April 18, 2017

Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak Padi Halus dan Kasar

Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak Infoikan.com Sudah tau cara membuat pakan lele sendiri? atau ingin tau cara membuat pakan lele apung sendiri? Siapa sih yang tidak tau lele, salah satu ikan konsumsi dan juga dapat dipelihara sebagai ikan hias. Namun, lebih banyak lagi dijadikan sebagai peluang usaha warungan dengan aneka olahan ikan.

Budidaya ikan lele khususnya untuk pemula menjadi moment yang menggiurkan sekali, apalagi dapat iming-iming dari pangsa pasar penjualan lele yang semakin luas. Maka tak heran jika banyak yang ingin tau cara membuat pakan lele alternatif dari tumbuhan. Untung rugi ternak lele dirasa dari penyedia jenis makanannya, jika pakan alami lele dapat diberikan akan semakin untung, begitu juga sebaliknya.

Bagi Anda yang bingung dengan makanan ikan lele yang bagus, berikut ini kita akan mempelajari cara membuat pakan lele dari dedak bekatul padi halus dan kasar yang tentunya dengan tambahan bahan-bahan lain.   

Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak


Tips Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak Padi Halus

Makanan lele kali ini kita namakan sebagai jenis pakan alternatif yang sangat bagus buat pertumbuhan lele. Karena kita akan menyediakan berbagai macam kandungan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan dalam budidaya lele secara sederhana.

Beberapa bahan yang harus disediakan membuat pakan lele antara lain:
  1. Dedak 5 kg
  2. Pelet 2,5 kg
  3. Garam 5 sdm dan ikan asin 0,25 k
  4. Air 5 liter
  5. Minyak goreng secukupnya.

Teknik Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak sebagai Jenis Pakan Alternatif

1. Sediakan tempat atau wadah buat menaruh dedak dan bahan lainnya. Baik dedak halus maupun dedak padi kasar dapat disediakan dan di taruh dalam ember.

2. Sebagai bahan tambahan dan campuran akan asupan nutrisinya dapat sobat sediakan pelet untuk melembutkan tekstur dedak halus dan kasar. Pilih jenis pelet yang sudah terkandung 20% dari protein. Untuk mempercepat proses pertumbuhan lele, protein inilah yang bekerja dalam perut lele. 

3. Selanjutnya garam dapat dicampurkan juga ke dalam ember. Fungsi dari garam yaitu untuk mengawetkan sekaligus penjaga nutrisi dari semua bahan-bahan pembuatan pakan ini selama proses pemasakan sehingga tidak rusak nutrisi tersebut. Untuk memperkuat aroma pakan ini, Anda dapat mencampurkannya juga ikan asin bersama semua bahan.

4. Berikutnya bahan berupa minyak goreng sayur dapat kita tambahkan juga bersama bahan lain ke dalam ember. Fungsi minyak ini tak lain untuk menambah aroma pakan agar semakin menyengat dengan tujuan dapat dilahap lele peliharaan Anda. Biasanya jika aroma dan bau ingin semakin kuat, tambahkan minyak secukupnya.

5. Dengan pelan-pelan aduk semua bahan dalam ember ini hingga terlihat bercampur merata. Jangan lupa untuk menambahkan cairan alami berupa air secukupnya, lalu aduk kembali secara pelan-pelan sampai terlihat dan menghasilkan sebuah adonan menjadi kental. 

6. Cara membuat pakan lele dari dedak halus ini Anda tinggal memindahkan adonan pada wadah panci pengukus. Selama sekitar 1 jaman masak dengan cara di kukus adonan tersebut. Jika warnanya berubah menjadi coklat tua, itu pertanda ciri-ciri adonan sudah matang serta sudah tercium bau cukup harum yang dapat kita hirup yang layaknya seperi kue kukus. 

Lalu angkat dan diamkan..

7. Langkah terakhir teknik cara membuat pakan lele dari dedak padi halus ini kita dinginkan di tempat atau wadah yag bawahnya berlubang kecil-kecil dengan tujuan air yang ada di dalamnya dapat keluar. 

Cukup biarkan makanan lele ini selama sekitar 24 jam/semalaman sebelum digunakan untuk diberikan pada lele peliharaan di kolam terpal, kolam tanah, dan kolam beton lainnya.

Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak

Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak


Demikian inilah langkah-langkah cara membuat pakan lele dari dedak padi halus dan kasar yang dapat Anda amati dan tiru. Semoga berhasil dan bermanfaat dan selamat mencoba membuat pakan alternatif ini.