November 14, 2016

Cara Desain Hiasan Aquarium Untuk Ikan Koki yang Baik dan Sesuai Standar Perawatan

Desain Hiasan Aquarium Untuk Ikan Koki InfoIkan.com ingin merawat dan memelihara ikan hias? atau membuat aquarium jadi cantik dan indah? Salah satu hal dasar agar ikan koki sobat mampu bertahan hidup lama dan sehat adalah membuat aquarium yang indah dan rapi serta bersih. Metode pemeliharaan ikan koki sendiri sangat beragam, akan tetapi yang menjadi sorotan utama ikan koki yaitu masalah air. 

Khusus bagi para pemula biasanya gampang-gampang susah dalam memelihara ikan koki di aquarium serta sering terjadi kegagalan alias mati, untuk menanggulangi hal tersebut sobat harus mampu membuat desain hiasan aquarium ikan koki seperti pada alam aslinya dimana ikan ini hidup agar cepet berkembang biak dengan baik. Berikut beberapa tips cara mendesain hiasan aquarium ikan koki yang baik:
Baca juga: Cara Budidaya Ikan Mas Koki yang Menghasilkan Jutaan
http://www.infoikan.com/

Aquarium yang Cocok Untuk Ikan Koki
Ikan koki sering mati? cari tau penyebabnya disini: 
Pelengkap atau peralatan aquarium sendiri terdiri dari beberapa komponen diantaranya: Filter, aerator, dan Lampu hia. 

Yang perlu diperhatikan ketika menyediakan sebuah aquarium yaitu kandungan nitrit dan amonia yang terlarut dalam air karena ikan Koki sangat peka terhadap kedua zat tersebut. Penyebab utama ikan koki mati biasanya aquarium yang sobat sediakan sudah tidak layak atau kurang memenehi standar kesehatan ika seperti: Kurangnya pemberian oksigen dalam aquarium, dan kelebihan zat-zat tersebut. 

Baca juga: Cara Merawat Ikan Mas Koki dengan Mudah

Cara Desain Hiasan Aquarium Untuk Ikan Koki

Cara Desain Hiasan Aquarium-Membuat Aquarium yang Baik 

Untuk dapat membuat desain hiasan aquarium yang layak untuk ikan koki, serta mampu menunjang hidupnya, cukup melengkapi standar perawatan ikan dalam aquarium yaitu bisa lanjut baca berikut:

1. Filter
Filter merupakan sebuat alat plengkap aquarium yang berfungsi untuk menambah kualitas air menjadi baik, mampu meminimalisir jenis kotoran yang ada, dapat melarutkan nitrit dan amonia dalam air, serta membuat ikan koki ini dapat hidup segar dengan adanya arus air yang kaya akan oksigen. Filter ini sebetulnya hanya menciptakan output atau masuk keluar air aquarium, akan tetapi manfaat yang diperoleh sangat banyak sekali.

2. Aerator
Aerator merupakan alat bantu aquarium yang dapat menciptakan gelembung oksigen dalam air dengan cara mengambil udara dari luar kemudian dimasukkan kedalam aquarium. Manfaat lain dari aerator ini yaitu dapat mengurangi suhu panas dalam air dan juga memberi efek pada arus air yang mana sangat cocok dengan selera ikan koki ini.

3. Lampu

Lampu hias aquarium ini membuat simulasi antara malam dan siang yang mana mengatur keseimbangan ekosistem ikan koki dalam air. Cara desain atau mengatur lampu misalnya ketika siang lampu dinyalakan semua ikan akan aktif dan fitoplankton dalam akuarium dapat berkembang. Ketika malam yaitu pada saat lampu dipadamkan secara otomatis ikan juga akan berhenti beraktifitas dan pada saat malam inilah bakteri pengurai kotoran padat sangat aktif. waktu yang benar untuk menyalakan lampu akuarium maksimal adalah 10jam.

