Teknik Budidaya Ikan Bawal Air Tenang Tanpa Ganti Air

Budidaya Ikan Bawal Air Tenang infoikan.com Usaha pembesaran ikan bawal dapat dilakukan dimana saja, termasuk dikolam pekarangan, dengan skala kecil dan biaya yang tidak terlalu besar. 

Persiapan Kolam Ikan Bawal

Lingkungan yang optimal dan sesuai dengan kebutuhan ikan bawal akan menunjang ikan bawal untuk hidup dengan baik dan tumbuh dengan cepat. 

Perlu dipersiapkan kolam untuk pembesaran yang meliputi beberapa kegiatan seperti penjemuran kolam perbaikan pematang, pengolahan tanah dasar, pembuatan kemalir, perataan tanah dasar, pengapuran,  dan pengairan. 

Penjemuran kolam Bawal

Kolam dilakukan setelah panen, yakni ketika kolam sedang kering dan selanjutnya di jemur di bawah sinar matahari. 

Penjemuran berlangsung selama 4-7 hari atau tergantung cuaca. Dalam cuaca panas, hanya membutuhkan waktu 4 hari. Sedangkan dalam cuaca redup, misalnya musim hujan, penjemuran bisa berlangsung selama 1 minggu. 

Perbaikan pematang Kolam

Kegiatan perbaikan pematang Budidaya Ikan Bawal Air Tenang dilakukan setelah pengeringan atau ketika tanah dasar mulai kering. Biasanya, kegiatan ini dilakukan pada hari ketiga setelah panen. 

Perbaikan pematang penting untuk dilakukan mengingat tujuan utama dari perbaikan pematang adalah menghindari kolambocor sehingga ketika di isi air yang masuk bisa di hemat. 

Baca Juga:
Teknik Budidaya Ikan Bawal di Tambak Cepat Panen

Prospek Bisnis Ikan Bawal Menjanjikan Keuntungan

Budidaya Ikan Bawal Air Tenang

Budidaya Ikan Bawal Air Tenang


Pengolahan tanah dasar 


Setelah perbaikan pematang selesai, langkah selanjutnya dalam persiapan kolam adalah pengolahan tanah dasar. 

Caranya adalah mencangkul seluruh bagian tanah dasar, tetapi tidak boleh terlalu dalam. Untuk kolam yang telah berkali-kali di gunakan, pengolahan tidak cukupdengan mencangkul, tetapi juga harus di bijak. 

Peengolahan tanah dasar bertujuan agar tanah dasar kedap air, strukturnya baik, dan higenis. Tanah dasar yang kedap yang baik dapat memperlancar proses penguraian bahan organik sehingga pakan alami dapat tumbuh dengan baik. 

Baca:

Mengenal Ikan Bawal yang Mahal di Pasaran

Pembuatan kemalir dan kobakan

Budidaya Ikan Bawal Air Tenang


Bahwa kemalir memiliki dua fungsi utama, yakni sebagai berlindung ikan pada siang hari dan sebagai tempat berkumpulnya ikan saat panen. 

Kemalir biasanya rusak akibat gerakan air selama pemeliharaan ikan dan saat panen sehingga tidak dapat berfungsi lagi. 

Pembuatan kemalir dilakukan dengan cara memasang empat patok bambu, dua dekat pintu pemasukan dan dua dekat pintu pembuangan. 

Selain kemalir, juga perlu di buat kobakan yang berfungsi sebagai tempat untuk menangkap ikan ketika panen. 

Oleh karena itu, letak kobakan harus lebih rendah dari dasar kemalir. Kobakan di buat berukuran panjang 2 m, lebar 1 m, dan tinggi 25 cm. 

Baca juga:

Panduan Lengkap Pembenihan Ikan Bawal

Perataan tanah dasar

Budidaya Ikan Bawal Air Tenang


Untuk kolam Budidaya Ikan Bawal Air Tenang, dasar kolam harus rata, tetapi bukan berarti datar. Dengan demikian, keadaannya harus melandai ke arah kemalir. 

Tanah dasar yang demikian sangat membantu ikan untuk mendekati kemalir saat panen sehingga ikan-ikan akan dengan mudah berkumpul ke dalam kemalir dan memudahkan dalam penangkapan. 

Peralatan tanah dasar dilakukan dengan cara menarik tanah yang ada dekat kemalir ke arah pematang. 

Hal ini dilakukan karena setelah pembuatan kemalir banyak tanah yang menumpuk. 

Baca ini:

Makanan Favorit Ikan Bawal untuk Budidaya dan Mancing

Budidaya Ikan Bawal Air Tenang - Pengapuran Kolam

Budidaya Ikan Bawal Air Tenang


Pengapuran juga sangat penting dalam persiapan kolam. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan produktivitasnya tanah, terutama PH dan alkalinitas di dalam kolam biasanya turun. 

Pengapuran dilakukan setelah pembuatan kemalir, yakni dengan cara menyiramkan air ke kapur ke seluruh bagian tanah dasar dan pematang. 

Sebelum di tebar atau di siram, kapur di rendam terlebih dahulu dengan air. 

Untuk kapur yang sudah kering, pengapuran dapat dilakukan dengan cara menaburnya ke seluruh bagian tanah dasar pematang. 

Juga Baca:

Cara Budidaya Ikan Bawal Cepat Besar dan Panen

Budidaya Ikan Bawal Air Tenang - Pemupukan Kolam

Budidaya Ikan Bawal Air Tenang


Sebelum di gunakan kembali, kolam Budidaya Ikan Bawal Air Tenang ikan harus di buat subur terlebih dahulu. Satu jam untuk menciptakan kesuburan kolam adalah melalui pemupukan. 

Pemupukan juga bertujuan untuk mmengkultur pakan alami yang akan di manfaatkan sebagai makanan, terutama saat ikan baru di tebar hingga beberapa hari kemudian. 

Pakan alami memiliki beberapa kelebihan, di antaranya mengandung gizi yang lengkap, mudah di cerna, tidak usah dalam penyediaannya, dan yang terpenting lebih murah. 

Tiga hal penting yang harus di perhatikan dalam pemupukan adalah jenis pupuk, jumlah pupuk yang di gunakan, dan cara melakukan pemupukan. 

Jenis pupuk yang di gunakan berupa pupuk organik, yaitu kotoran ayam dan kootoran puyuh dan jumlah yang di butuhkan untuk setiap meternya adalah 0,5 kg. 

Pemupukan dilakukandengan cara menaburkan kle seluruh permukaan dasar kolam. 

jangan lupa:
Persiapan Usaha Budidaya Ikan Bawal

Budidaya Ikan Bawal Air Tenang - Pengairan Kolam

Budidaya Ikan Bawal Air Tenang


Pengairan menjadi tahap akhir dari prsiapan kolam . kegiatan ini bisa di lakukan setelah pemupukan, bisa juga sambil pemupukan. 

Caranya adalah dengan menutup pintu pembuangan. Penutupan pembuangan harus hati-hati agar tidak terjadi kebocoran. 

Selesai menutup pembuangan, pintu pemasukan di buka dan air di biarkan masuk ke kolam hingga mencapai rata-rata 10 cm. 

Lamanya proses pemasukan air sangat tergantung dari luas kolam, debit air, dan ktinggian air. Untuk kolam seluas 500 m2, debit 1o l/detik, dan ketinggian air 10 cm biasanya membutuhkan waktu antara 2-3 jam. 

Baca:
Pakan Ikan Bawal selain Pelet Cepat Besar

Budidaya Ikan Bawal Air Tenang - Penebaran Benih

Budidaya Ikan Bawal Air Tenang


Berubahnya warna air dari benih menjadi hijau kecoklatan menjadi pertanda bahwa pakan alami sudah tumbuh dan kolam sudah siap di gunakan. 

Menentukan waktu penebaran 

Faktor yang harus di perhatikan dalam Budidaya Ikan Bawal Air Tenang menentukan waktu penebaran adalah suhu air. Sebagian besar ikan menyenangi suhu yang rendah. Dengan pertimbangan tersebut, penebaran harus dilakukan pada pagi hari karena suhu saat itu masih rendah. 

Penentuan padat penebaran 

Dalam menentukan padat penebaran bukan suhu, tetapi luas areal. Oleh karena itu, padat penebaran sering di artikan dengan jumlah ikan yang ditebar dalam luas tertentu dan di nyatakan dengan ekor/m2 atau ekor/m3. 

Yang menjadi faktor penentu padat penebaran adalah kesuburan perairan, yakni semakin tinggi kesuburan perairan akan semakin banyak jumlah ikan yang di tebar. 

Keseragaman ukuran benih 

Sebelum melakukan penebaran benih Budidaya Ikan Bawal Air Tenang, keseragaman ukuran benih harus di perhatikan. Hal ini penting karena pengaruh keseragaman ukuran sangat besar terhadap kehidupan benih selama masa pemeliharaan, terutama dalam mendapatkan ruang gerak, oksigen, dan pakan. 

Adanya perbedaan peluang benih dalam mendapatkan ruang gerak, oksigen, dan pakan. Bisa berdampak buruk pada pertumbuhan benih karena benih berukuran besar bisa mendapatkan peluang yang lebih besar dari benih yang berukuran kecil. 

Untuk mendapatkan benih yang seragam, dapat dilakukan dengan cara seleksi.

Cara penebaran Benih Bawal

Budidaya Ikan Bawal Air Tenang


Hasil usaha pembesaran Budidaya Ikan Bawal Air Tenang, termasuk pembesaran ikan bawal sangat tergantung dari kelangsungan hidup ikan. Bila kelangsungan hidup tinggi, hasilnya akan banyak. 

Bila kelangsungan hidup rendah, hasilnya akan sedikit. Kelangsungan sangat di tentukan oleh kndisi tubuh, terutama pada awal pemeliharaan, yakni 1-3 hari setelah penebaran. 

Benih yang di tangani dengan baik, tubuhnya utuh, tidak cacat, dan tidak lecet. Benih yang baik akan tahan terhadap perubahan lingkungan dan serangan penyakit serta sangat merespn terhadap pakan tambahan. 

Berikut kiat yang dapat dilakukan dalam melakukan penebaran benih Budidaya Ikan Bawal Air Tenang yang baru tiba dari jarak jauh. 

a. Letakkan kantong plastik yang masih berisi benih di atas permukaan air kolam

b. Biarkan selama 10-15 menit, kemudian kantong plastik di buka

c. Masukkan air kolam sedikit demi sedikit dan letakkan ujung kantong plastik di atas permukaan air kolam dekat pintu pemasukan 

d. Tuangkan benih secara perlahan dan sebarkan benih di beberapa bagian kolam. 

Selesai juga berbagi cara budidaya ikan bawal air tenang tanpa ganti air dengan analisa modal minim untung besar menggunakan pakan alami cepat besar berupa tumbuhan dan pakan pelet di sekitar kita mudah didapat.
loading...

0 komentar