August 14, 2017

Benih Ikan Bawal Berkualitas Unggul? Ini Dia Ciri-Cirinya

Benih Ikan Bawal Berkualitas Unggul Infoikan.com Dalam usaha pembesaran ikan terutama ikan konsumsi, benih merupakan sarana produksi yang terpenting karena kesuksesan usaha sangat bergantung pada penggunaan benihnya.

Oleh karena itu, benih harus tersedia dalam jumlah yang cukup atau sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Apalagi penjual benih sekarang bertambah banyak.

Kontinuitas pengadaan benih yang unggul merupakan suatu keharusan karena bila kekurangan benih bisa menghambat usaha.

Benih unggul adalah benih yang memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya kelebihannya adalah pertumbuhannya cepat.

Dengan menggunakan benih yang demikian, bisa memperpendek masa pemeliharaan sehingga pemanenan dari budidaya dapat dilakukan lebih awal dari biasanya.

Selain itu, masa pemeliharaan yang lebih pendek juga akan mengurangi biaya produksi dan mengurangi risiko akibat kematian ikan bawal.

Dengan demikian, keuntungan yang diperoleh bisa lebih besar lagi. Berikut tanda dan ciri-ciri benih ikan bawal berkualitas unggul dengan melihatnya secara langsung. 

Benih Ikan Bawal Berkualitas Unggul


Benih Ikan Bawal Berkualitas Unggul


Benih ikan bawal berkualitas unggul memiliki ketahanan yang tinggi terhadap perubahan lingkungan dan serangan penyakit termasuk juga dari kelebihan benih yang unggul.

Saat penebaran, benih yang unggul akan mampu beradaptasi pada lingkungan dengan cepat. Demikian juga selama pemeliharaan.

Saat timbul penyakit, benih unggul tidak mudah terserang. Hal ini akan membuat tingkat kehidupan ikan lebih tinggi dan hasil yang akan dipanen bisa berlimpah sehingga keuntungan yang besar bisa diperoleh.

Ada berbagai cara untuk mendapatkan benih unggul, diantaranya dengan menggunakan induk-induk unggul dan melakukan seleksi benih.

Namun, cara ini hanya bisa dilakukan oleh pembudidaya yang melakukan pembenihan sendiri.

Bagi pembudidaya ikan bawal yang hanya melakukan pembesaran perlu mengetahui tanda-tanda benih yang unggul dan daerah asal benih tersebut.

Menggunakan Induk Ikan Bawal yang Unggul juga

Benih ikan bawal berkualitas unggul dilihat dari Induk unggul adalah induk yang memiliki kelebihan dari induk-induk lainnya. Kelebihan itu hanya bisa diketahui setelah induk benih unggul.

Kelebihan itu hanya bisa diketahui setelah induk bertelur atau menghasilkan keturunan.

Induk bawal yang unggul biasanya berasal dari benih unggul dan pada usianya yang muda sudah berbadan besar dan ketika berumur 3 tahun (saat mulai bertelur ), bobot tubuhnya tidak kurang dar 3kg.

Induk yang unggul juga harus mampu menghasilkan telur atau sperma dalam jumlah yang banyak dan berkualitas baik.

Seekor induk betina yang beratnya 4 kg dapat menghasilkan telur 400.000 telur dengan tingkat penetasan mencapai minimal 80 %.

Seekor induk jantan dapat menghasilkan sperma minimal 100 ml dan dapat membuahi minimal 95 % telur. Kelebihan ini juga hanya bisa diketahui setelah induk bertelur.

Tanda-tanda induk jantan dan betina bawal yang unggul adalah sebagai berikut;
  1. Bertubuh normal atau tidak cacat
  2. Bersisik rapi dan teratur
  3. Memiliki kepala relative kecil
  4. Berdaging tebal
  5. Nafsu makannya tinggi
  6. Gerakannya lincah
  7. Sehat
  8. Tidak terdapat luka
Melakukan Seleksi Benih Ikan Bawal Berkualitas Unggul
Benih ikan bawal berkualitas unggul harus melihat induk.

Penggunaan induk unggul dianggap tetap harus melalui penyeleksian benih karena walau semua keturunan dari induk unggul bisa menjadi benih unggul, tetapi selalu ada kemungkinan akan dihasilkan benih yang tidak unggul.

Benih-benih yang tidak unggul tersebut kemudian harus dipisahkan dan tidak digunakan dalam tahap pembesaran.

Namun, tetap bisa dipelihara sebagai sampingan atau bisa juga diberikan kepada orang lain.

Kegiatan ini harus melalui dilakukan pada benih hasil pendederan pertama dan selanjutnya dilakukan pada benih sebaiknya tidak dilakukan pada benih hasil pendederan berikutnya.

Penyeleksian benih sebaiknya tidak dilakukan setelah panen, tetapi harus dibiarkan dahulu minimal semalam dengan cara ditampung dalam tempat khusus berair jernih dan mengalir secara kontinyu.

Hal ini bertujuan untuk memulihkan kondisi ikan.

Ikan yang baru dipanen tubuhnya cenderung lemah akibat sentuhan alat tangkap, paparan sinar matahari selama panen, dan akibat kondisi air yang keruh.

Bila seleksi tetap dilakukan bisa menimbulkan luka,stress, bahkan kematian.

Memisahkan antara benih yang bertubuh besar dengn benih yang bertubuh kecil menjadi langkah pertama dalam seleksi benih.

Benih yang bertubuh besar merupakan benih unggul karena berarti pertumbuhannya lebih cepat.

Selain itu, menjadi pertanda bahwa dalam tubuhnya memiliki denetik yang baik. Sebaliknya, benih yang bertubuh kecil merupakan benih yang tidak unggul karena pertumbuhan dan genetiknya kurang baik.

Untuk memisahkan antara benih bertubuh besar dan binih bertubuh kecil bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu menggunakan tangan dan menggunakan alat berupa anyakan.

Seleksi yang lebih dan efisien adalah dengan menggunakan alat berupa anyakan seleksi yang dibuat dari baskom besar atau ember yang telah dilubangi dengan garis tengah di lubang sesuai dengan ukuran benih.

Untuk benih yang berasal dari pedederan pertama menggunakan anyakan berukuran lubang sekitar ½ cm.

Sedangkan untuk benih yang berasal dari pedederan kedua menggunakan anyakan seleksi yang berukuran lubang sekitar 1 cm.

Cara melakukan seleksi benih menggunakan anyakan adalah sebagai berikut;

  • ciduk benih dengan sekup net  atau ayakan alumunium, kemudian masukkan benih tersebut ke dalam ayakan seleksi yang diletakkan dalam bak lain.
  • biarkan beberapa saat agar benih berukuran kecil keluar.
    masukkan benih yang tertahan (benih berukuran besar) kedalam bak yang lain.
  • lakukan kegiatan ini berulang-ulang hingga benih habis. 
  • Seleksi dengan tangan dinilai kuran efektif dan kurang efisien karena membutuhkan tenaga yang lebih besar serta memakan waktu yang lebih lama.
Selain itu, bisa membuat benih ikan stress atau terluka akibat terlalu banyak sentuhan.

Cara Mengetahui Tanda-Tanda Benih Ikan Bawal Unggul
Benih ikan bawal berkualitas unggul selain memisahkan benih yang bertubuh besar dan bertubuh kecil, seleksi benih juga dilakukan untuk memisahkan antara benih yang berfisik baik dengan berfisik kurang baik.

Hal ini karena fisik yang baik juga menjadi salah satu ciri dari benih unggul.

Cara ini memang hanya bisa dilakukan dengan pandangan mata, yaitu dengan melihat tanda-tanda pada tubuh bagian luar seperti halnya tanda-tanda pada induk unggul, yakni bertubuh besar/tidak lurus, bersisik rapi/teratur, dan berkepala kecil.

Pemilihaninduk unggul atau melakukan seleksi benih hanya bisa diketahui oleh para pembudidaya yang melakukan pembenihan sendiri karena mereka yang melakukannya.

Sementara itu, mereka yang tidak melakukan pembenihan sendiri belum tentu mengetahuinya.

Oleh karena itu, untuk memudahkan dalam mengenali tanda-tanda benih unggul , berikut uraiannya.

Melalui pengamatan fisik, dari ribuan atau puluhan ribu benih yang tampak didepan mata sudah pasti mudah dilihat mana benih yang unggul dan mana menjadi tanda pertama dari benih unggul.

Tanda-tanda tersebut menunjukkan bahwa benih dalam kondisi sehat karena selama pendederan, benih tersebut memiliki nafsu makan yang tinggi.

Hal ini sudah menjadi jaminan bahwa bila dipelihara di kolam pembesaran nantinya akan memiliki sifat yang sama dan pertumbuhannya cepat.

Benih yang berwarna agak kehijauan dengan sedikit transparan menjadi tanda kedua dari benih unggul. Tanda itu menunjukkan bahwa benih-benih tersebut masih muda.

