December 26, 2017

Resep Masak Ikan Gabus Aneka Rasa Enak dan Lezat

Resep Masak Ikan Gabus infoikan.com Sudah tahu cara membuat resep ikan gabus goreng? Atau ingin tahu cara masak ikan gabus untuk obat?

Siapa sih yang tak ingin bisa masak, terutama membuat aneka bumbu dengan resep sederhana tapi enak dan lezat.

Memberikan rasa pada masakan merupakan hal istimewa yang diidamkan oleh kaum wanita khusus untuk keluarga tercinta.

Apalagi kini sudah tersedia ikan gabus dengan mudah dapat Anda temukan di pasar dengan harga terjangkau.

Bagi sobat pemula yang ingin bisa masak, berikut ini beberapa resep masak ikan gabus aneka rasa yang bisa dicoba di rumah bersama keluarga.

Resep Masak Ikan Gabus


Resep Masak Ikan Gabus


Masak Ikan Gabus Bumbu Hijau

Bahan - Bahan:

300 g ikan gabus asin
air panas secukupnya
munyak untuk menggireng secukupnya

Cuncang Kasar Beberapa Bumbu:

100 g cabai hijau keriting
5 buah cabai hijau besar
7 butir bawang merah
4 buah tomat hijau
1/2 sdt garam
2 butir jeruk limau, ambil airnya

Cara Masak Ikan Gabus Bumbu Hijau

1. Potong - potong ikan gabus asin sesuai selera. Rendam air panas hingga lunak, tiriskan. Goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan dan matang. Angkat, dinginkan.

2. Kukus bumbu yang sudah di iris tadi sampai matang. Angkat, tumbuk kasar.

3. Panaskan 4 sdm minyak, tumis bumbu yang ditumbuk hingga harum dan matang. 

4. Tambahkan garam dan air jeruk limau. Masukkan ikan gabus goreng, aduk sebentar hingga tercampur rata. Angkat, sajikan.

Resep Masak Ikan Gabus Bumbu Kuning Pedas yang Enak, Lezat serta Mudah

Bahan-Bahan yang Diperlukan buat bikin Ikan Gabus Bumbu Kuning Pedas


Bahan serta Bumbu Ikan Gabus:

2 ekor ikan gabus
4 sdm minyak
2 buah jeruk nipis
8 btg kemangi (petiki daunnya)

Bahan serta Bumbu Ikan:

4 buah bw putih
3 buah kemiri
100 gr kenari
8 buah bw merah
4 cm jahe
4 cm kunyit
2 btg sereh (geprek)
4 lb daun salam
1 sdm gula pasir
1/2 sdm garam
4 buah cabe merah keriting
2 buah tomat merah (belah jdi 4)
10 buah cabe rawit (biarkan utuh)

Resep Masak Ikan Gabus Bumbu Kuning Pedas

Cara Mempersiapkan Ikan Gabus Sebelum Dimasak:


Perihal pertama akan kita laksanakan dengan membersihkan ikan gabus terlebih dahulu sebelum dimasak serta dibumbui menjadi hidangan lezat yang enak. buat membersihkan ikan gabus yang pertama, kita akan melaksanakannya dengan membersihkan lendir terhadap badan ikan terlebih dahulu. 

Caranya, gunakan abu gosok buat membersihkan lendir hingga kesat. sedangkan itu, buat membersihkan noda kotor dari abu gosok, anda dapat melaksanakannya dengan membilas ikan dengan air bersih Selanjutnya, bersihkan sisik terhadap badan ikan. 

Caranya, gunakan sendok buat mengerik sisik ikan hingga bersih setelah itu bersihkan area moncong ikan dengan dipotong memakaikan pisau dapur hingga area ini terputus sehabis itu, bersihkan area dalam perut ikan dengan metode pisah area perut ikan serta keluarkan jeroan ikannya dengan memakaikan tangan. 

lantas bersihkan pula area dalam perut ikan dengan dibilas memakaikan air bersih Selanjutnya, silahkan potong-potong ikan menjadi dua area terhadap masing-masing ikan gabus ukuran sedang atau anda dapat membelahnya sesuai dengan selera yang anda inginkan sehabis dipotong-potong, silahkan lumuri ikan dengan jeruk nipis serta sedikit taburan garam supaya bau amis yang menempel terhadap ikan dapat dijernihkan secara merata

Cara bikin Ikan Gabus Bumbu Kuning Pedas:

Pertama, silahkan haluskan bahan layaknya bawang merah, bawang putih, jahe, kenari, kemiri serta juga cabai merah dengan memakaikan ulekan hingga halus sehabis itu, panaskan wajan serta tumis bumbu halus tadi hingga harum. lantas masukkan daun salam bersama dengan tomat serta serai. Aduk-aduk hingga bahan ini layu.

Masukkan adi kedalamnya serta aduk-aduk dan biarkan air kuah yang anda masukkan mendidih. Masukkan ikan gabus kedalamnya bersama dengan cabai rawit, garam serta gula pasir. 

Masak sebagian menit dengan memakaikan api besar, lantas kecilkan api serta masak hingga ikan matang secara merata. Tambahkan daun kemangi kedalam ikan serta 1 sdm air jeruk nipis buat bikin rasanya makin segar
 

 Kini sajian ikan gabus bumbu kuning pedas sudah siap buat diangkat serta disajikan buat keluarga tercinta dirumah. 

Santaplah sajian ini selagi masih hangat supaya rasanya lebih lezat. Demikian resep bikin ikan gabus bumbu kuning pedas yang enak, semoga resep ini dapat ibu untuk dirumah dengan mudah.

