--> Skip to main content

Mengenal Lele Dumbo dan Lele Lokal

Mengenal Lele Dumbo dan Lele Lokal Infoikan.Com Lele dumbo, si bongsor yang menguntungkan.

Salah satu komoditas perikanan yang cukup popular di masyarakat adalah lele dumbo. Ikan ini berasal dari benua afrika dan pertama kali di datangkan ke Indonesia pada tahun 1984. 

Karena memiliki berbagai kelebihan, menyebabkan, ikan lele dumbo termasuk yang mudah di terima masyarakat. 

Kelebihan tersebut di antaranya adalah pertumbuhannya cepat, memiliki kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan yang tinggi, rasanya enak dan kandungan gizinya cukup tinggi, maka tak heran apabila minat masyarakat untuk membudidayakan lele dumbo sangat besar. 

Mengenal Lele Dumbo dan Lele Lokal



1. Sistematika 

Phylum chordate, kelas pisces, anak kelas telestei, ordo ostariophysi, sub ordo silaroidae, family claridae, benus clarias, spesies clarias gariepinus. 

2. Syarat hidup 

Lee dumbo bentuk tubuhnya memanjang, agak bulat, kepala gepeng, mulut besar, warna kelabu sampai hitam, memiliki kulit tubuh yang licin, berlendir, dan tidak bersisik. 

Lele dumbo di temukan di rawa-rawa dan sungai di afrika, terutama di dataran rendah sampai sedikit payau jika terkenna sinar matahari, warna tubuh lele berubah menjadi pucat dan jika terkejut warna tubuhnya otomatis menjadi loreng seperti mozaik hitam putih. 

Mulut lele dumbo relative lebar, yaitu sekitar ¼ dari panjang total tubuhnya. Tanda spesifik lainnya dari lele dumbo adalah adanya kumis di sekitar mulut sebanyak 8 buah yang berfungsi sebagai alat pereda saat bergerak atau mencari makan. 

Sebagai alat bantu untuk berenang, lele dumbo memiliki tiga buah sirip tinggal, yakni sirip punggung, sirip ekor dan sirip dubbbur. 

Lele dumbo juga memiliki sirip berpasngan, yaitu sirip dada dan sirip perut. Sirip dada dilengkapi dengan sirip yang keras dan runcing yang disebut dengan patil yang berguna sebagai senjata dan alat bantu untuk bergerak. 

Lele dumbo memiliki organ arborescent atau insang tambahan yang dikenal juga dengan sebutan labyrinth. Dengan alat ini lele dapat hidup di dalam lumpur atau di air yang hanya mengandung sedikit oksigen. 

- Suhu air untuk kehidupan lele dumbo 20-30 c, suhu optimal
-mKandungan oksgen yang terlarut di dalam air minimum sebanyak 3 ppm
- Tingkat keasaman air untuk kehidupan lele dumbo
- Kandungan karbondioksida di bawah 15 ppm, 

Baca juga:
Mengenal Karakteristik Ikan Lele Dumbo dan Keunggulannya
Kisaran Harga Ikan Lele Per Kg Hari Ini 2018 di Pasar Tradisional

Kebutuhan Pakan Lele Per Hari Sampai Panen 1000 - 2000 Ekor

Mengenal Lele Dumbo dan Lele Lokal - Kebiasaa hidup Lele Dumbo


Di alam lele dumbo memijah pada awal musim hujan, lele dumbo mengalami rangsangan untuk memijah akibat adanya peningkatan kedalaman air. 

Kondisi ini dapat juga di tiru dikolam budidaya untuk merangsang ikan ini memijah di luar musim hujan. 

Pada saat bersamaan,si jantan mnyemprotkan spermanya ke telur-telur tersebut. Telur yang telah di buahi akan menempel di batu-batuan atau tanaman air yang ada di pinggiran perairan. 

Mengenal Lele Dumbo dan Lele Lokal - Pakan Lele Dumbo
Pakan alami ikan lele dumbo adalah binatang renik, seperti kutu air dari kelompok daphnia, cladocera atau ccopepoda. Lele local selain makan ketiga jenis binatang tersebut juga memakan larva jentik nyamuk, serangga, atau siput-siput atau kkeong kecil. 

Meskipun demikian, jika telah di budidayakan, misalnya dipelihara dikolam, lele dumbo dapat memakan pakan buatan seperti pellet, limbah peternakan ayam, dan limbah-limbah peternakan lainnya. 

Karakteristik daging 

Lele dumbo termasuk salah satu jenis air tawar yang dagingnya enak dan gurih denga tektur yang empuk. Daging lele dumbo banyak sekali sehingga ada pada bagian tertentu apabila di goring akan hancur menjadi serpihan. 

Hal ini menjadi terutama pada lele yang berukuran besar. Lele dumbo memiliki gizi yang tinggi, berdasarkan penelitian dalam setiap 100 gram daging lele mengandung 18,2 gr protein. 

Mengenal Lele Dumbo dan Lele Lokal - Sejarah masuknya lele dumbo ke Indonesia
Lele dumbo mulai masuk dan berkembang dengan pesat di Indonesia sejak tahun 1985. 

