February 25, 2017

Cara Supaya Lele Cepat Sembuh dari Penyakit

Cara Supaya Lele Cepat Sembuh dari Penyakit Infoikan.com Pernah menemukan ikan lele menggantung di permukaan air? atau ingin tau obat lele untuk perut kembung? Siapa sih yang tidak ingin ternak lelenya keadaan sehat tanpa penyakit, yang menjadi larva lele cepat besar dan sukses dalam beternak lele.

Belakangan ini tak sedikit para peternak ikan lele yang mengeluhkan datangnya penyakit yang bermacam-macam dan aneh-aneh pada budidaya ikan lele. Salah satunya bagaimana cara supaya lele cepat sembuh dari penyakit ini? Untuk hal ini berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi agar lele cepat sembuh dari berbagai penyakit atau penyakit lele dan obatnya.

obat lele perut kembung, mengatasi lele stres


Tips Supaya Lele Cepat Sembuh dari Penyakit

Macam-macam penyakit ikan lele sebenarnya datang dari bakteri dan hama. Sebelum mengobati lele, hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengamati betul dari mana datangnya penyakit, setelah itu mencari obat alaminya.

Memang semua penyakit dapat kita obati dengan berbagai macam obat yang tersedia, akan tetapi jika penyebabnya belum diketahui, maka akan sulit untuk cepat sembuh. Khususnya dalam melakukan budidaya dan ternak ikan lele yang baik.

Cara supaya lele cepat sembuh dari penyakit dapat Anda ketahui dulu tanda atau ciri-ciri lele tersebut terserang penyaikit. Berikut beberapa jenis penyakit ikan lele dan cara pengobatannya:

Baca juga: Larva Lele Mati Setelah Menetas? Ini Dia Penyebab dan Solusinya
penyebab ikan lele mengambang di permukaan kolam


Macam-Macam Penyakit Ikan Lele dan Cara Pengobatannya
1. Penyakit Jamur pada Lele
Pada umumnya penyakit jamur pada lele ini akan menyerang jenis lele yang sudah terserang penyakit luar atau luka serta lele dalam keadaan lemah. Ciri-ciri lele terserang penyakit jamur antara lain, yaitu tumbuh atau muncul serabut putih seperti kapas.

Cara supaya lele cepat sembuh dari penyakit ini Anda dapat membuat obat alami dari beberapa bahan berikut ini:
  • 1 kg Garam dapur
  • Air bersih 5 liter
  • Cuka 1 botol
Cara membuat obat lele alami agar cepat sembuh:
Sediakan wadah, kemudian campurkan semua bahan menjadi satu, aduk hingga merata. Lalu Anda dapat menaburkannya pada kolam lele organik. Jika yang terkena sedikit, Anda dapat merendam lele dalam larutan ini.

Oabt alami Penyakit Jamur Pada Lele


2. Penyakit Bintik Putih pada Lele dan Cara Mengatasinya
Bintik putih (Ichthyophthirius multifiliis) yang disebabkan oleh protozoa yang biasanya akan muncul pada kolam yang airnya lama tidak diganti. Ciri-ciri atau tanda-tanda lele terserang penyakit bintik putih pada umumnya akan muncul bintik-bintik putih seperti cacar pada insang dan kulit lele.


Cara supaya lele cepat sembuh dari penyakit ini bintik putih ini salah satunya yaitu penggantian sebagian air kolam dengan cepat supaya tidak menular pada yang lain. Obat alami agar lele cepat sembuh dari penyakit ini Anda dapat menaburkan garam pada kolam 3 hari berturut-turut secara rutin.


Oabt Alami Penyakit Lele Bitik Putih
delcatfish.blogspot.com


3. Penyakit Cacar pada Lele dan Cara Mengobatinya
Penyakit cacar sering juga disebut dengan penyakit borok. Tanda-tanda lele terkena penyakit borok diantaranya disebagian badan tumbuh borok dan akan merambat merusak hati, daging dan limpa dan menimbulkan kematian.

Penyebab timbulnya penyakit borok pada lele biasany disebabkan oleh bakteri Aeromonas dan Pseudomonas. Cara mengobati penyakit cacar pada lele supaya cepat besar Anda dapat menyediakan daun pepaya mentah segar yang ditumbuk halus, kemudian campur dengan garam secukupnya, lalu taburkan dalam kolam lele.
Baca selengkapnya: Obat Alami Sembuhkan Lele Borok
Obat alami lele cacaran
campusternak.blogspot.com
Obat Alami lele cacingan - dau pepaya


4. Penyakit Cacing Pipih pada Lele dan Cara Mengobatinya
Jenis penyakit ikan lele selanjutnya yaitu cacing pipih atau cacingan. Efek sampingnya pada lele akan menurun nafsu makannya serta akan lebih memilih muncul di permukaan air. Biasanya kulit dan insang lele akan berdampak sehingga mengganggu pernafasan lele, warna pucat, keluar lendir, dan sirip menguncup.

Cara mengobati dan obat alami lele cacingan supaya cepat sembuh mudah sekali. Anda dapat mengganti sebagian air kolam, kemudian taburkan garam secukupnya. Jika lele yang terserang penyakit cacing pipih sedikit, rendam saja dalam larutan PK konsentrasi 0,01% selama 25-30 menitan.

penyakit lele dan obatnya
lelelampung.blogspot.com


5. Jenis Penyakit Parasit pada Lele dan Cara Mengobatinya
Tanda penyakit parasit yang menyerang budidaya ikan lele, yaitu lele lebih sering berputar-putar dan menggantung di atas air. Obat alami supaya cepat sembuh untuk lele menggantung antara lain: Jika lele yang terserang sedikit, cukup rendam lele ke dalam larutan formalin berdosis 10-20 ppm.

Baca juga:
Inilah beberapa jenis dan macam-macam penyakit ikan lele dan mengobati cara supaya lele cepat sembuh dari penyakit tersebut dengan obat alami. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba dipraktekan. Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan coret-coret di bawah.