August 21, 2016

Jenis-Jenis Ikan Cupang Hias Terbaik dan Harganya

Jenis-Jenis Ikan Cupang Hias Infoikan.com - Sudah tahukan jenis ikan cupang yang mahal? atau ingin tahu jenis ikan cupan aduan terbaik? Siapa sih yang tidak kenal cupang, salah satu jenis ikan hias yag mudah dipelihara. Macam-macam ikan cupang sendiri sangat banyak dan beragam

Salah satu keunikan ikan hias cupang ini adalah mudahnya untuk di pelihara apalagi di Indonesia ini memiliki sub tripisnya yang sedang.

Mulai dari tumbuhan, hewan, semua itu ada jenis tersendiri atau terbagi lagi kedalam kelompok. Berikut jenis-jenis ikan cupang hias yang dapat Anda lihat.

 
Jenis-Jenis Ikan Cupang Hias


Khususnya pecinta kan hias cupang ini yang pada umumnya sudah terbagi dalam 3 kelompok spesies atau klasifikasi yaitu :

  • Ikan cupang air,
  • ikan cupang hias, 
  • dan ikan cupang aduan.


Jenis-Jenis Ikan Cupang Hias Terbaik dan Harganya

Baca ini : Inilah Tips Termudah Cara Budidaya Ikan Hias Guppy

Kenapa bisa dinamakan aduan ? tidak lagi adalah karena dari kecil ikan cuapng ini sudah di latih untuk memberontak terhadap lawan.

Di dunia ini nggak ada yang serba kebetulan, pasti ada sebab tertentu untuk menjadi tertentu.

Contohnya saja ikan cupang ini, yang dari kecilnya aja sudah di persiapkan untuk di adu, yang dari kecil sudah di biasakan terjun dan kumpul dengan ikan hias lainnya secara paksa. Mau tidak mau setelah besarpun ikan cupang ini akan menjadi sang pembantai terhadap yang lain.

Tanda dan ciri utama ikan cupang aduan ini bentuk tubuhnya yang ramping (full presed body), jika sobat mau memperhatikan, dari ujung tubuh sampai samping perut pasti terdapat sebuah cekungan halus, sisiknya berbentuk tebal dan kecil-kecil, serta bentuknya seperti ikan arwana.

Sifat dari ikan ini santai tapi waspada (low profil), bibir reng tebal, sirip ekor jari-jari halus rapat (saat sirip terkoyak atau luka, jamur jarang masuk pada pada jari-jari sirip yang besar). Dan ikan cupang ini ketika sedang tampil menghadapi musuhnya tidak segan-segan untuk menghajarnya, karena kuat sekaligus sudah terbiasa dilatih untuk di adu.

baca juga : Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Cantik Serta Harganya


Jenis-Jenis Ikan Cupang Hias



Jenis Ikan Cupang Hias
Jenis-jenis ikan cupang hias biasanya bersifat kalem, kasih sayang terhadap sesama. Maka dari itu banyak sudah yang membudidayakan jenis ikan hias ini untuk di jual kembali. Karena ikan cupang hias ini memiiki daya terik akan kecantikannya dan keindahannya yang menawan pembelinya.

Banyak yang berloba-lomba membudidayakan jenis ikan ini khususnya pecinta ikan hias yang saat ini sudah merajalela dimanapun lokasinya pasti terdapat toko ikan hias ini.

Yang saat ini sudah menjadi tend adalah mengkawinkan silang jenis ikan cupang ini untuk mendapatkan keturunan yang lebih cantik lagi.


dan dari situlah bermunculan beragam warna dan bentuk ikan cupang hias maupun ikan cupang aduan.


Jenis-Jenis Ikan Cupang Hias


Jenis-Jenis dan Harga Ikan Cupang Termahal
Berikut terdapat beberapa bentuk ikn cupang berdasarkan penilaian kontes Masyarakat Cupang Hias Indonesia (MCHI)
(1) Ikan Cupang Double Tail
(2) Ikan Cupang Halfmoon
(3) Ikan Cupang Plakat
(4) Ikan Cupang Crown Tail

Dari coretan di atas tadi sudah di tulis bahwa untuk pengelompokan jenis-jenis iakn cupang berdasarkan bentuk serta warnanya.


Setiap pembudidaya yang berhasil memprsilangkan ikan cupang ini, dan ketika muncul keturunan yang lain, maka akan dinamai sesuai dari bentuk, warna, serta karakter yang pas.