Cara Desain Hiasan Aquarium Untuk Ikan Koki


Cara Memilih Hiasan Untuk Aquarium
Untuk menambah keindahan serta kecantikan aquarium, sobat bisa lanjut baca berikut ini. Yang paling penting dalam memberikan hiasan ini tidak membahayakan ikan koki.

Cara Desain Hiasan Aquarium Ikan Koki

  • Memilih jenis hiasan yang sesuai dengan ukuran aquarium, jika kecil harus bisa mendapatkan yang kecil, begitu juga untuk ukuran yang lebih besar.
  • Jangan terlalu banyak dalam memberikan hiasan ini, usahakan untuk menyediakan tempat berenang dan dapat beraktifitas bebas.
  • Aquarium sebagai tempat ikan, harus bisa memilih jenis tanaman hias yang cocok untuk ikan koki. Jadi sebisa mungkin di sesuaikan dengan habitat dan tingkah laku ikan yang kita pelihara. 

Cara Desain Hiasan Aquarium Ikan Koki-Metode Pemeliharaan

Metode ini tak lain yaitu memperhatikan akan kejernihan air, karena sebagus apapun aquarium sobat sediakan dan secantik manapun jenis ikan hias yang sobat pelihara, jika air yang ada kurang baik dan tidak memenuhi standar maka hasil perawatan tidak akan betahan lama. Untuk itu berikut mungkin bisa mengatasi membantu dalam memelihara ikan koki.

Baca juga: Jenis Ikan Mas Koki Terbaik dan Terbesar serta Termahal

Cara Desain Hiasan Aquarium Ikan Koki

Desain hiasan aquarium dengan memberikan fasilitas air yang memenuhi standar pada umumnya yang sudah banyak dilakukan oleh para pembudidaya maupun pemelihara ikan koi berupa:

1. Biofiltrasi
Yaitu media ini dapat lakukan penyaringan kotoran2 ikan serta memperangkapnya, yang lantas dapat merangsang perkembangan bakteri2 nitrobacter didalamnya. Metode ini sangat cocok untuk para hobbies yang malas mengganti air, dikarenakan metode ini tidak membutuhkan pengurasan air sekalipun. 

Cara Desain Hiasan Aquarium Untuk Ikan Koki

2. Air hijau/ greenwater method
keuntungan dari metode ini yaitu membuat warna ikan menjadi lebih cerah, dikarenakan ikan mengonsumsi lumut yang ada di air tersebut. metode ini sangat baik untuk kesehatan ikan koki, tetapi tidak disukai oleh penghobbies yang menikmati keindahan ikan, dikarenakan dengan hijaunya air tersebut mengakibatkan ikan mas koki di dalamnya tidak terliat.

Cara Desain Hiasan Aquarium Ikan Koki

3. Mekanikal filtering
Mekanikal filtering yaitu menyaring kotoran2 padat yg ada di kolam/akuarium, sehingga air senantiasa tampak jernih. 

Baca juga: Cara Budidaya dan Pemijahan Ikan Mas Koki Secara Alami

Cara Desain Hiasan Aquarium Ikan Koki

4. Penggantian Air Aquarium
Dikarenakan kandungan ammonia di air dikarenakan oleh kotoran ikan, adapun tehnik lain yang dapat di gunakan yaitu membuang kotoran ikan tersebut dengan cara di-siphon. Yaitu membuang kotoran ikan di dasar kolam dengan cara di sedot memakai selang. Metode ini cuku bekerja dengan baik di kalangan hobbies dan pertumbuhan ikan akan lebih baik.

Cara Desain Hiasan Aquarium Ikan Koki

Sebelum memelihara sobat harus bisa membuat cara desain hiasan aquarium ikan koki ini dulu dengan menerapkan dan mempraktekan semua ulasan yang sudah tersedia diatas dengan memenui standar perawatan yang baik.

Baca juga:  
- Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara