May 20, 2017

Perawatan Benih Ikan Oscar yang Baik Agar Cepat Besar

Perawatan Benih Ikan Oscar Infoikan.com Sudah tau ciri ciri ikan oscar yang bagus? atau ingin tau cara membedakan ikan oscar jantan dan betina? Siapa sih yang tak kenal oscar, salah satu jenis ikan hias yang mudah ditemukan.

Maka tak heran jika sekarang ini sudah terbuka bagi wirausaha budidaya ikan oscar untuk memasarkan menjual berbagai jenis ikan oscar baik dari oscar albino maupun oscar tiger yang terkenal kecantikannya.

Sukses memijahkan induk dan menetaskan telur Oscar hanya kan mempunyai arti bila benih selamat hingga tumbuh menjadi besar. 

Perawatan benih, yang oleh beberapa dianggap sama sulitnya dengan memijahkan, dapat dilakukan secara santai namun serius supaya sukses.

Kunci keberhasilan perawatan benih ikan oscar ini tergantung pada banyak faktor, serta serangan penyakit. Serangan penyakit, harus dihindari jauh sebelum agar tidak menjadi kendala yang serius.

Perawatan Benih Ikan Oscar


Langkah-Langkah Perawatan Benih Ikan Oscar yang Baik Agar Cepat Besar

Kualitas Air untuk Perawatan Benih Ikan Oscar
Kualitas air yang dipakai untuk merawata burayak Oscar yang telah habis kuning telurnya sama saja dengan yang dipakai untuk mengawinkan biang Oscar yaitu:

1. Suhu berkisar antara 21 – 28 derajat C, yang paling ideal antara 24 – 26 derajat C.

2. Keasaman (pH) air sekitar 7,5 (sedikit basa)

3. Kandungan oksigen minimal 3 ppm.

4. Kandungan karbondioksida kurang dari 20 ppm

5. Kandungan bahan organic tidak ada

6. Air jernih

Tempat Perawatan Benih Ikan Oscar yang Baik
Tempat yang dipergunakan untuk merawat benih Oscar bisa akuarium atau bak semen. 


Akuarium dipakai terutama untuk merawat benih yang telah habis kuning telurnya hingga berumur sebulan, dan selepas umur itu bisa dipakai baka semen.

Untuk merawat benih pada umur kritis ini sengaja dipilih akuarium karena mudah dikontrol. Selain itu, kebutuhan ruangnya memang belum terlalu luas buat mereka.

Bila benih yang masih kecil dirawat di bak semen akan sulit dikontrolnya, karena jika terjadi sesuatu akan lambat diketahui.

Untuk tahapan perawatan selanjutnya dipakai bak semen karena kapasitasnya lebih besar, dan benihnya sendiri sudah tidak mengkhawatirkan karena relative lebih kuat.

Pada perawatan benih Oscar ini, yang akan banyak disinggung adalah cara merawat bnih Oscar yang telah berumur sebulan, karena untuk merawat benih pada masa kritis sudah disinggung dalam bab pemijahan.

Pada dasarnya untuk merawat benih Oscar yang telah berumur sebulan tidak jauh beda dengan merawat benih pada masa kritis.
Yang menjadi pokok perbedaan barangkali hanya pada penebaran dan pemberian makanan yang cocok.

Persiapan Akuarium untuk Perawatan Benih Ikan Oscar

Akuarium disikat dengan sikat ijuk selanjutnya akuarium dibersihkan dengan air bersih. Jika ada lumut harap untuk dibuang. Harap dimengerti untuk akuarium yang baru dibeli, usahakan untuk direndam dulu minimal selama 1 minggu.

Kemudian bak diisi dengan air bersih setinggi 20 – 30 cm. air yang digunakan harus memenuhi standar kualitas yaitu minimal sudah diendapkan 1 hari semalam.

Beberapa tanaman enceng gondok yang berakar lebat boleh dimasukkan dalam akuarium untuk merawat Oscar ini. Tapi, sebelumnya enceng gondok harus dibersihkan dulu.

Perawatan Benih Ikan Oscar Pada Tahap Penebaran Benih
Jangan terlalu padat dalam menebarkan benih atau anakan Oscar di akuarium. Sedang-sedang saja sesuai kebutuhan.

Tebar pada waktu pagi hari atau sore hari yang memiliki suhu rendah. Penebaran benih ini harus dengan hati-hati dan tidak boleh ceroboh. 

Kebiasaan amatir adalah mengocorkan air ember (bersama benih) ke dalam bak. Cara yang seperi ini bisa dianggap fatal bagi benih Oscar.

Cara yang benar adalah dengan memasukkan embernya ke dalam akuarium atau bak dengan hati-hati dan kasih saying. Biarkan benih keluar dari dalam ember dengan sendirinya.

Bila perlu ember bisa ditarik mundur , agar benih cepat tanggap bahwa ia sudah berada di lingkungan lain. 

Suatu hal yang tidak boleh dilakukan adalah membiarkan benih terjun bebas dari dalam ember yang dituangkan ke dalam akuarium maupun bak pemeliharaan.

Makanan untuk Anakan Ikan Oscar yang Baik dan Cepat Besar
Untuk mendapatkan pertumbuhan yang cepat dan pesat, maka benih harus diberi makanan yang baik. 


Makanan yang baik berarti cukup jumlahnya, kualitasnya terjamin, dan frekuensi pemberiannya kontinu. 

Makanan yang cukup saja belum tentu dapat menjamin pertumbuhan Oscar bila tidak memadai, apalagi pemberiannya hanya kadang-kadang atau tidak rutin.

Demikian pula dengan pemberian makanan yang baik mutunya tetapi jumlah yang diberikan tidak cukup banyak, hasilnya akan sama saja.

Makanan yang Baik untuk Anakan Oscar
Makanan yang cocok untuk benih yang baru berumur sebulan adalah kutu air (moina, daphnia), dan cacing sutera. Artemia salina bagus juga untuk benih pada stadia ini.


Namun, untuk memperolehnya tergolong sulit, karena mesti menetaskan telur-telurnya yang berharga selangit. 

Tak syak lagi bahwa hanya kutu air dan cacing sutera lah yang cukup ekonomis untuk diberikan pada benih-benih ikan Oscar ini.

Setelah beberapa minggu diberi kutu air dan cacing sutera, dan benih-benih ini cepat tumbuh bongor, maka makanan benih diganti dengan jentik-jentik nyamuk sebelum diberikan udang kali.

Cara Pemberian Pakan pada Benih Ikan Oscar yang Baik
Perawatan benih ikan oscar terutama makanan diberikan sebanyak 2 – 3 kali setiap pagi, siang, dan sore hari. Jumlah makanan yang diberikan harus cukup. 


Kerana sulitnya menghitung kebutuhan makanan benih Oscar ini, maka biasanya dipakai metode sederhana untuk mengetahui cukup tidaknya makanan yang diberikan.

Bila makanan yang diberikan masih tersisa sedikit, itu berarti makanan yang diberikan sudah mencukupi kebutuhan. 

Dan bila makanan yang diberikan tandas, tidak ada sisa, maka ada 2 kemungkinan yang akan terjadi.

Kemungkinan pertama, benih mendapatkan makanan yang cukup sehingga seluruhnya disikat habis. Kemungkinan kedua yang diberikan masih belum mencukupi.

Jika makanan yang diberikan tersisa banyak, sudah tentu jumlah makanan yang diberikan ini lebih besar dari porsi yang dibutuhkan. 

Makanan yang tersisa, jika masih tetap hidup tidak menjadi persoalan karena setiap saat bisa dsantap. Namun bisa sisanya mati menjadi bangkai, sebaiknya dikeluarkan agar kualitas air terjaga bersih.

Perawatan Benih Ikan Oscar - Penggantian Air Akuarium

Untuk mengganti air dalam tahap perawatan benih atau anakan ikan oecar sebaiknya dilakukan setiap seminggu sekali. 

Pergantian air bermaksud untuk memutuskan siklus hidup bibit penyakit yang mungkin akan berkembang dalam bak dan juga merangsang pertumbuhan benis Oscar.

Perawatan Benih Ikan Oscar

Perawatan Benih Ikan Oscar

Perawatan Benih Ikan Oscar




Perawatan Benih Ikan Oscar

Perawatan Benih Ikan Oscar

Perawatan Benih Ikan Oscar



Demikian inilah beberapa langkah perawatan benih ikan oscar yang mudah dilakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba memelihara.