Hidangan otak-otak ikan gabus ialah salah satu sajian yang enak
Hidangan ini kebiasaannya disantap dengan saus kuah cuka yang lezat serta segar. 


Sajian ini cocok sekali disantap bersama –sama dengan keluarga serta sibuah hati buat mengisi masa luang serta mendekatkan masa bersama-sama. 

Yuk, kita simak resep berikut ini supaya anda dapat bikin sendiri sajian otak-otak ikan gabus dirumah.

Resep Masak Ikan Gabus Otak - Otak

Bahan-Bahan yang Diperlukan buat bikin Otak-Otak Ikan Gabus yang Enak, Lezat serta Spesial


Bahan serta Bumbu Ikan Gabus:

2 ekor ikan gabus segar
1 batang daun bawang, diiris halus
1 sendok makan gula pasir
1 putih telur
1 sendok teh garam
100 ml santan kental instan
1 sendok makan bawang goreng, dihaluskan
1/4 sendok teh merica bubuk
30 gram tepung hunkwe
20 gram tepung sagu
Daun pisang buat membungkus

Bahan serta Bumbu Sambal Otak-Otak Ikan:

3 buah cabai merah keriting, dihaluskan
3 buah cabai rawit merah, dihaluskan
250 ml air panas
1/2 sendok teh garam
50 gram gula merah sisir
150 gram kacang tanah kulit, digoreng, dihaluskan
1/2 sendok makan cuka

Cara bikin Otak-Otak IKan Gabus yang Enak, Lezat serta Spesial
 

Cara Mempersiapkan Ikan Gabus Fillet dari Ikan Gabus Segar:

Perihal pertama, serius sekali buat kita membersihkan ikan gabus yang telah dibeli dari pasar. Caranya, silahkan bersihkan lendir yang adanya terhadap tubuh ikan serta bersihkan ikan hingga menjadi kesat secara merata. 

bila anda merasa kesusahan sewaktu membersihkan lendir ikan, anda dapat mencoba memakaikan abu gosok serta balurkan terhadap badan ikan secara merata, terus gosokkan terhadap badan ikan sampai kesat. 

Setelah itu, buat menghilangkan noda abu gosok terhadap ikan, anda dapat membilasnya memakaikan air bersih Selesai membersihkan area lendir ikan, selanjutnya kita akan bersihkan area sisik ikan. 

Caranya, kerik sisik ikan dengan memakaikan pisau serta kerik hingga bersih serta sisik ikan dapat dihilangkan dari badan ikan secara merata Kemudian, kita akan bersihkan area dalam perut ikan serta keluarkan jeroannya. 

Caranya, gunakan pisau dapur buat membelah area perut ikan. sehabis area perut terbuka, baru keluarkan jeroan ikan dengan memakaikan tangan hingga area dalam perut ikan bersih secara merata.

Selanjutnya, potong area moncong ikan, Karena area ini tak kita gunakan lantas fillet ikan serta pisahkan antara daging serta tulangnya. area tulang serta kepala ikan boleh dibuang Karena kita akan memakaikan area dagingnya saja sehabis area daging dipisahkan, silahkan haluskan daging ikan serta tempatkan dalam mangkuk atau wadah.

Cara bikin Otak-Otak Ikan Gabus:

Pertama, silahkan campur merata daging ikan gabus bersama dengan puith telur serta garam terhadap mangkuk lantas masukkan bawang merah goreng yang sudah dihaluskan bersama dengan gula pasir, merica bubuk serta uleni hingga rata bersetara dengan dibanting-banting. Tuangkan santan kedalamnya serta uleni hingga kalis. 

lantas masukkan tepung hunkwe, tepung sahu serta daun bawang serta aduk merata Sendokkan campuran adonan ini serta tepatkan diatas daun pisang serta bungkus dan memberi sematan lidi dengan rapih lantas sehabis itu, panggang otak-otak diatas bara ap hingga matang bersetara dengan jangan lupa buat dibolak-balik supaya tak gosong di satu bagian

Cara bikin Sambal Otak-Otak:

Aduk rata kacang tanah bersama dengan cabai rawit merah, cabai keriting, gula merah, cuka, air panas serta garam Masukkan dalam wadah serta sajikan
Kini sajian otak-otak ikan gabus sudah siap disantap. Sajikan hidangan ini serta santap bersama dengan keluarga tercinta dirumah anda


Hidangan ikan gabus bakar bumbu sambal kecap ialah menu ikan gabus yang lezat

Meskipun hidangan ini dibuat dengan bumbu yang sederhana, namun urusan rasa jangan lagi diragukan. 

Rasa lezat dari daging ikan serta aroma menggoda dari sensasi ikan bakar akan bikin rasa lapar makin tergugah. Ingin tahu layaknya apakah resep bikin ikan gabus bakar bumbu sambal kecap? Yuk, kita simak resep berikut ini.

Resep Masak Ikan Gabus Bakar Bumbu Sambal Kecap Manis

Bahan-Bahan yang Diperlukan buat bikin Ikan Gabus Bakar Bumbu Sambal Kecap Manis yang nikmat serta Gurih

Bahan Utama Ikan:

2 ekor ikan gabus segar
2 sdm air jeruk napas
1/2 sdt garam

Bahan serta Bumbu Halus Ikan:


2 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 cm jahe
5 butir cabai rawit
5 sdm kecap manis

Bahan Sambal Kecap:

6 sdm kecap manis
1 ruas jahe
1 siung bawang putih
10 buir cabai rawit


Bahan Pelengkap Ikan:

Lalapan
Sambal Kecap
Kerupuk
Nasi hangat

Resep Masak Ikan Gabus Bakar Bumbu Sambal Kecap Manis yang nikmat serta Gurih

Membersihkan Ikan Gabus Sebelum Diolah serta Dimasak:

Perihal pertama akan kita laksanakan dengan terlebih dahulu membersihkan ikan gabus yang telah dibeli dari pasar ke tempat cucian buat setelah itu akan kita bersihkan serta cuci. 

Ditempat cucian, ikan gabus akan kita bersihkan serta buang area yang tak akan kita gunakannya, yang terlebih dahulu akan kita bersihkan ialah area lendir terhadap badan ikan. 

Caranya, silahkan gunakan abu gosok buat membersihkan area lendir serta gosok-gosokkan hingga tubuh ikan menjadi lebih bersih serta kesat secara merata. 

sehabis itu, buat membersihkan kotoran dari abu gosok ini, tersebutkan anda dapat membersihkannya dengan dibilas air bersih sehabis itu, bersihkan pula area sisik terhadap badan ikan. 

Caranya, kerik sisik ikan dengan memakaikan pisau serta bersihkan dengan air bersih setelah itu bersihkan pula area moncong ikan, dengan metode buang moncong ikan dengan dipotong memakaikan pisau pasal area ini tak akan kita gunakan Selanjutnya, pisah area perut ikan dengan memakaikan pisau serta gunakan tangan buat mengeluarkan area dalam perut ikan. 

Pastikan bila anda membersihkannya secara merata serta area dalam perut ikan dijernihkan keselurhan. buat itu, sehabis area dalam perut ikan dibersihkan, silahkan bilas kembali dengan memakaikan air bersih supaya bersih merata 

Terakhir kerat area badan ikan supaya bumbu dapat meresap terhadap daging ikan secara merata. lantas lumuri ikan dengan air jeruk serta sedikit taburan garam buat menghilangkan bau amis yang menempel terhadap ikan. 

sehabis itu, diamkan sedangkan sepanjang kurang lebih 10 menit

Cara bikin Ikan Gabus Bakar:

Pertama, kita akan melaksanakannya dengan membasuh ikan gabus yang telah direndam dengan bumbu jeruk nipis serta garam. 

Perihal ini difungsikan buat menghilangkan kelebihan garam yang dikhawatirkan akan memberi efek rasa asi terhadap masakan. buat itu, bilas ikan dengan air terlebih dahulu Selesai dibasuh, silahkan haluskan bumbu yang sesegera mungkin dihaluskan dengan memakaikan ulekan. 

Terkecuali margarin, jangan terlebih dahulu mencampur margarin dengan bumbu halus. sehabis bumbu halus selesai dibuat, silahkan balurkan bumbu ini terhadap area badan ikan secara merata secara keseluruhan. 

lantas campurkan margarin terhadap beberapa sisa bumbu halus. Letakkan bumbu ini terhadap wadah kecil serta campurkan merata. 

Siapkan panggangan serta panggang ikan hingga matang secara merata serta matang. Jangan lupa buat membulak-balik ikan serta mengolesinya dengan sisa bumbu ini. 

sehabis ikan matang, angkat ikan serta sisihkan dalam wadah sedangkan sebelum kita akan untuk bumbu sambal kecapnya. buat bikin bumbu sambal kecap, silahkn campur seluruh bumbu sambal serta ulek hingga halus, lantas sajikan dengan ikan.

Hidangkan sajian ini dengan ikan bakar yang telah kita untuk lebih awal. Anda dapat menyirami bumbu ini diarea atasnya atau disajikan secara terpisah
Jangan lupa share resep ini serta memberi kometar anda Resep serta metode bikin Ikan Gabus Asin Masak Taoge yang Enak, gampang Namun Sederhana
ika gabus toge

Sajian ikan gabus asin masak taoge ialah salah satu menu tumisan sederhana yang dapat dibuat dirumah.


Selain itu, sajian ini terbilang praktis serta laju dibuat mengingat bahan pelengkap lain layaknya taoge gampang sekali matang walaupun dimasak sejenak.





Resep Masak Ikan Gabus Asin Taoge yang Enak


Bahan-Bahan yang Diperlukan buat bikin Resep Masak Ikan Gabus Asin Masak Taoge yang Enak, gampang Namun Sederhana

Bahan serta Bumbu Ikan Gabus:


50 gram ikan gabus asin
200 gram taoge
3 siung bawang putih, diiris halus
2 buah cabai merah besar, diiris serong
3 tangkai kucai, dipotong 3 cm
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir
2 sendok makan minyak goreng buat menumis

Bahan Pelengkap Ikan:

Nasi hangat
Kerupuk
Taburan bawang goreng
Sambal (jika suka)

Cara bikin Resep Masak Ikan Gabus Asin Taoge yang Enak, gampang Namun Sederhana

Cara Membersihkan Ikan Gabus Sebelum Dimasak:

buat langkah pertama, kita akan mengawalinya dengan terlebih dahulu membersihkan ikan gabus asin yang telah dibeli dari pasar buat selanjutnya akan kita bawa ke tempat cuciannya. 

Di tempat cucian, silahkan basuh ikan gabus dengan air mengalir serta bersihkan kotoran yang adanya di tubuh ikan hingga dipastikan ikan gabus menjadi bersih serta kesat. guna buat membersihkan ini disamping buat menghilangkan kotoran yang adanya terhadap ikan, juga buat menghilangkan kelebihan garam yang adanya terhadap badan ikan. buat itu, silahkan bersihkan ikan hingga bersih sehabis area ikan selesai dibersihkan, silahkan panaskan air dalam panci diatas kompor. tak butuh dipanaskan sampai mendidih, cukup sampai panas saja. 

sehabis air panas, silahkan angkat air lantas rendam ikan gabus asin kedalamnya. Perihal ini difungsikan buat menghilangkan kelebihan garam yang menempel terhadap ikan. 

Rendam ikan asin sepanjang kurang lebih 5 sampai 10 menit bila ikan telah direndam, silahkan angkat ikan serta masukkan dalam wadah, setelah itu tiriskan air rendamannya sementara Kemudian, potong-potong ikan asin dengan ukuran sesuai dengan selera anda. cuma saja, jangan memotongnya terlampau besar atau terlampau kecil supaya ketika ikan dimasak tak hancur

Cara bikin Ikan Gabus Asin Mask Taoge:

Pertama, kita panaskan minyak dalam wajan sedikit saja serta tumis bawang putih bersama dengan cabai merah yang telah dipotong-potong. lantas tumis bumbu ini hingga layu serta tercium bau harum yang sedap sehabis tumisan bumbu harum, silahkan masukkan ikan gabus asin yang telah dipotong-potong kedalamnya. serta aduk-aduk hingga merata secara keseluruhan,


Selanjutnya, masukkan taoge yang telah dicuci bersih serta dipotong area ekornya. bersetara dengan diaduk-aduk secara merata. Taburkan bumbu layaknya garam, gula serta merica bubuk buat bikin rasanya lebih lezat. 

Jangan lupa cicipi bumbu hingga pasa, bila anda merasa bumbunya kurang pas, anda dapat menambahkan lebih banyak bumbu kedalamnya sehabis tumisan taoge layu serta ikan asin matang dan bumbunya meresap, silahkan matikan kompor serta angkat.


Masukkan ikan dalam wadah atau mangkuk saji serta hidangkan ikan diatasnya. Santaplah hidangan ini dengan sajian pelengkap yang akan bikin rasanya makin enak serta lezat. 


Demikian resep bikin ikan gabus asin masak taoge yang nikmat serta enak. Semoga resep ini dapat berguna buat ibu dirumah.

Resep Masak Ikan Gabus Asin Kemangi

Hidangan ikan gabus asin masak kemangi akan lezat bila dipadukan dengan nasi hangat yang pulen.


Selain itu, sajian ini juga dapat dibuat dirumah dengan gampang serta sederhana. 


Dengan demikian bagi anda yang ingi bikin sajian ini dirumah, tersebutkan anda tidak butuh was was serta kebingungan, pasal kali ini kami akan berbagi resep gampang bikin ikan gabus asin masak kemangi. Inilah dia resep mudahnya

Resep serta metode bikin Ikan Gabus Asin Masak Kemangi yang Harum, Lezat serta Sederhana

Bahan-Bahan yang Diperlukan Membuat Resep Masak Ikan Gabus Asin Kemangi yang Harum, Lezat serta Sederhana

Bahan serta Bumbu Ikan Gabus:
 

gram ikan gabus asin
150 ml air
2 lembar daun salam
1/2 sendok teh gula pasir
8 tangkai daun kemangi, dipetiki
4 lembar daun jeruk, disobek-sobek
4 buah tomat hijau, dipotong-potong
2 sendok makan minyak buat menumis


Bumbu Ikan yang Ditumbuk Kasar:

6 buah cabai hijau besar
3 siung bawang putih
6 buah cabai rawit hijau
5 butir bawang merah

Resep Masak Ikan Gabus Kemangi yang Harum dam Membuatnya, Lezat serta Sederhana

metode pertama akan kita awali dengan terlebih dahulu membersihkan ikan gabus yang sudah dipersiapkan. Perihal ini serius sekali, disamping buat membersihkan kotoran terhadap ikan, kelebihan garam yang terkandung dalam ikan asin gabus juga serius sekali buat kita bersihkan. 

buat itu, terlebih dahulu silahkan bersihkan ikan dengan memakaikan air Selesai membersihkan ikan, selanjutnya kita akan siapkan air serta panaskan dalam panci yang mana air ini akan kita gunakan buat ikan asin gabus yang kita buat sehabis air panas dalam panci, angkat ikan serta rendam ikan asin gabus kedalamnya. 

Perihal ini tentunya difungsikan buat membersihkan serta menghilangkan kelebihan garam yang adanya terhadap ikan asin sehingga ketika ikan dimasak rasa asinnya tak akan terlampau dominan. 

buat itu, rendam ikan sepanjang kurang lebih 10 menit supaya kelebihan garam dapat dihilangkan Selesai merendam ikan, silahkan angkat ikan serta tiriskan air rendamannya sebelum kita masak ikan dengan bumbu lainnya Kemudian, potong-potong ikan gabus asin dengan bentuk sedang atau sesuai dengan ukuran yang anda inginkan cuma saja jangan memotongnya terlampau kecil supaya ikan tak menjadi hancur sewaktu dimasak

Resep Masak Ikan Gabus Asin Kemangi

Kita panaskan minyak terlebih dahulu dalam wajan sedikit saja serta tumis bumbu yang sudah ditumbuk kasar bersama dengan daun salam, serta daun jeruk hingga tercium bumbu yang harum serta lezat sehabis itu, tambahkan potongan tomat hijau kedalamnya bersetara dengan diaduk-aduk hingga tomat menjadi lebih layu secara merata.


Tuangkan air kedalamnya bersama dengan garam, gula pasir serta masak hingga air mendidih secara merata.

Menjelang diangkat, silahkan tambahkan ikan gabus serta kemangi kedalamnya bersetara dengan diaduk rata serta masak hingga bumbu meresap kedalamnya
Setelah ikan matang serta telah tercium bau yang harum. 


