Ini Dia Penyakit Ikan Patin dan Obat Alaminya Cepat Sembuh

Penyakit Ikan Patin infoikan.com Beberapa macam jenis dan hama ikan patin sebetulnya sudah dibahas, namun kali ini hanya spesifik lagi mengenai penyakit saja.

Kejadian ini dialami oleh sebgai peternak ikan konsumsu khususnya ikan patin yang menemukan jenis penyakit di dalam kolam.

Dari sinilah dapat diteliti dengan cara mengambil sampel badan ikan yang terdapat luka-luka kemudian diobati secara alami.

Untuk memudahkan menemukan nama obat alami tersebut, selanjutnya dibuatkan racikan lengkap dari tanaman liar yang berbentuk cairan juga kapsul berbubuk.

Tentunya obat penyakit patin ini dapat dengan mudah bisa Anda cari di toko terdekat dimana sobat berdomisili. Adapaun kriteria jenis penyakit ikan patin dan obatnya bisa dilanjut baca berikut.

Baca: Jenis Hama Ikan Patin dan Cara mengatasinya

Penyakit Ikan Patin

Penyakit Ikan Patin


Penyakit Ikan Patin NON-INFEKSI 


Penyakit yang timbul akibat adanya gangguan faktor yang bukan patogen, seperti keracunan dan kekurangan gizi. 

Keracunan 

Ada beberapa faktr yang menyebabkan ikan patin keracunan, antara lain pemberian pakan yang kualitasnya  kurang baik dan terjadinya pencemaran air yang di sebabkan oleh bahan organik, seperti sisa pakan yang telah membusuk. 

Tanda ikan patin yang keracunan dapat di lihat dari cara berenangnya yang megap-megap di permukaan air. 

Keracunan pada ikan sebenarnya dapat di cegah. Caranya adalah dengan memberikan pakan yang sesuai dengan anjuran. Selain itu, media budidaya harus senantiasa bersih. 

Kekurangan gizi 

Kekurangan gizi umumnya di sebabkan oleh pemberian pakan tambahan yang kurang bermutu. Akibatnya, ikan terlihat kurus, kepala relatif besar, dan gerakan kurang lincah. 

Untuk mencegah agar ikan patin tidak kekurangan gizi, pemberian pakan harus dalam jumlah cukup, mengandung protein yang tinggi, serta dilengkapi dengan vitamin dan mineral. 

Baca juga: Teknik Pembesaran Ikan Patin yang Benar

Penyakit Ikan Patin AKIBAT INFEKSI 

Penyakit Ikan Patin


Penyakit yang di sebabkan parasit

Bintik putih atau lebih populer dengan sebutan white spot merupakan jenis penyakit yang sering menyerang patin. 

Penyakit ini di sebabkan oleh sejenis parasit bernama ichtyophtirius multifiliis. Patin yang masih berumur 1-6 minggu sangat rentan terserang penyakit ini. 

Gejala serangan penyakit ini dapat di lihat dengan adanya bintik-bintik putih di tubuh ikan, terutama lapisan lendir kulit, sirip, dan lapisan insang. Selain itu, ikan juga terlihat berenang tidak normal.

Penyakit Ikan Patin di sebabkan bakteri 


Jenis bakteri yang sering menyerang ikan aptin adalah aeromonas sp. Dan pseudomonas sp. Penyakit ini menyerang bagian perut, dada, dan pangkal sirip. 

Serangan yang parah akan menyebabkan perdarahan dan lendir pada patin. 

Jika sudah demikian, patin sulit di sembuhkan dan harus segera di musnahkan agar tidak menular kepada patin yang lain. 

Jika belum parah, pengobatan yang dapat di lakukan adalah merendam ikan tersebut ke dalam larutan pk sebanyak 10-20 ppm selama 30 -60 menit. 

Adapun obat-obatan lain yang dapat di gunakan adalah larutan notrofuran sebanyak 5-10 ppm atau larutan oksitetrasiklin sebanyak 5 ppm. Pengobatan atau perendaman dengan obat ini di lakukan selama 12-24 jam. 

Selain merendam ikan, pengobatan dapat pula dilakukan dengan mencampurkan obat-obatan ke dalam pakan patin. 

Salah satu obat yang dapat di gunakan adalah chloromycetin sebanyak 1-2 gr untuk setiap 1 kg makanan. 

Baca: Pembesaran Ikan Patin Secara Intensif

Penyakit Ikan Patin di sebabkan jamur 

Penyakit Ikan Patin


Jenis jamur yang sering menyerang ikan patin adalah dari golongan achlya sp. Dan saprolegnia sp. 

Serangannya biasa terjadi ketika terdapat luka menganga di tubuh ikan akibat penanganan yang kurang tepat, baik ketika melakukan pemanenan maupun pada proses pengangkutan. 

Luka tersebut selanjutnya di tumbuhi benang-benang halus berwarna putih hingga kecoklatan. 

Tindakan yang bisa di lakukan untuk mencegah serangan jamur ini adalah dengan menjaga kualitas air dan melakukan panen dengan baik agar ikan-ikan aptin tidak mengalami luka-luka. 

Namun, jika patin terlanjur terserang, segera rendam ikan tersebut ke dalam larutan malachyte green oxalate dengan dosis 2-3 gr per m3 air selama 30 menit. 

Lakukan pengobatan ini selama tiga hari berturut-turut.  

Bagi Anda yang saat ini sedang ternak patin, kenali semua jenis penyakit ikan patin di atas, secara otomatis sobat juga akan menemukan obat yang cocok untuk menyembuhkannya.
loading...

0 komentar