March 22, 2017

Cara Membuat Pakan Ikan Nila Sendiri yang Mudah Dikerjakan

Cara Membuat Pakan Ikan Nila Infoikan.com Penegn tahu cara cara meramu pakan ikan? atau ingin tau cara membuat pelet ikan nila untuk mancing? Siapa sih yang tidak kenal nila, salah satu jenis ikan konsumsi yang mudah dibudidayakan bagi yang tau ilmunya. 

Salah satu merawat nila sekarang ini yang banyak dicari adalah makanan alternatif ikan nila sekaligus mudah untuk membuatnya. Mungkin bagi petani pemula masih agak bingun dengan makanan nila ini, oleh itu info ikan akan memberikan tips cara membuat pakan ikan nila sederhana sendiri baik dengan bahan organik maupun alami, baik untuk nila kecil maupun besar.

cara meramu pakan ikan


Cara Membuat Pakan Ikan Nila Sederhana dengan Mudah

Semua peternak dan budidaya ikan nila atau peternak ikan lele dan lainnya pastinya menginginkan agar tidak boros dalam mengeluarkan modal usahanya. Salah satu yaitu dengan membuat dan meramu sendiri jenis pakan untuk ikan peliharaannya. Berikut cara membuat pakan ikan nila sendiri secar sederhana. 

Beberapa bahan membuat pakan alami ikan nila agar cepat besar:
- Bahan pertama cara membuat pakan ikan nila kita sediakan jenis tepung ikan, tulang, udang, hingga jeroan. Untuk mendapatkan tepungnya, Anda dapat menemukan penggiling yang khusus untuk membuat tepung dan bisa juga membeli.

Untuk tepung udang, Anda dapat membeli dari perusahaan atau toko terdekat penjual aneka bahan tepung. Banyak yang sudah menyediakan bahan atau pakan khusus untuk budidaya dan ternak ikan nila ini. pemberian umum diambil 10% dari berat pakan.

- Bahan berikutnya terdiri dari tepung tapioca, tepung onggok, tepung jagung, tepung gaplek, katul gandum, yang kesemuanya merupakan bahan bersifat perekat. cara memberinya cukup ambil 10 - 30% saja. 

- Untuk bahan selanjutnya Anda dapat membuat pakan ikan nila sendiri dari beberapa bahan berikut ini:
  1. Dedak halus
  2. Bungkil kalapa
  3. Bungkil kedelai
  4. Minyak ikan
  5. Serta mineral
Bahan campuran berupa minyak ikan gunakan 10% saja dari total bahan, jangan sampai minyak ikannya kebanyakan, karena hal tersebut gelatinisasi dapat terganggu.

Beberapa Teknik Dasar membuat Pakan Ikan Nila Berupa Pelet

Dasar cara membuatan pakan ikan nila agar berhasil dan terihat natural dan bagus buat pertumbuhan adalah dengan langkah awal mencampurkan bahan perekat seperti tepung tapioca diambil 10% total bahan dengan air supaya kental, kemudian campurkan tepung dasar.

20% yang diambil Khusus untuk tepung ikan dari total bahan yang diperuntukkan ikan nila kecil maupun dewasa segala umur. 

Dalam tahap pembesaran, Anda dapat menambahkan komposisinya, lalu campurkan semua bahan pelengkap sesuai kebutuhan jumlah peliharaan nila.

Cara membuat pakan ikan nila harus diaduk hingga mengental dan kenyal. Kemudian dengan datang ke mesin penggiling untuk menggiling adonan ini. 

Tentunya pelet seperti ini masih keadaan basah, agar agak kering, lakukan penjemuran selama 2 hari untuk mendapatkan pelet yang sudah kering.

Cara Membuat Pelet Apung Ikan Nila Menggunakan Mesin

Cara alternatif membuat pelet apung sendiri dapat Anda lakukan dengan memakai bantuan mesin aduk dan masin akstruder. berikut cara membuat pelet apung untuk pakan ikan nila dan ikan konsumsi lainnya:
  1. Masukkan semua bahan ke dalam mesin penggiling.
  2. Tambahkan air jika keadaan adonan masih terasa keras.
  3. Selama 10 menit aduklah adonan ini.
  4. Kemudian Anda dapat memasukkan campuran ke dalam mesin ekstruder.
  5. Tidak akan menuggu lama, sifat mesin ini secara otomatis menjadikan tepung makanan ikan nila dapat mengapung.
Memodifikasi Pakan Pelet yang Murah

Tentunya jenis pakan buatan sendiri akan lebih menghemat biaya dibandingkan pelet yang sudah jadi. Anda dapat mengkombinasikan pelet buatan sendiri ini dengan pakan organik alami.

Modifikasi pakan pelet ini dapat Anda gunakan juga untuk membuat pakan ikan lele sebagai pakan alternatif. Akan tetapi kadar pritein harus diperhatikan agar mendapatkan pertumbuhan secara maksimal.

cara membuat pelet ikan nila untuk mancing
aaccujungbatee.WordPress.com

makanan alternatif ikan nila
infoikan.com

Kelebihan Membuat Pakan Ikan Nila Sendiri

Baik petani maupun pengusaha budidaya ternak ikan nila pastinya dari awal sudah mengkafer dan menghitung semua biaya untuk modal bisnis ikan ini. Jika cara membuat pakan ikan nila berhasil dengan lancar dan sesuai takaran, pastinya akan mendapi keuntungan.

Akan tetapi jika salah sedikit saja maka sebaliknya, kerugian akan kita dapatkan dalam melakukan budidaya ikan nila ini.

Sangat praktis jika kita dapat membeli semua pakan untuk ternak ikan nila ini. Akan tetapi biaya yang kita siapakan harus benar-benar cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan nila.

Ambil positifnya saja, jika Anda seorang pemula itung-itung buat belajar beternak dan dapat mengemat biaya dengan cara membuat pakan ikan nila ini. 

Untuk meminimalisir resiko, Anda bisa memulai denagn menggunakan kolam dengan skala kecil atau standar. Hal ini akan memberikan keringanan bagi Anda dalam membuat pakan ikan nila.

Membuat pakan sendiri dapat mengira-ngira cepat lambatnya ikan dapat kita panen. Jika ingin cepat tumbuh besar, maka kasih makanan harus berani kita tambahi dengan ukuran yang sesuai.

pakan alami ikan nila agar cepat besar

cara membuat pakan ikan nila dari kotoran sapi


Demikian inilah penjelasan singkat cara membuat pakan ikan nila sendiri sederhana dengan mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba untuk ikan peliharaan Anda.

Berbagai sumber.
Baca juga:
- Umpan Ikan Nila di Kolam, Danau dan Liar Paling Ampuh  
- Budidaya Ikan Di Pekarangan Rumah Tambah Penghasilan  
- Resep Umpan Mancing Ikan Gurame dan Nila Sekarang ini
- Ternak Ikan Nila ini Untung Jutaan Sekali Panen