Hama dan Penyakit Ikan Betutu serta Cara Mengatasinya

loading...
Hama dan Penyakit Ikan Betutu infoikan.com Bagaimana cara mengandalikan hama dan penyakit ikan betutu pada budidaya?

Berbagai macam jenis hama yang umum menyerang ikan betutu secara tiba-tiba baik di malam hari maupun siang hari.

Hama dan Penyakit Ikan Betutu


Hama Ikan Betutu - KATAK 


Katak sering memakan telur ikan dan benih ikan yang masih berukuran kecil. 

Pengendalian katak dapat di lakukan dengan menangkap menggunakan jala, baik katak yang berada di kolam maupun yang berada di sekitar kolam, kemudian membuangnya jauh-jauh dari areal perkolaman ikan atau di cincang untuk makanan ikan yang sudah besar. 

Hama Ikan Betutu - Ular 

Hama dan Penyakit Ikan Betutu



Ular umumnya memakan ikan yang masih lembut atau kecil . 

Pengendalian ular dapat dilakukan dengan menangkapnya menggunakan jala dan membuangnya jauh-jauh dari areal perkolaman. 

Hama Ikan Betutu - Ikan buas


Ikan-ikan buas yang sering menyerang ikan betutu dikolam adalah ikan gabus, belut, dan lain. 

Pencegahan masuknya ikan-ikan buaske dalam kolam dapat di lakukan dengan cara memasang saringan pada pintu masuk pemasukan air ke kolam. 

Baca juga:
Teknik Budidaya Ikan Betutu Cepat Besar

Gambar Ikan Betutu Hias dan Konsumsi

Hama Ikan Betutu - Burung 

Hama dan Penyakit Ikan Betutu


Burung-burung memakan ikan yang berukuran kecil, namun ada kalanya juga memakan ikan yang berukuran besar. 

Burung agar tidak dapat menyerang ikan dapat dilakukan dengan memasang orang-orangan untuk menakut-nakuti burung di sekitar kolam atau dengan memagari bagian luas kolam denga jala. 

Hama Ikan Betutu - Lingsang atau berang-berang 

Hama dan Penyakit Ikan Betutu


Lingsang umumnya menyerang ikan segala ukuran, baik ikan yang masih kecil maupun ikan yang sudah besar. 

Pengendalian lingsang agak sulit dilakukan karena lingsang pandai berenang dan cepat lari apabila mendengan suara yang mencurigakan. 

Hama Ikan Betutu - Serangga


Beberapa jenis serangga dan kini  merupakan jenis pemakan telur ikan dan benih ikan yang masih kecil. 

Baca ini:
12 Ikan Air Tawar Konsumsi dan Gambarnya

Nama Nama Ikan Air Tawar Lengkap dari A-Z

Hama dan Penyakit Ikan Betutu - Jenis Penyakit Ikan Betutu

Hama dan Penyakit Ikan Betutu


Penyebab penyakit bermacam-macam, baik dari ggolongan parasit, bakteri, jamur. Maupun virus. Penyakit yang di seebabkan oleh parasit di sebut penyakit parasitis. 

Dan gejala-gejala yang di timbulkan serta cara pengendaliannyaadalah sebagai berikut. 

Penyakit Ikan Betutu - PENYAKIT BINTIK PUTIH 

Hama dan Penyakit Ikan Betutu


Di sebabkan dari golongan parasit jamur. Sedangkan jamur yang menyebabkan penyakit bintik sangat kecil sehingga untuk mendeteksi parasit ini harus menggunakan mikroskop. 

Gejala-gejala pada ikan yang terserang penyakit bintik putih adalah bercak-bercak berwarna putih pada permukaan tubuh ikan, ikan berwarna pucat, ikan menggosok-gosokkan tubuhnya pada dasar kolam atau dinding kolam, ikan megap-megap, dan ikan sering berada di bagian pintu pemasukan air. 

