--> Skip to main content

Pakan Lele Harga Murah Cepat Besar? Ini Dia Alternatifnya

Pakan Lele Harga Murah infoikan.Com Untuk hidup dan berkembang biak, ikan lele memerlukan pakan. Jenis pakan ikan lele, ukuran dan jumlah pakan yang di berikan tergantung dari ukuran dan jumlah ikan lele yang di pelihara.

Ada dua jenis pakan yang di sukai ikan lele yang tentunya harga murah, yaitu pakan alami dan pakan buatan.

Pakan alami ikan lele merupakan mikroorganisme yang hidup di dalam air, seperti plankton, sedangkan pakan buatan adalah pakan yang di buat oleh manusia atau pabrik pakan.

Karena ikan lele tergolong ikan karnivora atau pemakan daging, pakan yang di berikan, baik pakan alami maupun buatan harus mengandung protein tinggi tidak kurang dari 3%.

Pakan buatan dalam bentuk pellet di berikan pada ikan lele yang telah berukuran agak besar, yakni 30 gram keatas.

Sementara itu, ikan lele yang berukuran lebih kecil dapat juga di beri pakan pellet, tapi dalam bentuk tepung atau crumble.

Ukuran pakan buatan yang di berikan di sesuaikan dengan bukaan mulut ikan lele.

Pakan Lele Harga Murah 

Pakan Lele Harga Murah


Pakan Lele Harga Murah – Jenis Pakan Lele Cepat Besar

Pakan buatan

Pakan buatan merupakan makanan yang dapat di buat sendiri hingga ketersediaannya dapat terjamin. Pakan buatan sangat di pengaruhi oleh kualitas pakannya.

Oleh karena itu, untuk menjaga kualitas pakan diperlukan penyimpanan yang baik. Pakan buatan yang dikeluarkan oleh pabrik mudah diperoleh di took-toko yang menjual pakan ikan.

Pakan Lele Harga Murah - Pakan buatan pabrik

Pakan yang di produksi oleh pabrik dikenal dalam bentuk pellet dengan ukuran yang bervariasi. Pellet dapat di buat dalam beragam bentuk, seperti batang, bulat dan gilik.

Protein yang terkandung di dalam pellet juga bermacam-macam, dari 20% sampai 35% tergantung dari jenis ikan yang akan mengkonsumsi pellet tersebut.

Ada dua macam pellet, yakni pellet terapung dan pellet tenggelam.
Pellet terapung adalah pellet yang jika di berikan kepada ikan, beberapa saat akan terapung di atas air kolam dan bentuknya bulat.

Sedangkan pellet tenggelam jika di berikan kepada ikan langsung tenggelam dan melayang di dalam kolam serta bentuknya bulat memanjang.

Keunggulan memakai pakan buatan pabrik yaitu

a. Lebih mudah di peroleh dalam jumlah cukup, tepat waktu dan berkesinambungan.
b. Lebih tahan lama, minimum selama satu kali musim pemeliharaan sehingga pencariannya tidak perlu setiap hari.
c. Kandungan gizinya dapat di atur oleh pabrik yang bersangkutan dan di sesuaikan dengan kebutuhan ikan yang akan diberi makan.
d. Bentuk dan ukuran pakan buatan dapat di atur sesuai dengan ukuran ikan atau umur ikan.
e. Daya tahan di dalam air dapat di atur dan di sesuaikan dengan kebiasaan makan ikan.
f. Bau, rasa dan warna dapat di atur sehingga akan lebih mennarik ikan-ikan yang di beri makan.

Pakan alernatif ikan lele cepat besar dan Murah

Pakan jenis lain yang dapat di berikan kepada ikan lele dumbo pada kegiatan pembesaran pakan tersebut bukan makanan buatan pabrik, melainkan sisa-sisa dari industry peternakan, limbah permindangan, ikan rucah, keong mas.

Pakan Lele Harga Murah - Limbah peternakan

Petani ikan lele dumbo yang lokasi budidaya dekat dengan usaha peternakan ayam atau rumah pemotongan ayam sangat penguntungkan.