Keunggulan lele dumbo di bandingkan lele lokal antara lain. 
- Tumbuh lebih cepat
- Jumlah telur lebih banyak
- Lebih tahan penyakit

Namun demikian perkembangan budidaya yang pesat tanpa di dukung pengelolaan induk yang baik menyebabkan lele dumbo mengalami penurunan kualitas. 

Baca juga:
Ini Dia Cara Bisnis Ikan Lele yang Menguntungkan untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Lele Putih (Lele Bule) Albino Clarias Catfish untuk Pemula

Mengenal Lele Dumbo dan Lele Lokal - LELE LOKAL YANG GURIH 


Lele local merupakan ikan asli perairan Indonesia. Istilah di gunakan untuk membedakannya dengan ikan lele jenis lain, terutama lele dumbo. Namun demikian, ada juga sebagian orang yang menyebutkannya dengan sebutan lele saja. 

Dari segi rasa dagingnya, setiap orang dengan begitu mudah dapat membedakan rasa daging lele local dengan rasa daging yng bukan lele local. Selain enak dan gurih, daging lele local juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggo di bandingkan dengan daging ikan-ikan air tawar lain. 

1. Perbedaan lele lokal dan lele dumbo 
Mengenal Lele Dumbo dan Lele Lokal


Yang berbeda dari keduanya di antaranya adalah pada warna  kulit. Kulit lele local berwarna hitam, abu-abu dan terkadang putih yang terdapat titik atau bintik-bintik kecil, sementara lele dumbo agak keungunan atau kemerahan dengan bintik lebih besar. 

Hal ini yang membedakan keduanya yaitu dilihat gerakannya, lele dumbo lebih lincah di bandingkan lele local dan pada patil lele dumbo tidak mengandung racun tidak seperti lele local yang patilnya terdapat racun. 

Mengenal Lele Dumbo dan Lele Lokal - PERSYARATAN LOKASI BUDIDAYA LELE 
Mengenal Lele Dumbo dan Lele Lokal


1. LOKASI yang TEPAT 

Ketepatan dalam pemilihan lokasi atau lahan budidaya. Ada beberapa factor yang perlu di pertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan terhadap lokasi atau lahan budidaya yang di minati. 

Adapun persyaratan lahan budidaya ikan lele dumbo. 

- Factor teknis 
Lahan harus dekat dengan sumber air, tetapi bukan daerah banjir
Air berkualitas baik dan tidak tercemar limbah industry. 
Ketersediaan air kontinyu atau dapat mengairi kolam sepanjang tahun. 
Tanahnya subur

- Faktor sosial 

Lingkungan hidup dan kelestarian alam dapat di jaga
Sumber daya alam sekitar dapat di gunakan
Penduduk di sekitar dapat dijadikan tenaga kerja
Berdampak positif bagi masyarakat sekitar
Keamanan lokasi dapat di jaga 

- Faktor ekonomi 

Lokasinya dekat dengan daerah pemasaran 
Sarana produksi mudah di peroleh dengan harga murah 
Dilokasi ada pemasaran jalan yang baik dan angkutan yang memadai. 

2. Kuantitas dan kualitas air 

Kuantitas air adalah jumlah air yang tersedia yang berasal dari sumbernya, seperti sungai atau saluran irigasiuntuk mengisi dan mengairi kolam. 

Jumlah air yang dibutuhkan atau yang mengalir tersebut dikenal dengan istilah debit air. Debit air yang di butuhkan untuk budidaya ikan lele adalah 10 liter per menit. 

Kualitas air adalah variable-variabel yang dapat memperngaruhi kehidupan ikan lele. Variable tersebut dapat berupa sifat fisika, kimia dan biologi air. 
Variabel tersebut dapat berupa sifat fisika, kimia dan biologi air. Sifat  fisika air meliputi suhu, kekeruhan dan warna air. Sifat kimia air adalah kandungan oksigen, karbondioksida, amoniak, dan alkalinitas. 

Mengenal Lele Dumbo dan Lele Lokal - Tekstur dan struktur tanah untuk Budidaya
Mengenal Lele Dumbo dan Lele Lokal


Tanah merupakan factor mutlak dalam pembuatan kolam budidaya. Tanah yang baik akan menghasilkan kolam yang kokoh dan kuat, terutama bagian pematang atau tanggulnya. 

Tanah yang kokoh dapat menahan tekanan air yang ada di dalam kolam sehingga kolam tidak mudah jebol dan dapat menahan air. 

Ada empat jenis tanah yang dapat di pilih untuk pembudidayaan ikan lele dumbo, yaitu tanah lempung berpasir, tanah serapan, tanah berfraksi kasar dan tanah berbatu. 

Dari jenis tanah tersebut hanya tanah lempung berpasir yang terbaik untuk kolam. Jenis tanah ini akan membentuk pematang yang kuat dan kolamnya subur. 

Jenis tanah lempung berpasir dapat di ketahui dengan ara di genggam. Bila tidak pecah dan tidak melekat di tangan maka tanah tersebut sangat baik untuk kolam. 

Membuat kolam tidak sulit, asalkan prinsip kolam sudah di ketahui. Sebuah kolam harus memiliki tiga bagian utama, yaitu pematang, pintu pemasukan air dan pintu pengeluaran air. 
loading...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar