March 8, 2017

Cara Membuat Pakan Alternatif untuk Ikan Lele

Membuat pakan Ikan Infoikan.com Pernah membuat pakan ikan apung? atau pengen tahu cara membuat pellet ikan lele sendiri? Siapa sih yang tidak ingin menghemat biaya dalam pemberian pakan budidaya. Membuat pakan ikan sering dimanfaatkan oleh petani peternak ikan lele sebagai pakan alternatif.

Tak hanya itu, dengan membuat pellet ikan lele sederhana akan mengurangi pengeluaran biaya yang mahal dan tentunya dapat dikerjakan oleh siapa saja walaupun peternak lele pemula. Membuat pakan ikan tak sesulit yang kita bayangkan, dimana ada kemauan untuk sukses dan pengen ngerti cara membuat pasti akan membuahkan hasil. Berikut penjelasan singkat cara membuat pakan ikan alternatif budidaya lele dumbo.
Baca juga: Cara Mudah Membuat Pakan Ikan Sederhana Untuk Budidaya Pembesaran
cara membuat pakan ikan apung


Langkah-Langkah Membuat Sendiri Pakan Ikan Alternatif

Biaya terbesar dari budidaya ikan adalah biaya pakan, sebab umumnya pemelihara ikan memilih pakan yang sudah jadi dari para membuat atau meramu sendiri.

Membeli pakan pellet memang cara paling gampang praktis tidak perlu repot, tapi dari segi biaya sering membebani pemelihara, karena antara 60-770% biaya pemeliharaan terserap untuk pakan.

Dan pakan yang tingga membeli memang kualitasnya cukup baik, memenuh syarat untuk ikan, biasanya diproduksi oleh perusahaan membuat pakan yang telah terkenal dan dikerjakan oleh ahli-ahli nutrisi hewan, sehingga kadang-kadang jika membuat pakan ikan sendiri, kualitas hasil buatan sendiri lebih rendah.

Tetapi tak ada salahnya dicoba dengan rumus yang telah dirancang oleh para pakar nutrisi unggas, perikanan, dan bila membuatnya dengan mengikuti petunjuk yang dibahas dibawah ini niscaya dapat menyamai kualitas pakan yang dibeli.

cara membuat pelet ikan lele sendiri

 cara membuat pelet ikan nila


Bahan Baku Membuat Pakan Ikan untuk Lele
Bahan baku membuat pakan ikan (pellet) terdiri dari bahan yang berasal dari hewani dan nabati yang sudah berbentuk tepung. Bahan baku hewani seperti tepung ikan, tepung udang, tepung darah, tepung tulang. 

Sedangkan bahan yang berasa dari nabati, seperti tepung kedelai, tepung kacang, dedak, tepung singkong, tepung daun turi, tepung jagung, dan sebagainya, untuk mengolahnya perlu ditambahi vitamin dan mineral dalam dosis cukup kecil serta perlu ditambahi aroma.

Untuk meramu pellet perlu mengetahui lebih dulu nutrisi bahan makanan masing-masing bahan yang digunakan membuat pakan ikan. Dari situlah kemudian ditentukan dan dipilih bahan apa saja yang akan dicampurkan serta berapa satuan takaran masing-masing bahan supaya tercapai bahan pakan yang sesuai keinginan.

Dalam membuat pakan ikan perlu memperhatikan kebutuhan gizi ikan tetapi juga memperhitungkan segi biaya, sehingga pembuatan pakan sendiri diharapkan akan mampu menekan biaya produksi atau biaya pemeliharaan. 

Syarat bahan pakan yang perlu dipikirkan adalah bahan-bahan mudah didapat, harganya relatif murah, komposisi lengkap, memenuhi syarat kebutuhan protein untuk ikan lele dumbo yang dipelihara.

cara membuat pelet ikan lele sederhana

 pakan alami ikan lele dari tumbuhan


Kadar Protein Membuat Pakan Ikan Budidaya Lele Dumbo
Kadar protein untuk setiap jenis ikan berbeda-beda. Untuk ikan lele dumbo membutuhkan kandungan protein pakan antara 25-35%, semakin tinggi kadar protein akan semakin baik.

Tetapi untuk mencapai kadar protein yang tinggi, membutuhkan biaya pembuatan lebih besar, karena sumber protein berasal dari tepung ikan, tepung udang, tepung tulang, tepung darah, dan semua tepung yang berasal dari hewan. Bahan-bahan tersebut lebih mahal dari pada bahan yang berasal dari tepung nabati.

makanan ikan lele supaya cepat besar

cara membuat pakan lele dari dedak


Contoh Perhitungan Membuat Pakan Alternatif untuk Lele
Misalnya kita akan membuat pakan ikan sebanyak 100 kg dengan kandungan protein 30% dengan memilih bahan-bahan dan menentukan berat satuannya adalah sebagai berikut:
  • Tepung ikan
  • Kacang tanah
  • Dedak halus            : 20 kg
  • Tepung tulang         : 15 kg
  • Tepung jagung        : 20 kg
  • Kedelai                   : 15 kg
  • Primik, Vitamin       : 1 kg
Perhitungan Membuat Pakan Ikan Sendiri 
20 kg Dedak Halus          : 20 X 9,80/100 = 1,96%
15 kg Tepung Tulang       : 15 X 12/100    = 1,80%
20 kg jagung                  : 20 X 9/100      = 1,80%
15 kg kedelai                  : 15 X 37/100    = 5,55%
1 kg Premix, Vitamin                               =  0,00%
Jumlah 71 kg                                          = 11,11%

Untuk ukuran membuat pakan ikan sejumlah 100 kg dengan protein 30%, masih kurang : 100kg - 71 kg = 29 kg, dengan protein 30% - 11,11% = 18,89% : 29 X 100% = 65,13%.

Bahan makanan untuk melengkapi kekurangan diambil dari bahan berupa tepung ikan dan kacang tanah agar mencapai 100 kg, dengan menggunakan rumus:

Analisis usaha membuat pakan ikan

rincian modal membuat pakan ikan

Catatan Membuat Pakan Ikan:

  • Nilai tepung ikan 53,90 berasal dari tabel analisis nutrisi bahan makanan ikan.
  • Nilai kacang tanah 30,00 berasal dari tabel analisis bahan makanan ikan.
  • Nilai 35,13% diperoleh dari 65,13 - 30,00%
  • Nilai 11,23% diperoleh dari 65,13% - 53,90%
Tepung ikan (35,13 : 46,36) X 29 kg = 21,97 kg
Kacang Tanah (11,23 : 46,36) X 29 kg = 7,03 kg

Dengan perhitungan membuat pakan ikan di atas maka untuk memebuhi pakan sebanyak 100 kg dengan kandungan protein 30%, bahan-bahan yang dibutuhkan sebagai berikut:
  • 20 kg   Dedak halus                    : 1,96%
  • 15 kg   Tepung tulang                 : 1,80%
  • 20 kg   Jagung                            : 1,80%
  • 15 kg   Kedelai                           : 5,55%
  • 21,97 kg Tepung ikan                 : 11,20%
  • 7,03 kg Kacang tanah                 : 7,69%
  • 1 kg     Vitamin, Premix               : 0,00%
  • 100 kg                                       : 30%
Demikian uraian singkat tentang cara membuat pakan ikan alternatif untuk ikan lele ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba untuk mengurangi pengeluaran biaya.
Berbagai sumber..
Baca juga: