Klasifikasi Morfologi Ikan Mujair Lengkap dengan Asal Usul di Indonesia

Klasifikasi Morfologi Ikan Mujair infoikan.com Asal usul ikan mujair di Indonesia berasal dari perairan afrika, yaitu sekitar dataran rendah zambezi, shire dan dataran pantai delta zambezi sampai pantai algoa. 

Morfologi dan Anatomi Ikan Mujair 

Sebelum mengenal lebih jauh morfologi ikan mujair, kenali dulu klasifikasi ikan mujair.

Klasifikasi ilmiah Ikan Mujair

Kingdom   : Animalia
Filum       : Chordata
Kelas       : Actinopterygii
Ordo       : Perciformes
Famili      : Cichlidae
Genus     : Oreochromis
Spesies   : O. mossambicus
Nama binomial
Oreochromis mossambicus

Gambar dan Foto Klasifikasi Morfologi Ikan Mujair


Klasifikasi Morfologi Ikan Mujair


Mujair sebagai jenis ikan konsumsi mempunyai bentuk badan yang pipih dan bersisik kecil-kecil seperti sisir. Bentuk badan ikan mujair tampak pipih ke samping memanjang, mempunyai garis vertikal, garis pada sirip ekor berwarna merah dan memiliki garis. 

Tubuhnya sedikit gepeng, pada bagian depan badan dan kepala bentuknya lebih bulat adapun bentuk tubuh ikan tersusunatas tiga bagian, yaitu kepala, batang tubuh dan ekor. 

Tubuh ikan adalah simetris dua. Pada ujung depan dari kepala terdapat mulut, di atas mulut terdapat cekung hidung, pada sebelah-sebelah kepala terdapat tutup insang. 

Batang tubuh ikan tertutup oleh selaput tipis yang tembus sinar, kulitnya banyak mengandung kelenjer lendir, di bawah selaput ini terdapat sisi. 

Baca juga:
Umpan Ikan Mujair Jitu dan Alami

Perbedaan Ikan Mujair dan Ikan Nila

Gambar dan Foto Klasifikasi Morfologi Ikan Mujair


Di sisi tubuh ikan memanjang kebelakang terdapat gurat sisi dan di dalam gurat sisi tersebut terdapat ujung-ujung saraf neromas. 

Warna tubuhnya ada yang hitam, cokelat tua atau abu-abu. Warna ikan ini tergantung pada lingkungan atau habitat yang di huni. Mulut ikan ini berukuran agak besar, berada di ujung tubuh dan sirip dan gigi halus. 

Perut terhadap sirip dada berbentuk thoracic. Garis lurus tidak sempurna atau terputus menjadi dua bagian, sedangkan jumlah sisik pada garus rusuk bagian atas 18-21 buah dan garis rusuk bagian bawah 10-15 buah, sirip dada dan perut berwarna hitam kemerah-merahan, sedangkan sirip punggung dan ekor berwarna kemerah-merahan ujungnya. 

Baca ini:
Teknik Budidaya Ikan Mujair

Cara Membuat Umpan Jitu Ikan Muajair

Gambar dan Foto Klasifikasi Morfologi Ikan Mujair



Klasifikasi Morfologi Ikan Mujair – Anatomi Ikan Mujair


Keterangan lengkap mengenai tulang yang menyusun sirip ikan mujair. 

- Sirip punggung ; 17 jari-jari keras dan 13 jari-jari lunak
- Sirip perut ; 1 jari-jari keras melunak dan 5 jari-jari lemah
- Sirip dada ; 15 jari-jari lemah
- Sirip anus ; 3 jari-jari keras dan 10 jari-jari lemah
- Sirip ekor ; 8 jari-jari keras melunak. 

Ciri-ciri ikan mujair yaitu dagu bagian bawah berwarna kekuning-kuningan, dan tanda tersebut tampak lebih jelas lagi bila ikan tersebut berjenis kelamin jantan dan sudah dewasa. 

Baca juga:
Cara Mancing Ikan Mujair dengan Umpan Jitu

Gambar dan Foto Klasifikasi Morfologi Ikan Mujair


Makanan alami mujair terdiiri dari tumbuh-tumbuhan air, plankton, renik, larva. 

1. Plankton 

Plankton adalah jenis makanan ikan, berupa organisme yang hidup melayang-layang di dalam air tanpa mempunyai kemampuan untuk melawan gerakan air. 

Fitoplankton sangat baik untuk ikan mujair saat benih. Fitoplankton merupakan organisme berukuran renik yang hidup melayang-layang di dalam air serta dapat melakukan proses fotosintesis karena memiliki klorofil dalam tubuh. 

2. Lumut

Jenis alga yang selnya panjang-panjang seperti benang. Para petani ikan biasa menyebutnya lumut. Alga filamen terdiri dari, ganggang hijau, lumut sutra, dan lumut perut ayam, ganggang gandar. 

Lumut merupakan jenis makanan alami bagi ikan herbivora seperti mujair. 

3. Klekap

Ganggang-ganggang renik yang membentuk komunitas bersama di tanah dasar, di antaranya ganggang biru, spirulina sp, dan lanin-lain. Klekap ini merupakan jenis makanan yang sangat di sukai oleh ikan mujair. 

4. Tanaman air makroskopik 

Tanaman ini dapat di bedakan menjadi 2 kelompok, yaitu yang hidup tenggelam di dalam air dan yang hidup melayang atau mengapung di permukaan air. 

5. Bentos 

Binatang yang hidup di dasar perairan. Habitatnya di balik tanah dasar atau di atas tanah dasar, contohnya; remis, cacing, siput, blencong, keong sawah, jentik nyamuk. 

Ikan mujair bernafas dengan menggunakan insang. Pada ikan mujair insangnya terdiri atas lembar, masing-masing 5 lembar samping kanan dan 5 lembar samping kiri, dan memiliki filamen insang masing-masing 1304. 

Dalam hal berkembang biak induk ikan mujair yang berumur 3,5 bulan sudah mulai teratur sebanyak kurang lebih 50 butir. 

Telur-telur tersebut biasanya di simpan di dalam mulut induknya. Telur mujair di erami di dalam mulut induk betina selama 3-4 hari. 

Baca juga yuk,.
12 Ikan Air Tawar Konsumsi Potensial Budidaya

Mengenal Jenis-Jenis Ikan Secara Umum

Gambar dan Foto Klasifikasi Morfologi Ikan Mujair


Larva yang baru menetas kan hidup diari kuning telurnya selama 5-7 hari. Pada hari ke 8, larva mujair mulai bisa makan selama periode 14-17 hari larva mujair dilindungi oleh induknya.

Jenis ikan ini mempunyai kecepatan pertumbuhan yang relatif cepat, tetapi setelah dewasa prcepatan pertumbuhannya akan menurun. Berat badannya mujair mencapai 80-140 gram. 

Kecepatan pertumbuhan mujair di pengaruhi lingkungan dan jenis kelaminnya. 


Klasifikasi Morfologi Ikan Mujair – Ekologi Ikan Mujair 

Gambar dan Foto Klasifikasi Morfologi Ikan Mujair


Ikan mujair hidup di perairan tawar, seperti danau, waduk, sungai, rawa, tetapi karena toleransinya yang luas terhadap salinitas, sehingga ikan ini dapat pula hidup dan berkembang biak di air payau dan air laut. 

Berat ikan dapat mencapai 120 sampai 200 gram dalam waktu 4 bulan dengan sedikitnya 80 % yang dapat bertahan hidup. 

Saat ini ikan mujair banyak di pelihara secara tradisional di kolam-kolam pekarangan rumah. Biasanya mencapai berat 100 g dalam waktu 4-5 bulan. 


Klasifikasi Morfologi Ikan Mujair – Manfaat Ikan Mujair

Gambar dan Foto Klasifikasi Morfologi Ikan Mujair


Ikan ini termasuk ikan budidaya dan juga ikan konsumsi. Ikan mujair merupakan sumber protein, vitamin, dan mineral yang di perlukan oleh tubuh dan dapat di jadikan makanan pengganti ikan laut yang baik yang mana harga ikan laut semakin hari semakin mahal. 

Ikan mujair merupakan ikan air tawar kaya dengan kandungan gizi yang di butuhkan tubuh. 


Selesai sudah Klasifikasi Morfologi Ikan Mujair lengkap dengan gambar yang diambil dari referensi terpercaya berdasarkan sejarah ikan mujair.
loading...

0 komentar