April 18, 2017

Makanan Ikan Mas Koki Agar Cepat Besar Selain Pelet

Makanan Ikan Mas Koki Agar Cepat Besar Infoikan.com Sudah tahu makanan alami ikan mas koki? atau ingin tau cara merawat ikan mas koki agar tidak cepat mati? Siapa sih yang tak kenal mas koki, salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Pada umumnya mas koki memiliki bentuk dan warna tubuh yang unik dan cantik serta indah. Maka tak heran sekarang ini harga makanan ikan koki lumayan mahal. 

Jenis ikan mas koki sendiri beraneka ragam, begitu juga cara merawatnya ada yang menggunakan aerator tambahan oksigen dan ada juga merawat ikan mas koki tanpa oksigen atau tambahan aerator. Dapat hidup sih, akan tetapi menyesuaikan dengan cuaca dan keadaan pH air tempat Anda tinggal. Mudahnya merawat koki tak semudah memberikan jenis pakan yang pas dan cocok, untuk itu berikut ini beberapa jenis makanan ikan mas koki agar cepat besar dengan pakan alami.

Makanan Ikan Mas Koki Agar Cepat Besar


Beberapa Jenis Makanan Ikan Mas Koki Agar Cepat Besar Selain Pelet

Di Indonesia ikan mas koki sangat digemari dan diburu oleh pecint ikan hias, terutama para remaja dan anak-anak. Tak lupa oleh orang tua sebagai peluang usaha dan bisnis ikan hias tentunya.

Bentuk tubuh bulat dan sangat lucu saat berenang kesana-kemari dengan tambahan warna yang cantik membuat yang melihat semakin gemas dan ingin memilikinya. Cara merawat ikan mas koki sendiri sangat mudah, jika temperatur di tempat Anda tinggal bagus, tanpa oksigen ikan koki ini dapat hidup.

Akan tetapi jika temperatur dan ph air sangat panas dan kurang bagus buat ikan koki, lengkapilah akuarium tempat mas koki ini dengan alat tambahan berupa filtrasi atau aerator.

Untuk jenis makanan, ikan mas koki tidak terlalu memilih. Bukan berarti semua pakan pelet dapat Anda berikan, tapi sobat juga harus dapat memiliki jenis pakan yang memiliki kandungan nutrisi yang bagus buat mas koki ini. Untuk tu, berikut ini beberapa macam makanan ikan mas koki agar cepat besar selain pelet. 

Jenis Makanan Ikan Mas Koki Alami dan Pelet
1. Makanan Ikan Mas Koki - Jenis Pelet
Makanan Ikan Mas Koki Agar Cepat Besar
tokopedia.com

Jika Anda menginginkan perkembangan dan pertumbuhan tubuh ikan mas koki cepat besar, pakan pelet menjadi satu solusinya dan sudah banyak yang menggunakannya. Hal ini karena kandungan gizi yang sudah lengkap, baik pakan untuk cepat gemuk, maupun tambahan gizi dan nutrisi serta berat badan naik terutama jenis pakan untuk warna atau membuat jambul koki.

Anda dapat memilih jenis pakan pelet ini, baik pelet apung atau pun yang dapat tenggelam. Jika mas koki Anda berdorsal seperti koki orando, ryukin, dan demekin, bagusnya pilih jenis pelet apung. 

Sedangkan jika merawat mas koki yang non-berdorsal seperti koki lionhead dan koki ranchu, Anda dapat membeli pakan pelet yang tenggelam. 

2. Makanan Ikan Mas koki Agar Cepat Besar - cacing Sutera
Makanan Ikan Mas koki Agar Cepat Besar

Penyebab hewan ini dinamakan cacing sutera karena memiliki bentuk tubuh yang halus seperti sutera. Pakan alami ikan mas koki ini sangat bagus, akan memberikan manfaat mampu merangsang tumbuhnya jambul sekaligus sangat bagus buat pertumbuhan badan ikan terutama mas koki.  

Yang perlu diperhatikan yaitu sebelum memberikan pakan mas koki, alangkah baiknya cacing sutera di cuci dulu jika berasal dari tempat yang kotor. Akan tetapi jika hasil beli dari toko yang sudah dibekukan, langsung diberikan saja.

3. Cacing Darah
Makanan Ikan Mas koki Agar Cepat Besar
jitunews.com

Makanan ikan mas koki agar cepat besar berikutnya adalah cacing darah. Pakan alami mas koki ini biasa disebut bloodworm. Kandungan cacing darah terutama nutrisinya sangat bagus buat pertumbuhan. Tak hanya itu, lemak, protein, dan mineral juga ikut andil untuk membantu kebutuhan tubuh mas koki agar warnanya semakin cerah. 

Untuk dapat cacing darah, Anda dapat membeli di toko terdekat kota Anda yang sudah dibekukan. Atau kalau ingin gratis dapat mencari di alam sekitar sobat.

4. Makanan Ikan Mas Koki Agar Cepat Besar - Kutu Air  

Makanan Ikan Mas Koki Agar Cepat Besar

Salah satu hewan yang memiliki bentuk dan ukuran tubuh sangat kecil ini ternyata mampu merangsang berbagai macam ikan hias terutama mas koki. Kutu air sangat bagus buat pakan koki. Hal ini karena kandungan nutrisinya sangat tinggi.

Sudah banyak yang membuktikan kalau kutu air ini mampu menyokong dan memenuhi kebutuhan gizi ikan sehari-hari. Akan tetapi, kutu air ini biasanya digunakan untuk diberikan pada jenis ikan kecil seperti, anakan dan burayak mas koki, ikan cupang, ikan guppy, dan ikan hias lainnya. Kutu air ini merupakan pakan ikan koki saat proses pembesaran.

Demikianlah sikit berbagi tentang makanan ikan mas koki agar cepat besar selain pelet. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba merawat mas koki.