Hal ini di sebabkan pakan yang di butuhkan ikan lele cukup dengan memanfaatkan limbah peternakan ayam tersebut.

Pakan berupa bangkai ayam sebaiknya tidak di berikan langsung. Bulu-bulu ayam harus di buang dengan cara di bakar atau di rebus.

Setelah masak, pakan ini baru dapat di berikan. Jumlah pakan yang di berikan di sesuaikan dengan jumlah ikan lele yang di pelihara.

Pakan Lele Harga Murah - Ikan rucah

Ikan rucah atau ikan – ikan hasil tangkapan dari laut yang tidak layak di konsumsi oleh manusia merupakan salah satu pakan yang di sukai ikan lele.
Ikan rucah banyak sekali di temukan di daerah pantai, terutama di daerah yang dekat dengan tempa pelalangan ikan.

Ikan ruah berukuran kecil dan tidak banyak mengandung duri atau tulang, dapat di berikan langsung tanpa diolah terlebih dahulu.

Pakan Lele Harga Murah - Limbah pemindangan

Limbah hasil pemindangan dapat juga di jadikan pakan alternative yang cocok untuk ikan lele. Limbah pemindangan adalah kumpulan isi perut atau bagian-bagian yang lain seperti kepala, ekor, atau sirip ikan yang di buang oleh pemindangan.

Pakan di berikan dengan mencampur pakai dedak halus dan di rebus sampai setengah masak.
Setelah dingin, baru dapat di berikan kepada ikan lele yang di pelihara.

Pakan Lele Harga Murah - Keong mas

Pakan alternative lain yang dapat di berikan kepada ikan lele ada;ah daging keong mas atau bekicot. Kedua jenis lele adalah daging keong mas atau bekicot.

Kedua jenis hewan tersebut umumnya merupakan musuh para petani sawah karena menyerang tanaman padi.

Keong mas atau bekicot tidak dapat di berikan langsung, tetapi harus di pisahkan daging dengan cangkangnya terlebih dahulu.

Caranya cukup mudah, yakni dengan merebus keong mas beberapa menit di dalam wadah, kemudian satu per satu dagingnya di congkel menggunakan alat yang runcing, sehingga terpisah dari cangkangnya.

Cara lain dengan memecahkan cangkangnya, kemudian mengambil dagingnya.

Pakan Lele Harga Murah - Rumen sapi

Isi rumen merupakan salah satu limbah rumah potong hewan yang belum di manfaatkan secara optimal bahkan ada yang di buang begitu saja hingga menimbulkan pencemaran lingkungan.

Limbah ini sebenarnya sangat potensial bila dimanfaatkan sebagai bahan ternak karena isi rumen di samping merupakan bahan pakan yang belum tercerna juga terdapat organisme rumen yang merupakan sumber vitamin B.

Baca juga:
7 Makanan Ikan Lele Alami di Sekitar Kita Cepat Besar

Makanan Ikan Lele yang Bagus untuk Pertumbuhan

Cara Merawat Bibit Lele - MANAJEMEN AIR Kolam

Selain mencarikan jenis Pakan Lele Murah, kita juga harus merawat keadaan isi kolam terutama airnya. Berikut berbagai jenis perawatan dalam kolam.

Prebiotic, probiotik dan sibiotik

Definisi umum probiotik atau dikenal dengan mikro organisme baik adalah preparat yang terdiri dari mikroba hidup yang di masukkan ke dalam tubuh manusia atau hewan secara oral.

Mikroba hidup itu diharapkan mampu memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan manusia atau hewan dengan cara memperbaiki sifat-sifat yang dimiliki mikroba alami yang tinggal di dalam tubuh manusia atau hewan tersebut.

Prebiotic sebagai ingredient yang tidak dapat di cerna yang menghasilkan pengaruh menguntungkan terhadap inang dengan cara menstimulir secara selektif pertumbuhan satu atau lebih sejumlah mikroba terbatas pada saluran pencernaan sehingga dapat meningkatkan kesehatan inang.

Sinbiotik kombinasi probiotik dan prebiotic. Penambahan mikroorganisme hidup dan substrat untuk pertumbuhan bakteri misalnya fructooligosaccharide dengan bifidobacterium atau lactitol dengan lactobacillus.

1. Pembuatan starter bakteri dengan pelapah pisang

-Bahan

a. Pelepah pisang busuk bagian pinggir sepanjang 40 cm
b. Gula merah atau tetes murni ¼ kg
c. Air leri kental 4-5 liter.

Cara pembuatan bakteri
1. Pelepah di cacah sampai lembut
2. Gula di larutkan dalam air leri
3. Pelepah dimasukkan dalam larutan gula dan air leri, di remas-remas, di peras dan di aduk.
4. Setelah semuanya tercampur, larutan di saring dan di masukkan dalam jerigen plastic
5. Setelah 3 hari dilihat, bila berbusa maka busa harus di buang.
6. Di biarkan selama 5-7 hari
7. Tanda-tanda jadi bau seperti tape
8. Untuk memelihara bakteri tetap hidup maka larutan di beri gula dan dedak.


2. Shipon dikolam terpal

Salah satu aktifitas yang tak boleh di tinggalkan pada budidaya ikan di medium kolam terpal adalah pembersihan lumpur di dasar kolam. Di kalangan pembudidaya ikan proses dikenal dengan istilah pe shipon an. 

Lumpur berwarna coklat tua atau coklat kehitam-hitaman terbentuk dari akumulasi kotoran ikan dan sisa pellet yang tak termakan oleh ikan.

Timbunan lumpur ini secara rutin memang harus dikeluarkan dari lingkungan air kolam karena merupakan sumber terbentuknya ammonia sebagai hasil proses dekomposisi kotoran.

Pakan Lele Harga Murah - PENYAKIT dan PENGOBATANNYA

Selain jenis Pakan Lele Murah, Hama dan penyakit pada budidaya lele menjadi salah factor penentu keberhasilan bisnis ini. Menanggulangi penyakit lele merupakan salah satu upaya memaksimalkan budidaya lele.

Banyak kejadian lele tiba-tiba mati mendadak dalam jumlah besar atau satu per satu mati dan akhirnya tidak bisa panen.

Baca ini juga:
Makanan Ikan Lele Kecil yang Bagus Buat Pertumbuhan

Ini Dia Pakan Ikan Lele yang Mudah diTemui di Sekitar Kita

Hama atau Penyakit Ikan Lele

Lele ukuran besar Nampak secara kasat mata misalnya kucing, ular, linsang. Untuk lele bibit di sawah hama lele bisa datang dari kodok, ucrit dan burung pemakan ikan dan hewan-hewan lain.

Penyakit pada ikan lele biasanya di sebabkan oleh mikroorganisme yang bersifat parasite yang hidup pada tubuh ikan lele, mikroorganisme ini biasanya berupa virus, bakteri, jamur, dan protozoa yang berukuran kecil.

a. Penyakit karena bakteri aeromonas hydrophilla dan pseudomonas hydrophylla
Bentuk bakteri ini seperti batang dengan cambuk yang terletak di ujung batang, dan cambuk ini di gunakan untuk bergerak.

Ukurannya 0,7-0,8 x 1-1,5 mikron. Gejala lele terserang bakteri ini, warna tubuh menjadi gelap, kulit kesat dan timbul pendarahan. Lele bernnafas megap-megap di permukaan air.

Pencegahan, lingkungan harus tetap bersih, termasuk kualitas air harus baik. Yang perlu diperhatikan lagi yakni saat memberikan jenis Pakan Lele Murah tadi jangan sampai kebanyakan.

Pengobatan, melalui makanan antara lain pakan di campur terramycine dengan dosis 50 mg/kg, diberikan selama 7-10 hari berturut-turut atau dengan sulphonamid sebanyak 100 mg selama 3-4 hari.

b. Penyakit tuberculosis yang d sebabkan bakteri mycobacterium fortoitum
Gejalanya, tubuh ikan berwarna gelap, perut bengkak. Posisi berdiri dipermukaan air, berputar-putar atau miring-miring, bintik putih di sekitar mulut dan sirip.

Pengendalian, memperbaiki kualitas air dan lingkungan kolam.
Pengobatan, dengan terramycin di campur dengan makanan 5-7,5 gram selama 5-15 hari.

c. Penyakit ikan lele karena jamur dan cara mengatasinya
Penyebab , jamur ini tumbuh menjadi saprofit pada jaringan ikan yang mati atau ikan yang kondisinya lemah.

Gejala, ikan di tumbuhi sekumpulan benang halus seperti kapas, pada daerah luka atau ikan yang lemah, menyerang daerah kepala tutup insang, sirip, dan tubuh lainnya.

Penyerangan pada telur, maka telur tersebut diliputi benang seperti kapas.
Pengendalian, benih gelondongan dan ikan dewasa di rendam pada malachytegreen oxalate 2,5-3 ppm selama 30 menit dan telur direndam malachite green oxalate 0,1-0,2 ppm selama 1 jam atau 5-10 ppm selama 15 menit.

d. Penyakit ikan lele bintik putih dan gatal

Penyebab, parasite dari golongan ciliata, bentuknya bulat, kadang-kadang amuboid, mempunyai inti berbentuk tapal kuda di sebut ichtyophithirius multifilis.

Gejala Penyakit ikan lele bintik putih dan gatal

1. Ikan yang di srang sangat lemah dan selalu timbul di permukaan air.
2. Terdapat bintik-bintik berwarna putih pada kulit, sirip dan insang.
3. Ikan sering menggosok-gosokan tubuh pada dasar atau dinding kolam

Pengendalian, air harus dijjaga kualitas dan kuantitasnya.

Pengobatan, dengan cara perendaman ikan yang terkena infeksi pada campuran larutan formalin 25 cc/m3 dengan larutan malachite green oxalate 0,1 gram selama 12-24 jam, kemudian ikan di beri air yang segar.
Pengobatan di ulang setelah 3 hari.

e. Penyakit ikan lele cacing trematoda

Penyebab, cacing kecil gyrodactylus dan dactylogyrus. Cacing gyrodactylus menyerang insang, sedangkan cacing gyrodactylus menyerang kulit dan sirip.
Gejala, insang yang di rusak menjadi luka-luka, kemudian timbul pendarahan yang akibatnya pernafasan terganggu.

Pengendalian penyakit ikan lele cacing trematoda

1 .Di rendam formalin 250 cc air selama 15 menit.
2. Methylene blue 3 ppm selama 24 jam.
3. Menyelupkan tubuh ikan ke dalam larutan kalium permanganate 0,01% selama 30 menit.
4. Memakai larutan NaCI 2 % selama 30 menit.
5. Dapat juga memakai larutan NH4OH 0,5 SELAMA 10 MENIT.

f. Penyakit ikan lele Parasite hirudinae.

Penyebab, lintah hirudinae, cacing berwarna merah kecoklatan.

Gejala, prtumbuhannya lambat, karena darah terhisap oleh parasite, sehingga menyebabkan anemiakurang darah.

Pengendalian, selalu di amati pada saat mengurangi padat tebar dan dengan larutan di terex 0,5 ppm.

Apabila lele menunjukkan tanda-tanda sakit, haruss di control factor pnyebabnya, kemudian kondisi tersebut harus segera di ubah.

Penyakit yang menimpa ikan lele biasanya terjadi karena lingkungan air yang tidak baik, misalnya tercemar oleh zat-zat berbahaya, kepadatan tebar terlalu besar dan perubahan suhu yang drastic.

Sekian sobat bagaimana tips dan Cara Merawat Bibit Lele cepat besar dengan Pakan Lele Harga Murah alami atau organik serta pakan pellet harga murah namun berkualitas super serta luar biasa.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar