Klasifikasi Morfologi Ikan Mas (Cyprinus Carpio) Lengkap dengan Gambar

Klasifikasi Morfologi Ikan Mas infoikan.com Merupakan satu dari 10 jenis ikan budidaya air tawar penting yang dapat di budidayakan di indonesia.

Ikan mas merupakan salah satu sumber protein hewan yang di gemari oleh masyarakat indonesia dan bisa di sajikan dengan cara di goreng, di bakar, atau di pepes.

Ikan mas merupakan salah jenis ikan konsumsi air tawar dan dikenal juga dengan ikan karper. Selain itu terdapat juga jenis ikan mas yang dipelihara sebagai ikan hias.

Maka tidak heran jika sekarang ini Indonesia kaya akan keberadaan ikan mas, karena selain dijual sebagai lauk, ternyata sangat cantik dan indah jika dipelihara di taman.

Berikut klasifikasi morfologi ikan mas berdasarkan siklus hidupnya yang diambil dari habitat serta anatomi di alam serta deskripsi singkat dari wikipedia dan nama latin ikan mas.

Klasifikasi Morfologi Ikan Mas

Klasifikasi Morfologi Ikan Mas


KLASIFIKASI IKAN MAS

Klasifikasi ilmiah Ikan Mas
Kingdom    : Animalia
Filum         : Chordata
Kelas         : Actinopterygii
Ordo          : Cypriniformes
Famili         : Cyprinidae
Genus        : Cyprinus
Spesies      : C. carpio
Nama binomial
Cyprinus carpio

Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki sifat adaptif terhadap lingkungan baru, sehingga banyak tersebar hampir di seluruh wilayah indonesia.

Ikan mas memiliki badan yang panjang pipih ke samping. Tubuhnya lunak dan di liputi oleh sisik. Dengan daya adaptasi tinggi, ikan mas mampu hidup mulai dari daratan rendah sampai tinggi.

MORFOLOGI IKAN MAS

Klasifikasi Morfologi Ikan Mas


Klasifikasi morfologi ikan mas mengenahi bentuk tubuh agak memanjang dan memipih tegak. Mulutnya terletak di ujung tengah dan dapat di sembulkan. Bagian ujung mulut memiliki dua pasang sungut.

Di ujung dalam mulut terdapat gigi kerongkongan yang tersusun dari 3 baris gigi geraham.

Secara umum, hampir seluruh tubuh ikan mas di tutupi oleh sisik kecuali beberapa varietas yang memiliki sedikit sisik.

Klasifikasi Morfologi Ikan Mas


Sisik ikan mas yang berukuran relatif besar di golongkan ke dalam sisik tipe lingkaran dan letaknya beraturan.

Sirip punggung ikan mas berbentuk memanjang yangterletak di permukaan sirip perut. Bagian belakang sirip punggung berjari-jari keras, sedangkan bagian akhir bergerigi.

Seperti juga sirip punggung, bagian belakang sirip dubur ikan mas berjari-jari keras dan di bagian terakhirnya bergerigi.

Sirip ekornya membentuk cagak, berukuran simetris dan memanjang hingga ke belakang tutup insang.

Klasifikasi Morfologi Ikan Mas dan Ciri Ciri Ikan Mas

Klasifikasi Morfologi Ikan Mas


Tubuh ikan pada umumnya di bagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian kepala, badan, dan ekor. Untuk ciri ciri ikan mas, berikut setailnya.

1. Bagian kepala

Di mulai dari ujung mulut terdepan hingga ujung operkulum paling belakang. 

Organ yang terdapat pada bagian kepala terdiri atas mulut, rahang, gigi, sungut, cekung hidung, mata, insang, operkulum, otak, dan jantung.

2. Bagian badan

Di mulai dari ujung operkulum paling belakang sampai dengan pangkal awal sirip belakang atau di kenal pula dengan sirip dubur.

Organ yang terdapat pada bagian ini antara lain sirip punggung, sirip dada, sirip perut, hati, limpa, empedu, lambung, usus, ginjal, gonad, dan gelembung renang.

3. Bagian ekor

Berada di antara pangkal awal sirip belakang atau dubur sampai dengan ujung paling belakang sirip ekor. Organ yang terdapat pada bagian ini antara lain anus, sirip dubur, dan sirip ekor.

Klasifikasi Morfologi Ikan Mas dan Manfaat Ikan Mas untuk Kesehatan

Klasifikasi Morfologi Ikan Mas


Ikan merupakan hewan yang kaya nutrisi dan di percaya mampu memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Daging ikan mas mengandung zat gizi komplet yang bermanfaat bagi segala usia mulai dari balita hingga manula.

Ikan mas air tawar merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral yang sangat baik.

Ikan mas harus di pilih dan di olah secara benar agar di dapatkan manfaat yang hebat untuk tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan serta meningkatkan kecerdasan otak.

Manfaat Ikan Mas

Klasifikasi Morfologi Ikan Mas


Manfaat di peroleh dari mengonsumsi ikan mas antara lain.

1. Menjaga kesehatan jantung 
2. Menurunkan tekanan darah dan berat badan 
3. Meningkatkan kecerdasan otak dan pertumbuhan tulang pada anak-anak.
4. Menekan risiko penyakit kanker
5. Mencegah terjadinya peradangan pada sendi
6. Membantu menjaga kesehatan mata
7. Mencegah keriput dan penuaan pada kulit 
8. Memberikan efek tenang dan mencegah terjadinya depresi berlebihan
9. Meningkatkan stamina

Klasifikasi Morfologi Ikan Mas - SYARAT TUMBUH dan KEBIASAAN HIDUP IKAN MAS

Klasifikasi Morfologi Ikan Mas


Ikan mas dapat tubuh normal jika lokasi pemeliharaan berada pada ketinggian antara 150-1000 meter di atas permukaan laut, debit air untuk kolam air, deras debitnya 100 liter/menit, ph 6-9, dan suhu air 20-30 derajat c.

Ikan mas banyak di budidayakan di kolam biasa/tanah, kolam pekarangan, sawah, keramba di waduk, sungai air deras, maupun di media lain seperti kolam terpal, drum, atau akuarium.

Kualitas air yang di gunakan untuk pembudidayaan haruslah bersih, mengalir, dan tidak tercemar oleh limbah.

Ikan mas menyukai tempat hidup berupa perairan tawar yang airnya tidak terlalu dalam dan alirannya tidak terlalu deras, seperti di pinggiran sungai atau danau.

Makanannya antara lain tumbuhan air yang tumbuh di dasar perairan atau tepi perairan tempat ia hidup. Ikan mas juga memakan bintang-bintang kecil, seperti zooplankton dan cacing.

Klasifikasi Morfologi Ikan Mas dan SIKLUS HIDUP IKAN MAS

Klasifikasi Morfologi Ikan Mas


Telur yang di keluarkan oleh induk ikan mas akan menempel pada permukaan alat penempel telur. Telur-telur ini akan menetas dengan sendirinya.

Kecepatan penetasan telur bergantung pada suhu air. Pada suhu 24-26 derajat c, telur akan menetas dalam 3 hari. Sementara, pada suhu 27-30 derajat c, telur akan menetas dalam 2 hari.

Setelah menetas, fase berikutnya adalah fase larva. Larva ikan mas memiliki cadangan makanan berupa kucing telur selama 2-3 hari. Setelah kuning telurnya habis, larva harus segera di beri tepung pakan buatan.

Fase larva berangsung selama 14 hari. Fase berikutnya di kebul dengan ukuran 1-1,5 cm. Setelah 30-40 hari, kebul akan tumbuh menjadi benih berukuran 6-7 cm dan dalam waktu 3 bulan ukurannya akan meningkat menjadi 8-12 cm.

Dengan habitat dan pakan yang baik, dalam jangka 6 bulan benih-benih akan menjadi ikan mas yang siap di konsumsi. 

Selain sudah siap di konsumsi, ikan mas jantan yang tellah berusia 8 bulan dan berbobot 0,5 kg sudah siap di kembangbiakan.

Sementara, ikan mas betina, akan siap di kembangbiakan setelah berusia 1,5-2 tahun.

Biasanya para pelajarlah yang mencari klasifikasi morfologi ikan mas ini untuk memenuhi tugas sekolah, baik SLTP, SLTA, maupun anak kuliah. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.
loading...

0 komentar