August 1, 2017

Ini Dia Pemijahan Ikan Mas Koki yang Belum Banyak Diketahui

Pemijahan Ikan Mas Koki Infoikan.com Kolam pemijahan berukuran 1x4 m. fungsinya untuk mempertemukan induk jantan dan betina koki yang telah siap kawin.

Sebelum melakukan proses pemijahan, terlebih dahulu kolam mini dibersihkan dari kotoran dan lumut. Karena koki merupakan jenis ikan hias mudah dipelihara.

Kemudian kolam dikeringkan dan dijemur di panas matahari kurang lebih selama 2-3 hari untuk mematikan bibit penyakit yang tertinggal didalamnya.

Selain itu, penjemuran akan membuat air terasa segar dan hangat ketika dimasukkan kedalam kolam.

Air dimasukkan kedalam kolam hingga ketinggian kurang lebih 20-25 cm. Pada ketinggian ini seluruh air kolam akan mendapatkan sinar matahari yang cukup, sehingga suhu air tetap hangat.

Berikut kita akan mengulas secara detail pemijahan ikan mas koki dari awal sampai mengeluarkan telur, dan bagaimana mengenal ciri-ciri koki bertelur serta gambar telur koki.

Pemijahan Ikan Mas Koki


Pemijahan Ikan Mas Koki


Proses pemijahan dan penetasan telur lebih sempurna pada suhu yang hangat. 

Air tersebut perlu dibiarkan dahulu sehari (harus terkena sinar matahari) semalam di udara terbuka untuk menghilangkan gas-gas beracun dan mengendapkan kotoran.

Setelah itu, kedalam kolam perlu dimasukkan tanaman air sebagai substrat pelekatan telur koki. 

Ada beberapa tanaman yang dapat dipilih, syaratnya tanaman tersebut harus menggantung didalam air, panjang, lentur, dan lembek.

Tanaman yang sering dipakai adalah Eicchornia crassipes (eceng gondok), Hydrilla verticillata (ganggang air), dan cabomba caroliana.

Diantara ke-3 tanaman ini, ganggang air lebih sering dimanfaatkan karena mudah didapat dan koki menyukainya sbagai substrat sehingga lebih mudah memijah.

Jika tidak tersedia tanaman air, kelambu atau ijuk dapat digunakan sebagai penggantinya. 

Namun, permukaannya yang halus dan kaku dapat mengakibatkan telur koki terlepas dan tenggelam sehingga tidak menetas.

Sebelum dimasukkan kedalam kolam, sebaiknya substrat pelekat telur tersebut dibersihkan dari kotoran dan lumpur dengan air bersih.

Memasukkannya di lakukan dengan cara menyebarkannya hingga menutupi seperempat bagian kolam. 

Jika menggunakan ganggang air, tanaman harus diberi pemberat agar seluruh bagiannya berada di dalam air. Yuk, lanjut baca tips sukses pemijahan ikan mas koki di bawah ini.

Namun, sebelum melangkah jauh alangkah baiknya untuk sobat ketahui dulu:

Langkah-langkah sebelum budidaya mas koki
Jenis mas koki yang umum dijual

2.Persiapan Bakalan Induk
Tips sukses pemijahan ikan mas koki berikutnya, setelah koki berumur 6-7 bulan, pemijahan dapat mulai dilakukan. 

Sebelum memijahkan koki, perhatikan cirri-ciri bakalan induk jantan dan betina.

Ciri-Ciri Ikan Koki Siapa Kawin
Ciri koki jantan yang siap memijah adalah sudah saling kejar dan mengganggu koki lainnya. 

Ciri lainnya adalah keluarnya cairan mani yang berwarna putih seperti santan atau susu dari lubang pengeluarannya.

Cairan ini akan keluar jika perut koki sedikit ditekan kearah lubang pengeluaran. 

Keluarnya cairan ini merupakan pertanda bahwa sel kelamin koki telah matang sehingga siap dipijahkan.

Ciri koki betina yang siap kawin/memijah adalah perutnya terasa empuk dan lembek saat diraba. Jika perutnya terasa keras, berarti telur koki belum matang.

Ciri lainnya, perut koki akan tampak membesar, lubang kelamin membengkak dan berwarna kemerahan, serta telur mudah keluar jika perut koki sedikit ditekan.
  • Jika ciri-ciri tersebut sudah muncul, koki jantan dan betina harus segera dipijahkan. Jangan ditunda. Jika ditunda, telur dan sperma ini akan muncul lagi setelah sel kelamin keduanya matang kembali.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk mematangkan kembali sel kelamin pemijahan, jumlah induk yang akan dipijahkan harus seimbang. kira-kira 20 hari.
  • Pemaksaan pemijahan setelah terjadinya penundaan berisiko kegagalan karena banyak sel telur yang tidak terbuahi. Untuk keperluan
Jika betinanya lebih banyak, banyak telur yang tidak akan terbuahi oleh sperma pejantan. 

Jika jantannya terlampau banyak, betina akan kerepotan. Pasalnya, setelah mengeluarkan seluruh telurnya, betina akan terus dibuahi oleh oleh pejantan lain yang masih birahi. 

Perbandingan jumlah jantan dan betina yang ideal adalah 2;  1,dua jantan dan satu betina. berikut detailnya pemijahan ikan mas koki. 

Proses Pemijahan Ikan Mas Koki
Tips sukses pemijahan ikan mas koki, setelah kolam pemijahan siap digunakan dan bakalan induk dipilih, pindahkan bakalan induk kedalam kolam pemijahan.

Pemijahan induk ini sebaiknya dilakukan pada sore hari karena pada malam harinya koki jantan akan mengejar-ngejar koki betina sambil sekali-sekali menyentuh bagian belakang betina.

Jika kondisi demikian terjadi, itu berarti pemijahan akan terjadi. 

Pada pagi harinya koki betina akan membalikkan tubuhnya sambil melepaskan telur, sedangkan jantan segera akan melepaskan sperma untuk membuahinya.

Telur koki bersifat adhesive, yaitu akan menempel dibenda lain yang telah disediakan sebagai substrat pelekatan telur.

Jika koki jantan sudah tidak mengejar koki betina lagi, substrat perlu diperiksa untuk memastikan apakah pemijahan yang dilakukan sudah menghasilkan telur atau belum.

Pemeriksaan substrat dilakukan dengan cara menarik substrat dari kolam. Jika substratnya eceng gondok, periksalah akarnya.

Gambaran Telur Ikan Mas Koki 

Tips sukses pemijahan ikan mas koki dalam hal telur, jika di akar eceng gondok telah menempel telur-telur koki yang berwarna putih transparan dan berbentuk bulat, berarti pemijahan telah selesai.

Kepastian terjadinya pemijahan juga dapat diketahui dengan meraba perut koki jantan. Jika perut koki jantan tampak kosong, berarti pemijahan telah selesai.

Telur yang dihasilkan satu pasang induk koki dapat mencapai 1000-2000 butir, bahkan koki tosa dan black moor dapat mencapai hingga 8000 butir.

Kadang-kadang sudah semalaman dikumpulkan, koki belum memijah juga. Hal ini bukan berarti pemijahan yang dilakukan gagal.

Tunggu saja malam berikutnya sampai kedua induk koki memijah. Jika pada malam berikutnya belum memijah juga, ada dua kemungkinan penyebab.

Penyebab pertama adalah koki jantan yang dipilih kurang agresif. Untuk mengatasinya, perlu ditambahkan koki jantan lain kedalam kolam pemijahan. 

Koki jantan yang dimasukkan usahakan mempunyai ukuran tubuh lebih kecil daripada betinanya untuk memijah. 

Penyebab kedua adalah koki betina belum mencapai kematangan telur, sehingga perlu diganti dengan betina lain yang benar-benar siap bertelur.

Setelah pemijahan, kedua induk harus  segera diangkat dari kolam pemijahan dan dikembalikan kedalam kolam pemisahan induk berdasarkan jenis kelaminnya.

Kedua induk dapat dipijahkan kembali sekitar 20 hari kemudian. Jika terlambat mengangkat dan mengembalikan induk koki, telur-telur koki akan dimakan sendiri oleh induknya.

Untuk menghindari sinar matahari secara langsung atau air hujan, diatas tumbuhan air (substrat) yang ditempeli telur dapat dipasang penutup dari daun kelapa atau anyaman bamboo(gedek).

Patut diperhatikan, telur dan burayak koki sangat rentan terhadap perubahan air dan suhu. Untuk itu tips sukse pemijahan ikan mas koki ini diperhatikan dengan teliti.

C.PENETASAN TELUR

Pemijahan ikan mas koki selanjutnya, dalam waktu 3-4 hari telur akan menetas menjadi banyak. Penetasan ini tergantung pada suhu air. Semakin hangat air, semakin cepat telur menetas.

Telur yang tidak menetas, baik yang menempel di substrat maupun yang tenggelam di dasar kolam, harus segera dibuang. 

Telur yang tidak menetas ini dapat mengurangi pasokan oksigen di dalam air dan membusuk menjadi sarang penyakit.

Sambil menunggu menetas, telur dapat dirawat seperlunya dengan mengganti air kolam. Penggantian ini tidak dilakukan secara total, cukup separuh air kolam.

Penggantian dilakukan dengan menggunakan selang plastic. 

Arus yang ditimbulkan oleh penambahan air baru jangan sampai mengenai telur yang menempel disubstrat karena telur akan terlepas dan tidak menetas.

Setelah menetas, burayak akan menempel di dinding kolam. Jika burayak berada dipermukaan air, berarti air didalam kolam kekurangan oksigen.

Agar burayak tidak mati, perlu dilakukan aerasi dengan memompakan oksigen kedalam air. Burayak yang mati akan tampak putih didasar kolam.

Sebelum berumur 6 hari, burayak tidak perlu diberi pakan karena masih mempunyai cadangan pakan dalam kantung kuning telurnya. Setelah itu barulah burayak diberi pakan kutu air.

Menurut pengalaman penulis, jenis pakan ini tidak kutu air mengandung zat-zat yang berguna untuk menghasilkan warna dan membentuk tubuh ikan. 

Pakan ini diberikan dua kali sehari, yaitu pada pukul 10.00 pagi dan pukul 15.00  sore.

Porsinya sekitar 2 sendok makan kutu air untuk 1000 ekor burayak. Pemberian kutu air yang berlebihan akan menyebabkan pasokan oksigen dalam air kurang.

Lebih parah lagi, bisa-bisa kutu menyerang burayak koki. Kutu air ini diberikan hingga burayak berumur 2 minggu. Jika kutu air tidak bisa disediakan, kuning telur bisa diberikan sebagai penggantinya.

Porsinya, kuning telur dari sebutir telur digunakan untuk 1000 ekor burayak. Berikut langkah dan tips sukses pemijahan ikan mas koki terakhir.

Pemijahan Ikan Mas Koki - PENDEDERAN

Pemijahan ikan mas koki, setelah berumur 2 minggu, benih koki dipindahkan dari kolam pemijahan ke kolam pendederan. 

Untuk 1 kolam pendederan berukuran 4x6 m, jumlah populasi yang bisa dimasukkan sebanyak 1000 ekor koki.

Makanan Burayak Mas Koki

Setelah pemijahan ikan mas koki selesai, saatnya memelihara burayak koki. 

Dikolam pendederan, benih mulai diberi pakan cacing sutera (tubifexsp) yang disaring dengan saringan berdiameter 0,5 mm. 

Pemberian cacing sutra ini berguna untuk menggemukkan dan memacu pertumbuhan koki.

Setelah berumur 20 hari, sebagian benih koki sudah dapat dijual kepasar untuk dibesarkan oleh peternak lain. Hasil penjualannya dapat digunakan untuk membeli pakan koki yang akan kita besarkan.   

Jangan lupa baca juga yuk:
Makanan Ikan Mas Koki Agar Cepat Besar Selain Pelet
Harga Ikan Mas koki Terbaru Sekarang Ini
Jenis Ikan Mas Koki Termahal Beserta Gambarnya
Mengenal Ikan Mas Koki Black Moor Secara Detail
 


Nah, selesai sudah uraian singkat tentang pemijahan ikan mas koki ini. Semoga membawa jawaban dari pertanyaan sobat untuk mempelajari cara budidaya ikan mas koki dari awal pendederan sampai panen.