February 4, 2017

Budidaya Ikan Severum (Banded Chidhlid)

Budidaya Ikan Severum (Banded Chidhlid) infoikan.com Ikan saverum Cichlasoma saverum salah satu jenis ikan cichild yang berasal dari Amerika. Jenis ikan hias ini mudah dipelihara khususnya daerah lokal Indonesia ini. Banyak sekali yang sudah berhasil melakukan budidaya ikan hias ini dengan hasil memuaskan. 

Bagi Anda yang ingin membuka usaha dan bisnis ikan hias, bisa mencoba mencari tahu cara budidaya ikan severum ini. Yaitu dengan lanjut membaca artikel info ikan sampai habis pasti akan menemukan kemudahan melakukan pemijahan budidaya semua jenis ikan hias. Berikut cara budidaya ikan saverum secara lengkap.

Ikan Severum (Banded Chidhlid)
pinterest.com

Panduan Lengkap Budidaya Ikan Severum (Banded Chidhlid)

Klasifikasi dan Sistematika Ikan Severum (Banded Chidhlid)
Ordo               : Percomorphoidei
Sub-Ordo        : Percoidea
Famili              : Cichlidae
Genus             : Cichlisoma
Spesies           : Cichlisoma Saverum (heckel)
Asal                 : Amerika selatan bagian utara, sampai Amazon, kecuali sungai Magdalena
Nama Inggris   : Severum (Banded Chidhlid)


klasifikasi ikan severum
alamy.com

ikan severum albino
ikanhiasairtawars.blogspot.com


Ciri-Ciri Ikan Severum (Banded Chidhlid)
Sebelum melakukan pemijahan budidaya ikan severum alangkah baiknya ketahui juga cirinya. 

Tubuh severum pendek gemuk dan gepeng dengan wajah dari depan seprti ikan mujahir. Warna dasar tubuhnya sangat bervariasi antara coklat kekuningan, hitam kecoklatan. Dalam tubuhnya terpatri bintik-bintik dan terkadang juga polos.

Terkadang pula bercak-bercak hitam yang lumayan besar pada sisi perut. Pada pangkal ekornya terdapat loreng hitam yang menembus samapi ke sirip punggung.

Tidak jelas dimana letak kelebihan ikan severum ini sehinga harga induk severum setingkat dibawah ikan hias discus yang kesohor itu. Lebih dari itu, genus Cichlasoma banyak jenisnya. Menurut literatur, di dunia paling tidak ada 60 spesiesnya. 

Satu speses yang lazi dan banyak dibudidayak yaitu severum yang tengah dibahas ini. Tidak saja di luar Negeri, tetapi juga dikalangan pembudidaya ikan hias di Indonesia.

ikan cichlid
wetwebmedia.com

ikan parrot
pinterest.com


Sifat-Sifat Ikan Severum (Banded Chidhlid)
Seorang budidaya ikan severum harus mengetahui dulu sifatnya. Sifat yang menonjol dari severum yaitu sama dengan ikan hias oscar (Astronotus ocellatus). Sifat jeleknya yang suka mengaduk-aduk akar tanaman dalam akuarium dan membuat lubang pada dasar yang berbatu-batu.

Semasa muda ikan severum sebetulnya ikan hias pendamai. Entah kenapa begitu menginjak dewasa menjelang matang kelamin, darah ganasnya muncul dan tidak lagi hidup berdampingan secara damai.

ikan oscar
greenfishindonesia.com

Gambar Ikan Severum (Banded Chidhlid)
akuarium-pictures.blogspot.com


Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Severum (Banded Chidhlid)
Tempat pemijahan budidaya ikan severum yang harus disediakan untuk ikan ini tidak berbeda dengan oscar, termasuk dalam hal ini alat meletakkan telur yang harus disediakan batu pipih.

Air yang diperlukan severum air jernih yang sumbernya bisa dari sumur, air PAM yang sduah diendapkan sebelumnya paling tidak 24 jam di tempat terbuka. Keasaman air normal (pH 5,5 - 7), dengan suhu 21 - 25 derajat C dan tidak boleh di bawah 21 derajat C.

Gambar Ikan Severum (Banded Chidhlid)
pinterest.com

klasifikasi ikan severum
crazycichlidkeepers.com


Pemilihan Induk Budidaya Ikan Severum (Banded Chidhlid)
Melakukan budidaya ikan severum langkah awal yaitu memilih indukannya. Ikan yang siap dijadikan induk berumur paling tidak 10 bulan, ukuran panjang tubuhnya kurang lebih 12 - 15 cm. Induk jantan dan betina dapat ditandai atau dibedakan dari warna dan ukuran tubuhnya.

Si jantan bertubuh lebih besar, dengan warna lebih cerah (terutama warna kuningnya).Sementara si betina, memiliki warna tubuh agak pucat serta ukurannya pun lebih kecil, bulat dan buntek. 

Tanda ikan severum matang kelamin ialah : Induk betina menunjukkan warna yang lebih cerah selama masa birahinya. Badan dan sirip menjadi ke-emasan dan berwarna bintik-bintik merah kuning dan biru. Perutnya, sirip dada menjadi kuning emas.

ikan severum albino
aquariumlife.com.au


Pemijahan Budidaya Ikan Severum (Banded Chidhlid)
Pemijahan budidaya ikan severum selanjutnya induk yang telah matang kelamin dimasukkan ke dalam tempat pemijahan yang telah disiapkan dengan tempat peletakan telur. Pemijahan ini dilakukan secara berpasangan baik dalam akuarium maupun bak semen.

Telur yang telah dibuahi yang banyaknya mencapai 500 butir itu akan ditaruhnya pada batu pipih yang telah disediakan di dalam tempat pemijahan.

Telur-telur ini secara seksama dijaga oleh kedua induknya. Hari ke-3 telur ini telah menetas. Dan bisa berenang setelah 6 hari. Pada tahap pertama diberi makanan infusoria dan daphina.

Gambar Ikan Severum (Banded Chidhlid)
youtube.com

Pembesaran Budidaya Ikan Severum (Banded Chidhlid)

Tempat pembesaran budidaya ikan severum terutama benih dapat dilakukan pada bak semen berukuran panjang 2 m, lebar 1 m, ketinggian 0,4 m. Bisa juga memakai akuarium, namun jarang dilakukan karena dianggap kurang praktis.

Air yang digunakan dapat air sumur maupun PAM, seperti halnya untuk pemijahannya. Tinggi air cukup 30 cm, dengan diberi peneduh enceng gondok di atasnya.

Benih yang bisa didederkan biasanya yang telah berumur satu bulan, pada umur ini biasanya sudah dianggap kuat berpindah ke lingkaran barunya. Pemijahan harus dilakukan dengan hati-hati, dengan mengikutsertakan air lama. Seser yang digunakan harus bermata halus, untuk mencegah luka.

Dengan benih severum yang berukuran 1 bulan di dalam kolam yang berukuran 2 m2 dapat ditebar 1000 ekor. Pada saat pendederan ikan severum ini, bila sempat sebaiknya dilakukan sortasi. Benih ikan severum yang sama besarnya di letakkan pada tempat yang sama.

Setiap hari benih harus diberi makan yang bergizi tinggi, yaitu cacing sutera, maupun cuk. Kutu air sebaiknya kadang-kadang saja diberikan untuk mengurangi kerepotan. Karena jika rutin diberi kutu air maka waktunya akan terbuang untuk mengumpulkan kutu air, padahal ikan sudah mengkonsumsi makanan yang ukurannya lebih besar. Baca ini: Cara Membuat Kutu Air dengan Kol dan Tanpa Bibit

Kualitas air harus dijaga dengan pergantian yang rutin, paling tidak seminggu sekali. Caranya dengan membuang 1/3 nya pada bagian dasar, dan memasukkan air yang telah diendapkan sehari semalam.

Baca juga:
Demikian sobat sedikt ulasan tentang budidaya ikan severum (banded chidhlid) ini, semoga bermanfaat dan dapat menambahkan beberapa wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan hias berikutnya.