Pakan Ikan Bawal Selain Pelet di Sekitar Kita Mudah di Dapat

Pakan Ikan Bawal Slain Pelet infoikan.com Sudah tahu Makanan Ikan Bawal Kolam? Atau ingin tahu makanan favorit ikan bawal air tawar?

Dengan persiapan kolam serta teknik penebaran benih yang baik, kelangsungan hidup benih dapat terjamin,yakni di tandai dengan kondisi benih tidak menggantung di permukaan air dan menyebar ke seluruh areal kolam. 

Pakan alami yang tersedia biasanya hanya bisa mencukupi kebutuhan benih beberapa hari saja. Oleh karena itu, harus di beri pakan tambahan. 

Pakan tambahan terdiri dari dua jenis yaitu tepung dan butiran. Tepung untuk memenuhi kebutuhan ikan mulai dari larva hingga benih dan butiran untuk benih hingga konsumsi. 

Pakan buatan berbentuk butiran ada dua macam, yaitu pakan terapung dan pakan tenggelam. 

Untuk menentukan jenis pakan ikan bawal selain pelet tersebut dan supaya ikan bawal cepat besar, harus di sesuaikan dengan kebiasaan makannya atau habitatnya. 

Bawal merupakan jenis ikan yang berasal dari sungai dan memiliki kebiasaan menentang arus. 


Pakan Ikan Bawal Selain Pelet

Pakan Ikan Bawal Selain Pelet


Bagi Anda yang sedang memelihara ikan konsumsi terutama memperkembangkan ternak ikan bawal, untuk makanan biasanya biasanya sudah tersedia di toko berupa pelet.

Untuk pakan ikan bawal selain pelet, Anda bisa baca selengkapnya pada pembahasan lalu yakni:


Disitu sudah tersedia berbagai macam jenis pakan dari mulai makanan alami hingga pakan pelet, baik untuk di kolam terpal maupun kolam tanah segala cuaca serta bagaimana cara memberikan pakan yang baik.


Penentuan jenis pakan ikan bawal

Pakan Ikan Bawal Selain Pelet


Jenis terapung lebih cocok daripada pakan yang tenggelam. Karena pakan terapung selalu di permukaan air sehingga ikan bawal berpeluang lebih cepat untuk memburu dan menangkapnya. 

Selain itu, pakan terapung memiliki ketahanan lebih lama sehingga tidak mudah bercampur  dengan air. 

Hal ini karena setiap jenis ikan yang ukurannya berbeda akan memiliki bukaan mulut yang berbeda. 


Penentuan tempat pemberian pakan 


Pemberian pakan bisa di mana saja selama ikan mau makan. Ada yang menyebarkan hampir seluruh bagian kolam, ada yang memberi ada yang memberi pakan dekat pintu pemasukan, bahkan di bagian lain dari kolam. 

Agar semua ikan dapat menemukan pakan yang di berikan dengan mudah, pemberian pakan sebaiknya di fokuskan di bagian tengah kolam. 

Caranya dengan membuat jembatan bambu ke areal tersebut. Selain itu, dengan di  tetapkan tempat pemberian pakan, ikan bawal akan terbiasa untuk mendapatkan pakan di areal tersebut. 

Baca juga:
Umpan Ikan Bawal Galatama Ampuh untuk Pemancing Pemula


Penentuan sistem pemberian pakan dan jumlah pakan

Pakan Ikan Bawal Selain Pelet


Sistem pemberian pakan dengan menetapkan waktu dan jumlah pakan. Pada sistem perioodik, pemberian pakan di tetapkan tiga kali, yaitu pagi, siang, dan sore dengan jumlah pakan yang di berikan 3-5%. 

Secara material pekerjaan, pemberian pakan dengan sistem periodik memang cukup efisien, tetapi dalam hal pakan tidak efisien kkarena sering kali banyak pakan yang terbuang. 


Cara pemberian pakan tambahan


Tidak ada perbedaan cara pemberian pakan tambahan antara pemeliharaan bawal dengan ikan jenis lainnya, yakni dilakukan dengan cara di tebar. 

Pemberian pakan tidak boleh sekaligus, tetapi dilakukan secara bertahap atau sedikit demi sedikit dan sesuai dengan jumlah ikan yang memburu tempat pakan. 

Baca uga:

Panduan Lengkap Pembenihan Ikan Bawal

Kiat agar nafsu makan ikan tetap tinggi


Dalam usaha pembesaran, pembudidaya akan merasa senang bila ikan bawal peliharaannya memiliki nafsu yang tinggi ketika makan. Terutama saat menyantap pakan ikan bawal selain pelet.

Kondisi ini di anggap sangat menguntungkan karena bisa memacu pertumbuhan ikan. Namun, perlu hati-hati karena bisa saja yang terjadi malah sebaliknya. 

Penyebabnya karena faktor alam seperti cuaca hujann dan cuaca redup atau bisa juga karena faktor manusia seperti salah satu dalam melakukan pengelolaan. 


Tidak mengganti jenis pakan


Tidak mengganti jenis pakan merupakan salah satu cara untuk menjaga agar nafsu makan ikan tetap tinggi karena setiap jenis pakan memiliki karakter masing-masing. 

Terutama aroma dan rasanya. Perubahan sedikit saja pada keduanya, bisa di rasakan ikan. Keadaan ini bisa berakibat buruk pada ikan, yakni ikan di paksa untuk beradaptasi kembali dengan pakan yang berbeda tersebut. 

Untuk beradaptasi kembali dengan pakan yang berbeda tersebut. 

Baca juga:
Prospek Bisnis Ikan Bawal yang Menjanjikan


Tidak memindahkan tempat pemberian pakan

Pakan Ikan Bawal Selain Pelet


Tidak memindahkan tempat pemberian pakan tambahan menjadi cara berikutnya agar nafsu makan tetap tinggi karena bawal mudah akrab dengan tempat pemberian pakan yang telah di binasakan. 

Tempat makan bisa di ibaratkan sebagai meja makan. Bila di pindah-pindah, tentu ikan bawal harus menyesuaikan kembali dengan tempat barunya tersebut. 


Melakukan padat penebaran yang optimal 


Kepadatan yang di sesuaikan dengan sifat ikan dan daya dukung tempat pemeliharaan. Artinya, tidak terlalu padat, tetapi juga tidak terlalu sedikit jarang sehingga pemberian pakan ikan bawal selain pelet ini akan maksimal terutama mengenai pertumbuhan.

Terlalu padat kurang baik karena tidak akan mendukung pertumbuhan ikan dan mempersempit ruang gerak ikan, pengambilan oksigen dan kebutuhan lainnya. 

Sementara bila terlalu jarang juga kurang baik karena kolam menjadi terlalu luas bagi ikan sehingga membuat nafsu makan ikan berkurang. 

Hal ini karema pada saat di beri makan di suatu tempat yang sudah ditentukan, ikan sedang berada di tempat lain sehingga tidak segera mengetahui pakan yang di berikan. 


Membuang air bagian dasar


Karena kualitas air pada dasar kolam lebih buruk dari air  di permukaan, dimana pada bagian ini akan tertumpuk kotoran ikan, sisa pakan dan kotoran lainnya yang tidak berguna. 

Karena setelah dua minggu sejak penebaran ¼ bagian air kolam dibuang. Aranya dengan membuka pintu air dan biarkan air dasar kolam keluar, selanjutnya kolam di airi kembali hingga mencapai ketinggian semula. 


Menjaga kualitas air 


Menjaga kualitas air bisa menjadi cara untuk menjaga agar nafsu makan tetap tinggi karena air adalah lingkungan hidup bagi ikan. 

Dalam lingkungan yang baik, ikan akan memiliki nafsu makan yang tinggi. Sebaliknya, dalam lingkungan yang buruk, nafsu makan ikan akan rendah. Jangankan untuk makan, untuk mempertahankan hidup saja sulit. 

Baca ini:
Cara Budidaya Ikan Bawal yang Menguntungkan


Pakan Ikan Bawal Selain Pelet - Perawatan di Kolam

Pakan Ikan Bawal Selain Pelet


Pengelolaan menjadi suatu keharusan dalam budidaya ikan. Khususnya dalam usaha pembesaran. Pengelolaan bisa menjadi suatu pertanda sejauh mana keseriusan seseorang dalam melakukan usahanya. 

Dalam upaya mendapatkan hasil yang maksimal selama dalam pemeliharaan, pengelolaan harus di lakukan secara total. 

Demikian juga dengan pengontrolan kondisi ikan. Hal ini justru yang paling penting. Segala macam yang terjadi pada ikan harus dapat diketahui dengan pasti sehingga bisa cepat di tanggulangi. 

Bila nafsu makannya menurun, harus segera di cari penyebabnya, kemudian melakukan berbagai tindakan sesuai dengan kiat-kiat dalam meningkatkan nafsu makan ikan tetap tinggi dan pemeliharaan berjalan sesuai dengan yang di harapkan. 

Dengan pengontrolan yang rutin, pembudidaya juga bisa mengetahui bila ada perubahan yang terjadi pada tingkah laku ikan. Pakan ikan bawal selain pelet ini akan memeberikan efek yang sangat baik untuk perkembangan ikan bawal.

Dari sini sobat bisa menyediakan beberapa makanan yang dirasa mudah didapat, karena makanan alami ikan bawal ini untuk sekarang sedikit sulit didapatkan.
loading...

0 komentar