February 26, 2017

Cara Cepat Mengobati Benih Lele yang Menggantung Secara Alami

Cara Mengobati Benih atau Bibit Lele yang Menggantung Secara Alami dan Herbal Infoikan.com Pernah melihat lele mengantung di atas air? atau melihat lele kembung setelah makan? Tak sedikit peternak lele yang sudah berusaha mencari obat herbal dan alami untuk mengobati jenis penyakit ikan lele dalam budidaya ini.

Salah satu jenis penyakit lele yang sering tumbuh adalah menggantung suka berada di atas kolam dan bereang ketepian. Tapi sobat ternak lele yang baik tak usah kawatir, info ikan akan memberikan sedikit ramuan herbal dan alami cara mengobati benih lele yang menggantung dan ini merupakan obat herbal yang sudah teruji cepat mati mapun dapat hidup kembali.

Obat Herbal Mengobati Lele yang Menggantung


Cara Cepat Mengobati Benih Lele yang Menggantung

Bagi peternak lele pertama akan merasa janggal dan aneh ketika melihat lele peliharaannya suka berada di atas air atau menggantung. Ini merupakan masalah yang sering dihadapi para pembudidaya ikan lele disemua tempat.

Salah satu cara alternatif sebelum melakukan pemijahan atau perawatan lele, Anda harus memastikan dulu memilih jenis bibit yang berasal dari indukan yang berkualitas bagus. Hal ini akan sangat berpengaruh pada percepatan pertumbuhan bibit lele dan kebal terhadap serangan penyakit.

Pada dasarnya ada 2 macam penyebab yang harus Anda tangani dulu:
Pertama karena penyakit, dan ke-2 faktor kurang bagusnya air. Ciri-ciri tanda lele sobat sakit antara lain jikalo diberi makan akan diabaikan. Jika kualitas air jelek, biasanya akan mengakibatkan nafsu makan lele kurang. Berikut cara mengobati benih lele yang menggantung.

mengatasi lele stres

lele menggantung setelah makan


Obat Herbal dan Alami Mengobati Lele Menggantung

  1. Sementara waktu pemberian pakan dikurangi dulu untuk bibit atau benih lele.
  2. Jika untuk lele dewasa, Anda dapat menahan memberi pakan alias dipuasaka sementara waktu. 
  3. Agar kualitas air baik dan normal, Anda dapat membersihkan dengan cara menyipon dasar kolam. 
  4. Biasanya akan tampak antara lele menggantung sakit dengan yang masih sehat, maka Anda bisa memisahkannya pada wadah yang berbeda. 
  5. Untuk lele yang menggantung dapat direndam dalam campuran air dan bawang putih. 
  6. taburkan garam pada kolam yang sudah dibersihkan, agar kotoran dan bakteri tidak datang. 
  7. Bisa juga menambahkan obat biru ke dalam kolam.
    tempatkan kolam di area yang agak teduh, agar lumut tidak tumbuh terlalu banyak.

penyakit lele dan obatnya

obat lele perut kembung

Anda tinggal menunggu 24 jam atau satu hari. Anda dapat melihat akan ada lele yang mati akibat menggantung tadi, dan ada pula yang masih hidup sehat. Pisahkan yang sehat dan pelihara di tempat yang sudah tersedia. 
Baca juga: 
Inilah penjelasan singkat tentang cara mengobati benih lele yang menggatung dengan alami dan herbal. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda menemukan kepuasan dengan oabat herbal alami ini. Selamat mencoba.