May 8, 2017

Memilih Akuarium untuk Ikan Oscar yang Bagus dan Merawatnya

Akuarium untuk Ikan Oscar Infoikan.com Sudah tau harga ikan oscar termahal? atau ingin tau jenis ikan oscar jantan dan harganya? Salah satu dari beberapa daftar nama ikan hias yang mudah dipelihara adalah oscar. Yang memiliki warna dan bentuk tuuh yang cantik dan indah. Ikan ini sudah menjadi favorit tersendiri dalam akuarium. Sebelum membeli kenali dulu ikan oscar secara detail.

Banyak sekali yang sudah merawat dan memilih ikan oscar dalam akuarium, namun tak jarang pula banyak yang sudah meninggalkan jejak bangkai. Hal ini karena kurangnya memperhatikan terutama makanan oscar yang bagus kurang diperhatikan, kebersihan terutama saat memberi makan kurang teratur dan juga akuriumnya ada yang terlalu kecil. Bagi Anda yang mencari desain sekaligus tata ruangan yang ideal, berikut ini kita akan memilih akuarium ikan oscar yang bagus dan ideal.

Akuarium untuk Ikan Oscar


Memilih Akuarium untuk Ikan Oscar yang Cocok dan Pas Ideal

Banyak ragam akuarium yang tersedian di pasaran dewasa ini. Berbagai bentuk dengan bermacam fariasi mudah kita temukan di kios-kios atau toko penjual akuarium. Sekalipun demikian yang biasa dipilih untuk merawat Oscar pada umumnya yang berbentuk persegi panjang. 

Jarang orang memajang Oscar dengan menggunakan akuarium berbentuk segitiga atau segi enam. Dengna melihat postur tubuh Oscar yang memanjang dan kekar raasanya memang lebih pas memajangnya dalam akuarium yang memanjang juga.

Ukuran akuarium untuk ikan oscar yang pas bisa berfariasi. Bila ruangan Anda luas dan ingin akuarium yang sepadan, bisa memilih akuarium yang berukuran 100 x 50 x 45 cm atau 90 x 45 x 40 cm, atau yang lebih besar lagi 120 x 50 x 50 cm. 

Namun bila ukuran ruangan Anda terbatas luasnya, akuarium yang berukuran 80 x 40 x 40 cm atau 70 x 35 x 35 cm sudah cukup memadahi. 

Seperti pada umumnya akuarium pajangan hendaknya diberi bingkai. Pemilihan bingkai akuarium untuk Oscar hendaknya disesuaikan dengan ruang yang tersedia. Jika uang pas-pasan bisa memilih akuarium yang berbingkai alumunium siku. 

Sedangkan bila dana Anda cukup, bisa memilih bingkai dari alumunium batangan yang difariasikan dengan alumunium siku. Atau bisa juga dipilih akuarium yang berbingkai polywood. 

Yang tidak boleh dilupakan adalah bahwa akuarium untuk ikan oscar harus dilengkapi dengan penutup fortabel dan penyangga yang memadahi. Penutup fortabel yang dimaksud adalah penutup yang bisa dipasang lepaskan dengan mudah dan bisa ditempati lampu serta aerator dengan rapi.

Penutup akuarium ini juga harus berpintu, sehingga sewaktu memberi makan kita bisa membuka pintunya tanpa memindahkan penutup keseluruhan. 

Sedangkan yang dimaksud penyangga yang memadahi tidak lain adalah penyangga ini sedapat mungkin dibuat khusus tempat untuk akuraium. Jangan sampai menggunakan meja tulus matau meja kerja untuk menempatkan akuarium Oscar.

Selain ukurannya tidak pas juga kurang enak dipandang karena tidak serasi. Penyangga bisa dibuat dengan rangkain besi siku hias atau alumunium batangan dipaku. Malah sekarang sudah didapatkan akuarium yang menjadi satu dengan penyangganya.

Penyangga ini dibuat menyerupai almari kecil (Buffet). Makanan dan segala peralatan akuarium bisa dengan rapi disimpan di almari ini. 

Akuarium untuk Ikan Oscar




Perlengkapan Akuarium untuk Ikan Oscar 

Perlengkapan lain yang harus dimiliki dalam kaitannya dengan akuarium untuk ikan Oscar antara lain adalah seperti: serokan, aerator, lampu neon, ultraviolet, termomter, gambar tanaman, batuan kecil (Koral) berwarna putih, selang penyifon, dan obat rid allgeneral aid.

Serokan yang dibuat dari kain strimin dan diberi bingkai dan pegangan dari kawat akan kita perlukan saat kita memasukkan atau mengeluarkan Oscar kesayangan kita. Untuk menjaga kesehatan Oscar hendaknya dipilihkan serokan yang bermata halus dan cukup lebarnya. Sebelum digunakan serokan hendaknya dibasahi dulu dengan air. 

Aerator dimaksudkan sebagai penimbul gelembung udara. Gelembung udara ini selain sebagai penyedia oksigen dan pengusir karbondioksida juga menimbulkan kesan hidup karena gerakan ini mirip air yang keluar dari mata air.

Supaya selang udara tidak lari kemana-mana hendaknya dijepit dengan plastik penempel berwarna putih. Plastik penempel ini banyak dijual di toko-toko atau kios ikan hias. 

Lampu neon ultraviolet yang dipasang pada lekukan penutup akuraium berfungsi memberi penerangan akuarium pada malam hari. Sekalipun ruangan ini sudah diterangi dengan lampu ruangan, biasanya akuarium masih belum jelas karena terdapat beyang-banyang dari bingkai atau penutupnya.

Satu-satunya jalan adalah memberi penerangan sendiri dalam akuarium. Warna merah yang dipancarkan dari lempu neon tersebut akan terlihat kontras dengan warna terang dari lampu ruangan.

Bila dipasang pada akuarium yang dilengkapi tanaman hidup, lampu neon ultraviolet ini bisa menggantikan fungsi matahari dalam berfotosintesa. 

Termometer sangat berguna untuk mengetahui secara dini jika terjadi perubahan suhu yang drastis. Berhubung ikan Oscar sebagai golongan cichlid yang suka membongkar-bongkar sembarang benda, maka paling aman jika kita menggunakan thermometer luar. 

Sekalipun alat ini harganya lebih mahal namun aman karena terhindar dari serudukan ikan Oscar.

Gambar tanaman sangat diperlukan akuarium Oscar ini. Ini mengingat Oscar tidak bisa menerima akuarium yang syarat dengan dekorasi aneka tanaman. Sifatnya yang suka membongkar tanaman dan benda-benda lain sangat tidak cocok jika mereka menempati akuarium yang sudah dengan sudah payah didekorasi dengan aneka tanaman cantik.

Yang perlu diperhatikan dalam memilih gambar akuarium untuk ikan oscar ini adalah macam gambarnya. Sebaiknya jangan sampai kita memilih gambar aneka karang laut. Gambar harus disesuaikan dengan lingkungan air tawar, yaitu karangan yang berwarna hijau yang coklat. 


Gambar untuk latar belakang ini biasanya dijual dalam bentuk potongan, yang berukuran ditambah dengan 1 m, sekalipun aslinya gambar ini gulungan. Sebagai latar belakang, gambar ini harus dipasang diluar dengan perekat lem aica aibon. Jika hanya dengan perekat sumi-tape atau sejenisnya tidak kuat.

Cara yang sekarang sudah ditingkatkan orang yaitu memberi latar belakang dengan menggambar langsung pada kaca akuarium.

Cara ini selain repot juga tidak praktis karena sulit mengggantinya apabila kita bosan atau gambarnya sudah cacat.

Batuan-batuan putih kecil yang biasanya dijual dalam kemasan plastik, bisa ditabur di dalam akuarium agar tidak kelihatan monoton. Batuan-batuan ini juga bisa digunakan untuk menutup selang aerator agar tidak kelihatan.

Dengan cara demikian gelembung yang keluar dari selang aerator seolah-olah berasal dari antara bebatuan tersebut. Jika batuan-batuan ini nanti dibongkar Oscar sewaktu mereka menggali lubang tidaklah menjadi masalah benar, karena tidak ada tanaman hias yang dipasang.


Untuk itu hendaknya bebatuan yang dipasang hanya yang berwarna putih saja sehingga tidak repot mengaturnya kembali. 

Selang penyifon diperlukan saat kita akan membuang sisa makanan atau kotoran oskar tanpa perlu mengeluarkan seluruh air atau membalikkan akuarium. Kotoran yang biasanya bermukim di dasar bisa di sedot dengan selang penyifon ini  dengan memanfaatkan gaya grafitasi bumi. 

Selang yang di pakai bisa yang berdiameter 1 inchi 2,5 cm. Selang hendaknya cukup panjang sehingga air bisa langsung di buang di selokan dan tidak perlu di tampung terlebih dahulu dalam ember. 

Obat rid all general aid diperlukan untuk memberi warna biru pada akuarium untuk ikan oscar. Obat ini berguna untuk mencegah oskar dari serangan penyakit, khususnya jamur. Beberapa tetes obat ini bila di campurkan dalam air akuarium bisa menimbulkan kesan kontras yang cukup kuat pada oskar yang di pajang. 


Akuarium untuk Ikan Oscar
pinterest.com




Pemasukan Air ke dalam Akuarium untuk Ikan Oscar
Pemasukan air bisa dilakukan kapan saja, sedangkan pemasukan ikan hendaknya memperhatikan suhu ruang dan suhu air. Yang lebih penting lagi, air yang digunakan harus sudah didiamkan paling tidak 24 jam. 


Ikan boleh dimasukkan beberapa saat setelah akuarium diisi air ini. Waktu yang paling baik memasukkan Oscar adalah pagi atau sore hari saat suhu rendah. Jika kita terpaksa harus memasukkan Oscar pada siang hari harus dilakukan adaptasi lebih dulu. 

Oscar yang masih dalam plastik hendaknya dimasukkan dalam akuarium, tunggu 15 menit sampai suhu air dalam plastik dan akuarium sama, dan Oscar boleh dipindahkan. 

Jangan memasukkan Oscar dengan cara melemparkannya, melainkan harus hati-hati dan membiarkan Oscar keluar sendiri dari plastik wadahnya.

Akuarium untuk Ikan Oscar
kaskus.co.id


Pemberian Makan Ikan Oscar dalam Akuarium
Makana untuk Oscar yang dipajang sebaiknya berupa makanan hidup. Diantara makanan Oscar alami dan makanan hidup adalah berupa udang hidup yang didapat dari sungai atau kolam.


Dengan udang hidup ini bercak merah di badannya akan terjaga, dan juga air akuarium tidak akan kotor. 

Jika sulit mendapatkan udang, bisa menggantinya dengan udang beku yang sudah bersih dari kotoran. Selain udang hidup, makanan Oscar berupa jentik-jentik nyamuk dapat diberikan atau dapat juga diberi hati sapi.

Cara memberi makan Oscar yang baik hendaknya 3 kali sehari atau paling tidak 2 kali sehari. Lebih baik memberi makan Oscar secukupnya tapi sering, dari pada memberi makan sekaligus dalam jumlah yang banyak.

Akuarium untuk Ikan Oscar
selingkaran.com


Pemberian Air Akuarium untuk Ikan Oscar
Penggantian air akuarium hendaknya disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Jika akuarium sudah keruh sehingga menghalangi kenikmatan kita menatap Oscar, tentunya tidak boleh buang-buang waktu, air harus segera diganti.

Sebaiknya kita menempatkan akuarium untuk ikan Oscar di tempat yang tidak banyak terkena sinar matahari langsung sehingga pertumbuhan lumut yang terlalu cepat bisa dihindarkan.


Akuarium yang diletakkan ditempat yang tertimpa sinar matahari langsung, setiap minggunya harus dibersihkan.

Jika letak akuarium benar, maka makanan yang hendak diberikan dibersihkan dulu, dalam waktu sebulan air akuraium bisa diharapkan masih jernih. Namun demikian, untuk menjaga kesehatan Oscar dan kesegaran air, hendaknya setiap minggu air berikut kotoran di dasarnya dikeluarkan sebagian dengan menggunakan selang penyifon.

Selanjutnya air baru ditambahkan sampai mencapai ketinggian semula. Dengan cara demikian Oscar akan selalau sehat dan segar.

Akuarium untuk Ikan Oscar
jual-beli-binatang.blogspot.com

Hal-hal yang Harus Diperhatikan saat Menyiapkan Akuarium untuk Ikan Oscar

Untuk menghindari dari kesulitan yang tidak perlu, hendaknya kita perhatikan hal-hal sebagai berikut ini:
- Cek suhu air dan pH air setiap hari, juga jumlah ikan dan jalannya aerator.

- Periksa lampu setiap hari dan bersihkan boks lampu seminggu sekali.

-Jangan menempatkan aerator lebih rendah dari permukaan air, karena aerator bisa macet jika kemasukan air pada saat listrik mati. 

- Supaya kelihatan rapi hendaknya aerator ditempatkan dalam lekukan penutup akuarium.

- Perhatikan kesehatan ikan Oscar setiap hari. 

- Jika terdapat ikan yang luka atau menunjukkan gejala-gejala sakit, hendaknya langsung dilakukan pencegahan.

Akuarium untuk Ikan Oscar
sumer gambar seruni.id


Demikian inilah tips memilih akuarium untuk ikan Oscar dan mengaturnya yang baik. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba mendesain agar tetap sehat sekaligus cepat besar.