November 20, 2016

Jenis-JENIS IKAN HIAS? Ini Dia Daftar Nama Ikan Yang Populer Dipelihara

IKAN HIAS Infoikan.com igin budidaya jenis-jenis ikan hias air tawar untuk usaha? atau buat koleksi hiasan kamar tamu? dengan bermacam-macam warna yang cantik dan indah yang ada pada seluruh tubuh, menjadikan semakin banyaknya pemelihara dan perawat jenis-jenis ikan hias ini. Apalagi jika dilihat oleh kacamata anak-anak kecil, baik harga ikan hias murah maupun mahal, pasti akan memberikan daya tarik sendiri bagi penjual ikan hias.

Jual beli ikan hias yang saat ini mencapai angka di atas rata-rata dari sebelumnya, baik jenis ikan hias kecil maupun ikan hias unik dan termahal, banyak sekali para beeder yang berloba-lomba memunculkan ikan hias yang semakin cantik. Untuk sobat pemula maupun yang sudah lama dalam memelihara semua jenis-jenis ikan hias dapat menambah koleksi yang lebih cantik dengan beberapa ikan hias spesies perwakilan berikut ini:  
   

Jenis IKAN HIAS Aquarium Air Tawar Populer Beserta Gamba

1. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar – Ikan Oscar

Jenis-Jenis IKAN HIAS Air Tawar

ikan ini memiliki ukuran dan gerak yang mirip dengan ikan nila. Ikan oskar ini memiliki warna dasar hitam dengan warna batik oranye yang menonjol. Dan ada pula albino/putih pucat dengan garis totol-totol oranye ataupun berwarna albino polos.


2. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar – Ikan Neon Tetra

Jenis-Jenis IKAN HIAS Air Tawar

Dikenal dengan nama latin Paracheirodon innesi, Neon Tetra berasal dari daerah Amerika Latin. Ikan ini memiliki warna biru terang dibagian punggung dan putih perak di bagian abdomen. Ikan kecil ini biasanya dipelihara dalam jumlah banyak, sehingga keindahan warnanya dapat lebih telihat ketika sedang bergerombol.


3. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar –  Ikan Platty

Jenis-Jenis IKAN HIAS Air Tawar

Ikan Platty merupakan kelompok ikan hias livebearer yang paling populer dikalangan penghobo ikan hias air tawar. Platy terdiri dari berbagai jenis denga variasi warna yang indah. Platy termasuk jenis ikan yang tenang dan jarang agresif.


4. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar –  Ikan  Lemon

Jenis-Jenis IKAN HIAS Air Tawar

Jika berniat untuk memelihara jenis ikan hias air tawar lemon, yang perlu diperhatikan adalah jangan memberi makan terlalu banyak, dikarenakan akuarium akan mudah kotor disebabkan banyaknya kotoran yang dikeluarkan ikan hias lemon ini dan  jenis ikan hias air tawar lemon suka mengganggu ikan hias lainya.


5. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar – Ikan Sumatra

Jenis-Jenis IKAN HIAS Air Tawar yang Mudah Dipelihara
Baca juga: Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara
Ikan sumatara adalah ikan yang suka menggigit sirip ikan lain, maka untuk teman seakuarium yang paling cocok ikan hias sumatra adalah jenis ikan hias air tawar platis, kerabat lele atau kerabat ikan macan

6. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar – Ikan Blackghost

Jenis-Jenis IKAN HIAS

Ikan hias blackghost juga populer dengan 3 sebutan
-Setan Hitam – lantaran tubuhnya berwarna hitam kusam
-Penari Balet – dikarenakan gerakanya yang maju mundur dan jungkir balik dengan amat lenturnya
-Bulu Ayam – karena ketika bergerak membentuk sudut 90 drajat tubuhnya bagaikan bulu ayam yang tegak


7. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar – Ikan Molly

IKAN HIAS Air Tawar
Baca juga: Jenis-JENIS IKAN HIAS Air Tawar? Berikut Daftar Nama Ikan Hias Beserta Gambarnya
Molly merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang punya banyak pilihan warna yang menarik.
Termasuk juga jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara, karena ikan molly bersifat omnivora dan bisa dicampur dengan ikan hias lain


8. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar – ikan Redfin

IKAN HIAS Air Tawar Iar Laut


Ikan ini berasal dari Vietnam, cukup populer karena corak warnanya yang menarik.


Untuk urusan makan ikan hias redfin suka dengan lumut, cacing darah dan cacing sutra…..dilihat dari segi makanya ikan hias red fin termasuk kategori jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara

9. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar – Ikan Predator Spatula

Jenis-Jenis IKAN HIAS Air Tawar
Baca juga: Jenis Ikan Hias Cantik dan Murah? Berikut Beberapa Nama dan Gambarnya
Mulutnya moncong seperti Aligator, ya ikan spatula adalah ikan hias yang dipelihara bagi hobiis yang menyukai atau mengkoleksi ikan ekstrime
Selain salah satu dari jenis ikan hias air tawar predator, ikan spatula termasuk juga ikan hias mahal lho
harga ikan hias spatula per ekor dengan ukuran tertentu bisa mencapai 45 rb


10. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar – ikan Parrot

Jenis-Jenis IKAN HIAS Air Tawar


Satu lagi jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara, ya’ni parrot….
Ikan ini sangatlah kuat karena tahan terhadap segala jenis penyakit.. 


11. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar – ikan Swordtail

Jenis-Jenis IKAN HIAS Air Tawar

Yang menarik dari ikan hias swordtail adalah bagian bawah ekornya memanjang nan runcing bak pedang….swordtail adalah jenis ikan hias air tawar dari keluarga molly

12. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar – ikan Flying Fox


Jenis-Jenis IKAN HIAS Air Tawar

Flying Fox adalah ikan hias air tawar yang cukup populer di lingkungan akuarium


13. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar – ikan Botia
Baca juga: Cara Desain Hiasan Aquarium Untuk Ikan Koki yang Baik dan Sesuai Standar Perawatan

IKAN HIAS Air Tawar

Botia adalah jenis ikan hias air tawar yang habitat aslinya disungai, ikan asli indo.


14. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar –    ikan Mas Koki

Jenis-Jenis IKAN HIAS Air Tawar

Jenis ikan memiliki  banyak sekali tipe dan juga variasi. sesuai dengan namanya berwarna emas atau orange, bentuk ikan  mungil dengan tubuh yang montok, sehingga liukan tubuhnya terlihat sangat menggemaskan.


15. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar –    ikan  Koi

Jenis-Jenis IKAN HIAS Air Tawar

jenis ikan yang paling cocok digunakan di dalam kolam, warna-warninya yang cerah dan menonjol, akan membuat penampikan kolam ikan Anda sangat cantik.  Ada banyak sekali varian warna yang dapat Anda pilih untuk dapat mengisi kolam ikan Anda.

16. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar –    Ikan discus

Ikan Hias

Ikan hias jenis ini memiliki warna-warni yang cukup cantik, mempunyai bentuk tubuh yang pipih menyerupai sebuah disk. harganya cukup mahal, semakin cantik warnanya dan semakin besar ukuran ikan tersebut, maka harganya juga akan semakin mahal.

Ikan Hias? Berikut Ikan Air Tawar yang Tahan Lama 


17. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar –     Ikan komet

Jenis Ikan Hias Kecil

Jika dilihat secara sekilas mungkin terlihat biasa. Namun jika sudah bergerak maka akan terlihat kelincahan gerakan dari ikan . Ekor ikan  akan semakin gemulai jika sudah dewasa. Itu yang akan membuat ikan terlihat semakin cantik.


18. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar –     Ikan Cupang

Jenis-Jenis IKAN HIAS Air Tawar

Siapa yang tidak kenal denagn ikan yang satu ini, ikan yang sering beradu ketika bertemu memang memiliki warna-warni yang cantik dan juga mempunyai bentuk sirip dan ekor yang sangat cantik. Hingga wajar jika banyak orang yang mengoleksi ikan cantik .


19. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar –     Ikan Arwana

Jenis-Jenis IKAN HIAS Air Tawar

Ikan Arwana adalah jenis ikan hias yang mahal. Berasal dari pedalaman kalimantan,  mempunyai daya tarik tersendiri. Warnanya yang cantik, liukan tubuhnya yang gemulai serta mulutnya yang angguh membuat banyak orang yang jatuh hati. Membeli ikan  juga tidak boleh sembarangan, harus disertai dengan sertifikat.


20.  Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar –  Ikan sapu-sapu

Jenis-Jenis IKAN HIAS Air Tawar

Ikan Sapu-sapu adalah jenis ikan yang hampir selalu ada dalam setiap akuarium. Sesuai dengan namanya ikan memang menyukai kebersihan. memang menyukai lumut, maka dari itu lumut yang ada di dinding akuarium akan dimakannya, hingga dinding akuariaum akan selalu bersih. Warna ikan tidak banyak hanya berwarna hitam, dan warna coklat khusus untuk ikan jenis albino.
.
21. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar –  Ikan Louhan


Jenis-Jenis IKAN HIAS

Dahulu  sempat menjadi trend, dengan benjolan yang ada di atas kepalanya menjadikan ikan  mempunyai nilai jual yang cukup tinggi. adalah ikan karnivora, sehingga Anda perlu waspada jika hendak menggabungkan dengan jenis herbivora.

22. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar –   Ikan Guppy

Jenis-Jenis IKAN HIAS Air Tawar

Salah satu jenis ikan hias yang memiliki banyak penggemar adalah ikan guppy. menjadi favorit para petani karena memiliki harga yang bagus. Ikan guppy (Poecilia reticulate) merupakan ikan yang berasal dari Amerika Tengah dan juga Amerika Selatan.


23. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar –     Ikan Black Shark

Jenis-Jenis IKAN HIAS Air Tawar

Bentuk tubuh ikan seperti ikan hiu dengan sisik yang berwarna silver dan sirip yang menonjol, membuat ikan seperti ikan hiu kecil. Ikan jenis ini lebih suka bergerombol, dan cenderung agak galak.


24. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar –    Ikan Manfish

Jenis-Jenis IKAN HIAS Air Tawar

Gerakan ikan ini sangat lambat dibandingkan dengan ikan hias lainnya. Gerakannya terlihat seperti melayang, karena bentuk tubuh ikan  juga agak pipih seperti layangan. Warnanya yang sederhana membuat penampilan ikan  sangat menenangkan.


25. Jenis jenis ikan hias Aquarium Air Tawar – Ikan Belida
  
Jenis-Jenis IKAN HIAS Air Tawar
 
Jenis ikan hias ini biasanya hidup di perairan Sumatra, dan biasanya ikan ini menjadi bahan utama pembuatan pempek Palembang. Akan tetapi dengan semakin berkurangnya jenis ikan ini, maka harga ikan jenis ini semakin mahal. Selain itu warnanya yang unik dan klasik membuat banyak orang membudidayakannya sebagai ikan hias.

 
Demikian sedikit ulasan tentang jenis-jenis ikan hias air tawar yang bisa admin suguhkan, semoga bermanfaat dan menambahkan wawasan dan pengetahuan untuk kita semua khususnya pada jenjang pemeliharaan berikut.

Baca juga:  
- Bisnis Ikan Hias Hari Ini Untung Jutaan
- Jenis Tanaman Aquascape yang Mudah Perawatannya serta Cepat Tumbuh