Penyakit Ikan Betutu - Penyakit trichodiniasis

Hama dan Penyakit Ikan Betutu


Merupakan penyakit parasitis. Menyerang ikan bagian tubuh dan sirip. Parasit ini berukuran sangat kecil sehingga untuk mendeteksinya harus menggunakan mikroskop. 

Gejala-gejala serangan penyakit adalah kondisi ikan lemah, tubuh ikan berwarna kusam, ikan sering menggosok-gosokkan tubuhnya ke dinding melalui air dan kontak langsung antara ikan yang terinfeksi dan ikan yang sehat. 

Penyakit Ikan Betutu - Penyakit myxosporeasis


Gejala serangan parasit adalah pada insang ikan teradapat benjolan seperti tumor sehingga sering di sebut penyakit amandel. 

Tubuh ikan yang terserang parasit, tampak bengkak. Sedangkan ikan yang terserang parasit, bagian kulit dan siripnya terdapat bintil-bintil berwarna putih. 

Baca juga:
Hama Ikan Gurame dan Cara Mengatasinya

Jenis Hama dan Penyakit Ikan Patin serta Obat Alaminya

Penyakit Ikan Betutu - Penyakit lerneasis/penyakit paser

Hama dan Penyakit Ikan Betutu


Parasit termasuk golongan yakni sebangsa cacing yang menginfeksi ikan dengan cara menusuk semua bagian luar tubuh ikan. 

Parasit umumnya menyerang ikan yang masih kecil.

Parasit juga menyerang rongga mulut dan insang. 

Gejala-gejala serangan parasit ini adalah adanya pendarahan pada bagian tubuh yang terserang. Ikan tampak lemah, berat badan ikan menurun. Penularan penyakit ini terjadi melalui air dan kontak langsung antara ikan yang terinfeksi dan ikan yang sehat. 

Penyakit Ikan Betutu - Penyakit dactylogyriasis

Hama dan Penyakit Ikan Betutu


Penularannya terjadi melalui air dan kontak langsung antara ikan yang terinfeksi dan ikan yang sehat. 

Penyakit Ikan Betutu - Penyakit coccidiasis 


Penyebabnya adalah parasit gousia spp. Yang berukuran sangat kecil sehingga untuk mendeteksi harus menggunakan mikroskop. 

Parasit ini menyerang usus ikan. Ikan yang terserang parasit ini menjadi kurus dan kemah karena mengalami kerusakan usus. Penularan penyakit ini terjadi melalui air. 

Baca ini juga:
Hama dan Penyakit Ikan Bawal serta Obatnya

Penyakit Ikan Kerapu dan Cara Mengatasinya

Penyakit Ikan Betutu - Penyakit argulosis

Hama dan Penyakit Ikan Betutu


Parasit argulus sp. Dapat bergerak dengan cepat, bersifat parasit obligat, dan hanya mampu bertahan hidup sementara di luar tubuh inangnya. Selain sekunder oleh bakteri, jamur, atau virus, karena luka gigitan. 

Parasit dapat menyerang semua ukuran ikan, baik ikan kecil maupun ikan yang yang sudah besar. Gejala klinis serangan penyakit argulos sis adalah pendarahan di sekitar bekas gigitan. Kutu argulus sp menempel pada tubuh ikan yang di infeksi. 

Penyakit Ikan Betutu - Penyakit columnaris


Bakteri ini merupakan jenis bakteri gram negatif, berbentuk batang, dan berukuran 7-8 mikron meter. 

Ikan yang terinfeksi bakteri tampak lemah, nafsu ikan berkurang, terdapat luka pada bagian tubuh yang terserang. 

Luka tersebut pada awalnya berwarna pucat keputih-putihan dan makin lama berkembang menjadi borok yang warnanya berubah kekuning-kuningan. Apabila infeksi terjaadi pada sirip insang, maka sirip insang tersebut rontok. 

Pengendalian penyakit columnaris dapat di lakukan sanitasi air kolam, desinfektan peralatan, mengurangi kandungan bahan organik terlarut, vaksinasi, dan pemberian pakan yang bermutu baik. 

