Cara Merakit Akuarium Air Tawar dan Laut Sesuai Ukuran yang Diinginkan

loading...

Cara Merakit Akuarium infoikan.com Sudah tahu cara buat aquarium besar? Atau ingin tahu cara membuat aquarium air tawar?

Cara Merakit Akuarium dengan rangka besi/aluminium

Cara Merakit Akuarium tahap selanjutnya apabila semua bahan dan kerangka akuarium sudah tersedia dan siap untuk di rakit, maka selanjutnyadapat di mulai dengan merakit akuarium yaitu memasang kaca/dinding pada kerangka.

Apabila kerangka sudah siap untuk di pasang kacanya, selanjutnya dapat mulai dengan menyiapkan kaca dengan ukuran yang sesuai untuk ukuran dari akuariumya.

Mengukur kaca harus benar-benar tepat dan teliti. Sedangkan tebal kaca tentunya di sesuaikan dengan ukuran akuariumnya.

Berikut laangkah-langkah cara merakit akuarium dengan bahan besi/alumunium serta dari bahan kaca teraso urut lengkap dengan gambar.

Cara Merakit Akuarium

Cara Merakit Akuarium


Cara Merakit Akuarium andaikan akuarium yang akan di bangun berukuran panjang 120 cm, lebar 50 cm, dan tinggi 50 cm, besi siku yang di pergunakan adalah kurang lebih 4 cm, sedangkan tebal kaca yang akan di pergunakan minimum 6 mm.

Apabila dasar dari akuarium itu juga dari kaca, maka di perlukan kaca sebanyak lima lembar dengan ukuran yang berbeda.

Ukuran kaca sisi depan dan kaca sisi belakang adalah ukuran akuarium di kurangi tebal besi siku untuk itu dapat di perkirakan bahwa panjang dari kaca-kaca tersebut.

Baca:


Cara Merakit Akuarium


Kaca yang di pergunakan sebagai sisi bawah dasar akuarium, akan di pasang yang paling akhir. Mengapa yang terakhir, karena untuk memudahkan mengganti apabila kaca dasar tersebut pecah.

Apabila di pasang pertama, maka pada waktu mengganti kaca dasar, harus pula membongkar seluruh kaca, dan juga apabila kaca sudah terpasang, akan merepotkan pada waktu memasang kaca-kaca lainnya karena ruangan menjadi sempit.
Cara Merakit Akuarium


Cara Merakit Akuarium berikutnya, apabila kaca dasar di pasang yang terakhir maka, panjangnya akan sama dengan kaca sisi depan dan belakang, tetapi lebarnya sama dengan lebar kerangka di kurangi tebal besi kerangka akuarium, di kurangi tebal kaca depan, tebal kaca belakang dan tebal dempul, sehingga ukuran kaca dasar tersebut.

Tapi kaca tersebut semuanya harus di gosok sampai halus, jangan sampai ada tonjolan-tonjolan yang menyebabkan tidak meratanya pula tekanan air pada kaca, sehingga dapat menyebabkan pecahnya kaca setelah di isi dengan air.

Baca juga:


Cara Merakit Akuarium  - PEMASANGAN KACA AKUARIUM

Cara Merakit Akuarium

Cara Merakit Akuarium apabila kerangka dan kaca akuarium sudah lengkap, dan dempul nya sudah di siapkan juga, selanjutnya dapat di mulai dengan persiapan pemasangan kacanya.

Periksa dahulu dempulnya, apakah sudah lunak dan halus, jangan sampai ada dempul yang belum tercampur dengan ssempurna, sehingga masih ada butiran-butiran keras.

Kalau masih ada bagian yang keras, perlu di tumbuk kembali, kalau perlu di tambah minyak lagi sedikti. Dempul yang sudah siaap di pakai akan merupakan adonan yang kenyal, lunak seperti dodol.
Cara Merakit Akuarium

Baca yuk,.



Setelah semuanya siap, maka dapa di mulai pemasangan kacanya.
1.   Tempatkan dempul akuarium merata di seluruh bagian dalam di kerangka akuarium, setebal kurang lebih 0,5 cm.
2.  Letakkan krangka akuarium dengan sisi depan yang akan di pasang kacanya berada di bawah.
3.  Pasang kaca sisi depan, dengan meletakkan lebih dahulu bagian ujung di bagian bawah akuarium, kemudian rebahkan lahan-lahan sehingga lapisan dempul menempel dengan rata pada kaca.
4. Kerangka di balik, sehingga bagian belakang dari akuarium berada di bawah dan bagian depan berada di atas.
5.     Pasang kaca belakang pada kerangkanya dan lakukan sama seperti memasang kaca depan.
6.     Kemudian berturut di pasang kaca samping kiri dan kanan.
7.     Setelah empat kaca, terpasang, baru kaca sisi bawah mulai di pasang.
8.  Kaca dasar diletakkan kedasar akuarium  secara hati-hati jangan sampai terantuk dengan kaca-kaca yang sudah terpasang.
9.   Periksa semua dempul-dempul apakah sudah merekat dengan sempurna. Bila perlu dapat pula dempul di tekan dari sebelah luar untuk merapatkan dempul dengan kaca.
10.  Isi akuarium dengan air sampai separuhnya, kemudian periksa kebocoran-bocoran dan celah-celah udara di dempul. Apabila ada, maka dempul di tekan pelan-pelan sehingga udara itu dapat keluar dan celah itu sudah terisi dengan dempul.
11. Karena sekarang kaca sudah mendapat tekanan dari air, maka kaca akan menekan dempul secara merata. Mungkin masih ada kelebihan dempul yang akan keluar.
12.  Dempul dapat di rapikan  kembali dengan jalan mengirisnya hingga rata dengan pinggiran kerangka besi.
Cara Merakit Akuarium


Cara Merakit Akuarium  tahap akhir yakni setelah selang beberapa waktu, tidak terdapat kebocoran, dan dempul dengan rapihnya merekat rata pada kaca, airnya dapat di buang kaca-kaca di bersihkan dari sisa-sisa dempul.