Silahkan angkat ikan serta sajikan ikan kedalam mangkuk atau piring saji bersama dengan hidangan lainnya diatas meja. Hidangan ini akan berasa lebih lezat bila disantap selagi masih panas serta hangat

Demikian resep serta metode bikin ikan gabus asin masak kemangi yang nikmat serta sedap, semoga resep ini dapat berguna buat ibu supaya dapat dibuat dirumah dengan sederhana

Hidangan ikan gabus asam keluak ialah salah satu sajian nusantara yang mempunyai citarasa yang nikmat serta lezat.



Hidangan ini juga dibuat dengan memanfaatkan racikan bumbu khas Indonesia yang nikmat serta lezat. Yuk, kita simak resep berikut ini buat mengenali kaya gimana bikin ikan gabus asam keluak yang enak, sedap serta lezat
Nama Resep

Resep serta metode Memasak Ikan Gabus Asam Keluak yang Enak, Sedap serta Lezat

Bahan-Bahan yang Diperlukan buat bikin Ikan Gabus Asam Keluak yang Enak, Sedap serta Lezat


Bahan serta Bumbu Ikan Gabus:

3 ekor ikan gabus
2 siung bawang putih, dihaluskan
1 sendok teh ketumbar bubuk
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh air jeruk nipis
minyak buat menggoreng

Bahan serta Bumbu Kuah Ikan:

800 ml air
3 batang serai, dimemarkan
2 lembar daun salam
2 batang daun bawang, dipotong
2 cm lengkuas, dimemarkan
10 buah cabai rawit merah utuh
6 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
2 sendok teh garam
1/2 sendok makan gula pasir
3 sendok makan minyak buat tumisan
1 buah tomat, dipotong-potong
3 sendok makan asam jawa
2 sendok makan bawang goreng, buat taburan

Bumbu yang Dihaluskan:

12 butir bawang merah
2 buah cabai merah keriting
5 butir kemiri, disangrai
5 siung bawang putih
4 buah keluak, direndam 100 ml air hangat
2 cm kunyit, dibakar
 

Resep Masak Ikan Gabus Asam Keluak yang Enak dan cara masaknya

Langkah pertama kita akan melaksanakannya dengan terlebih dahulu membersihkan ikan gabus segar yang telah dipersiapkan. 

Silahkan cuci bersih serta usahakan buat menghilangkan lendir yang terkandung terhadap ikan dengan memakaikan tangan bersetara dengan digosok-gosok terhadap badan ikan. bila anda merasa kesusahan buat menghilangkan lendir ini, coba gunakan abu gosok serta taburkan terhadap badan ikan bersetara dengan digosok-gosok hingga ikan kesat secara merata. 

lantas bilas kembali ikan dengan air buat menghilangkan abu gosok setelah itu bersihkan pula sisik yang adanya terhadap badan ikan. 

Caranya, gunakan pisau atau sendok buat mengerik area sisik ikan secara merata serta bersihkan kembali sisik dengan dibilas memakaikan air secara merata hingga bersih sehabis itu, potong moncong ikan dengan memakai ikan pisau secara merata hingga area moncong ini dapat dibuang serta dibersikan 

Selanjutnya, silahkan pisah area perut ikan serta bersihkan jeroan ikan Caranya, gunakan pisau dapur buat membelah area perut ikan serta keluarkan jeroan ikan dengan memakaikan tangan secara merta hingga bersih setelah itu bersihkan pula area perut ikan dengan air serta bilas secara merata. 

setelah itu potong-potong ikan dengan 2 area atau lebih sesuai dengan selera anda lantas lumuri ikan dengan air jeruk nipis serta taburan garam sekedar buat menghilangkan bau amis yang menempel terhadap ikan. sehabis itu, diamkan sedangkan sebelum kita untuk bumbu racikannya

Resep Masak Ikan Gabus Asam Kuah Keluak:

Pertama, panaskan wajan dengan miyak diatas kompor dengan memakaikan api yang sedang. lantas goreng ikan kedalamnya hingga ikan matang serta kering secara merata. 

Angkat ikan bila telah matang, silahkan masukkan dalam serokkan serta tiriskan minyaknya terlebih dahulu Selanjutnya, kita akan untuk kuahnya. 

Caranya, panaskan minyak dalam wajan sedikit saja serta tumis bumbu halus bersama dengan duan salam, lengkuas, daun jeruk serta serai hingga harum serta berasa nikmat sehabis itu, masukkan air bersama dengan gula pasir serta garam ke dalamnya aduk-aduk hingga mendidih 

Masukkan potongan tomat bersama dengan cabai rawit merah bersama dengan daun bawang serta air asam jawa. lantas aduk-aduk hingga merata sehabis itu, baru maskkan ikan gabus kedalamnya serta masak hingga ikan matang serta bumbunya meresap terhadap ikan secara merata.


Setelah ikan matang, silahkan sajikan ikan serta memberi taburan bawang goreng buat memperbanyak rasa serta seleranya supaya makin lezat. 



Sajian asam-asam ikan gabus ialah sajian sedap
 

Hidangan ini dapat dibuat dirumah dengan mduah Karena racikan bumbu serta rempahnya pun dapat dengan gampang ditemui di tukang sayur. Nah, layaknya apakah sih resep asam-asam ikan gabus yang kaya bumbu yang lezat serta nikmat

Resep Masak Ikan Gabus Asam - Asam Kaya Bumbu, Lezat serta Nikmat

Bahan-Bahan yang Diperlukan buat bikin Asam-Asam Ikan Gabus yang Kaya Bumbu, Lezat serta Nikmat

Bahan serta Bumbu Ikan Gabus:

3 buah ikan gabus
4 buah belimbing wuluh, dibelah dua
4 1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
8 butir bawang merah, diiris tipis
3 buah cabai merah besar, dipotong serong
1 buah tomat merah, dipotong-potong
4 siung bawang putih, diiris tipis
5 buah cabai rawit merah, dipotong serong
2 batang serai, dimemarkan
5 lembar daun jeruk, disobek-sobek
1000. ml air
2 sendok makan minyak buat menumis

Bahan Pelengkap Ikan Gabus:

Sambal
Bawang goreng
Nasi hangat
Lalapan

Resep Masak Ikan Gabus Asam - Asam, Lezat serta Nikmat

Cara Membersihkan Ikan Gabus Sebelum Diolah:

metode pertama akan kita awali dengan membersihkan ikan gabus yang telah dipersiapkan serta bawa ikan ini ke tempat cucian. 


Selanjutnya, silahkan bersihkan lendir terhadap badan ikan hingga kesat. Atau anda dapat memakaikan abu gosok serta balurkan terhadap seluruh area permukaan badan ikan secara merata serta gosok-gosokkan hingga area badan ikan gabus menjadi lebih kesat. 

lantas sehabis itu, bilas kembali ikan dengan air bersih buat menghilangkan abu gosok yang adanya terhadap badan ikan Selesai membersihkan lendir terhadap badan ikan. 

Lanjutkan dengan membersihkan sisik terhadap terhadap seluruh area badan ikan secara merata. buat melaksanakan ini anda dapat memakaikan pisau atau sendok buat mengerik sisik secara merata. sehabis itu, bersihkan kembali ikan dengan air bersih setelah itu bersihkan pula area isi perut ikan. 

Caranya, pisah area perut ikan serta keluarkan jeroannya dengan memakaikan tangan hingga area jeroan ikan dijernihkan secara merata Selanjutnya, silahkan potong moncong terhadap ikan Karena area ini tak akan kita gunakan Terakhir, silahkan potong ika menjadi dua area serta lumuri ikan dengan air perasan jeruk nipis serta sedikit taburan garam buat menghilangkan bau amis yang menempel terhadap ikan. sehabis itu, diamkan sedangkan sebelum kita masak bumbunya.

Cara bikin Asam-Asam Ikan Gabus:

Panaskan minyak dalam wajan da tumis bumbu layaknya bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit juga bersama dengan dau jeruk, serai serta cabai rawit merah. 


Aduk-aduk serta tumis hingga bumbu ini matang serta mengeluarkan aroma sedap sehabis itu, tambahkan tomat kedalamnya serta aduk-aduk tomat ini hingga layu secara merata sehabis itu, masukkan air bersama dengan gula pasir, garam serta aduk-aduk serta masak hingga mendidih Baru sehabis itu, masukkan ikan gabus bersama dengan belimbing wuluh kedalamnya serta masak hingga bumbu meresap dengan prima kedalam ikan

Setelah ikan matang, silhakan angkat ikan serta sajikan ikan dalam piring saji buat setelah itu disantap dengan bahan pelengkap yang lezat yang sudah dipersiapkan. Demikian resep bikin asam-asam ikan gabus yang nikmat serta lezat.


Jangan lupa share resep spesial ini dengan teman serta sahabat serta memberi pula komentar anda dibawah ini Resep serta metode bikin Tongseng Ikan Gabus yang Enak, gampang serta Spesial
ikan gabus tongseng


Jika kebiasaannya sajian tongseng seringkali dibuat dengan memanfaatkan bahan basis daging

Kali ini kami juga akan menghadirkan resep tongseng yang dibuat dari bahan basis ikan gabus.


Resep  Masak Ikan Gabus Tongseng yang Enak, gampang serta Spesial

Bahan-Bahan yang Diperlukan buat bikin Tongseng Ikan Gabus yang Enak, gampang serta Spesial
 

Bahan serta Bumbu Ikan:
500 gram ikan gabus
1 sendok teh gula merah
800 ml air
1/2 sendok teh garam
1 sendok teh air jeruk nipis
1/2 sendok teh merica bubuk
4 siung bawang putih, diiris
100 gram wortel, dipotong – potong
4 lembar kol, dipotong – potong
8 butir bawang merah, diiiris
1/2 sendok teh merica bubuk
2 sendok makan kecap manis
1 1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh air jeruk nipis
500 ml minyak buat menggoreng
2 sendok makan minyak buat menumis
3 buah cabai merah besar, diiris serong

Bahan Pelengkap Tongseng Ikan:

Potongan cabai/Sambal (jika suka)
Nasi hangat
Bawang goreng buat taburan

Resep Masak Ikan Gabus Tongseng
Cara Mengolah Ikan Gabus Sebelum Dimasak:

Langkah pertama kita akan melaksanakannya dengan membawa ikan gabus yang telah dipersiapkan ke tempat cucian serta bersihkan area lendir yang adanya terhadap badan ikan dengan membilasnya memakaikan air yang mengalir. 


Lantas memberi abu gosok terhadap bagia permukaan ikan bila lendirnya masih belum lenyap juga. 

Pemberian abu gosok akan bikin lendir ikan makin gampang buat dijernihkan. buat itu, silahkan bersihkan lendir ikan dengan memakaikan abu gosok secara merata. 

Lalu, silahkan bilas kembali ikan buat menghilangkan abu gosoknya Selesai membersihkan lendir terhadap badan ikan, silahkan lanjutkan dengan membersihkan area perut ikan yakni dengan mengeluarkan jeroan ikannya. 

Caranya, ambil pisau dapur serta sayat area perut ikan, lantas keluarkan area jeroan ikan dengan memakaikan tangan bila area perutnya telah terbuka. sehabis itu, bilas kembali area perut ikan dengan air bersih buat menghilangkan kotorannya Kemudian, bersihkan pula area moncong ikan dengan memotong moncong ikan memakaikan pisau serta bilas dengan air lantas hilangkan sisik terhadap badan ikan dengan metode mengerikanya memakaikan sendok atau pisau secara merata sampai seluruh area sisik ikan dijernihkan secara merata setelah itu potong-potong ikan dengan ukuran yang sesuai dengan selera anda disini aku memotongnya sejumlah 2-3 area terhadap masing-masing ikan. 

Namun anda dapat menyesuaikannya dengan selera anda bila anda merasa potongan tersebut terlampau besar atau terlampau kecil, lantas silahkan lumuri ikan dengan garam, merica bubuk serta air jeruk nipis secara merata serta diamkan sepanjang kurang lebih 15 meit supaya bumbu ini meresap kedalamnya


Cara bikin Tongseng Ikan Gabus:

Panaskan minyak dalam wajan serta goreng ikan hingga matang serta kering, lantas angkat ikan serta dinginkan sementara,


Selanjutnya, panaskan wajan baru serta tumis bawang merah dna bawang putih hingga tercium bau harum yang lezat. sehabis itu, masukkan cabai merah besar serta aduk-aduk merata hingga layu,

Tambahkan kecap manis kedalamnya bersama dengan merica bubuk, gula merah serta garam. 

setelah itu aduk-aduk merata Tuangkan air kedalamnya bersama dnegan wortel serta kol serta masak kuah hingga mendidih juga sayuran yang baru saja dimasukkan menjadi lebih empuk.

Masukkan ikan gabus kedalamnya serta amsak hingga matang dan bumbu menjadi lebih meresap secara merata kedalam ikan.

Setelah ikan matang, silahkan angkat ikan serta sajikan ikan dalam wadah atau mangkuk saji yang telah anda siapkan. Hidangkan sajian ini dengan bahan pelengkap yang lebih awal sudah disiapkan



Jangan lupa bagikan resep spesial ini serta memberi pula komentar anda dibawah ini Resep serta metode bikin Masakan Ikan Gabus Bumbu Kecap yang Enak, Gurih serta Sederhana

Resep Masak Ikan Gabus Bumbu Kecap


Hidangan ikan gabus bumbu kecap akan menjadi sajian yang lezat bila disantap bersama dengan sepiring nasi hangat yang pulen.

Rasa gurih dari daging yang berpadu dengan rempah serta bumbu nusantara yang lezat akan bikin rasanya makin istimewa. 

Yuk, kita simak berikut ini buat mengenali layaknya apakah resep ikan gabus bumbu kecap
Nama Resep

Resep Masakan Ikan Gabus Bumbu Kecap yang Enak, Gurih serta Sederhana


Bahan-Bahan yang Diperlukan buat bikin Masak Ikan Gabus Bumbu Kecap yang Enak, Gurih serta Sederhana
Bahan serta Bumbu Ikan Gabus:


500 gram Ikan gabus
sekedar Garam
3 sendok makan Kecap manis
4 sendok makan Air jeruk nipis
sekedar Minyak goreng
1000 ml Air
10 buah Cabe rawit utuh
sekedar Gula serta lada
sekedar Kaldu bubuk
5 cm Kayu manis

Bahan serta Bumbu yang Dihaluskan:


3 cm Jahe
5 siung Bawang putih
7 butir Bawang merah
4 butir Kemiri

Resep Masak Ikan Gabus Bumbu Kecap

Cara Mempersiapkan Ikan Gabus Sebelum Dimasak:

Pertama kita akan awali dengan membersihkan ikan gabus yang telah anda beli dari pasar ke tempat cucian serta bersihkan ikan gabus dari lendir yang menempel paa badannya. 


Buat melaksanakan Perihal ini anda dapat memakaikan pertolongan sponge buat menggosok area badan ikan gabus sehingga area permukaan ikan menjadi lebih kesat serta bersih. 

Sehabis itu, silahkan bilas kembali ikan dengan air bersih Kemudian, lanjutkan dengan membersihkan area sisik ikan yang adanya diarea badannya. 

Gunakan pisau buat mengerik sisik disemua area badan ikan serta bersihkan secara merata hingga diarea badan ikan dijernihkan sisiknya sehabis itu, buang moncong terhadap ikan dengan metode memotongnya memakaikan pisau serta buang moncong tersebut Karena area ini tak akan kita gunakan Lanjutkan dengan membersihkan area isi jeroan ikan dengan metode pisah area perut ikan serta keluarkan jeroannya dengan memakaikan tangan hingga area perut ini bersih. 

Lantas bilas kembali ikan dengan air yang bersih setelah itu kerat-kerat area badan ikan supaya bumbu yang dilumurkan terhadap ikan dapat meresap terhadap daging ikan secara sempurna sehabis itu, potong-potong ikan menjadi sebagian area yang anda inginkan serta lumuri ikan dengan air jeruk nipis serta taburi dengan garam sekedar saja. lantas diamkan sedangkan sebelum kita masak bumbu lezatnya.

Resep Masak Ikan Gabus Bumbu Kecap:

Pertama, sehabis ikan dijernihkan serta dilumuri dengan bumbu diatas, silahkan panaskan minyak goreng serta goreng ikan didalamnya hingga ikan kering serta matang secara merata bila telah matang, angkat ikan dengan memakaikan serokan serta tiriskan minyaknya terlebih dahulu sebelum kita olah bumbu kecapnya Panaskan kembali wajan yang baru, memberi sedikit minyak serta tumis bumbu yang sudah dihaluskan hinga bumbu tersebut tercium wangi serta lezat setelah itu masukkan kecap manis serta kayu manis kedalam tumisan bumbu yang telah matang serta harum. 

lantas aduk-aduk secara merata supaya bumbu tak gosong Tuangkan air kedalam tumisan bumbu serta aduk-aduk air ini hingga mendidih secara merata sehabis mendidih masukkan ikan gabus bersama dengan cabai rawit, gula, garam, lada serta kaldu bubuk kedalamnya buat memperbanyak rasa.

Menjelang matang, silahkan angkat ikan serta matikan kompor. Hidangkan ikan dalam piring saji serta memberi kucuran air jeruk nipis buat bikin aromanya lebih segar serta lebih enak. 

sehabis ikan matang, silahkan sajikan ikan dalam piring saji serta hidangkan buat keluarga tercinta dirumah anda.

Jangan lupa share resep spesial ini serta memberi pula komentar anda Resep serta metode bikin Ikan Gabus Goreng Bumbu Kluwak yang nikmat serta Lezat
ikan gabus kluwak

Sajian ikan gabus goreng ialah salah satu menu hidangan utama yang mempunyai citarasa yang nikmat serta lezat


Selain itu, hidangan ini juga cukup gampang buat dibuat dirumah, sehingga bagi ibu yang ingin menyajikan sajian ini dirumah buat keluarga, tersebutkan tidak butuh was was. 

Kali ini kami akan berbagi resep spesialnya. layaknya apakah sih resep bikin ikan gabus goreng bumbu kluwak yang nikmat serta lezat? Simak yuk, resep berikut ini
Nama Resep
 

Bahan-Bahan yang Diperlukan buat bikin Ikan Gabus Goreng Bumbu Kluwak yang nikmat serta Lezat
Bahan serta Bumbu Ikan Gabus:


  • 400 gram Ikan Gabus
  • 1/4 sendok teh Garam
  • 2 siung Bawang Putih
  • 4 buah Bawang Merah
  • 1 bungkus Masako
  • 4 buah Cabai Merah
  • 1 batang Serai
  • 3 cm Jahe
  • 3 cm Lengkuas
  • 3 cm Kunyit
  • 3 cm Kencur
  • 1 sendok teh Terasi
  • 3 buah Kluwak
  • 2 buah Jeruk Nipis
  • 2 helai Daun Salam
  • 500 ml Air
  • sekedar Minyak Goreng

Resep Masak Ikan Gabus Bumbu Kluwak

 
Cara Membersihkan Ikan Gabus Sebelum Dimasak:

Awali langkah pertama dengan terlebih dahulu membersihkan ikan gabus yang telah anda beli dari pasar ke tempat cucian buat dijernihkan area lendirnya. 


Bila anda merasa kesusahan membersihkan lendir ini, anda dapat memanfaatkan abu gosok buat dibalurkan terhadap area permukaan ikan secara merata serta gosok hingga ikan menjadi lebih kesat secara merata. 

sehabis itu, silahkan bilas kembali ikan dengan memakaikan air bersih secara merata hingga abu gosok dapat dijernihkan secara merata Selesai membersihkan membersihkan area lendir terhadap ikan, lanjutkan dengan memotong area moncong mulut ikan, Karena area ini tak akan kita gunakan setelah itu bersihkan sisik ikan yang adanya terhadap badan ikan secara merata. 

Caranya, gunakan sendok atau pisau buat mengerik area sisik serta bersihkan sisik di seluruh area badan ikan hingga bersih Selanjutnya, bersihkan pula area jeroan ikan. 

Caranya, pisah area perut ikan serta keluarkan area jeroan ikan secara merata dengan memakaikan tangan. lantas bersihkan area dalam jeroan ikan secara merata hingga dipastikan bila area jeroan ikan dijernihkan secara merata lantas kerat-kerat area badan ikan gabus supaya bumbu dapat meresap kedalam daging ikan secara merata Sebelum dimasak atau digoreng, silahkan lumuri ikan dengan air jeruk nipis serta taburan garam supaya bau amis yang menempel terhadap ikan dapat dijernihkan secara merata. sehabis itu, diamkan sedangkan sepanjang kurang lebih 10 menit supaya bumbu ini meresap terhadap ikaCara bikin Ikan n.

Resep Masak Ikan Gabus Goreng Bumbu Kluwak:

Siapkan wajan diatas kompor serta tuangkan minyak goreng kedalamnya, lantas tunggu hingga minyak matang secara merata. sehabis itu, goreng ikan gabus yang telah direndam dengan bumbu lumuran kedalamnya hingga ikan kering serta matang secara merata. 


Lantas angkat ikan serta sisihkan sedangkan sebelum kita untuk bumbunya Selanjutnya, kelarkan kluwek dari cangkang serta haluskan dengan bumbu lainnya terkecuali bumbu layaknya lengkuas, daun salam serta sereh. 

Silahkan haluskan dengan memakaikan ulekan Selanjutnya, siapkan kembali wajan yang baru serta tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga tercium bau harum yang sedap serta nikmat sehabis itu, baru tuangkan air kedalamnya sejumlah 500 ml serta aduk-aduk merata hingga air kuah ini mendidih Baru sehabis itu, masukkan ikan gabus yang sudah digoreng sbeelumnya serta aduk-aduk kedalamnya. memberi garam serta gula pasir kedalamnya serta aduk-aduk hingga bumbu meresap terhadap ikan secara merata
 

Setelah ikan matang, silahkan angkat ikan serta sajikan ikan kedalam piring saji, lantas nikmati selagi masih hangat.

Yuk, baca juga:
Resep Masak Ikan Gurame Enak dan Lezat
Aneka Resep Masak Ikan Bandeng Enak dan Lezat 


Jangan lupa bagikan resep masak ikan gabus spesial ini bersama dengan teman serta sahabat serta jangan lupa memberi komentar komentar anda dikolom dibawah ini.
loading...
Disqus Comments