Hama Ikan Gurame dan Cara Mencegahnya yang Sudah Teruji

Hama Ikan Gurame infoikan.com Sudah tahu penyebab ikan gurame mati mendadak? Atau ingin tahu obat otc untuk ikan gurame?

Siapa sih yang tak kenal hama, merupakan salah satu penyebab berubahnya ikan konsumsi yang kita pelihara mengalami gangguan, baik terlihat maupun yang tertutup.

Penanggulangan Hama Ikan Gurame 

Hama adalah organisme yang dapat menimbulkan gangguan pada ikan budidaya, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hama dapat berupa predator, kompetitor, atau perusak sarana. 

Apabila masih ada cara yang dapat dilakukan dan ternyata memberikan hasil baik, maka obat-obatan tidak perlu di gunakan, apalagi bat-batan sering menimbulkan masalah baru yang merugikan, misalnya lahirnya generasi penyakit yang tahan terhadap obat-obatan yang di berikan. 

Berupa pintu yang tidak memungkinkan organisme menerobos ke dalam kolam, menutu permukaan kolam, dan memagar daerah sekitar kolam. 

Beberapa hama ikan gurame yang kemungkinan dapat mengganggu ikan di kolam terpal adalah sebagai berikut. 

Baca:
Umpan Ikan Gurame Liar, Kolam Harian dan Malam Hari

Hama Ikan Gurame

Hama Ikan Gurame


INSEKTA 


Kolam terpal mudah di serang insekta. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang dapat di lakukan. Insekta biasanya di tangkap dengan menggunakan jaring dengan ukuran mata jaring kecil. 

Membersihkan rumput dan tumbuhan lain yang ada di sekitar kolam terpal juga merupakan tindakan yang efektif untuk merusak telur maupun larva insekta. 
Katak dan ular. 

Katak yang kelaparan akan memakan benih ikan. Katak dapat di berantas dengan cara menagkapnya satu per satu dengan menggunakan jaring. 

Cara lain yang efektif dalam menanggulangi hama katak adalah dengan membuang telur-telurnya yang biasanya mengapung di air. 

Hama ular yang biasanya menyerang ikan, jarang menyerang ikan pada kolam budidaya yang selalu di kontrol. 

Serangan ular dapat di tanggulangi dengan cara menangkap ular tersebut. Penangkapan ular dilakukan pada sore atau malam hari dengan menggunakan jaring atau di pukul dengan sebilah bambu atau sepotong kayu. 

Baca:
Teknik Budidaya Gurame Hemat Biaya dengan Pakan Alami

Hama dan Penyakit Ikan Gurame serta Cara Mengatasinya

Burung dan mamalia 

Hama Ikan Gurame


Burung dan mamalia pemakan ikan dapat di hentikan dengan cara memasang perangkap untuk menangkapnya. 

Perangkap ini hendaknya di ikat dengan kuat ke pohon atau ke patok yang di tanam cukup dalam dan kuat agar tidak terbawa lari oleh burung atau mamalia. 

Dalam menanggulangi burung dan mamalia adalah dengan memasang umpan ikan yang telah di bubuhi racun. 

Penggunaan umpan ikan beracun ini harus hati-hati sebab dapat termakan oleh ikan peliharaan. 

Permukaan kolam terpal yang di tutup dengan menggunakan jaring juga dapat menghindari serangan burung. 

Baca juga:
Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Cepat Besar


Dengan usaha menyediakan semua peralatan di atas, diharapkan jenis hama ikan gurame bisa teratasi dan tidak mudah masuk dalam kolam terpal yang kita buat, sehingga pertumbuhan dan kesehatan ikan akan selalau terjaga.
loading...

0 komentar