Seperti halnya pada manusia dan makhluk hidup lainnya, proses pertumbuhan biasanya akan lebih besar terjadi semasa muda karena semakin menurun.

Bahkan, bila sudah tua, cenderung tidak akan mengalami pertumbuhan lagi. Begitu juga dengan benih ikan bawal berkualitas unggul.

Selain warnanya, tanda benih yang unggul bisa juga dilihat dari keadaan tubuhnya, yakni dengan cara merabanya menggunakan jari tangan.

Bila benih terasa halus dan lentur, berarti benih tersebut masih muda. Namun, bila terasa kasar dan tidak lentur, berarti benih tersebut sudah tua.

Kelengkapan anggota tubuh ikan juga bisa dijadikan sebagai indicator keunggulan benih.

Melalui pengamatan, akan mudah diketahui apakah benih memiliki tubuh yang normal atau tidak.

Bila normal, pertumbuhan benih akan cepat karena benih tersebut tidak harus mengalihkan energinya untuk memperbaiki cacat tubuhnya sehingga semua zat makanan hanya akan digunakan untuk pertumbuhan.

Pengamatan terhadap sisik ikan juga bisa dilakukan untuk mengetahui benih yang unggul.

Sisik yang rapid an teratur menjadi tanda bahwa benih unggul. Sebaliknya, bila sisik terlihat tidak rapi dan tidak teratur kemungkinan besar pernah mengalami luka, kendati telah sembuh.

Benih yang unggul idealnya tidak boleh mengalami luka, baik itu di organ sirip dan organ lainnya seperti tutup insang dan kepala.

Sekecil apapun luka tersebut tetap berpengaruh pada kehidupan benih, baik dalam beradaptasi dengan lungkungan maupun

Mengetahui Daerah Asal Benih Ikan Bawal Unggul 

Benih ikan bawal berkualitas unggul selain mengetahui tanda-tanda mengenai benih unggul, hal ini yang juga perlu diketahui adalah daerah asal benih.
Hal ini tidak bisa dianggap sepele karena asal daerah benih sangat berpengaruh dalam proses pembesaran.

Banyak pembudidaya yang mengeluh benih yang telah ditebar banyak terserang penyakit, nafsu makannya rendah, dan sampai menimbulkan kematian.

Setelah diselidiki, ternyata letak kesalahannya adalah karena salah memilih daerah asal benih.

Adanya kesalahan tersebut bukan berarti benih dari daerah tersebut tidak unggul, bisa saja lebih unggul, atau bahkan lebih unggul dari daerah lainnya.

Namun, ada hal penting yang harus diketahui, faktor suhu air misalnya. Suhu merupakan faktor lingkungan yang sangat berpengaruh dalam kehidupan ikan, termasuk ketika baru di tebar ke kolam.

Perbedaan suhu air asal daerah dengan tempat pemeliharaan yang baru inilah yang dapat menyebabkan ikan stress.

Padahal, stress pada ikan di awal penebaran akan memberi efek domino yang buruk bagi kondisi ikan.

Sebagai contoh, stress pada benih tersebut mneybabkan gerakan benih menjadi lemah disertai dengan gerakan yang mendadak sehingga keseimbangan tubuhnya terganggu.

Hal ini berlanjut pada nafsu makannya yang menurun dan membuat kondisi benih drop sehingga rentan terhadap serangan penyakit. Bila hal ini terjadi, bisa dipastikan akan berujung pada kematian benih.

Oleh karena itu, sebelum membeli  benih, pembeli harus mengetahui kisaran suhu air di daerah asal benih, kemudian dibandingkan dengan suhu air ditempat pemeliharaan yang baru.

Suhu air didaerah benih harus lebih cepat beradaptasi dengan suhu yang lebih tinggai.

Namun, bila tidak memungkinkan untuk melakukan hal tersebut, sebaiknya mencarai tempat pembelian benih didaerah yang bersuhu minimal sama karena pengaruhnya tidak terlalu besar.

Untuk mengetahui bisa dilihat dari geografinya, yaitu ketinggian tempat dari permukaan laut.

Ketinggian tempat disetiap daerah sangat berhubungan erat dengan suhu, baik suhu udara maupun suhu air.

Bagaimana sobat, mudah bukan cara mengetahui benih ikan bawal berkualitas unggul ini, yang intinya Anda harus melihat sendiri terjun ke lapangan untuk memilih kenyataan benih tersebut dan juga induknya.