February 4, 2017

Panduan Lengkap Budidaya Ikan Hias Serpae Tetra

Budidaya Ikan Hias Serpae Tetra Infoikan.com Salah satu jenis tetra paling populer yaitu ikan serpae tetra. Macam-macam jenis ikan tetra sendiri sangat banyak dan kesemuanya merupakan jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Khususnya budidaya dalam wadah akuarium.

Bagi sobat pemula yang ingin memulai usaha dan bisnis ikan hias terutama mencari cara budidaya ikan serpae tetra, cocok dengan artikel kali ini. Berikut langkah-langkah lengkap cara budidaya ikan serpae tetra.

ikan cardinal
petsolutions.com

Panduan Lengkap Budidaya Ikan Serpae Tera

Klasifikasi dan Sistematika Ikan Serpae Tetra
Ordo              : Ostariphysoidei
Sub-Ordo       : Characioidea
Famili            : Characidae
Sub-Famili      : Cheirodontnae
Genus            : Hiphessobrycon
Spesies          : Hyphessorbycon Serpe
Asal               : Sungai amazon yaitu daerah madeira dan Guapore, Paraguay
Nama Inggris  : Serpa Tetra


ikan neon api
budidayaklik.blogspot.com

ikan neon gampang mati
FishTanksandPonds.com


Ciri-Ciri Ikan Serpae Tera
Badan berbentuk panjang dan pipih ke samping. Warna dasar badannya bervariasi antara ikan satu dengan lainnya. Warna punggungnya hijau zaitu, sisi badannya hijau keabu-abu. Bagian perut mempunyai warna yang juga bervariasi, kadang kuning, atau putih kekuingan.

 jenis ikan tetra
jurnalaquascape.com

ikan black tetra
youtube.com


Sifat-Sifat Budidaya Ikan Serpae Tera
Sebelum budidaya ikan serpae tetra alangkah baiknya mengetahui delu sifatnya. Seperti jenis tetra lain, serpe banyak diminati orang karena keindahan warna dan keunikannya. 

Diperairan aslinya ikan-ikan ini ditemukan pada perairan yang berarus deras, pada sungai-sungai, yang boleh dikatakan besar. Jadi jangan heran jika ikan serpe suka berolah raga dalam akuarium, hilir mudik berenang kesana kemari.

Termasuk ikan hias yang petelur dengan cara melekatkannya pada tanaman air. Serpe mau menerima makanan kering dengan rakus. Untuk mendapatkan pertumbuhan badan yang optimal sebaiknya diberi makanan hidup atau beku.

Untuk induk sebaiknya diberi makanan yang tidak banyak kadar lemaknya, misalnya jentik-jentik nyamuk; makanan khas indo.

gambar Ikan Hias Serpae Tetra
FishTanksandPonds.com

Gambar Ikan Hias Serpae Tetra
budidayaklik.blogspot.com


Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Serpae Tetra
Tempat pemijahan budidaya ikan serpae tetra sebaiknya dilakukan dalam akuarium, supaya lebih murah menurusnya. Akuarium yang digunakan bisa bervariasi, mulai dari 40 cm x 20 cm x 20 cm atau 30 cm x 25 cm.

dibandingkan dengan neon atau car tetra, sifatnya lebih mirip ikan black tetra. Oleh karenanya tempat pemijahannya tidak perlu diberi penutup. Cukup dibiarkan terbuka saja. Tapi harus diusahakan tempatnya teduh.

Tanaman air yang dipakai, bisa menggunakan yang biasa dipakai rekan-rekannya yaitu Cabomba, Myriophyllum, dan Hydrilla. Tanaman harus bersih, terbebas dari segala macam kotoran dan telur siput.

Air yang dikehendakinya, hampir sama dengan kebutuhan kerabatnya yaitu bersuhu 24 derajat C, lunak, agak asam (pH 6 - 6,8), jernih dan terbebas dari segala macam bahan organik.

Boleh menggunakan air hujan yang bersih, tentunya harus ditambah dengan air rendaman kayu asam untuk menyesuaikan keasaman air.

ikan red nose
akuariumlife.com.au

ikan amandae
Indofishexporter.com


Memilih Induk Budidaya Ikan Serpae Tetra
Sebelum budidaya ikan serpae tetra, alangkah baiknya jika memilih indukan yang bagus dan berkualitas baik.

Membedakan kelamin serpae kebanyakan orang melihatnya dari perbedaan warna badannya. Ikan jantan mempunyai warna merah yang lebih mencolok dibandingkan betina. Sedangkan betina warnanya kurang cerah.

Diberi beberapa jantan dan betina kemudian dipisahkan ke akuarium tersendiri. Mereka diberi makan yang enak, berupa makanan hidup antara lain jentik-jentik nyamuk dan kutu air. 

Jika sudah terlihat matang kelamin dan mulai birahi, maka selekasnya disiapkan di tempat pemijahan untuk segera dikawinkan.

ikan cardinal
youtube.com

ikan neon api
budidayaklik.blogspot.com


Pemijahan Budidaya Ikan Serpae Tetra
Setelah akuarium tempat budidaya ikan serpae tetra selesai. Kemudian induk-induk yang dipilih dimasukkan ke dalam akuarium pemijahan, 2 atau 3 pasang setiap akuarium. Suhu air dijaga agar tetap sejuk kurang lebih 24 derajat C.

beberapa hari kemudian akan terlihat induk berkejaran dan bertelur dipermukaan tanaman. Setelah selesai memijah, induk-induk dipisahkan dan telur-telur dibiarkan sendirian.

Setelah menetas benih masih belum perlu diberi makan, sebab masih ada kuning telur yang dibawanya sejak lahir. Kurang lebih 3 hari kemudian, manakala kandungan kuning telurnya habis, bisa diberikan infusoria. Setelah berumur seminggu sudah dapat dipindahkan ke lain tempat yang lebih lapang.

 ikan neon gampang mati
canaryzoo.com

Gambar Ikan Hias Serpae Tetra
 

Pembesaran Budidaya Ikan Serpae 

Pembesaran budidaya ikan serpae selanjutnya dapat dilakukan di akuarium yang lebih luas dengan ukuran minimal 90 x 45 x 40 cm. Bisa juga di bak semen berukuran 2 m2, alasannya memnuhi syarat. 

Pemindahan dilakukan dengan menggiring benih ke dalam serokan yang kemudian disendok bersama airnya dengan memakai piring ceper. Di tempat yang baru kualitas airnya harus sesuai dengan asalnya. 

Rotifera dan kutu air diberikan secara rutin setiap hari sebanyak dua kali. Kemudian disusul cacing sutera untuk memacu pertumbuhan badannya.

Penggantian air dapat dilakukan seminggu kemudian, dan setiap 3 hari sekali dengan membuang sebagian air lama dan mengisinya dengan air baru yang berkualitas sama.
Baca juga:
Demikian sobat sedikit berbagi tentang budidaya ikan serpae tetra ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan hias berikutnya.