal ini bertujuan menghilangkan semua jenis jamur yang akan menjadi bakteri sebagai pemicu timbulnya penyakit kulit.

Terkecuali jika cupang yang sobat pelihara warnanya hitam, maka usahakan untuk tidak mengikutkan menjemurnya. Karena diketahui warna hitam akan lebih cepat menyerap cahaya dan menimbulkan cupang panik.

Cara penjemuran ikan cupang cukup 2 jam saja, yaitu mulai daru pukul 8 hingga 10 pagi selama 15 menit saja. Cepat pindahkan jika cupang terasa panik (banyak tingkah).

4. Cara Merawat Ikan Cupang - Memberi Makan

Makanan ikan cupang yang masih kecil dapat disediakan jentik nyamuk dengan cara cukup menaburkan di atas air saja, jika terlihat geal-geol pasti akan dimakan.

Cara memberi makan cukup secara sedikit-sedikit saja, jika dilihat langsung habis maka boleh memerikannya seperti semula.

Untuk cupang yang sudah tumbuh dewasa, pada umumnya akan lebih cepat membeli pakan di toko saja, banyak kok yang sudah menyediakan makanan pelet untuk ikan cupang.

Yang perlu diingat disini adalah ketika memberinya makan, usahakanlah untuk tepat waktu seperti biasanya, jangan sampai telat atau tidak teratur.

Berikanlah pakan sesuai standar kita makan, yakni pagi dan sore hari. Bisa juga hanya sore hari atau pagi hari untuk menghindari cepat keruhnya aquarium.

Baca lengkapnya: 
Makanan Terbaik Ikan Cupang dan Bernutrisi Tinggi

5. Daun Ketapang

Sudah banyak yang menggunakan daun ketapang ini untuk merawat ikan cupang, selain berfungsi membuat ketenangan juga akan menetralkan airnya menjadi sehat.

Manfaat daun ketapang untuk cupang ini adalah sebagai obat herbal penawar air agar terhindar dari jamur serta bakteri yaitu alternatif bagi sobat yang jarang mengganti air aquarium.

asalkan jangan kelebihan memaukkan daun ketapangnya, malah akan menjadikan warna air gelap dan ikan cupang tak akan terlihat.


6. Cara Melatih Ikan Cupang Agar Ganas


Ada beberapa cara merawat ikan cupang agar ganas kuat bertarung dan menang dalam laga.

Pertama menaruh 2 ikan cupang dalam aquarium, akan tetapi yang satu dibungkus dengan plastik dan satunya biarkan saja bebas berkeliaran.

Dimaksudkan untuk membentuk nafas yang panjang, yakni dengan plastik panjang tersebut didapati ikan akan naik turun bawah ke atas.

Yang ke-2 dapat menyediakan toples bulat, kemudian putar secara pelan-pelan airnya dengan mengikuti arah jarum jam.

Metode ini bertujuan membuat fisik ikan cupang bertambah kuat dan tidak mudah leleah saat diadu.

Cara lain umunya dengan menggunakan wadah berupa toples akan tetapi tertutup, kemudian bolak-balikan wadah tadi sekitar sepuluh detik saja dan biarkan selama tiga puluh detik, ulangi lagi seperti semula.

Latihan seperti ini bertujuan menambah mental cupang, apabila sudah di arena pasti akan melawan siapa saja yang dihadapi.

Yang perlu diperhatikan yaitu sobat harus menyediakan jenis air yang bersih yang sudah tercampur dengan daun ketapang tadi. Ini merupakan metode cara merawat ikan cupang agar ganas dan gahar serta menang dalam laga.

Itulah beberapa tips cara merawat ikan cupang agar sehat cepat besar serta kuat melawan lawan dalam arena laga saat bertarung. Semoga bermanfaat.
loading...
Disqus Comments