Untuk mengisolasi dempul dengan air, pada tiap pertemuan kaca dapat di lapisi lagi dengan bahan yang agak keras. Isolasi ini dapat di buat sendiri dengan damar yang di campur dengan minyak tanah, di aduk sehingga merupakan adonan seperti dodol.

Damar ini kemudian di lapiskan di celah-celah pertemuan antara kaca dengan kaca. Selang beberapa lama damar akan menjadi keras sekali, dan akan menutup semua dempul.

Baca ini:


Cara Merakit Akuarium dengan rangka teraso

Cara Merakit Akuarium

Cara Merakit Akuarium untuk pemasangan kaca pada kerangkan lebih mudah dari pada memasang kerangka pada besi.

Karena pada akuarium ada kerangka yang lebar maka antara kaca dengan kaca tidak perlu dapat seperti halnya pada kerangka besi.

Yang penting adalag ukuran kaca harus dapat menutupi seluruh lubang kerangka, dan agar kaca menempel pada kerangka di buat selebar mungkin, dan agar kaca yang menempel pada kerangka di buat selebar mungkin, karena kalau terlalu sempit maka dapat berakibat pecahnya kaca atau bocornya akuarium.
Cara Merakit Akuarium


Apabila kerangka dari  teraso sudah ada dan siap untuk di pergunakan, maka kaca dapat mulai di ukur.

Ukuran bisa berbeda dengan cara mengukur pada kerangka besi, namun biasanya, akuarium yang terbuat dari teraso, dasar akuarium juga dari teraso.

Ada yang dengan sisi bagian belakang tertutup dengan teraso, ada yang untuk di pasang kaca.

Celah-celah udara di antara dempul dengan kaca. Apabila sudah ada yang bocor, air dapat di tuang kembali.

Untuk mengisolasi dempul seperti halnya pada kerangka besi, adonan damar dapat di pergunakan untuk menutupi semua bagian dempul, sehingga antara dempul dan air tidak berhubungan langsung.

Pemasangan kaca pada akuarium kaca ini, memerlukan ketelitian harus di kerjakan secara hati-hati.

Karena tidak ada kerangka yang menutup kaca, maka pengukuran kaca harus di perhatikan benar-benar kaca harus di potong siku-siku, untuk menghindari bentuk miring-miring.

Cara Merakit Akuarium  - UKURAN KACA

Cara Merakit Akuarium

Cara Merakit Akuarium apabila ukuran akuarium yang akan kita bangun itu adalah panjang 75 cm, lebar 40 cm, maka ukuran kaca sebagai berikut.
a.  Kaca dasar, kaca dasar karena merupakan tumpuan beban dari seluruh akuarium dan dengan tidak adanya kerangka, sebaiknya tebal kacanya pun di tambah.
b.  Kaca sisi samping kanan dan kiri. Untuk kaca sisi samping berbentuk dengan kaca sisi samping yang menggunakan kerangka besi.

Panjang akuarium serba kaca, kaca sisi samping menempel pada kaca sisi depan dan kaca sisi belakang.

c.   Kaca sisi depan dan kaca belakang mempunyai ukurann yang sama dengan ukuran panjang dari kaca dasar yaitu 75 cm, sedangkan tingginya sama dengan tinggi dari kaca samping yaitu 39,25 cm.
Cara Merakit Akuarium
Cara Merakit Akuarium

Cara Merakit Akuarium -  menempel kaca.

1.  Tempatkan kaca dasar pada suatu tempat yang datar, umpama di meja yang menempel di tembok.
2.  Oleskan sillicon rubber sealer, setebal lebar 0,5 mm, di sekeliling kaca dasar bagian atas.
3.  Letakkan kaca sisi depan di atas lem kaca dari kaca dasar, usahakanlah agar letaknya tegak lurus, dapat dengan jalan di tahan dengan peti atau tempat.
4.  Letakkan kaca samping kana di atas lem kaca dari kaca dasar, sdangkan bagian pinggiran tebal kaca di sambungkan dengan kaca depan.
5.  Lakukanlah dengan cara yang sama saat memasang kaca belakang dan kaca samping kiri.
6.  Rapikan lem kaca dan letak dari masing-masing kaca. Apabila ada lem yang kelebihan agar lekas-lekas di bersihkan. Untuk bagian yang tidak tertutup rapat oleh lem dapat di tambahkan rekat lagi.
7.  Agar kaca tidak bergerak/berubah letaknya selama lem kaca belum mengering, dapat di perkuat sebelumnya dengn celuloid tape pada tiap sambungan kaca.
8.  Umumnya perekat silicon akan kering selama 24 jam, dan akan tetap kenyal.
9.  Akuarium dapat di periksa kebocorannya dengan jalan mengisi air.

Menggunakan perekat plastik sillicon rubber, sangatlah praktis setiap ada kebocoran dapat di tambal dengan perekat tersebut. Namun karna ada bahan kimianya, di sarankan kering benar jangan di pergunakan untuk memelihara ikan.

Sebaliknya semua bekas lem di cuci dengan air bersih supaya bahan toxis larut dan di bebaskan.

Selesai sudah bagaimana Cara Merakit Akuarium dengan mudah dan lengkap dengan gambar seperti dalam video juga di atas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

No comments: