Gambar Ikan Betutu Hias dan Konsumsi Ukuran Terbesar

Gambar Ikan Betutu infoikan.com Sudah tahu harga ikan betutu 2018? Atau ingin tahu cara budidaya ikan betutu?

Di alam, ikan betutu dan ikan lele tersebar di berbagai perairan tawar, dan payau, seperti sungai, rawa-rawa, danau-danau, tambak, telaga, dan sawah-sawah. 

Mula-mula betutu hidup secara liar di perairan bebas sehingga pada waktu itu produksi ikan betutudi peroleh dari hasil tangkapan di perairan umum. 

Kini, dengan semakin berkembangnya peradaban manusia dan kemajuan teknologi, di bidang perikanan dan pengolahan hasil perikanan. 

Ikan betutu tergolong ikan air tawar yang biasa hidup di dasar perairan. Ikan betutu lebih banyak di jumpai di sungai, danau, dan waduk yang berlumpur dan berpasir. 

Morfologi ikan betutu 

Jika melihat gambar ikan betutu, tubuh ikan betutu berbentuk agak bulat memanjang dengan bagian depan silindris yang makin berujung makin kecil dengan bentuk memipih, bagian punggung cembung dan bagian perut rata. 

Kepala berbentuk pipih dan besar mirip ikan lele. Mulut ikan betutu tebal dan lebar, dan di sekitar mulutnya tidak terdapat sungut. 

Ia memiliki gigi kecil yang sangat tajam. Matanya besar dan menonjol keluar dan dapat di gerak-gerakkan. Tubuh ikan betutu berwarna kecoklatan sampai gelap dan bercak-bercak hitam menyebar ke seluruh tubuh. 

Ikan betutu memiliki empat buah sirip yang berjari-jari lunak, yaitu sepasang sirip peerut yang berdekatan, sirip dubur, dan sirip ekor. 


Sirip tersebut berguna sebagai alat bantu untuk berenang. Berikut beberapa kumpulan foto dan gambar ikan betutu yang sudah dijadikan sebagai ikan hias maupun gambar betutu konsumsi dengan harga jual murah keadaan hidup maupun kartun.

Gambar Ikan Betutu

Gambar Ikan Betutu


Gambar Ikan Betutu
Baca juga:
Cara Budidaya Ikan Betutu dari Awal Hingga Panen
Gambar Ikan Betutu

Gambar Ikan Betutu

Gambar Ikan Betutu
Baca ini:
12 Ikan Air Tawar Konsumsi dan Gambarnya
Gambar Ikan Betutu

Gambar Ikan Betutu

Gambar Ikan Betutu
Baca:
Gambar Jenis-Jenis Ikan Air Tawar dan Laut 
Gambar Ikan Betutu

Gambar Ikan Betutu

Gambar Ikan Betutu
Baca juga:
Nama-Nama Ikan Berdasarkan Kebiasaan Makan 
Gambar Ikan Betutu

Gambar Ikan Betutu



Gambar Ikan Betutu - Kehidupan ikan betutu


Ikan betutu hidup liar di perairan tawar, seperti sungai-sungai, danau, waduk, dan sawah-sawah. Dalam kehidupannya, ia tergolong ikan yang pasif, yaitu tidak banyak bergerak. Walaupun di beri makan, ia juga tidak aktif memburu makanannya. 

Di perairan tawar tersebut, ikan betutu banyak di jumpai di dasar perairan yang berlumpur dan berpasir. Ia menyukai hidup di tempat-tempat yang agak gelap yang terlindungi dari batu-batuan dan tumbuh-tumbuhan. 

Ikan betutu dapat bersifat kanibal, dengan adanya gambar ikan betutu sudah jelas, yaitu saling membunuh dan makan sesame ikan betutu itu sendiri. Sifat kanibal tersebut akan timbul ketika terjadi kekurangan makanan. 

Pada umumnya ikan betutu yang masih kecil di mangsa oleh ikan betutu dewasa. Dalam hal makanan, ikan betutu tergolong ikan karnivora, yaitu pemakan ikan daging. 

Makanan alaminya berupa biota perairan, seperti ikan-ikan kecil, anak-anak ikan, anak katak, plankton, zooplankton, zoobenthos, dan jenis-jenis binatang kecil lainnya. 

Ikan betutu sangat malas bergerak, ia akan bergerak jika ada yang menyentuh tubuhnya atau ada yang mendekatinya. Alat pernapasan ikan betutu berupa insang. 

Di alam perkembangbiakan ikan betutu berlangsung sepanjang tahun. Dalam satu tahun dapat memijah sebanyak 4 kali. Pemijahan akan meningkat selama musim penghujan. 

Ikan betutu tergolong ikan yang terkenal secara berkelompok di tempat-tempat yang terlindung di sekitar tmbuhan air, batu-batuan, maupun substrat kayu-kayuan. 

Tumbuhan air, batu-batuan dan kayu-kayuan di gunakan sebagai tempat untuk menempelkan kuat tubuh induknya. 

Dari gambar ikan beutut tersebut, telur-telur dapat menempel kuat pada tumbuhan air, batu-batuan, maupun kayu-kayuan karena telur ikan betutu mengandung alat perekat, sehingga telur-telur tersebut tidak terbuang terbawa arus air.


Gambar Ikan Betutu - Proses Perkawinan Ikan Betutu


Ikan betutu yang telah matang kelamin, secara berkelompok mendatangi termpat-tempt yng terlindungi di antara tumbuh-tumbuhan air, batu-batuan, atau kayu-kayuan yang terdapat di perairan. 

Kemudian sekelompok ikan betutu betina dan jantan yang telah matang kelamin tersebut, berpijah dengan cara yang betina meletakkan atau menempelkan telur-telurnya pada tumbuhan-tumbuhan air, batu-batuan, atau kayu-kayuan, kemudian pada saat yang bersamaan yang jantan menyemprotkan spermanya pada telur-telur tersebut. 

Telur-telur yang telah di buahi akan menetas dalam waktu 2-4 hari pada suhu 24 derajat c-26 derajat c. dalam sekali memijah, satu induk betina dapat mengeluarkan telur sebanyak sampai 40000 butir. 


Ikan betutu yang telah berumur 1 tahun sudah dapat berpijah.

Lengkap sudah mengenal betutu beserta jenis yang sudah dibuat gambar ikan betutu hidup sebagai ikan hias dalam aquarium bentuk terbesar. Semoga bermanfaat.
loading...

0 komentar