September 30, 2016

Ikan Cupang Plakat yang Cantik dan Murah

Ikan Cupang Plakat
Ikan Cupang Plakat
Ikan Cupang merupakan jenis ikan hias yang mudah di pelihara dan populer di kalangan masyarakat. Beberapa jenis cupang plakat antara lain ikan plakat kontes, harga ikan cupan giant, ikan plakat dragon, plakat fancy kontes,ikan plakat pensi, ikan plakat fancy, plakat fancy koi dan lainnyan yang sangat cocok untuk pemula memeliharanya. 

Jenis cupang plakat ini dapat di tandai dengan memiliki warna pada seluruh bagian sirip dan sisik tubuhnya warna corak yang bervariasi. Menerut para pembudidaya ikan cupang hias ini, asal mula pertama kali ikan hias ini berasal dari thailand seperti ikan cupang serit halfmoon. Yang para breeder mengusahakan pemijahan dan sekarang muncul lagi yang lebih cantik dan indah yaitu ikan cupang plakat.

Ciri-ciri dan tanda lain dari ikan cupang plakat ini memilki bentuk ekor yang pendek (ikan ekor pendek). Nama “Plakat” sendiri berasal dari bahagas Thai, yakni “Plakad” yang mempunyai arti ikan aduan. Walaupun berasal dari thailand, akan tetapi dengan memiliki penampilan bentuk yang menarik yaitu ekor pendek, menyebabkan jenis ikan plakad ini terkenal di seluruh dunia yang termasuk Indonesia dengan sebutan ikan cupang aduan.

Awal muncul pertama kali bersamaan dengan ikan Louhan, akan tetapi jenis ikan louhan ini sampai sekarang peminatnya malah turun drastis. Berbeda dengan cupang plakat ini yang memilki warna yang cantik serta bentuk tubuh yang menarik dengan harga yang murah pula.

Sampai sekarang ikan cupang plakat ini di sebut sebagai cupang plakat tradisional yang karena memiliki bentuk ekor seperti spade tail dengan mempunyai tulang ekornya bercabang dua. Sampai saat ini, ikan cupang Plakat yang sudah beredar terdiri dari empat jenis, antara lain:


jenis Ikan Cupang Plakat

Sejarah Ikan Cupang Plakat

Pada pertama kali, ikan ini diperkenalkan di sebuah acara pameran yaitu Jakarta International Betta Show 2007 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Ikan cupang ini dihargai dengan harga yang cukup fantastis yakni US$1000 atau setara dengan Rp10.000.000,00 pada saat ini. 

Hasil perkawinan ikan cupang plakat dengan ikan cupang halfmoon lahirlah cupang plakat yang mempunyai ekor seperti halfmoon. Akan tetapi ekor tersebut berbentuk pendek dari pada cupang halfmoon. Sehingga untuk namanya sendiri di samain seperti ikan cupang halfmoon. 

Ada juga ikan cupang Plakat yang sengaja dikembangkan dengan tujuan agar ikan cupang memiliki tubuh yang besar dan menarik. Lahirlah ikan cupang Plakat yang memiliki ukuran jauh lebih besar dibandingkan ikan cupang Plakat lainnya dan tetap memiliki ciri khas ikan cupang Plakat. Ikan cupang Plakat ini dinamakan ikan cupang Plakat Giant.  

baca juga: Inilah Makanan Terbaik Ikan Cupang dan Bernutrisi Tinggi


Ikan Cupang Plakat halfmoon

Beberapa Jenis Ikan Cupang Plakat 

Ikan Cupang Plakat Fancy
Ikan cupang Plakat Fancy dapat di tandai dengan memiliki corak warna yang berfariasi. Yaitu terdiri dari 3 warna yaitu pada bagian tubuh, ekor, dan sirip.

Ikan Cupang Plakat Koi
Ikan cupang Plakat Koi di tandai dengan memiliki ciri-ciri mempunyai corak warna seperti yang di miliki ikan Koi.

Ikan Cupang Plakat Giant

Ikan cupang Plakat Giant dapat sobat kenali dengan memilki fitur tubuh yang paling besar sendiri di antara jenis ikn cupang lainnya. Yaitu kisaran mencapai 15 cm ran. 

 
Ikan Cupang Plakat Halfmoon
Ikan cupang Plakat Halfmoon merupakan ikan yang memilki umur paling tua sendiri di Indonesia ini di bandingkan dengan jenis ikan hias lainnya.


jenis ikan cupang serit

 Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Ikan Cupang Plakat yang Cantik dan Murah ini, semoga bermanfaat untuk sobat semua terutama bisa membedakan berdasarkan tanda atau ciri-ciri yang ada,
berbagai sumber..
baca juga:  
Jenis-Jenis Ikan Cupang Hias Terbaik Serta Aduan Termahal yang Harus Sobat Tau