Penyakit Ikan Betutu - Penyakit merah


Penyebab penyakit merah adalah bakteri. Penularan penyakit merah terjadi melalui air, alat-alat, bagian tubuh ika yang telah terinfeksi, melalui hewan lain, dan melalui tumbuhan air. 

Gejala klinis serangan penyakit merah adalah ikan berwarna gelap, nafsu makan menurun, ikan bergerombol dekat pengeluaran air, terdapat luka-luka pada kulit, sirip, sisik rusak, pendarahan pada tubuh ikan, perut ikan busung, insang rusak berwarna keputih-putihan hingga kebiru-biruan, kondisi ikan lemah, dan luka borok akibat kerusakan fisik tubuh ikan. 

Penyakit Ikan Betutu - Penyakit tuberculosis


Penyakit di sebabkan oleh bakteri mycobacterium fortuitum. Ikan yang terserang bakteri ini menunjukkan gejala ganuloma pada hati, ginjal, dan limpha. 

Gejala khas yang tampak dari luar akibat infeksi penyakit adalah mata tampak menonjol. 

Pengobatan penyakit dapat di lakukan dengan pemberian obat antibiotik seperti pengobatan bakterial. 

Penyakit Ikan Betutu - Penyakit mycosis


Penyebab penyakit adalah jamur. Dan jamur tersebut menyerang telur, benih ikan, dan ikan dewasa. Infeksi pada telur menyebabkan daya batasnya rendah karena telur tersebut rusak. 

Ikan yang terinfeksi jamur tampak adanya benang-benang halus menyerupai kapas. Benang-benang tersebut menempel pada luka-luka atau telur. 

Pengendalian penyakit dapat dilakukan dengan pemberian pakan yang baik, pengangkutan dan pemindahan ikan ke kolam dilakukan dengan baik, mengisolasi ikan yang terinfeksi ke dalam kolam tersendiri. 

Penyakit Ikan Betutu - Penyakit lymphocystis


Penyebab penyakit adalah virus. Gejala klinis yang tampak pada ikan yang terinfeksi viruss dalah benjolan-benjolan atau bintik berwarna keputih-putihan pada kulit atau pada pangkal sirip. 

Penyakit sulit di kendalikan dan belum ada obat yang dapat di gunakan untuk mengendalikannya. 

Penyakit Ikan Betutu - Penyakit bunga kol


Penyakit bunga kol di sebabkan oleh virus DNA. Gejala klinis ikan yang terserang virus DNA adalah timbulnya benjolan-benjolan di sekitar mulut atau di sekitar sirip dada. 

Ikan yang menderita penyakit bunga kol ini, setelah 3-6 bulan menderita sakit maka ia akan mengalami kesulitan mengkonsumsi  makan. 

Penyakit bunga kol sulit di kendalikan dan belum ada obat yang dapat di gunakan untuk mengendalikannya. 

Penyakit Ikan Betutu perut kembung


Penyakit non parasitis di sebabkan oleh faktor lingkungan dan faktor makanan. Dalam budidaya ikan secara intensif penyakit nonparasitis dapat menimbulkan kematian.

Penyakit Ikan Betutu - Penyakit nonparasitis


Penyakit ini di sebabkan oleh faktor lingkungan dan faktor makanan. Dalam budidaya ikan secara intensif penyakit nonparasitis dapat menimbulkan kematian. 

Gejala-gejala yang timbul akibat kejenuhan gas introgen, oksigen, dan karbondioksida adalah adanya gelembung-gelembung udara pada kulit ikan, mata, dan insang sehingga kulit bernafas dan akhirnya mati. 

Pencegahan penyakit nonparasitis dapat di lakukan dengan pemberian pakan yang tepat, ikan tidak di beri pakan yang telah rusak, penyimpanan pakan di tempat yang bersih dan kering, perbaikan lingkungan perairan kolam, meningkatkan bahan organik dan fitoplankton. 

Selesai sudah beberapa hama dan penyakit ikan betutu yang sering menyerang secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan kita serta dapat menyebabka kematian dadakan.

No comments: