February 4, 2017

Budidaya Ikan Hias Tetra Merah (Flame Tetra, Red Tetra, Fire Tetra)

Budidaya Ikan Hias Tetra Merah (Flame Tetra, Red Tetra, Fire Tetra) Infoikan.com Ikan tetra masih salah satu macam jenis ikan tetra yang cantik dan indah serta tahan lama. Tak hanya itu selain mudah dipelihara juga harga ikan tetra ini sangat ekonomis.

Bagu kamu yang sudah memelihara jenis-jenis ikan hias tak ada salahnya coba budidaya ikan tetra merah ini. Berikut beberapa langkah cara merawat dan memelihata ikan tetra merah.

harga ikan neon
Msjinkzd.com

Panduan Lengkap Budidaya Ikan Tetra Merah (Flame Tetra, Red Tetra, Fire Tetra)

Klasifikasi dan Sistematika Ikan Tetra Merah (Flame Tetra, Red Tetra, Fire Tetra)
Ordo               : Ostariophysoidei
Sub-Ordo         : Characioidea
Famili             : Characidae
Sub - Famili     : Cheirodontinae
Genus             : Hyphessobrycon
Spesies           : Hyphessobrycon Flammeus Myers
Asal               : Rio de Janeiro, Brazil
Nama Inggris  : Flame Tetra, Red Tetra, Fire Tetra


makanan ikan neon tetra
ratemyfishtank.com

macam jenis ikan tetra
youtube.com


Ciri-Ciri Ikan Tetra Merah (Flame Tetra, Red Tetra, Fire Tetra)
Badan tetra merah agak panjang bentuk pipih ke samping compressed. Warna dasarnya kuning, seperti tembaga. Sebelah atas badannya (punggung) berwarna merah cerah, mirip pelangi. Semua siripnya, selain sirip dada, mempunyai warna merah mencolok.

Pada ikan betina akan selalu terlihat warna sirip perut dan anal berwarna merah pucat. Selain itu pada sirip anal juga tidak terdapat garis tepi berwarna merah.
ikan neon cardinal
pinteest.com

cara merawat ikan neon
acuaticcommunity.com


Sifat-Sifat Ikan Tetra Merah (Flame Tetra, Red Tetra, Fire Tetra)
Di kalangan budidaya ikan hias tetra merah, tetra ini tergolong ikan hias yang pemalu. Dan yang menjadi masalah, ikan ini akan berubah warnanya menjadi merah pucat jika ditempatkan dalam akuarium yang diletakkan di tempat orang berlalu lalang.

Selain itu tetra merah tergolong ikan hias pendamai, sehingga dapat di tempatkan satu wadah dalam akuarium bersama ikan hias lainnya.

ikan neon api
youtube.com

Gambar Ikan HiasTetra Merah (Flame Tetra, Red Tetra, Fire Tetra)
Msjinkzd.com


Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Hias Tetra Merah (Flame Tetra, Red Tetra, Fire Tetra)
Pemijahan budidaya ikan tetra merah cocok dengan lingkungan yang sejuk, sebaiknya mengawinkannya di akuarium saja. Selain mudah pengontrolan, juga akan mudah menyediakan lingkungan yang dikehendaki, seperti menyesuaikan suhu. 

Jika terpaksa mengawinkannya di kolam yang suhu airnya sesuai, ukuran kolam cukup 1,5 m2. Sedangkan akuarium pemijahan budidaya tetra merah yang ideal dipakai berukuran 60 x 30 x 30 cm.

Sebagai bahan penempel telur, akuarium diberi tanaman seperti hydrilla dan myriophyllum. Ari yang dapat dipakai air sumur, jernih, boleh agak keras dengan suhu berkisar antara 22 - 26 derajat C.

Gambra Ikan Tetra Merah
aqcenter.net

Gambar Ikan Tetra
akuariumhiasku.blogspo.com


Memilih Induk Budidaya Ikan Hias Tetra Merah (Flame Tetra, Red Tetra, Fire Tetra)
Salah satu penyebab keberhasilan budidaya ikan hias tetra merah yaitu pemilihan induk yang bagus.

Untuk membedakan jenis kelamin ikan tetra merah dapat dengan memperhatikan ciri-ciri khusus berikut ini.:

Ikan jantan mempunyai sirip anal yang berbentuk biasa, tidak melengkung seperti terlihat pada sirip anal induk betina. Garis sirip anal terlihat kuat. Sedangkan jika melihat sirip punggungnya, akan terlihat berwarna merah tua (kirimizi) sedangkan yang betina agak merah muda.

Ada garis hitam pada sirip anal induk jantan, yang tidak terdapat pada ikan betina. Namun ikan betina akan terlihat lebih gemuk dan berat dibandingkan jantan.

Induk yang terpilih diletakkan secara terpisah dalam akuarium dan diberi jentik nyamuk secukupnya, supaya dipijahkan jika sudah siap. Induk sebaiknya telah mencapai ukuran 3,75 cm.

Cara Merawat Ikan Tetra Merah
chiclids.com


Pemijahan Budidaya Ikan Hias Tetra Merah (Flame Tetra, Red Tetra, Fire Tetra)
Akuarium pemijahan budidaya ikan hias tetra merah disiapkan dengan cara melengkapinya dengan tanaman air dan bebatuan. Induk dimasukkan pagi-pagi dan diharapkan mau memijah pada malam hari. Banyaknya induk yang dikawinkan sebaiknya tidak lebih dari 5 pasang.

Setelah induk betina selesai mengeluarkan telur,cepat-cepat induk dipidahkan ke tempat lain. Telur yang sudah dibuahi sperma jantan akan menetas beberapa jam kemudian, dan benih akan berdiam diantara tanaman air.

Beberapa hari benih belum diberi makan dari luar karena masih menyerap kuning telurnya. Setelah kuning telur ini habis, burayak ikan tetra merah bisa dikasih makan infusoria yaitu hari ke 3 - 4.

Cara Pemijahan Ikan Tetra Merah
youtube.com

Pembesaran Budidaya Ikan Hias Tetra Merah (Flame Tetra, Red Tetra, Fire Tetra)

Pembesaran selanjutnya dapat dilakukan seperti halnya perlakukan terhadap benih ikan terta lainnya. 
Baca selengkapnya:
Demikian sobat sedikit berbagi tentang budidaya ikan hias tetra merah (flame tetra) ini, semoga bermanfaat dan dapat menambahkan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan hias berikutnya.