Makanan Ikan Gurame Alami dari Bahan Organik&Pelet Cepat Besar

Makanan Ikan Gurame infoikan.com Sudah tahu makanan ikan gurame biar cepat besar? Atau ingin tahu jenis pelet ikan gurame?

Pakan merupakan faktor penting dalam memacu pertumbuhan jenis ikan ini. Salah satu faktor yang di ketahui terkait dengan keterlambatan pertumbuhan gurami adalah faktor pakan. 

Daun - daunan merupakan pakan alami yang di sukai gurame sehingga di gunakan sebagai perangsang nafsu makan. 

Karena itu, pakan yang ideal untuk memacu pertumbuhan gurame adalah pakan yang mengandung gizi lengkap, yaitu protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. 

Berikut ini beberapa jenis makanan ikan gurame alami dan buatan yang ada di sekitar kita mudah didapat cepat besar untuk budidaya pemeliharaan.

Makanan Ikan Gurame

Makanan Ikan Gurame


Pakan buatan Ikan Gurame

Baca juga:
Teknik Budidaya Ikan Gurame Hemat Biaya dan Menguntungkan
Bumbu Ikan Gurame Bakar Asam Manis Enak dan Lezat

Umpan Ikan Gurame Liar, Kolam Harian dan Malam Hari

Pakan buatan yang di berikan kepada gurame dapat berupa tepung, remah, pelet. Tepung dan remah di berikan kepada benih, sedangkan pelet di berikan kepada gurami dewasa. 

Pakan buatan dalam bentuk pelet sudah tersedia di toko-toko pertanian/perikanan. Pelet yang tersedia mempunyai kandungan gizi tertentu. 

Pembudidaya tinggal memilih pelet sesuai dengan kebutuhan ikan budiddaya. Pelet untuk gurame minimal mengandung 20% protein. 

Sedangkan untuk gurame yang kecil membutuhkan pelet dengan protein lebih tinggi. Gurami ukuran 0,27 g membutuhkan pakan yang mengandung protein 43,395 dan 8 kkal g pakan. 

Protein merupakan komponen yang penting dalam pembuatan pakan ikan. 

Karenanya dalam penyusunan bahan pakan, dengan menghitung kandungan protein pakan,kebutuhan nutrisi gurame budidaya sudah dapat dipenuhi. 

Selain protein komponen nutrisi lain yang penting dan harus tersedia dalam pakan ikan antara lain lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

Lemak berfungsi sebagai sumber energi yang paling besar di antara protein dan karbohidrat. 

Satu gram lemak dapat menghasilkan 9 kkal per gram, sedangkan karbohidrat dan protein hanya menghasilkan 4 kkal per gram. 

Lemak juga menjadi sumber asam lemak, fosfolipid, kolestrol, dan sebagai pelarut pada proses penyerapan vitamin A, D, E dan K. 

Makanan Ikan Gurame


Selain itu, lemak juga berfungs membantu proses metabolisme, osmoregulasi, dan menjaga keseimbangan daya apung ikan dalam air serta memelihara bentuk dan fungsi membran jaringan. 

Pakan yang baik mengandung lemak atau minyak anntara 4-8% dan berlebihan. Dalam pakan buatan, kadar lemak tidak boleh berlebihan. 

Sebagai ikan herbivora, gurami dapat memanfaatkan karbohidrat tanaman. Ikan gurami ukuran 25 g yang di berikan pakan yang mengandug karbohidrat 39,15-41,48% memberikan pertumbuhan terbaik, sedangkan untuk benih gurame antara 26,50-27,04%. 

Karbohidrat dalam makanan ikan terdiri dari serat kasar dan bahan ekstrak tanpa nitrogen. Kandungan serat kasar yang tinggi dalam pakan ikan akan mempengaruhi daya cerna dan penyerapan di dalam alat pencernaan ikan. 

Fungsi utama vitamin secara umum adalah sebagai bagian dari enzim atau ko-enzim sehingga dapat mengatur berbagai proses metabolisme, mepertahankan fungsi sebagai jaringan tubuh, mempengaruhi pertumbuhan dan pembentukansel-sel baru, dan membantu dalam pembuatan  zat-zat tertentu dalam tubuh. 

Pakan buatan untuk gurami harus mengandung nutrisi yang cukup untuk memcu pertumbuhan gurami. 

Makanan Ikan Gurame Alami

Makanan Ikan Gurame

Pakan Alami Ikan Gurame

Baca juga:
Teknik Budidaya Ikan Gurame Kolam Terpal yang Berhasil
Obat Penyakit Ikan Gurame yang Sudah Teruji

Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Hasil Melimpah

Pakan alami adalah pakan yang di berikan kepada gurami dalam kondisi alami, tanpa di olah. Dalam budidaya gurami ekstensif, pakan alami d rangsang untuk tumbuh di kolam dengan cara melakukan pengolahan dan pemupukan. 

Pakan alami ini kemudian menjad pakan utama bagi gurami. Setelah dewasa, gurami menyukaipakan alami berupa tumbuhan air, seperti azolla, lemna, hydrilla, ceratophyllum, myphyllum, pistia, kangkung, dan ganjer. 

Pakn alami lain berupa tumbuhan darat yang di sukai gurame, antara lain daun talas, daun pepaya, daun ubi kayu, dan kangkung. 

Pada kegiatan pembesaran, pakan yang di berikan kepada gurami berupa pelet dan pakan alami berupa daun-daunansebagai tambahan. 

Sementara itu, pakan alami berupa talas, daun pepaya, daun ubi kayu dan kangkung bisa di sediakan sendiri. 

Khususya pndederan dan pembesaran, termasuk dikolam terpal, pakan alami hanya merupakan pakan tambahan.

Makanan Ikan Gurame berupa daun – daunan di berikan gurami sebanyak 5-10% dari bobot tubuh setiap hari atau setiap seminggu sekali.
loading...

0 komentar