Yang harus sobat pecinta ikan cupang maupun pecinta ikan hias ketahui adalah penjelasan serta gambaran mengenai jenis-jenis dan harga ikan cupang paling populer serta termahal. Berikut sedikit ulasan teng hal itu :

Baca juga : Inilah Makanan Terbaik Ikan Cupang dan Bernutrisi Tinggi

1. Jenis-Jenis Ikan Cupang Hias Double Tail


Jenis-Jenis Ikan Cupang Hias



Ikan Cupang Double Tail ini ditandai dengan bagian ekornya yang terbelah menjadi 2 bagian, yaitu bagian kanan dan kiri yang tengahnya terdapat senggangan untuk mempercantik penampilannya.


Untuk jenis ikan cupang ini kelihatannya masih sulit ditemukan di pasaran, karena banyak yang gagal dalam pembudidayaanya. Mungkin juga disebabkan karena bibitnya yang langka dan mahal.

Untuk harga ikan cupang ini kisaran Rp. 5000 - Rp. 300.000,-

2. Jenis-Jenis Ikan Cupang Hias Halfmoon


Jenis-Jenis Ikan Cupang Hias



Dinamakan Jenis Ikan Cupang Halfmoon karena sobat bisa melihat sendiri pada bentuk sirip ekornya yang setengah lingkaran yang menandakan ikan cupang ini
mirip dengan bulan setengah.

Keindahan serta kecantikan yang dimilikinya menjadikan ikan cupang ini banyak yang membeli serta banyak juga yang membudidayakan.



Khususnya pecinta ikan hias cupang untuk menghiasi aquarium mereka.


Harga ikan cupang ini kisaran Rp. 5000 - Rp. 300.000,-
3.  Jenis-Jenis Ikan Cupang Hias Plakat (petarung)


Jenis-Jenis Ikan Cupang Hias Plakat (petarung)



Jenis Ikan Cupang Hias Plakat (petarung) berasa dari thailand, namun di indonesia untuk saat ini juga sudah banyak yang membudidayakan sendiri jenis ikan cupang ini. Dari segi warna dan bentuknya, ikan cupang ini memang sangat kuat.

Tak heran jika para penghoby ikan cupang menjadikannya sebagai ikan aduan untuk dijadikan kontes tersendiri. Karena adat kebiasaan dan bawaan sejak kecil, ikan ini juga sudah menjadi terpopuler serta pantas juga di buat hiasan aquarium.

Mnegapa di jadikan aduan? jika sobat lihat lebih teliti pada bentuknya yang pendek, serta siripnya memberikan bentuk kurang cantik menjadikan ikan ini terihat sangat kuat, serta mampu menggoyahkan penghobinya untuk dijadiakan aduan.

memang terlihat sangat pelan dan anggun, akan tetapi dibalik itu semua ikan cupang ini akan terlihat lebih berwibawa untuk penghoby petarung ikan cupang.

Untuk harga ikan cupang ini kisaran Rp. 5000 - Rp. 300.000,-

4. Jenis Ikan Cupang Hias Crown Tail

Baca juga : Inilah Jenis Ikan Hias Louhan Termahal dan Terbesar Sedunia


Jenis Ikan Cupang Hias Crown Tail



Jenis Ikan Cupang Crown Tail ditandai dengan bentuk siripnya yang seperti mahkota raja. banyak yang menyebutnya kalau ikan cupang ini bersal dari budidaya pecinta iakn cupang jakarta, berawal dari persilangan kemudian menjadi
muncul keindahan ikan cupang ini.

bentuk ekor yang menjulur keatas skaligus membentuk seperti tombak landak menjadikan ikan cupang ini terlihat sangat cantik, sekaligus memunculkan berbagai macam variasi
spesies kelompok tersendiri. Ada yang berbentuk ekor tunggal, ganda, dan kesemuanya menghadap keatas seperti mahkota raja.

Untuk harga ikn cupang ini kisaran
Rp. 3000 - Rp. 400.00,-


Jika kita mau berkreatif sedikit dan membudidayakan semua kategory jenis-jenis ikan cupang hias ini, pastinya akan muncul macam-macam ikan yang terhebat sekaligus menjadi yang terindah untuk aquarium kita. serta sangat kuat untuk di jadikan sebuah aduan.


Jenis Ikan Cupang Hias

Jenis Ikan Cupang Hias Crown Tail

Jenis Ikan Cupang Hias Crown Tail

Jenis Ikan Cupang Hias Crown Tail

http://iinfoikan.blogspot.co.id/



Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang jenis-jenis ikan cupang hias ini, semoga bermanfaat dan dapat di jadingan bertambahnya pengalaman yang banyak akan budidaya ikan cupang hias maupun aduan.

Berbagai Sumber..
Baca juga :
Inilah Harga dan Jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik dan Termahal
Inilah Jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik Serta Harganya
40 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara