March 11, 2017

Makanan Ikan Lele yang Bagus untuk Pertumbuhan

Makanan Ikan Lele Infoikan.com Pernah membuat pakan lele sendiri? atau ingin tahu makanan ikan lele supaya cepat besar? Siapa sih yang tidak ingin usaha ternak lelenya cepat panen, ini merupakan salah satu momen yang dinanti-nantikan oleh petani peternak lele.

Salah satu pakan alami ikan lele dari tumbuhan sekarang ini yang paling banyak dicari. Selain murah malah bisa gratis dan mudah di dapatkan oleh petani daerah pedesaan. Makanan ikan lele buatan sendiri memang sangat praktis, apalagi dari bahan dedak yang mempunyai harga murah. Berikut beberapa jenis pakan ikan lele agar supaya cepat besar.

membuat pakan lele sendiri


Makanan Ikan Lele yang Bagus untuk Pertumbuhan

Jumlaha pakan yang diberikan sesuai dengan skala usaha pada kolam. Jumalah pakan yang diberikan sebanyak 3-4% berat biomasa/hari. Bila susah menghitung jumlah pakan, pemberian pakan juga bisa dilakukan secara ad libitum.

Yaitu pemberiannya dilakukan secara bertahap dalam jumlah banyak dan baru dihentikan setelah 25% dari ikan yang ada telah meninggalakan tempat pemberian pakan.

Patokan dalam pemberian pakan bisa di dasarkan pada konversi pakan. Sebagai contoh, konversi pakan pada pembesaran lele sangkurian adalah 0,8-1. Artinya, setiap 0,8-1 kg pakan yang dihabiskan akan menambah bobot ikan sebanyak 1 kg.

Jadi, bila jumlah tebar lele sebanyak 10.000 ekor dengan target produksi ikan produksi ikan konsumsi ukuran 9-10 ekor/kg maka pakan yang harus disediakan sekitar 1.000 kg.

Setiap pergantian jenis atau ukuran pakan yang berbeda dilakukan secara bertahap. Caranya adalah pakan lama dengan pakan pengganti dicampur. Tujuannya agar ikan dapat beradaptasi terhadap pakan dengan jenis atau ukuran yang berbeda.

Ukuran pakan ditetapkan dengan mempertimbangkan ukuran bukan mulut ikan. Semakin besar ukuran tubuh ikan dan bukan mulutnya. semakin besar ukuran pakan.

makanan ikan lele supaya cepat besar

pakan alami ikan lele dari tumbuhan


daftar harga pakan ikan lele


Jenis Makanan Ikan Lele yang Umum Digunakan
  1. Pakan Alami
  2. Pakan Buatan
  3. Pakan Tambahan
Pakan alami ikan lele adalah jenis pakan yang hidup secara alami di dalam kolam budidaya seperti protozo, cacing, udang kecil, rotifera, kutu air, jentik nyamuk, cacing tubefek, dan sebagainya.

Pakan buatan ikan lele adalah berupa pakan pellet. Yaitu Anda dapat membeli di toko ikan hias maupun khusu penjual pakan lele dan dapat juga membuat pakan lele sendiri dari beberapa bahan tepung darah, tepung bekicot, tepung udang, tepung daging, tepung jagung, tepung kedelai, dedak halus, tepung kacang, dan sebagainya.

Pakan tambahan ikan lele biasanya berupa daun pisang, ulat dari kotoran ayam, bangkai ayam yang dibakar dulu, cincangan belut, cacing tanah, kukusan dedak halus. dan lain sebagainya.

cara membuat pakan lele murah

makanan ikan lele selain pelet

cara membuat pakan lele dari dedak

Cara Pemberian Makanan Ikan Lele yang Baik

  1. Berikan pakan sesuai ukuran lele. Semakin besar ukuran lele, semakin besar diameter pakan yang diberikan.
  2. Konsisten dalam pemberian pakan. Misalnya, jika pakan diberikan 3 kali sehari, sebaiknya tetap menggunakan pola tersebut, jangan diubah apalagi dikurangi.
  3. Jangan memberi pakan saat hujan tiba.
  4. Beri pakan sedikit-sedikit hingga ikan merasa kenyang. Jika pakan yang diberikan masih banyak yang tersisa di permukaan kolam dan respon ikan untuk menangkap lambat, tandanya ikan sudah kenyang.
Waktu dan jumlah pemberian pakan harus disesuaikan dengan sifat hidup lele. Lele aktif di malam hari sehingga pemberian pakan sebaiknya menjelang sore dan malam. 

Adapun persentase pemberian pakan yaitu 20% pagi hari, 10% siang hari, 20% sore hari, dan 50% malam hari.

Frekuensi pemberian pakan pada pembesaran lele dilakukan 3-4 kali sehari. Sebagai contoh, pemberian pada pagi hari pukul 7, siang hari pukul 12, sore hari pukul 5, dan malam hari pukul 9.

Namun, sebagai gambaran, jarak waktu pemberian makanan ikan lele yang satu dengan pemberian pakan berikutnya sekitar 4 jam karena biasanya ikan kembali lapar setiap 3-4 jam setelah makan terakhir.
Berbagi sumber..Petani Jawa
Baca juga: